HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Categories: Berita

Daftar Aplikasi Diet untuk Android dan iOS

Diet adalah pola makan atau aturan makan khusus untuk menjaga kesehatan. Jadi, diet tidak hanya sekadar menurunkan berat badan. Agar bisa melacak apa yang dimakan dan aktivitas sehari-hari dengan baik, gunakanlah aplikasi diet. Ada banyak aplikasi diet yang dapat didownload di Android ataupun iOS.

Aplikasi diet tak hanya sekadar untuk menghitung kalori, tetapi juga membantu untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Cara Memilih Aplikasi Diet

Sebelum mengunduh aplikasi diet, simak dahulu tips dari kami. Kami akan memberikan beberapa poin yang perlu dipertimbangkan sebelum mengunduh aplikasi diet sesuai dengan kebutuhan.

1. Kenali fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi diet

Perlu mengetahui fitur-fitur yang ditawarkan sebuah aplikasi diet terlebih dahulu. Berikut ini kami perkenalkan beberapa fitur yang dapat ditemukan dalam aplikasi diet.

  • Penghitung kalori, membantu memilih makanan dan melakukan aktivitas

Penghitung kalori adalah fitur yang paling wajib dimiliki dalam sebuah aplikasi diet. Apa pun tujuan diet, penghitung kalori akan sangat membantu mencapai tujuan. Menghitung kalori cukup penting untuk segala kebutuhan, seperti defisit kalori, surplus kalori, ataupun sekadar untuk hidup sehat.

Disarankan agar memilih aplikasi dengan penghitung kalori makanan dan aktivitas. Dengan demikian, kalori yang masuk dan kalori yang dibakar akan tampak lebih jelas. Hal ini akan membantu mencapai target berat badan. Namun, pastikan selalu memasukkan data di dalam aplikasi tersebut.

  • Meal plan, memudahkan mengatur makanan harian

Mengatur asupan makanan memang sangat penting. Bagi sebagian orang sayangnya mengatur menu harian terasa merepotkan. Sebagian besar aplikasi diet menawarkan meal plan harian agar tidak kebingungan mengatur menu makan sehari-hari.

Aplikasi diet memang biasanya merupakan produk luar negeri. Tidak heran jika meal plan yang ditawarkan merupakan menu ala Barat. Salah satu aplikasi yang memuat banyak daftar makanan khas Indonesia adalah FatSecret. Bisa menjadikan aplikasi ini sebagai pilihan untuk menghitung kalori dan membuat meal plan untuk makanan khas Indonesia.

  • Statistik harian, memastikan kemajuan diet sehari-hari

Tentu saja perlu memiliki tujuan saat menggunakan aplikasi diet. Oleh karena itu perlu mencari aplikasi diet yang menampilkan data statistik harian. Data tersebut dapat berupa jumlah langkah harian, waktu olahraga, dan grafik berat badan. Tampilan data tersebut akan membantu mencapai target dengan maksimal.

  • Tips diet dan berolahraga, memberikan informasi tambahan untuk hidup sehat

Dapat menemukan aplikasi diet yang juga memberikan tips untuk diet dan berolahraga. Tips tersebut sangat berguna agar dapat mengetahui informasi yang benar seputar gaya hidup sehat. Jangan lupa juga untuk menjalankan tips tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

2. Pilih aplikasi diet yang bisa terkoneksi dengan aplikasi lainnya

Aplikasi diet biasanya juga terintegrasi dengan aplikasi lainnya, seperti Samsung Health, Google Fit, dan Apple Health. Integrasi aplikasi lainnya akan membantu melacak aktivitas sehari-hari, seperti penghitung langkah. Dengan demikian, pelacakan kalori makin sempurna.

3. Pertimbangkan untuk membeli akses premium

Memang dapat mengunduh aplikasi diet secara gratis. Meski begitu, mungkin saja ada fitur-fitur yang tidak dapat diakses secara gratis. Jadi perlu membeli akses premium untuk aplikasi tersebut. Dengan membeli akses premium, akan mendapatkan fitur-fitur yang lebih banyak.

Hal yang perlu diperhatikan saat membeli akses premium adalah lamanya langganan yang ditawarkan. Ada beberapa aplikasi yang menawarkan langganan akses premium setiap bulan atau setiap tahun. Namun, ada juga akses premium yang cukup bayar sekali saja untuk penggunaan seumur hidup.

Rekomendasi Aplikasi Diet

Selanjutnya akan merekomendasikan aplikasi diet terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk diurutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.

1. FatSecret

FatSecret rasanya sudah umum diketahui oleh yang ingin menghitung dan mengontrol kalori. FatSecret memudahkan untuk menemukan informasi tentang kalori dan gizi makanan. Aplikasi ini bahkan dapat memberikan informasi gizi makanan dari merek dan restoran tertentu.

Uniknya lagi cukup mengambil foto makanan yang dimakan dan FatSecret dapat memperlihatkan kalorinya. Selain itu, aplikasi FatSecret juga sudah disesuaikan dengan berbagai negara, termasuk Indonesia. Melacak beragam makanan ala Indonesia jadi lebih mudah.

Fitur Calories counter, barcode scanner, image recognition, meal plan, diet calendar, activity tracker, statistic, water intake monitor
Koneksi Google Fit, Samsung Health, Fitbit, Apple Watch
Berbayar X (pembelian di dalam aplikasi)
Jumlah download di Google Play >10 juta kali
Rating di Google Play 4,8 dari 5
Rating di App Store 4,8 dari 5

2. YAZIO Food & Fasting Tracker

Aplikasi diet puasa ini memiliki lebih dari dua puluh fasting plan. Selain itu juga akan mengetahui informasi tentang tubuh selama berpuasa. Agar tubuh lebih bugar, Yazio memiliki water tracker reminder. Jadi, kebutuhan air harian tetap terpenuhi. Menariknya lagi, Yazio menawarkan mood and symptoms tracking dalam akses premiumnya.

Fitur Calories counter, meal plan, recipes, fasting tracker, activity tracker, water intake tracker
Koneksi Fitbit, Garmin, Polar and S-Health (hanya untuk akses premium)
Berbayar X (pembelian di dalam aplikasi)
Jumlah download di Google Play >10 juta kali
Rating di Google Play 4,7 dari 5
Rating di App Store 4,7 dari 5

3. Lifesum: Healthy Eating & Diet

Tidak perlu bingung memilih jenis diet, Lifesum menawarkan quiz untuk menentukan jenis diet yang cocok. Bisa menemukan meal plan untuk fasting, diet paleo, sampai diet keto.

Meal plan yang ditawarkan Lifesum tergolong mudah, bahkan hanya terbuat dari lima bahan saja. Meal plan yang ditawarkan bisa didapatkan selama 7–21 hari. Lifesum juga memiliki habit tracker yang membuat hidup lebih sehat.

Fitur Calories counter, barcode scanner, meal plan, recipes
Koneksi Google Fit, Samsung Health, Apple Health, FitBit, Runkeeper
Berbayar X (pembelian di dalam aplikasi)
Jumlah download di Google Play >10 juta kali
Rating di Google Play 4,7 dari 5
Rating di App Store 4,7 dari 6

4. 8fit Workouts & Meal Planner

Jangan hanya sekadar melacak kalori harian. Jadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidup. Aplikasi diet 8fit membantu mendapatkan pola hidup yang lebih sehat dengan memberikan latihan fisik. Tidak perlu pergi ke gym karena latihannya dapat dilakukan di mana saja.

Akan mendapatkan workout plan dari 8fit sekaligus berbagai meal plan. Resep-resep masakan sehat juga tersedia di 8fit sesuai dengan kesukaan dan alergi. Jangan lupa mengatur weekly goals agar tetap on track mencapai tujuan.

Fitur Calories counter, meal planner, recipes, interactive videos, workout guidance
Koneksi Google Fit, Apple Health
Berbayar X (pembelian di dalam aplikasi)
Jumlah download di Google Play >10 juta kali
Rating di Google Play 4,6 dari 5
Rating di App Store 4,7 dari 5

5. Loose It!

Bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan serius, Loose It! patut dipertimbangkan. Akan mendapatkan panduan berolahraga untuk menurunkan berat badan. Lalu, fitur Snap It akan membantu menghitung jumlah karbohidrat dalam makanan. Agar lebih bersemangat, ikuti tantangan yang tersedia dalam aplikasi ini atau buat tantangan sendiri.

Fitur Calories counter, barcode scanner, statistic, meal plan, recipes, workout guidance
Koneksi Fitbit, Misfit, Garmin, Withings scales, Google Fit, Healthkit, Apple Watch
Berbayar X (pembelian di dalam aplikasi)
Jumlah download di Google Play >10 juta kali
Rating di Google Play 4,6 dari 5
Rating di App Store 4,7 dari 5

6. EasyFit Calorie Counter

EasyFit Calorie Counter adalah aplikasi diet dengan tampilan yang lebih modern. Bisa memilih tema warna tampilan yang diinginkan. Aplikasi diet ini tergolong aplikasi diet yang simple. Jadi tidak perlu kebingungan saat menggunakannya. Hal paling penting lainnya adalah EasyFit juga menjamin kerahasiaan data.

Fitur Calories counter, statistic, water intake monitor
Koneksi Tidak disebutkan
Berbayar X (pembelian di dalam aplikasi)
Jumlah download di Google Play >5 juta kali
Rating di Google Play 4,6 dari 5
Rating di App Store 4,5 dari 5

7. MyNetDiary

MyNetDiary akan membantu mencapai berat yang diinginkan dalam jangka waktu tertentu. Cukup masukkan target, kemudian aplikasi diet ini akan memberikan gambaran tentang diet. Di samping mencapai berat badan ideal, aplikasi ini juga cocok untuk penderita diabetes. Bisa memasukkan data gula darah, detak jantung, dan insulin intake.

Fitur Calories counter, PhotoFood, barcode scanner, recipes, workout tracker, meal plan, statistic
Koneksi Fitbit, Withings, Garmin, Google Fit, Samsung Health, iOS Health
Berbayar X (pembelian di dalam aplikasi)
Jumlah download di Google Play >1 juta kali
Rating di Google Play 4,5 dari 5
Rating di App Store 4,8 dari 5

8. MyPlate

Tidak perlu bingung menghitung kalori harian. Biarkan aplikasi diet MyPlate yang membantu menghitung kebutuhan kalori harian berdasarkan profil. MyPlate juga memiliki database lebih dari dua juta makanan.

MyPlate juga memiliki food scanner yang memudahkan mengetahui kalori dan nutrisi sebuah makanan. Dapatkan juga informasi asupan nutrisi harian, seperti protein, lemak, karbohidrat, gula, garam, dan serat.

Fitur Calories counter, meal plan, meal reminder, workout tracker, statistic
Koneksi Google Fit
Berbayar X (pembelian di dalam aplikasi)
Jumlah download di Google Play >1 juta kali
Rating di Google Play 4,6 dari 5
Rating di App Store 4,7 dari 5

9. MyFitnessPal

MyFitnessPal adalah aplikasi diet yang memiliki segudang data tentang kandungan nutrisi dan jumlah kalori makanan. Melacak jumlah kalori dari makanan yang dikonsumsi dengan MyFitnessPal juga mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Aplikasi diet yang bagus ini dapat melacak nutrisi dan menghitung kalori, serta menawarkan berbagai macam tips agar dapat memilih makanan yang lebih sehat. Selain itu bisa menyimpan kemajuan olahraga dan mendapatkan motivasi dari pengguna MyFitnessPal lainnya.

Fitur Calories counter, meal plan, recipe calculator, workout guidance, water intake tracker, statistic
Koneksi Samsung Health, Garmin, Apple Health, FitBit, dll
Berbayar X (pembelian di dalam aplikasi)
Jumlah download di Google Play >10 juta kali
Rating di Google Play 4,5 dari 5
Rating di App Store 4,7 dari 5

10. Better Me

BetterMe membawa alternatif untuk meningkatkan kualitas hidup. Ini berfungsi baik sebagai aplikasi diet dan olahraga. Ini fitur beberapa latihan yang dapat disertakan dalam rutinitas, dikategorikan berdasarkan tujuan (seperti menurunkan berat badan atau memperkuat otot). Selain itu juga akan mendapatkan meal plan serta substitusinya. Better Me juga memiliki berbagai workout plan bagi pemula sampai profesional.

Fitur Calories counter, meal plan, workout guidance, water intake tracker, statistic
Koneksi Tidak disebutkan
Berbayar X (pembelian di dalam aplikasi)
Jumlah download di Google Play >10 juta kali
Rating di Google Play 4,6 dari 5
Rating di App Store 4,5 dari 5
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

8 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

12 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

1 day ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

1 day ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago