HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Manfaat Voice Assistant Bagi Bisnis Dan Contoh Penerapannya

Saat ini dalam perkembangan teknologi untuk bisnis online,memang terus mengalami peningkatan-peningkatannya,khususnya dari pemanfaatan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Salah satu inovasi teknologi artificial intelligence  (AI) berupa chatbot,kini juga hadir teknologi Voice Assistant android bahasa Indonesia yang dapat digunakan untuk mempermudah pengelolaan bisnis online dan SEO.Mayoritas para pebisnis menggunakan peralatan digital guna melancarkan perkembangan bisnis mereka,salah satunya memaksimalkan bisnis dengan menggunakan teknologi AI Voice Assistant ini.Ingin tahu  bagaimana cara menggunakan Voice Assistant android bahasa Indonesia ? Berikut ini akan kita bahas mengenai Voice Assistant :

Mengenal Apa Itu Voice Assistant ?

Voice Assistant atau Voice Command.Teknologi ini sebagai salah satu turunan dari artificial intelligence komputer.Fitur Voice Assistant sudah diaplikasikan pada beragam aplikasi gadget kekinian,seperti smartphone.Biarpun sudah digunakan oleh masyarakat banyak,namun untuk melakukan penelusuran atau mengoperasikan perintah sederhana,masih banyak orang tidak tahu bahwa fitur voice assistant dapat dipakai untuk mengoptimalkan pengoperasian bisnis online.

Voice Assistant dapat dipakai untuk membantu menelusuri search engine,membalas e-mail hingga mengingatkan jadwal-jadwal penting saat berbisnis seperti penandatanganan kontrak atau meeting dengan klien penting.Voice Assistant juga dimanfaatkan untuk mempermudah kalian mencatat proses meeting karena semua suara akan otomatis terekam,lalu diubah menjadi bentuk catatan tulis.Bekerja dengan Voice Assistant menjadi lebih praktis,cepat,serta irit tenaga dan waktu.

Sejarah Perkembangan Voice Assistant

Sebelum di Indonesia bermunculan teknologi Voice Assistant android bahasa Indonesia,di Amerika sudah ada fitur teknologi berbasis suara dengan nama Siri (milik Apple),Alexa (milik Amazon) dan Cortana (milik Microsoft).Awal mula munculnya Teknologi Voice Assistant pada era 1960-an,dicetuskan oleh IBM.Fitur pengenal suara pertama ini disematkan pertama kali pada produk jualan IBM bernama Shoebox.Fitur voice command pada Shoebox masih memiliki kemampuan pengenalan suara yang terbatas yakni 9 digit angka dan 16 jenis huruf.

Lalu setahun berikutnya,teknologi Voice Assistant berkembang pesat sampai era 1990.Saat itu,Harpy Program mengembangkan teknologi voice command hingga bisa mengenali sampai 1000 kata.Meski lebih canggih,produk Harpy Program saat itu masih dibuat hanya untuk kepentingan internal perusahaan saja.Di tahun 1990an muncul produk Voice Assistant yang dijual bebas dan luas ke masyarakat.Produk ini aplikasi bernama Dragon.Aplikasi Dragon dapat mengenali aneka suara dan membuat transkrip ucapan manusia.Kemudian muncul Clippy,software asistant virtual suara yang bisa menerjemahkan,melacak teks dan menjadi basis mengecek feedback.Namun baik Dragon dan Clippy sama-sama tidak bertahan di pasar umum karena fiturnya yang masih terbatas.

Di tahun 2011,saat Apple meluncurkan Siri,Asisten virtual dengan fitur Voice Assistant yang menjadi fitur bawaan produk-produk Apple barulah pengaplikasikan voice command trending lagi.Tidak lama berselang,Google turut mengeluarkan fitur yang serupa bernama Google Now dan Microsoft yang merilis Cortana.Hingga akhirnya pemanfaatan voice command untuk bisnis online umum dipelopori oleh Amazon,e-commerce terbesar sedunia pada tahun 2014.Asisten virtual berbasis suara milik Amazon ini dikenal dengan nama Alexa dan populer di masyarakat sampai saat ini sebab memudahkan konsumen menemukan produk.Amazon sukses menjadi inspirasi yakni : mengembangkan usaha online dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti Voice Assistant.

Manfaat Voice Assistant Bagi Usaha Bisnis

Berikut adalah beberapa manfaat voice Assistant untuk mendorong perkembangan bisnis kalian :

  • Memberikan Keuntungan Di Era Teknologi Masa Kini

Memberikan keuntungan yang signifikan dalam era bisnis saat ini.Tren pencarian berbasis suara menggeser gaya hidup masyarakat yang dulunya selalu mengetik,Saat ini menjadi praktis dengan hanya menyebutkan apa saja yang ingin mereka telusuri.

Sebagian besar masyarakat menggunakan fitur voice search untuk menelusuri produk-produk online.Apabila calon konsumen mendatangi website atau aplikasi bisnis kalian dan tidak menemukan fitur voice search di dalamnya.Konsumen yang sudah terbiasa memakai voice search dapat langsung mengurungkan niatnya untuk berbelanja di toko kalian hanya karena aplikasi kalian tidak dilengkapi dengan fitur teknologi kekinian.Begitu juga dengan calon konsumen yang baru mengenal kecanggihan teknologi voice search.Menyediakan fitur voice search di aplikasi bisnis akan secara tidak langsung mengajak konsumen mencoba model penelusuran gaya baru yang lebih nyaman dan praktis.Dengan begini, konsumen menjadi lebih betah berbelanja di toko online kalian.

  • Menjadi Pertimbangan Pada SEO

Siapapun yang menjalankan bisnis online menggunakan website tentu ingin websitenya sukses dan bisa menduduki peringkat teratas menurut SEO.Tidak heran banyak perusahaan berlomba-lomba meningkatkan traffic website-nya dengan beragam tools serta jasa peningkatan SEO.Kini, kalian dapat menjuarai rangking SEO semudah mengaplikasikan voice assistant dalam sistem bisnis online kalian.

Di era saat ini,pencarian berbasis suara mulai bertumbuh ke angka yang signifikan.Jumlah masyarakat yang melakukan pencarian website via suara meningkat dari tahun ke tahun.Salah satu studi yakni stonetemple. com berhasil menemukan fakta 50% orang merasa nyaman menggunakan voice search ketimbang mengetik.Ada 25% orang sudah menganggap voice assistant sebagai tangan kanan digital mereka.Dengan voice assistant,orang-orang dapat lebih mudah menelusuri beragam hal di dunia maya tanpa perlu mengetik.Alhasil, bukan tidak mungkin search engine akan mempertimbangkan pencarian berbasis voice search sebagai perhitungan ranking SEO website.

  • Bisnis Kalian Dapat Ditemukan di Google

Jika semakin mudah usaha bisnis kalian ditemukan pada penelusuran Google,maka dipastikan jumlah penjualan toko online kalian akan semakin baik.Biasanya,para konsumen online tidak ingin repot scroll hingga ke bawah halaman hanya untuk menemukan sebuah toko online. Mereka cenderung langsung menjatuhkan pilihan pada hasil pertama di halaman penelusuran.

Jika toko Anda berada di posisi paling atas, maka konsumen akan langsung mengklik toko Anda dan melupakan toko-toko yang lain. Bagaimana caranya agar toko Anda bisa lebih mudah ditemukan di Google? Selain menggunakan keyword konten produk, Anda bisa mendongkrak posisi dan visibilitas website memakai fitur voice command untuk meningkatkan rasa kepuasan konsumen terhadap pelayanan toko.

Google biasanya akan mencatat setiap respon kepuasan dari konsumen yang didapatkan toko Anda. Jadi, semakin banyak testimoni baik dalam situs website Anda, maka Google akan menaikkan peringkat dan visibilitas toko Anda di halaman pencariannya.

Mendapat Lebih Banyak Calon Konsumen

Manfaat fitur voice command terakhiryakni dapat mendulang lebih banyak calon konsumen dari seluruh wilayah dunia.Penelitian resmi dari Google dan Amazon memperkirakan bahwa jumlah pengguna voice command akan bertambah secara signifikan dari tahun 2020.Hal ini berarti akan ada lebih banyak masyarakat dengan kebiasaan melakukan penelusuran via suara. Lambat laun, bukan tidak mungkin pemanfaatan fitur voice search akan menjadi suatu hal yang wajib dimiliki oleh bisnis online jika ingin bertahan dan unggul dalam kompetisi persaingan.

Contoh Penerapan Voice Speech dalam Bisnis

Setelah membaca sejarah perkembangan fitur voice Assistant dan manfaatnya untuk mendukung perkembangan bisnis diatas.Ada banyak contoh nyata penerapan fitur Voice Assistant,termasuk dalam mengoperasikan bisnis online,beberapa di antaranya yakni :

  • Menjadi alarm untuk beragam notes(catatan),seperti jadwal meeting,bertemu klien atau cek performa website bisnis.
  • Mencatat semua hasil diskusi tim kerja saat meeting tanpa ada yang terlewat karena suara kalian akan diubah otomatis ke dalam bentuk tulisan.
  • Membantu multitasking sebab kalian tidak harus turun mengetik atau mengklik tombol-tombol pada gadget.Cukup gunakan fitur voice command,maka gadget kalian dapat menerima perintah yang diberikan.
  • Memudahkan konsumen menemukan produk yang ingin dibeli secara cepat dengan menyebutkan keyword atau merk brand.
  • Memikat hati konsumen karena layanan berbasis suara dapat difungsikan sebagai asisten pribadi yang dapat membantu konsumen kapanpun.

Demikianlah pembahasan terkait penggunaan Voice Assistant untuk bisnis online.Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian dalam memajukan bisnis online 🙂

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

14 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

16 hours ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago