HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Media Sosial vs Website: Menentukan Platform yang Paling Efektif untuk Bisnis

Banyak perusahaan bahkan usaha kecil menengah kini merubah proses bisnisnya ke digital. Hal ini didukung dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan pembeli lebih memilih untuk membeli produk secara online. Tidak dapat disangkal bahwa belanja online lebih mudah dan tidak memakan waktu lama. Oleh karena itu, banyak perusahaan dan usaha kecil menengah (UKM) yang menggunakan berbagai platform digital untuk memamerkan produknya. Platform digital yang paling umum digunakan adalah media sosial dan website. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi mana yang lebih baik untuk bisnis Anda, media sosial atau website? Pada artikel kali ini akan dijelaskan perbedaan antara website dan media sosial.

Apakah Efektif Menggunakan Media Sosial Untuk Bisnis?

Saat ini media sosial sudah berkembang pesat. Media sosial kini tidak hanya digunakan untuk berbagi postingan dan bersosialisasi, namun juga untuk keperluan bisnis. Jika Anda menggunakan media sosial, pasti akan menemukan banyak media sosial untuk bisnis atau UMKM di beranda. Mengapa perusahaan begitu banyak menggunakan media sosial? Nah, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai media sosial dan website, ada baiknya kita mengetahui dulu kelebihan dan kekurangannya. Serta alasan banyak pelaku usaha dan UMKM menggunakan media sosial, agar nantinya bisa lebih memahami media sosial dan website.

Gratis

Kelebihan media sosial dibandingkan website yang pertama adalah karena dapat menggunakan banyak fitur secara gratis. Media sosial menyediakan berbagai fitur yang dapat diakses penggunanya secara gratis. Hal ini tentu bisa menghemat biaya promosi. Apalagi jika ingin menggunakannya untuk memperkenalkan produk. Bagi penguasa kecil media sosial bisa digunakan untuk mendapatkan eksposur yang signifikan dengan biaya yang terbatas. Namun, jika ingin menjalankan iklan itu menjadi masalah lain karena Anda harus membayar baiayanya sendiri.

Lebih dekat dengan konsumen

Perbandingan media sosial dan website selanjutnya adalah kemampuan berinteraksi dengan konsumen. Sosial media mendekatkan Anda dengan konsumen dan memungkinkan Anda berinteraksi secara langsung, berkomunikasi melalui pesan, komentar, dan reaksi lainnya. Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dapat meningkatkan keakraban dan membuat konsumen merasa nyaman. Interaksi ini membuat hubungan menjadi lebih personal.

Meningkatkan brand awareness

Buat media sosial dengan profil dan tampilan halaman yang menarik untuk memikat perhatian pelanggan. Dengan kebebasan online tanpa batas, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari kampanye yang menyenangkan. Hal ini akan meningkatkan engagement dan meningkatkan brand awareness.

Menjangkau pasar yang Lebih Luas

Media sosial dapat diakses kapanpun dan dimanapun tanpa hambatan besar. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya. Media sosial bisa menjangkau audiens di berbagai wilayah tanpa batasan geografis. Masyarakat bahkan bisa dengan mudah menjangkau pasar internasional.

Mudah digunakan

Jika Anda menggunakan media sosial, memposting konten di media sosial sangatlah mudah dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membuat konten. Hanya dengan beberapa klik kamu bisa membuat konten dan langsung dapat ditonton oleh audiens.

Setiap kelebihan pasti ada kekurangan, sama seperti menggunakan media sosial. Pelaku bisnis harus memperhatikan kekurangan yang ada di media sosial. Apa saja kerugiannya? Di bawah ini adalah kelemahan media sosial.

Desain platform terbatas

Media sosial tidak dapat dimodifikasi agar sesuai dengan sifat bisnis Anda. Oleh karena itu, buatlah konten yang dapat mencerminan bisnis Anda. Selain itu, media sosial tidak mendukung email list yang dapat digunakan untuk menarik calon pelanggan.

Kontrol terbatas

Seperti diketahui, setiap orang bebas berkomentar di media sosial. Hal itu bisa menjadi kekurangannya karena Anda tidak bisa membatasi komentar negatif. Komentar negatif yang ada di postingan sosial media akan berdampak pada citra perusahaan, jika dibiarkan tentu akan merusak reputasi perusahaan. Hal ini tentu berdampak pada peluang bisnis yang bisa saja mengalami penurunan.

Persaingan sangat ketat

Semakin banyak pebisnis yang menggunakan media sosial, semakin ketat pula persaingan di dalamnya. Jumlah pengguna media sosial yang tidak bisa dikontrol membuat persaingan semakin ketat. Banyak dari pelaku usaha yang mempercayakan media sosial sebagai tempat promosi. Diperlukan berbagai tips agar media sosial yang anda gunakan bisa menarik audiens.

Pelanggan tidak terlalu percaya

Walaupun media sosial memberikan kemudahan dalam menarik calon pelanggan. Namun transaksi online antara calon konsumen dan pelaku bisnis tidak dilakukan secara langsung. Hal ini dapat menyebabkan hilangannya kepercayaan pelanggan. Disisi lain, media sosial juga menjadi tempat penyebaran berita palsu maka dari itu penggunanya perlu berhati-hati.

Setelah mempelajari apa itu media sosial, kini saatnya beralih ke website. Pertama, mari kita bicara tentang website. ​

Haruskah Memilih Website?

Website bisa menjadi pilihan pertama ketika anda ingin membangun bisnis profesional. Namun banyak orang awam menganggap membuat website itu sulit. Karena itu, mereka menyerah dalam membuat website perusahaan. Faktanya, ada banyak hal yang dapat dicapai dengan menggunakan website untuk bisnis. Bagi para pebisnis awam, website bisnis dapat dicapai dengan mengikuti langkah-langkah yang sederhana dan mudah. Jadi apa manfaat website?

Kontrol yang luas

Website bisa dikontrol sesuai dengan kebutuhan sendiri. Nah disini, perbedaaan antara media sosial dengan website terlihat cukup jelas. Di media sosial kita tidak bisa mengatur siapa saja yang bisa berkomentar, sedangkan di website kita bisa mengatur komentar mana saja yang akan ditampilkan. Dalam hal kemampuan kontrol yang luas, website lebih unggul daripada media sosial.

Kebebasan dalam menentukan desain

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa sosial media tidak dapat di desain sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut menjadi pembeda antara website dengan media sosial yang cukup menonjol. Pengguna website bisa bebas menentukan warna, tema, ikon, serta gambar yang akan ditampilkan sesuai dengan bisnis. Dalam kebebasan menentukan desain tentu website lebih unggul daripada media sosial.

Membantu branding

Media sosial dan website sebenarnya bisa digunakan untuk branding. Dalam hal ini, perbedaan antara website dan media sosial adalah website memungkinkan Anda mencapai branding melalui konten dan peluncuran produk. Website biasanya memiliki halaman “Tentang Kami” yang dapat Anda gunakan untuk branding.

Selain itu, berbagi artikel dan tulisan di website dapat membantu meningkatkan peringkat website menjadi lebih tinggi di mesin pencari. Dengan menggunakan teknik SEO, secara tidak langsung membantu menjangkau pasar dan branding yang lebih besar.

Meningkatkan kredibilitas usaha kecil

Website juga akan meningkatkan kredibilitas. Pasalnya, memiliki website membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional dan membuat calon konsumen merasa nyaman menggunakan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Dalam hal ini antara media sosial dan website, website lebih baik karena terlihat lebih profesional. Walaupun website mempunyai banyak kelebihan, namun juga mempunyai kekurangan, antara lain:

Tidak Gratis

Perlu diketahui bahwa membuat website memerlukan biaya server, domain, dan hosting, serta biaya tambahan jika menggunakan jasa profesional. Diperlukan perhitungan biaya yang matang supaya penggunaan website bisa optimal.

Perlunya pembelajaran lebih lanjut

Menggunakan website tidak semudah media sosial. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari dengan cermat berbagai fitur dan strategi untuk menjalankan website secara optimal. Nah di posisi ini media sosial lebih baik karena mudah digunakan.

Banyak yang harus dipersiapkan

Membuat website profesional memerlukan beberapa persiapan, seperti server yang akan digunakan, domain, hosting, konten yang ditampilkan, dan desain website. Namun, tidak perlu khawatir. Hosteko Hosting Indonesia menyediakan berbagai kebutuhan untuk membuat website. Jadi tidak perlu khawatir ketika ingin membuat website, cukup sediakan uang dan belajar untuk mengelolanya.

Jadi mana yang lebih unggul antara media sosial dan website?

Semakin bingung membedakan website dan media sosial dan mana yang lebih baik ? Sebenarnya media sosial dan website mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun jika diperhatikan sebenarnya keduanya bisa saling melengkapi. Untuk memulai bisnis dan mengembangkan pasar, Anda perlu menggunakan media sosial dan website untuk membantu calon pelanggan memilih produk.

Perusahaan atau bisnis di media sosial biasanya memberikan link website yang disertakan pada bio media sosialnya. Dengan saling terhubung baik website yang mencantumkan sosial media atau sebaliknya, akan mempermudah dalam melakukan pemasaran. Banyak perusahan yang memanfaatkan media sosial dan website secara bersamaan.

Mengapa tidak menggunakan keduanya secara bersamaan?

Semakin banyak perusahaan yang menggunakan media sosial dan website secara bersamaan. Hal ini sebenarnya membuat pemasaran menjadi lebih mudah. Keduanya dapat terhubung jika website menautkan sosial media atau sebaliknya. Di Indonesia sendiri, ada beberapa perusahaan yang menggunakan kedua platform tersebut. Contohnya, Scarlett Whitening, MS Glow, J.Co Donut & Coffee.

Coba gabungkan website dan media sosial untuk bisnis!

Sekarang kita telah membahas perbedaan antara website dan media sosial secara detail, apakah Anda tertarik untuk menggunakan keduanya? Keuntungannya antara lain kontrol yang komprehensif, desain yang dapat disesuaikan, branding yang mendukung, dan bahkan keandalan bisnis yang tinggi. Namun media sosial tidak mau kalah dengan menyediakan beragam fitur yang tersedia secara gratis. Media sosial menjangkau pasar yang lebih besar, lebih dekat dengan konsumen, dan lebih mudah digunakan. Dengan menggabungkan antara website dan media sosial akan diperoleh kombinasi yang hebat. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir antara media sosial atau website yang lebih efektif. Kami merekomendasikan penggunaan keduanya untuk hasil terbaik. Semoga beruntung!

 

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

17 hours ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

23 hours ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

4 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

4 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

5 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

5 days ago