HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Websitemu Akan Lebih Menarik Dengan Contoh dan Tips Ini!

Situs web adalah kumpulan halaman web yang berisi media informasi. Biasanya berupa nama domain dan terhubung ke setidaknya satu server web. Meskipun terdapat lebih dari satu juta situs web di dunia, tidak banyak dari situs tersebut yang memiliki pengunjung. Lantas, model website seperti apa yang menarik pengunjung?

Ada banyak tujuan orang membuat website, seperti membuat toko online untuk menunjang pemasaran produknya. Atau bisa membuat website portofolio untuk memasarkan diri atau memperkenalkan diri Anda kepada publik. Ada pula yang membuat website pribadi untuk menulis ide kreatifnya.

Namun, ada pula yang membuat blog untuk menarik lebih banyak pengunjung sehingga menarik pembaca. Jadi jumlah pengunjung sebagai data sangat penting bagi pengiklan untuk beriklan di websitenya. Sebenarnya apa sih yang membuat pengunjung tetap bertahan di sebuah website, apakah itu situs portofolio, blog pribadi, atau toko online?.

Relevansi adalah Kunci Website Populer di Kalangan Pengunjung

Relevansi atau keakuratan konten website adalah kunci untuk membuat pengguna bertahan lama di sebuah website. Contoh website bertema memasak tentunya akan memuat konten terkait memasak dan tips-tips lain yang berkaitan dengan dunia memasak. Namun, jika website Anda diisi dengan topik-topik utama termasuk kata kunci tips memasak, namun malah diisi konten seperti tips perbaikan komputer, otomatis pengunjung akan berpaling.

Relevansi juga menjadi alasan mengapa website kita cenderung mendapat peringkat lebih tinggi di Google. Contoh website yang bagus dan berperingkat tinggi adalah yang terbaik dari sudut pandang SEO. Meskipun demikian, contoh situs web yang bagus adalah situs yang berfokus pada satu topik. Jadi, website menarik seperti apa yang bisa diterapkan?

Contoh Website Portofolio

Dulu, portofolio dan CV hanya ditulis di atas kertas dan dicetak. Atau album foto fisik dan kaset dengan video berisi hasil pekerjaan. Dengan menggunakan website, kini Anda dapat membuat portofolio yang lebih sederhana dan ringkas.

Ada banyak contoh website portofolio yang bisa dijadikan template. Berbagai tema juga gratis untuk diunduh dan diterapkan. Tema yang paling mudah digunakan adalah tema CMS WordPress.

Contoh Website Toko Online

Memiliki toko online kini sudah menjadi bagian dari aktivitas bisnis online banyak orang. Selain menggunakan media sosial, banyak orang yang memanfaatkan website untuk mempromosikan produknya. Hal ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang mengelola bisnis online, karena website cenderung lebih bebas digunakan dan dapat disesuaikan dengan keinginan pembuatnya.

Contoh website toko online yang umum digunakan antara lain WordPress, Prestashop, dan Shopify. Selain itu, banyak juga penyedia yang menawarkan paket website toko online lengkap dengan CMS-nya sendiri. Namun khusus untuk CMS WordPress, biasanya digunakan plugin tambahan bernama WooCommerce.

Contoh Website Bisnis

Mirip dengan website portofolio, website korporat atau bisnis dimaksudkan untuk menyampaikan informasi mengenai area bisnis di mana suatu perusahaan beroperasi. Ini mencakup informasi serta penawaran khusus dan daftar harga yang biasanya disertakan di situs web perusahaan.

Contoh website perusahaan adalah website Apple Inc. Ini bukan hanya portofolio Anda, tetapi juga membantu Anda mengkomunikasikan program dan informasi Anda kepada pelanggan Anda.

Contoh Website Blog Pribadi

Dari contoh website yang ada di atas, jenis website pribadi ini bisa dibilang paling fleksibel dan serbaguna. Ada banyak pengusaha internet yang membuat situs blog pribadi dan mendapatkan uang melalui sarana seperti Adsense.

Website yang Anda buat juga bisa berbasis WordPress atau Blogger. Dengan kedua CMS ini, biasanya pengguna internet membeli domain untuk menghapus subdomain WordPress atau Blogger.

Website yang Bagus Seperti Apa?

Membuat website menjadi mudah dengan hadirnya banyak CMS yang semakin mudah digunakan. Kehadiran ini juga semakin membuka peluang bisnis online.

Namun masih banyak orang yang bingung seperti apa contoh website yang menarik pengunjung. ​Singkatnya, ada daftar periksa yang perlu Anda ikuti untuk membuat situs web Anda menarik bagi pengunjung Anda.

  1. Pesan yang Jelas dan Kuat

Situs web Anda adalah peluang utama untuk menyenangkan audiens baru. Jadi, apa hal pertama yang dilihat pengunjung ketika mereka membuka situs web Anda? Apakah mereka tahu apa yang ingin disampaikan oleh situs web Anda?

Situs web yang berhasil menarik pengunjung Untuk membuat , Anda memerlukan pesan yang jelas yang dapat dipahami oleh semua pengunjung Anda. Cara terbaik untuk berkomunikasi dengan pengunjung Anda adalah melalui homepage. Hal ini memudahkan Google untuk memahami jenis situs web apa yang sedang mereka crawl.

  1. Navigasi yang Mudah

Aspek penting lainnya dari sebuah situs web adalah navigasi. Banyak pemilik situs web gagal memberikan tata letak halaman yang baik dan jelas kepada pengunjungnya untuk navigasi. Cara terbaik untuk membuat navigasi yang mudah adalah dengan membuat struktur logis yang memungkinkan pengunjung dengan mudah berpindah ke halaman berikutnya.

Navigasi biasanya lebih mudah dibaca jika ditempatkan di bagian atas sebuah website. Selain itu, menambahkan breadcrumb membuat navigasi lebih mudah.

  1. Konten dan Konten

Seperti disebutkan dalam pendahuluan, fungsi utama situs web adalah menyediakan konten yang relevan. Konten yang relevan dan memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi akan membuat pengunjung betah berada di website Anda.

Gunakan bahasa yang jelas, minimalkan kesalahan (typo), dan dorong pengunjung untuk menggali lebih dalam konten yang mereka nikmati. Jangan lupa untuk membuat konten yang mencantumkan kata kunci yang Anda inginkan pada judulnya. Taktik ini adalah salah satu Search Engine Optimization (SEO) paling dasar.

  1. Membangun Komunitas

Membangun komunitas untuk bisnis Anda adalah investasi jangka panjang. Dan itu sama saja dengan membangun komunitas website. Ada banyak contoh website yang mampu menarik lebih banyak pengunjung karena memiliki basis komunitas yang aktif.

Kegiatan membangun komunitas ini dapat dilakukan dengan membuat grup Facebook atau media sosial lainnya. Menggunakan media sosial sebagai “pendamping” website Anda terbukti membantu meningkatkan traffic. Kami juga ingin para pembaca setia kami tetap menjaga website kami tetap aktif.

Kesimpulan

Dapat dikatakan sangat mudah untuk membuat sebuah website yang dapat menarik lebih banyak pengunjung. Dengan memperhatikan konten yang ditampilkan dan kaidah SEO. Anda dapat menemukan banyak tema WordPress gratis di internet saat ini.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

18 hours ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

23 hours ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

4 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

4 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

5 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

5 days ago