Belakangan ini semakin sering ditemukan profesi-profesi baru yang memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti YouTuber, Selebgram, hingga Blogger. Profesi tersebut awalnya mungkin hanya sebatas hobi namun semakin lama ternyata justru semakin di gemari karena banyak brand dan agensi yang tertarik untuk mengajak kerjasama dengan imbalan berupa materi.

Untuk profesi Blogger sendiri sebenarnya sudah aja sejak lama. Namun baru beberapa tahun belakangan ini naik daun karena ada peluang yang menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan. Selain itu, kebiasaan menulis yang di miliki Blogger saat ini juga banyak di butuhkan oleh perusahaan multinasional.

Dunia blog seperti dunia kedua bagi para penikmat internet karena dengan membuat blog maka seseorang merasa seperti membuktikan eksistensinya.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

1. Terkait Desain Dan Memulai Blog

Dalam memulai blog banyak yang sudah melakukan kesalahan, bahkan tidak menyadarinya. Berikut beberapa kesalahan terkait desain dan memulai blog, yaitu :

1. Tidak fokus pada yang “Menyenangkan”.

Tidak sedikit blogger pemula yang lebih suka mengambil tema apa saja atau istilahnya sekarang lebih terkenal yaitu menjadi lifestyle blogger (semua topik dibahas). Yang dimaksud disini lebih menekankan pada unsur yang menyenangkan lupakan dulu soal mendapatkan uang dari bl0g.

Fokuskan pada hal yang menyenangkan, tulislah apa yang memang jadi kesukaan kamu dan lupakan soal uang.

2. Menggunakan template blog bawaan dan tidak setting blog dengan benar.

Ada beberapa blogger yang menggunakan template bawaan dari blogspot atau pun WordPress dan tidak mengatur tampilan blog dengan baik.

3. Tidak siap dengan logo, tagline, struktur blog dan navigasi.

Logo blog dan tagline merupakan salah satu ciri khas blog karena mencerminkan siapa dirimu di blog. Kemudian struktur blog juga berkaitan dengan navigasi. Seringkali blogger pemula bingung mencari pembahasan dalam artian apa saja kategori utama bahasan. Hal ini sangat penting agar pembaca yang datang bisa lihat dan paham tentang isi blog dan bisa mengira apa saja yang akan di dapatkan dari blog yang di baca.

Tips mengenai struktur blog : gunakan kategori yang khusus, jangan ada artikel yang dimasukkan dalam 2 kategori sekaligus. Jika demikian artinya masih kurang spesifik.

4. Fokus mendapatkan uang dari blog.

Banyak blogger pemula yang menekuni aktivitas blogging hanya untuk mengejar materi. Hal ini memang tidak bisa dibantah karena setiap pribadi pasti memerlukan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Akan tetapi, prinsip fokus mendapatkan uang dari blog ini justru menjadi pisau bermata dua bagi para blogger pemula. Pasalnya, tidak banyak blogger yang bisa langsung sukses dalam hitungan hari, perlu proses yang panjang sebelum akhirnya blogger bisa menikmati pemasukan dari iklan atau pun endorsment yang diberikan oleh brand.

Baca Juga  Membuat XML Sitemap dengan SEO Yoast

5. Tidak mendaftarkan blog ke Search Console.

Setiap blog yang sudah bisa di akses seharusnya di daftarkan di Google Search Console karena untuk mempermudah proses web crawl mesin pencari. Selain itu Google Search Console juga bakal mempermudah dalam memantau blacklink atau pun kata kunci yang masuk.

2. Terkait Menulis di Blog

Kemudian langkah selanjutnya adalah menulis blog. Dalam menulis sebuah blog ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh Blogger, yaitu :

1. Tidak langsung memulai menulis.

Banyak blogger yang menunda menulis karena takut tidak ada yang baca atau takut tulisan tidak bagus.

2. Menulis tanpa editing.

Menerbitkan tulisan tanpa di cek terlebih dahulu merupakan kesalahan dalam menulis blog. Jadi harus di perhatikan penulisan, EYD dll.

EYD atau ejaan yang disempurnakan memang tidak wajib digunakan dalam menulis konten blog. Namun dengan menerapkan kebiasaan gramar nazi atau maniak EYD sejak dari awal akan diuntungkan dimasa yang akan datang ketika kembali membaca karya yang sudah bertahun-tahun di terbitkan.

3. Tidak konsisten.

Konsisten merupakan ciri orang yang mau sukses namun cukup sulit untuk dijalani. Beberapa jenis konsisten, yaitu :

    • Konsisten dalam menulis.

Bagi Blogger pemula ada baiknya menulis secara konsisten setiap hari kurang lebih selama 21 hari berturut-turut.

    • Konsisten dalam topik.

Jangan mentang-mentang topik A sedang trending akhirnya menulis itu padahal topik tersebut bukan hal yang dikuasai atau pun yang disukai hanya untuk mendapatkan “sesuatu”.

    • Konsisten dalam belajar dan menerapkan yang di pelajari.

4. Copy Paste.

Copy paste tulisan atau materi orang lain menjadi kesalahan blogger yang sering terjadi karena tidak sengaja atau tidak tahu tentang resiko yang bisa terjadi.

Dampak dari konten copy paste bisa berakibat sulitnya blog terindeks mesin pencari, jadi di cap sebagai logger plagiat, hingga di take down oleh DMCA. Untuk mengupayakan hal ini bisa menulis berdasarkan pengalaman pribadi yang sesuai dengan sudut pandang dan gaya bahasa sendiri sehingga hasilnya bisa unik.

3. Terkait Promosi Blog

Beberapa kesalahan yang dilakukan blogger terkait dengan promosi blog, yaitu :

1. Share otomatis bawaan dari CMS WordPress dan selesai.

Ini adalah salah satu kesalahan yang dilakukan blogger kalau sudah selesai menulis promosi tulisan menggunakan share otomatis yang di sediakan oleh WordPress. Walaupun di WordPress sudah ada share otomatis selalu setting gambar yang akan di share dan juga setting tulisannya.

Baca Juga  Inilah 6 Tipe Hosting untuk SEO

2. Share ke 10 group sekaligus.

Kesalahan Blogger yang dilakukan dalam promosi tulisan baru sering dilihat sebelum Algoritma Facebook yang berubah. Sekarang memang lebih enak karena facebook sendiri menandai yang suka seperti ini sebagai aktivitas spam. Ada juga yang share ke hastag  yang lagi trending di Twitter.

Daripada share yang seperti itu lebih baik coba share ke group yang tepat yang memang isinya orang-orang yang butuh informasi yang di tulis.

3. Sekali promosi.

Blogger melakukan share tulisan ke salah satu group kemudian berharap orang berdatangan. Hal ini juga perlu diperhatikan dalam promosi blog. Kesalahan blogger adalah sekali share di beberapa group sekaligus, seharusnya membagikan beberapa kali dengan jeda.

4. Tidak memaksimalkan sosial media.

Daripada melakukan kesalahan umum yang dilakukan blogger dalam promosi share ke 10 group sekaligus lebih baik memaksimalkan share di sosial media. Misalnya interaksi lebih bagus di Instagram, kenapa tidak mencoba share link post baru di profile Instagram.

5. Kurang memantau hasil sharing.

Seberapa efektif share di sosial media ke dalam traffic blog dengan alat Google Analytics blog. Menggunakan UTM link untuk tracking berapa banyak traffic share di sosial media. Caranya tinggal masukkan link yang mau dipromosikan ke link http://ga-dev-tools.appspot.com/campaign-url-builder/ dan hasilnya bisa di cek di Google Analytics.

4. Terkait SEO

Tidak jarang blogger menerapkan SEO di blog dengan alasan tidak mau menulis untuk mesin. Padahal jika dipahami Algoritma Google bahwa SEO bukan hal yang seperti itu. Berikut kesalahan blogger yang terkait SEO, yaitu :

1. Tidak mau belajar SEO.

Kesalahan blogger baik itu pemula atau yang sudah lama tidak mau meluangkan waktu untuk belajar dan menerapkan SEO sederhana di blog masing-masing.

2. Mau belajar dan ingin hasilnya cepat.

Ini juga masalah mindset, SEO bukanlah proses yang singkat. Namun tidak jarang blogger yang ingin jika sudah belajar SEO dan menerapkan pada tulisan blog mereka ingin mendapatkan hasilnya dengan cepat.

3. Terlalu banyak belajar SEO.

Kesalahan blogger adalah terlalu banyak belajar SEO memang terlalu banyak artikel tentang SEO. Banyak juga blogger yang tahu dan sudah belajar SEO namun tidak mempraktekkannya.

4. Tidak konsisten dalam menerapkan SEO.

Belajar SEO dan menerapkan SEO dasar di blog post secara terus menerus di tulisan belum tentu mempunyai traffic yang stabil. Namun, tidak jarang blogger yang tidak konsisten dalam menerapkannya.

5. Salah menentukan riset kata kunci.

Riset kata kunci atau riset keyword berkaitan erat dengan proses optimasi agar blog lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Meskipun riset kata kunci tidak selalu soal mencari visitor, namun juga penting dilakukan agar tulisan lebih berstruktur dan enak di baca.

Baca Juga  Pay Per Click (PPC) Marketing Untuk Memasarkan Bisnis Online

Artikel boleh saja berisi catatan harian atau pengalaman pribadi, namun sebelum menulis bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan poin-poin menarik yang bisa memperkarya informasi.

5. Terkait Komentar Di Blog Orang Lain

Memberikan komentar pada blog orang lain akan memberikan peluang agar blog kita di lirik. Namun banyak blogger yang kurang memperhatikan hal ini. Berikut merupakan kesalahan blogger yang terkait dengan komentar di blog orang lain, yaitu :

1. Komentar spam.

Banyak yang menganggap komentar 1 atau 2 kata sebagai komentar spam karena ingin muncul di kolom komentar lebih cepat. Kesalahan seperti ini harus di hindari jangan buat komentar spamming.

2. Tidak mematuhi aturan dalam berkomentar.

Setiap blogger juga mempunyai aturan dalam berkomentar di blog. Berikut ini adalah aturan dalam berkomentar, yaitu :

    1. Jangan pernah berkomentar spam.
    2. Berkomentar dengan link hidup sangat tidak disukai oleh blogger mana pun, kecuali yang menggunakan plugin seperti CommentLuv.
    3. Isi komentar tidak relate sama sekali dengan tulisan.
    4. Komentar lebih pada “bragging” soal diri sendiri.

3. Kurang memaksimalkan komentar di blog orang lain.

Tidak jarang blogger menulis panjang dengan beberapa pandangan dan memasukkan tambahan. Biasanya akan menarik untuk klik profile dan mengunjungi blog.

6. Terkait Monetasi Blog

1. Tidak punya gambaran tentang monetasi blog.

Jika ingin menentukan monetasi blog harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan uang dari blog. Ada banyak pilihan tidak terbatas pada datang ke event, Blogger luar negeri menyarankan untuk menjual jasa, selain afiliasi dan sponsored post.

2. Fokus hanya pada Adsense.

Adsense adalah salah satu jenis monetasi blog yang paling umum dilakukan selain sponsored post dan afiliasi. Apalagi, banyak blogger Indonesia yang mengungkapkan kalau mendapatkan ribuan dollar dari Adsense. Jadi banyaklah yang fokus pada mendapatkan uang dari Adsense.

Tetapi kesalahan yang dilakukan blogger adalah tidak tahu bagaimana caranya blogger yang dapat ribuan dollar itu bekerja. Masih banyak cara monetasi blog lainnya, tidak harus terfokus pada Adsense kalau malas belajar SEO dan menerapkannya di blog. Karena Adsense dan SEO itu dua hal yang saling berkaitan. Semakin stabil traffic blog karena SEO, semakin stabil penghasilan dari Adsense.

 

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

 

0 Shares