HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Memahami SEO: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

SEO (Search Engine Optimization) mengoptimalkan kualitas konten Anda dari berbagai sudut pandang agar website Anda muncul di hasil pencarian ketika calon pengunjung mencari istilah tertentu di mesin pencari. Selain itu, SEO juga merupakan strategi pemasaran yang ampuh dan hemat biaya yang membantu mengarahkan traffic ke konten Anda serta meningkatkan tingkat transaksi. Untuk membantu Anda memahami apa itu SEO, artikel ini akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan SEO termasuk jenis-jenisnya, cara kerja dan faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat website di mesin pencari. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu SEO?

SEO atau optimasi mesin pencari adalah optimasi konten untuk mencapai peringkat yang baik di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan traffic organik ke website Anda, yang dapat dicapai jika website mendapat peringkat tinggi di mesin pencari. Strategi optimasi yang biasanya dilakukan mencakup berbagai jenis SEO, seperti on-page, off-page, technical SEO, dan local SEO. Yang paling umum adalah SEO pada halaman, yang mengoptimalkan konten Anda menggunakan kata kunci tertentu.

Pilihlah kata kunci yang relevan dengan konten Anda dan fokuskan kata kunci tersebut sebagai kerangka pembuatan konten. Maka ketika calon pengunjung mengetikkan kata kunci tersebut ke mesin pencari, konten Anda akan muncul di halaman hasil pencarian. Semakin cepat konten Anda muncul dalam daftar, semakin besar kemungkinan pengguna mengeklik URL konten Anda. Visibilitas ini sangat penting karena dapat berdampak langsung pada jumlah pengunjung di website Anda, yang pada akhirnya meningkatkan kesadaran brand awarness dan meningkatkan peluang Anda untuk menghasilkan penjualan dari website.

Jenis-Jenis SEO

Simak penjelasan singkat di bawah ini, untuk memahami jenis-jenis SEO beserta fokus utamanya:

On-page SEO Off-page SEO Technical SEO Local SEO
Konten website Link building Kecepatan website Kata kunci lokal
Optimasi kata kunci Influencer marketing Schema markup Profil bisnis
Tag judul Media sosial Internal link Ulasan pelanggan
Alt text gambar Forum Sertifikat SSL Konten lokal

Berikut ini akan dijelaskan satu-persatu terkait pengertian, cara kerja dan implementasinya.

On-page SEO

SEO On-page menjadi strategi yang dilakukan langsung di setiap halaman website untuk mengoptimalkan konten agar mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian organik. Fokusnya adalah pada konten halaman dan kode sumber HTML, seperti tag judul, tag header, dan deskripsi meta, yang dioptimalkan agar menarik bagi pengunjung dan crawler website. Jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat menginstal plugin SEO terbaik untuk mempermudah proses ini.
SEO pada halaman juga membantu mengatur halaman Anda, sehingga web crawler dapat menganalisis konten Anda dan mengindeksnya untuk istilah pencarian yang relevan.

Untuk membantu anda dalam memahaminya, berikut beberapa hal yang termasuk dalam SEO on-page:

  • Konten Website. Google menggunakan kerangka kerja E-A-T (expertise, authoritativeness, dan trustworthiness) untuk menilai kualitas konten, halaman, dan website. Kami mengutamakan konten berkualitas tinggi yang dibuat oleh penulis tepercaya dan dipublikasikan di website tepercaya. Jadi jika ingin website Anda muncul di halaman pertama Google, pastikan semua konten Anda memenuhi kriteria tersebut.
  • Optimasi kata kunci. Menambahkan kata kunci ke konten Anda membantu algoritma mesin pencari mengidentifikasi informasi yang Anda berikan. Gunakan tool SEO seperti Ahrefs Keywords Explorer atau Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci. Namun, untuk menghindari sanksi keyword stuffing, pastikan kata kunci dimasukkan ke dalam konten mengikuti tata bahasa yang benar.
  • Tag judul. Tag disebut juga dengan judul halaman, merupakan link yang dapat diklik pengunjung dan  muncul di SERP. Tag judul menentukan apakah suatu halaman relevan dengan maksud pencarian pengunjung. Judul yang bagus menghasilkan lebih banyak klik dan lalu lintas ke halaman yang dilihat. Selain itu, mesin pencari seperti Google memprioritaskan judul pendek yang menyertakan kata kunci agar mendapat peringkat lebih tinggi.
  • Tag header.  Menggunakan tag header untuk membagi konten menjadi beberapa bagian serta meningkatkan pengalaman pengguna dan memudahkan web crawler mengindeks halaman. Saat pengguna memasukkan istilah pencarian, mesin pencari mencari informasi terkait berdasarkan tag tersebut. Ini memberi peluang pada halaman website Anda untuk muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian.
  • All text gambar. Teks alternatif adalah atribut yang mendeskripsikan gambar dalam konten Anda. Meskipun teks ini tidak ditampilkan, namun berguna bagi pengunjung tunanetra. Informasi ini mendeskripsikan gambar sehingga aplikasi pembaca layar dapat membacanya. Selain itu, teks alternatif memberi tahu mesin pencari bahwa gambar tersebut mewakili konten bermanfaat di halaman. Ini meningkatkan peluang peringkat website dengan menampilkan gambar Anda di hasil pencarian gambar Google.
  • Meta description. Deskripsi singkat halaman yang muncul sebagai cuplikan di bawah judul halaman dan URL di SERP. Pada deskripsi meta Anda harus menyertakan kata kunci dan secara akurat mendeskripsikan informasi yang muncul dalam konten Anda. Deskripsi meta yang baik dapat menghasilkan lebih banyak klik dan mengurangi rasio pentalan jika konten Anda dapat memenuhi maksud pencarian pengguna.

Off-page SEO

Off-page SEO adalah tindakan optimasi yang dilakukan di luar website untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Strategi ini juga dipertimbangkan Google untuk menunjukkan seberapa bermanfaat website, perusahaan, atau produk Anda di mata audiens. Strategi SEO off-page yang diterapkan dengan benar dapat membantu webite Anda meningkatkan otoritas halaman dan mencapai peringkat pencarian yang lebih baik.

Berikut ini merupakan beberapa strategi SEO off-page yang bisa Anda digunakan:

  • Link building. Mengacu pada proses mendapatkan tautan ke website Anda dari situs web lain. Algoritme Google sangat bergantung pada tautan. Semua tautan yang Anda terima berfungsi sebagai dukungan kepercayaan untuk website. Namun, selalu utamakan kualitas dibandingkan jumlah link dan pastikan Anda hanya mendapatkan link berkualitas dari website terpercaya.
  • Social media marketing. Aktif di media sosial adalah strategi penting bagi bisnis. Media sosial memungkinkan pengguna mengetahui reputasi Anda. Memposting konten menarik di media sosial secara rutin juga dapat membantu Anda menjangkau khalayak yang lebih luas. Selain itu, jika konten Anda dapat menarik traffic dari seluruh dunia, mesin pencari akan mengetahui bahwa website Anda dapat dipercaya.
  • Menjangkau influencer.  Bangun hubungan dengan brand dan influencer untuk menyebarkan berita tentang bisnis Anda. Jika dilakukan dengan benar, pemasaran influencer dapat meningkatkan kesadaran merek, menarik audiens baru ke website Anda dan pada akhirnya meningkatkan traffic website.
  • Forum. Situs forum seperti Quora, Reddit, dan Stack Overflow memberikan peluang besar untuk mempromosikan website Anda. Di sana Anda dapat berpartisipasi dalam percakapan dengan pengguna lain, menjawab pertanyaan, menunjukkan keahlian dan kredibilitas Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan tautan ke halaman website Anda untuk meningkatkan lalu lintas pencarian organik.

Meskipun pembuatan link building menjadi aspek utama dari strategi SEO off-page, namun strategi yang dilakukan di luar ranah website adalah bagian dari SEO off-page dan tidak boleh diabaikan.

Technical SEO

Technical SEO adalah upaya untuk mengoptimalkan aspek teknis suatu website agar memenuhi kriteria algoritma mesin pencari. Aspek-aspek tersebut meliputi kecepatan memuat, keramahan seluler, dan optimalisasi arsitektur website. Jenis SEO ini membantu mesin pencari seperti Google dengan mudah menemukan dan mengindeks halaman. Hasilnya, website dengan teknis SEO yang baik akan mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. SEO teknis tidak hanya membantu meningkatkan peringkat tetapi juga menciptakan pengalaman pengguna. Pengunjung dan mesin pencari pasti lebih menyukai website dengan struktur terorganisir, loading cepat dan keamanan yang baik. Ini semua adalah faktor penting untuk SEO teknis.

Berikut adalah faktor-faktor yang perlu Anda pertimbangkan ketika menerapkan strategi teknis SEO:

  • Kecepatan loading. Jika website Anda lambat, bounce rate akan tinggi dan peringkat Anda akan menurun. Menyimpan website dalam cache, mengompresi gambar, dan mengurangi pengalihan halaman adalah cara efektif untuk memaksimalkan kecepatan website. Selain itu, Anda dapat menggunakan alat seperti GTmetrix dan PageSpeed ​​​​Insights untuk mengidentifikasi komponen yang memerlukan pengoptimalan.
  • Schema markup. Schema markup adalah tag yang dapat Anda tambahkan ke kode HTML untuk membantu mesin telusur mengidentifikasi konten dengan lebih baik. Menambahkan schema markup akan meningkatkan cuplikan halaman website di hasil pencarian. Misalnya, Anda dapat menambahkan peringkat, ulasan, dan deskripsi meta untuk membuat halaman lebih menarik. Cara ini akan menghasilkan lebih banyak traffic dan meningkatkan CTR website Anda.
  • Internal link. Merujuk pada proses penambahan hyperlink yang menghubungkan ke halaman lain di website yang sama. Menambahkan tautan internal memungkinkan crwaler mesin telusur menemukan dan mengindeks lebih banyak halaman di website. Menerapkan tautan internal dengan benar juga meningkatkan otoritas halaman, pengalaman navigasi, dan waktu tampilan halaman.
  • XML sitemap. Sederhananya, XML sitemap adalah kumpulan URL halaman yang bertindak sebagai “peta” atau panduan bagi crawler untuk dengan cepat mencapai halaman penting di situs. Untuk membuat sitemap di website WordPress dengan mudah, Anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO. Atau gunakan generator gratis seperti InSpyder atau Screaming Frog.
  • Accelerated Mobile Pages (AMP).  Framework web ini membuat halaman ringan yang mengoptimalkan waktu muat untuk pengguna perangkat seluler. Saat Anda mengaktifkan AMP, Google menyajikan halaman web Anda melalui cache yang telah dikonfigurasi sebelumnya sehingga website Anda dimuat dengan cepat dan instan. Google juga mengutamakan website yang menggunakan AMP, menjadikan framework sebagai elemen kunci website berkualitas tinggi.
  • Sertifikat SSL. Website yang menerapkan enkripsi SSL menggunakan protokol HTTPS di URL-nya. Hal ini dapat diartikan bahwa semua informasi yang dikirimkan antara website dan pengunjung dijamin aman dan terenkripsi. Google menggunakan HTTPS sebagai salah satu faktor peringkatnya, sehingga situs dengan sertifikat SSL berpeluang mendapatkan peringkat pencarian lebih tinggi. Jika paket hosting Anda memiliki sertifikat SSL, jangan lupa untuk mengaktifkannya.

Local SEO

Local SEO adalah strategi untuk meningkatkan visibilitas bisnis lokal di hasil pencarian. Strategi ini meningkatkan visibilitas perusahaan dan memungkinkan Anda mempromosikan merek, produk, dan layanan di komunitas lokal Anda. Saat Anda menelusuri “dokter di dekat saya” atau “toko hewan peliharaan di dekat saya” di Google, mesin pencari akan mendeteksi lokasi Anda berdasarkan alamat IP Anda dan menampilkan hasil yang relevan. Jika Anda ingin bisnis Anda muncul di hasil pencarian lokal, Anda perlu mengoptimalkan SEO lokal Anda.

Perhatikan hal-hal berikut, jika anda berencana menerapkan strategi ini:

  • Profil Google My Business (GMB). Peta yang muncul di hasil penelusuran lokal Google teratas diambil dari profil GMB. Pertama, Anda perlu membuat akun. Detail seperti nama, alamat, dan nomor telepon penting untuk pemeringkatan, jadi pastikan semuanya akurat dan lengkap. Selain itu, Google memberi peringkat pada profil GMB berdasarkan jarak, popularitas, dan relevansi dengan permintaan pencarian.
  • Lakukan riset kata kunci lokal. Jika dilakukan dengan benar, memasukkan kata kunci lokal di website Anda dapat meningkatkan peringkat SERP. Buat daftar kata kunci yang menggambarkan produk atau layanan dan tambahkan keterangan khusus lokasi. Tool SEO seperti Ahrefs dapat membantu menentukan kinerja kata kunci berdasarkan volume dan kesulitan pencarian.
  • Konten yang menyasar pasar lokal. Menyediakan konten yang menargetkan audiens dan wilayah tertentu akan meningkatkan visibilitas bisnis Anda secara online. Buat konten yang relevan secara lokal yang memenuhi kebutuhan kelompok sasaran Anda. Dari postingan blog dan tutorial hingga studi kasus serta rekomendasi, pilih topik yang sesuai dengan area bisnis Anda.
  • Ulasan pelanggan. Ulasan dapat menunjukkan bahwa pelanggan mempercayai bisnis Anda, dan Google mempertimbangkan hal ini. Oleh karena itu, secara proaktif mintalah pelanggan Anda untuk meninggalkan ulasan untuk bisnis Anda. Hal ini dapat dicapai, melalui kampanye dan promosi email, atau dengan menawarkan halaman ulasan. Google juga mempertimbangkan ulasan pihak ketiga, jadi Anda harus mencari ulasan di website lain.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Google dan mesin pencari lainnya terus mengumpulkan, mengatur, dan menampilkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan pengunjung Anda.
Tiga proses utama dilakukan oleh mesin pencari untuk tujuan ini:

  • Crawling.  Mesin pencari menggunakan berbagai web crawler, hal ini dikenal sebagai spiderbots atau bot, untuk menemukan konten terbaru di web. Web crawler membantu Google menemukan dan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mengindeks laman.
  • Indexing. Proses yang dilakukan oleh mesin pencari untuk menyimpan dan mengatur halaman web yang dikumpulkan. Saat web crawler menemukan informasi di website, seperti kata kunci atau konten baru, mereka menambahkan halaman web tersebut ke indeks pencarian. Untuk membantu web crawler menemukan konten Anda, lakukan proses submit website ke mesin pencari. Kemudian, ketika pengguna mencari informasi yang relevan, mesin pencari mengambil website yang diindeks.
  • Ranking. Halaman web dalam indeks pencarian ditampilkan berdasarkan hasil pencarian dan diurutkan dari konten yang paling relevan hingga konten yang paling tidak relevan.

SEO meningkatkan peluang website Anda untuk muncul di hasil pencarian dengan membuatnya lebih menarik bagi mesin pencari. Dengan kata lain, strategi SEO Anda menentukan seberapa baik website Anda melewati serangkaian langkah, mulai dari crawling hingga pemeringkatan. Misalnya, internal link yang terstruktur dengan baik pada suatu halaman memudahkan web crawler untuk bernavigasi dari satu halaman ke halaman lainnya. Hal ini memungkinkan crawler menjelajahi situs Anda secara lebih menyeluruh dan mengindeks lebih banyak konten. Jika Anda ingin mencegah halaman tertentu ditemukan oleh web crawler, Anda dapat menggunakan file robot.txt untuk menggagalkan bot tersebut. Algoritme mesin pencari juga memperhitungkan banyak faktor peringkat lainnya, seperti kata kunci terkait, kualitas backlink, dan kebaruan konten. Oleh karena itu, yang terbaik adalah mempertimbangkan semua faktor ini untuk membuat konten ramah SEO dan secara signifikan meningkatkan peringkat website Anda dalam hasil pencarian.

Kesimpulan

Di artikel ini, Anda telah mempelajari apa itu SEO dan segala sesuatu tentangnya. SEO merupakan upaya yang harus dilakukan secara terus menerus untuk menjaga performa website. Banyak faktor dan strategi yang perlu diperhatikan dan tentunya perlu disesuaikan dengan algoritma yang akan terus diupdate. Temukan website yang optimalkan supaya SEO mudah ditemukan.

Berikut kami ingatkan kembali jenis-jenis SEO:

  • On-page SEO – Fokus pada elemen konten di halaman website Anda, seperti: image-alt, tag judul, dan deskripsi meta.
  • Off-page SEO – Ini mencakup aktivitas di luar situs seperti link building, outreach marketing, dan guest post.
  • Technical SEO – Ini mencakup aspek teknis dalam mengoptimalkan kecepatan pemuatan, apakah website kompatibel dengan perangkat, keamanan dan kegunaan, atau kemudahan penggunaan.
  • Local SEO – Menentukan SEO untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian lokal.

Untuk mencapai manfaat SEO jangka panjang, optimalkan website Anda dengan menerapkan strategi, elemen, dan praktik terbaru.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

3 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

3 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

3 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

4 days ago

Tren Inbound Marketing: Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Tetap Terdepan

Dari sudut pandang pemasaran, menjangkau khalayak yang luas tentu saja menjadi hal yang sangat penting.…

4 days ago

Web Dinamis VS Web Statis: Apa Saja Perbedaannya?

Tanpa kita sadari, website akan terus berkembang untuk meningkatkan pengalaman merek dan pengguna internet. Puncak…

5 days ago