HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Sangat Mudah! Begini Caranya Membuat Stiker WhatsApp

Halo Sobat Hosteko! Apakah Anda pengguna WhatsApp? Saat ini siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? Mulai dari ibu rumah tangga, anak SD, hingga pekerja kantoran, WhatsApp digunakan sebagai alat komunikasi. Dikutip dari Wikipedia.

WhatsApp Messenger adalah aplikasi perpesanan lintas platform yang menggunakan paket data internet Anda dan memungkinkan Anda bertukar pesan tanpa biaya SMS. WhatsApp Messenger biasa disebut dengan WhatsApp atau WA.

Tahukah Anda bahwa stiker kini gratis dan mudah digunakan di aplikasi WhatsApp? Ya, beberapa tahun lalu WhatsApp merilis fitur stiker terbarunya.

Jadi, kamu bisa menggunakan berbagai stiker menarik ketika melakukan aktivitas chatting. Selain itu, cara membuat stiker di WA juga cukup mudah. Anda bisa menggunakan berbagai stiker lucu saat melakukan aktivitas chatting. Selain itu, cara membuat stiker di WA juga sangat mudah.

Kehadiran fitur stiker di WhatsApp semakin meningkatkan popularitas aplikasi ini. Anda dapat memilih dari berbagai jenis stiker. Ada juga stiker yang bisa Anda buat menggunakan foto wajah Anda sendiri atau orang lain.

Bagaimana jika saya ingin menggunakan fitur stiker di WhatsApp? Apa perbedaan stiker di WA dengan stiker di beberapa aplikasi chatting lainnya? Bagaimana cara membuat stiker di WhatsApp menggunakan foto sendiri? Yuk kita cari tahu bersama!

Oktober 2018, Muncul Stiker di Whatsapp

Dikutip dari Phone Arena, Whatsapp sedang gencar memperbarui fitur-fitur seperti video call dengan banyak user, durasi penghapusan pesan, dan fitur stiker. Fitur stiker ini dapat digunakan oleh pengguna Android dan iOS untuk membuat aktivitas chatting mereka semakin seru.

Untuk menggunakan fitur terbaru WhatsApp, Anda perlu memperbarui WhatsApp ke versi 2.18.329 di Google Play Store untuk pengguna Android. Sedangkan jika Anda pengguna iOS, silahkan update aplikasi WhatsApp Anda ke versi 2.18.100.

Ada banyak stiker lucu dan menarik yang bisa Anda gunakan secara gratis. Anda juga bisa membuat stiker sendiri dengan ekspresi wajah yang berbeda dengan foto orang lain. Membuat stiker di WA juga sangat mudah. Anda dapat menemukan banyak tutorial di internet.

Whatsapp Messenger memiliki banyak keunggulan dibandingkan aplikasi chatting lainnya.

Kelebihan WhatsApp

Mengutip dari WhatsApp dan Wikipedia, WhatsApp Messenger memiliki beberapa fitur unggulan, antara lain:

1. Perpesanan reliable dan sederhana

2. Mengirim pesan ke teman dan keluarga melalui koneksi internet handphone

3. Fitur obrolan grup hingga 256 orang sekaligus

4. Berbicara dengan gratis menggunakan panggilan suara dan video Whatsapp

5. Memiliki fitur web dan desktop WhatsApp

6. Keamanan terjamin karena menggunakan enkripsi end-to-end

7. Bagikan momen penting Anda secara real time dengan kamera internal WA

8. Foto dan Video juga langsung terkirim saat dalam koneksi yang lambat

9. Memiliki fitur voice note

10. Berbagi dokumen dengan mudah hingga 100MB

11. Memiliki fitur pengiriman informasi lokasi GPS. Bukan sekedar link, bisa juga langsung ditampilkan

12. Terintegrasi ke dalam sistem

13. Ada status pesan tertentu. Misalnya, Anda akan melihat jam merah saat sedang loading, tanda centang jika Anda mengirimkannya ke jaringan Anda, tanda centang ganda jika pesan Anda terkirim ke teman ngobrol Anda, dan tanda silang merah jika pesan Anda gagal.

14. Memiliki fitur broadcasts ke personal ataupun group chat

15. Menghapus pesan atau menarik kembali pesan yang telah terkirim

16. Sederhana dan mudah

17. Terdapat fitur Whatsapp for Business

Stiker Whatsapp vs Stiker Line

Persaingan antara aplikasi Line dan WhatsApp sangat ketat. Dulunya Line banyak digemari masyarakat karena memiliki banyak stiker yang bisa diunduh secara gratis, meski memakan banyak RAM. Berbeda dengan WhatsApp yang fokus pada kebutuhan chatting dengan tetap mempertahankan tampilan simpel dan minimalis.

Namun kini WhatsApp telah merilis fitur stiker yang disukai banyak orang. Ada juga stiker yang bisa Anda buat sendiri. Membuat stiker di WA juga mudah. Stiker menggunakan foto orang lain atau milik Anda sendiri.

Menurut CNN Indonesia, kelebihan stiker WA menggunakan stiker LINE adalah:

Gratis

WA memiliki beberapa stiker lucu yang bisa Anda gunakan secara gratis. Misalnya Cuppy by Minseung Song, Salty by Alisa Kryzhanovska, Komo by Sanat Rath, Bibimbap Friends by Pete Ellison, Unchi & Rollie by nu1t, Shiba Inu by Aiko Kuninoi, The Maladroits by Cole Ott, Koko by Hanasake Picture Inc., Fearless and Fabulous by Ann Shen, Banana by Jayde Fish, Biscuit by Ghostbot dan Hatch by Hatch.

Jika di Line, ada beberapa stiker gratis dan berbayar yang tersedia online. Stiker dengan berbagai bentuk dan karakteristik hanya bisa Anda dapatkan jika membeli dari line shop. Namun WhatsApp belum memiliki stiker bergerak atau stiker yang dapat mengeluarkan suara sendiri.

Buat Stiker Sendiri di WA

Dengan WhatsApp, Anda tidak perlu membeli stiker buatan orang lain, seperti halnya menggunakan aplikasi Line. Anda bisa mendapatkan berbagai macam stiker secara gratis atau membuat stiker sendiri sesuai kebutuhan. Membuat stiker sendiri di WA itu mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa aplikasi pendukung seperti aplikasi edit foto dan aplikasi upload stiker.

Pertama, aplikasi edit foto digunakan untuk menghilangkan background foto, menambahkan karya lain, menambahkan kata-kata, dan lain-lain. Anda bisa menginstal aplikasi Background Eraser, PicsArt, atau aplikasi edit foto lainnya yang biasa digunakan. Selanjutnya untuk membuat stiker di WhatsApp, instal aplikasi Personal Stiker for WhatsApp.

Aplikasi ini ditujukan untuk menyisipkan foto yang telah diedit sebelumnya. Foto yang sudah diedit bisa langsung diunggah ke WhatsApp melalui aplikasi ini. Untuk mengunggah paket stiker Anda ke WhatsApp, Anda harus menyediakan setidaknya tiga foto.

Salin Stiker WhatsApp

Stiker WhatsApp tidak hanya gratis tetapi juga dapat disalin oleh pengguna lain. Jika Anda menganggap stiker orang lain menarik atau ingin menyimpannya, Anda dapat dengan mudah menyalinnya. Bagaimana cara kerjanya?

Jika Anda menemukan stiker lucu dari teman Anda atau pengguna lain, silakan beri bintang pada stiker pilihan Anda. Dengan begitu, stiker tersebut nantinya akan muncul di daftar koleksi stiker Anda dan dapat digunakan kembali.

Kelebihan WhatsApp adalah Anda dapat membuat stiker dan menyalin stiker di WA. Berbeda dengan LINE yang harus membeli stamp yang diinginkan.

Cara Membuat Stiker di WA (Whatsapp)

Masih tertarik dengan cara membuat stiker di WA? Tenang saja! Kali ini Hosteko memberikan tips dan trik cara membuat stiker di WA dengan mudah. Bahkan pemula pun bisa melakukannya. Berikut panduan langkahnya, diambil dari Kompas:

  • Siapkan Foto yang Ingin Dijadikan Stiker

Untuk membuat stiker di WhatsApp. Anda perlu memiliki beberapa foto untuk membuat stiker. Bisa berupa foto teman, saudara, sahabat atau musuh. Pilih minimal 3 foto, karena WhatsApp mengharuskan Anda menambahkan minimal 3 stiker ke aplikasi.

  • Menghapus Background Foto

Selanjutnya, hapus background foto menggunakan aplikasi edit foto yang sudah dijelaskan sebelumnya. Aplikasi Background Eraser dapat diunduh dan diinstal melalui Play Store. Setelah instalasi berhasil, klik ikon penghapus lalu klik foto yang ingin Anda hapus latar belakangnya untuk memuat gambar. Silakan hapus latar belakang jika Anda mau.

Anda dapat memotong foto terlebih dahulu lalu menghapusnya menggunakan fitur otomatis atau ajaib yang tersedia. Anda juga dapat menghapusnya secara manual. Kemudian klik “Save” untuk menyimpan hasil edit foto.

  • Siapkan Foto yang Ingin Diupload

Jadi mohon hapus background minimal 3 foto. Pasalnya, sticker pack yang bisa Anda tambahkan ke WhatsApp minimal berisi 3 foto. Pastikan foto Anda memiliki ekstensi .PNG

  • Unggah Stiker Foto Pilihan Anda

Unggah stiker foto pilihan Anda Sekarang unggah foto yang ingin Anda jadikan stiker. Instal aplikasi Personal Sticker for WhatsApp yang ada di Play Store.

Selanjutnya, buka WhatsApp dan pilih opsi Tambah Emoji di sisi kiri kolom tempat Anda mengetik pesan. Kemudian pilih icon “Stickers” untuk menampilkan tampilan stiker.
Untuk menambahkan foto yang Anda buat, pilih tanda plus (+) di pojok kanan atas. Scroll ke bawah dan klik “Get more stickers”. Pilih opsi ini untuk menambahkan foto yang dibuat sebelumnya.

Stiker pribadi di aplikasi WhatsApp akan terbuka secara otomatis. Kemudian pilih foto yang Anda edit sebelumnya. Kemudian klik Add. Foto-foto ini dikemas dalam bentuk sticker pack dan siap digunakan untuk chatting lebih seru.

  • Cara Membuat Stiker di WA, Selesai!

Yeay! Anda sekarang telah berhasil membuat stiker Anda sendiri di WA. Untuk menggunakan stiker yang Anda buat, klik tombol stiker dan pilih foto sesuai ekspresi yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Stiker WhatsApp memiliki berbagai keunggulan dibandingkan aplikasi lainnya. Selain gratis, Anda juga bisa membuat stiker sendiri atau menyalin stiker yang Anda inginkan. Membuat stiker di WA juga mudah. Rasakan serunya ngobrol dengan stiker buatan tangan menggunakan aplikasi WhatsApp.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

3 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

3 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

3 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

4 days ago

Tren Inbound Marketing: Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Tetap Terdepan

Dari sudut pandang pemasaran, menjangkau khalayak yang luas tentu saja menjadi hal yang sangat penting.…

4 days ago

Web Dinamis VS Web Statis: Apa Saja Perbedaannya?

Tanpa kita sadari, website akan terus berkembang untuk meningkatkan pengalaman merek dan pengguna internet. Puncak…

5 days ago