HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Web Tidak Bisa Dibuka? Yuk Ketahui Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Website adalah teknologi buatan manusia dan tidak dapat menghindari masalah. Salah satunya adalah website tidak bisa dibuka. Anda dapat merasakannya di website organisasi Anda atau website Anda sendiri. Namun permasalahan ini akan berdampak negatif jika website yang tidak dapat diakses adalah website perusahaan yang menangani berbagai transaksi dengan pelanggan.

Website Anda mungkin kehilangan reputasinya di search engine dan bisnis Anda mungkin kehilangan calon pelanggan. Tentu saja Anda panik dan mencoba mencari tahu mengapa Anda tidak dapat mengakses situs web Anda dan memperbaiki masalahnya.

Pertama, tarik napas dan hembuskan secara perlahan, cobalah untuk menenangkan diri. Jika Anda semakin panik, Anda mungkin gagal menyelesaikan masalah penyebab website tidak dapat dibuka, yang justru dapat mempersulit akses website.

Anda beruntung telah mendarat di artikel yang tepat, karena kami di Hosteko akan menjelaskan kepada Anda satu persatu penyebab tidak dapat mengakses suatu website dan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan jika website tidak dapat dibuka dengan mudah. Mohon baca artikel ini secara perlahan dan teliti hingga selesai, ya!

Alasan Web Tidak Dapat Diakses

Masalah konektivitas paling umum yang menghalangi Anda mengakses web meliputi seperti dari browser, FTP, atau DNS. Artikel ini akan menjelaskan ketiga aspek penyebab permasalahan.

1. Koneksi Internet Bermasalah

Sebelum Anda menyadarinya, setiap kali browser Anda bermasalah atau Anda tidak dapat membuka Internet, hal pertama yang Anda lakukan adalah memeriksa koneksi Internet Anda.

Ya, Anda mungkin tidak dapat mengakses situs web karena tidak ada koneksi internet, terputus, atau penyedia Anda menyebabkan gangguan internet.

2. DNS Error

DNS Error yang dijelaskan di sini terjadi ketika nama domain tidak dapat diterjemahkan ke alamat IP yang valid. Sebuah situs web mungkin tidak dapat diakses karena nama domain salah eja dan sistem DNS tidak dapat menemukan alamat IP yang dimaksud.

3. Nama Domain Telah Kedaluwarsa

Selain kesalahan penulisan domain, kemungkinan penyebab lain tidak dapat mengakses situs web adalah karena nama domain situs web tersebut telah kedaluwarsa atau expired. Jika Anda tidak mengaktifkan atau memperpanjang penggunaan domain dengan pencatatan domain Anda, domain Anda akan kedaluwarsa dan mungkin dinonaktifkan secara otomatis.

4. Nama Domain Tidak Terhubung ke DNS Web Hosting

Alasan Anda tidak dapat mengakses website Anda mungkin karena ketidakakuratan pada web hosting Anda saat memasukkan nama domain ke sistem DNS. Selama waktu tersebut, website tidak akan terbuka atau berfungsi dengan baik.

Namun, Anda dapat mencegahnya dengan memverifikasi nama domain di server pribadi virtual Anda melalui ns1.namahostanda.com dan ns2.namahostanda.com.

5. ISP DNS dan Web Hosting Tidak Berfungsi

Anda tidak dapat membuka situs web tertentu, tetapi apakah orang lain dapat membuka situs yang Anda inginkan? Penyebab Anda tidak dapat mengakses web adalah karena Perlu diingat bahwa ini disebabkan oleh ISP dan hosting web Anda tidak terintegrasi dengan benar ke dalam jaringan web Anda.

6. Server Web Hosting Crash atau Down

Alasan Anda tidak dapat membuka web kali ini sering kali terjadi ketika Anda memiliki situs web dengan lalu lintas tinggi, dan sumber daya server tidak mencukupi untuk melayani semua klien. Oleh karena itu, penting untuk memilih layanan web hosting yang memenuhi kebutuhan resource website Anda.

Yang Harus Dilakukan Jika Website Tidak Bisa Dibuka

“Lalu, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk membuka website lagi?”

Tidak perlu panik, bahkan pemula pun dapat dengan mudah mengetahui apa yang harus dilakukan jika website tidak dapat dibuka. Yuk ikuti beberapa panduan di bawah ini.

1, Cek Status Error Website

Untungnya, setiap kali ada indikasi bahwa suatu situs web tidak dapat dibuka, maka akan muncul pesan kesalahan di halaman browser yang menjelaskan mengapa situs web tersebut tidak dapat diakses. Namun, beberapa pengguna Internet biasa mungkin tidak memahami arti kode kesalahan yang mereka lihat.

Oleh karena itu, cara tercepat dan termudah untuk menangani situs web yang tidak dapat dibuka oleh pengguna biasa adalah dengan mencari informasi tentang setiap kode kesalahan di perangkat dan jaringan lain.

Secara umum, setiap kode kesalahan mempunyai solusinya masing-masing. Ada beberapa jenis kode kesalahan berikut yang menghalangi Anda membuka web.

  • 403 Forbidden: Pesan error yang menunjukkan bahwa Anda tidak berwenang mengakses halaman di situs ini.
  • 404 Page Not Found: Halaman situs web yang Anda coba akses tidak lagi tersedia di Internet. Webmaster mungkin telah memindahkan resource halaman situs karena kerusakan internal.
  • 500 Internal Server Error: Penyebab website Anda tidak bisa diakses terletak pada server web hosting Anda. Kode kesalahan ini khususnya mengharuskan Anda melaporkan masalah tersebut ke penyedia hosting web Anda, sehingga Anda tidak dapat segera memperbaikinya sendiri.

2. Cek Koneksi Jaringan Internet Anda

 Kebanyakan koneksi Internet modern menggunakan prinsip nirkabel, namun kelemahannya dapat menyebabkan koneksi tiba-tiba terputus kapan saja, sehingga Anda tidak dapat membuka situs web. Oleh karena itu, cara termudah untuk mengatasi situs web yang tidak dapat dibuka adalah dengan rutin memeriksa kekuatan Internet Anda dengan mengunjungi situs web populer seperti Google dan Facebook.

Jika Anda dapat mengakses kedua situs tersebut, berarti koneksi internet Anda masih tersambung ke perangkat dan berfungsi dengan baik. Lampu mungkin juga muncul pada router atau modem Internet yang terhubung ke perangkat komputer Anda. Semua router biasanya memiliki indikator status koneksi. Jika indikator Internet berwarna merah atau oranye, Anda mengetahui bahwa Internet tidak aktif.

Solusinya sangat sederhana. Cukup restart router dan modem Anda. Matikan router selama 10 detik, lalu hidupkan kembali dan periksa apakah lampu indikator masih menyala merah. Sebaliknya, jika Anda menggunakan jaringan Internet kabel, pastikan kabel Ethernet tidak dicabut dari perangkat komputer Anda.

3. Selalu Pastikan Website Tidak Sedang Down

 Silakan periksa apakah situs web tidak down di sisi server sesuai dengan alasan mengapa Anda tidak dapat mengakses situs web sebelumnya. Untuk memeriksa apakah suatu situs web berstatus “tidak aktif” dan Anda tidak dapat membukanya, Anda dapat menggunakan beberapa alat, misalnya downforeveryoneorjustme.com, isitdownrightnow.com, down.com.

Cukup copy alamat website yang ingin Anda kunjungi dan paste di lokasi yang disediakan oleh masing-masing alat.

4. Nonaktifkan Adblocker

adblockersAnda harus menyadari bahwa ada beberapa jenis perangkat lunak web, seperti adblockers atau pemblokir iklan, yang dapat berbahaya dan menghalangi Anda mengakses web.

Di sisi lain, adblockers sangat berguna dalam memblokir iklan-iklan yang mengganggu di halaman situs web, namun kenyataannya, pemblokir iklan dapat mengganggu tampilan situs web dan mencegah pembukaan situs sama sekali adalah hal yang biasa. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan salah satu ekstensi, harap matikan pemblokir iklan Anda terlebih dahulu, lalu mulai ulang halaman situs web.

5. Nonaktifkan Antivirus, Anti-malware, dan Firewall

 Jika Anda menonaktifkan pemblokir iklan dan masih tidak dapat membuka situs web, matikan sementara perangkat keamanan komputer Anda untuk mencegah pembukaannya dapat ditangani secara efektif.

Coba nonaktifkan antivirus, anti-malware, firewall, atau aplikasi keamanan pihak ketiga lainnya dan mulai ulang halaman situs target. Hal ini karena perangkat lunak keamanan sering kali mengganggu koneksi Internet komputer Anda, sehingga Anda tidak dapat mengakses Internet.

6. Hapus / Flush Cached DNS

 Untuk mencari tahu mengapa Anda tidak dapat mengakses web dari halaman DNS Anda, coba bersihkan DNS Anda. Tahan DNS flush dirancang untuk membersihkan cache DNS lama situs web yang tersimpan di koneksi ISP Anda.

Misalnya, alamat IP situs web adalah 111.111.111.0, namun malah diubah menjadi 111.222.333.0, yang merupakan cache lama situs web yang disimpan di ISP Anda. Jadi browser akan membaca website pada IP lama dan tidak akan bisa membuka website tersebut.

Flushing DNS melalui komputer Anda (Windows) sangatlah mudah. Pertama, bukalah command prompt Windows dengan cara klik start > ketik cmd > Enter.

Kemudian masukkan sintaks berikut: ipconfig /flushdns. Jika Anda melihat hasil “Successfully flushed the DNS Resolver Cache”, maka coba akses kembali situs target.

7. Coba Akses Website Dengan Browser Lain

 Alasan Anda tidak dapat mengakses suatu situs web mungkin karena situs web tersebut tidak cocok untuk diakses dengan browser khusus Anda. Kasus ini sering terjadi ketika menggunakan browser dengan jumlah pengguna yang sedikit, seperti Safari atau Microsoft Edge.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan browser utama seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

8. Mengubah DNS Server

 Apakah Anda kesulitan membuka situs web saat menggunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox? Mengapa tidak mencoba mengubah server DNS yang sedang Anda gunakan?

Apa yang harus dilakukan jika situs web tidak terbuka akan membantu Anda mempercepat koneksi Internet Anda. Secara umum, situs web yang menggunakan server web Google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) dan CloudFlare (1.1.1.1) cenderung tidak mengalami masalah tidak dapat diaksesnya situs.

Namun, bagi yang belum pernah menggunakan server web kedua organisasi ini, kami akan menunjukkan cara mengubah server DNS di komputer Anda (Windows).

  1. Buka aplikasi control panel di komputer Anda.
  2. Pilih linked menu “View network status and task”.
  3. Klik pada akun jaringan Internet yang terhubung ke perangkat komputasi Anda dan klik tombol Properties.
  4. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IP) dan klik tombol Properties.
  5. Centang opsi “Use the following DNS server addresses”, dan masukkan alamat DNS yang ingin Anda gunakan (Google atau CloudFlare).
  6. Klik tombol OK untuk menyelesaikan proses dan restart komputer Anda.

Setelah menyelesaikan langkah di atas, coba kunjungi kembali websitenya.

9. Akses Website Melalui Versi Cached

 Sudahkah Anda mengikuti semua langkah di atas untuk memperbaiki website yang tidak dapat dibuka tetapi ternyata website tersebut sebenarnya sedang down? Dan Anda masih ingin mengakses website tersebut? Tenang saja, masih bisa kok! Coba akses situs web melalui versi cache.

Versi situs web yang di-cache adalah cuplikan riwayat situs web yang disimpan di server terpisah. Mesin pencari Google melakukan hal ini dengan mengindeks banyak situs web di satu server.

Langkahnya sangat sederhana. Pertama, buka Google Search dan salin URL website Anda ke kolom pencarian Google. Halaman situs web yang sesuai dengan URL biasanya muncul di bagian atas halaman hasil pencarian. Selanjutnya, klik tombol tiga titik di sebelah alamat situs web dan pilih tombol Simpan di halaman pop-up.

Namun jika Anda tidak dapat menemukan tombol Cache, berarti Google belum mengindeks halaman website Anda atau tidak mengindeksnya.

Cara Mengatasi Masalah Web Tidak Bisa Dibuka Sangatlah Mudah Bukan?

Inilah beberapa penyebab kenapa website anda tiba-tiba tidak bisa diakses dan membuat anda panik. Untungnya, ada beberapa cara cepat dan aman untuk mengatasi ketika situs web tidak mudah dibuka.

Jika Anda pemilik tunggal sebuah website dan merasa kesulitan dalam mengikuti beberapa cara di atas, Anda bisa meminta bantuan teman atau saudara yang paham dengan masalah website tidak bisa dibuka.

Selain itu, jika Anda menggunakan layanan hosting situs web seperti Hosteko, coba hubungi tim support mereka. Saat menggunakan layanan web hosting Hosteko, tim support kami tersedia 24/7. Make your choice now!

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

3 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

3 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

3 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

4 days ago

Tren Inbound Marketing: Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Tetap Terdepan

Dari sudut pandang pemasaran, menjangkau khalayak yang luas tentu saja menjadi hal yang sangat penting.…

4 days ago

Web Dinamis VS Web Statis: Apa Saja Perbedaannya?

Tanpa kita sadari, website akan terus berkembang untuk meningkatkan pengalaman merek dan pengguna internet. Puncak…

5 days ago