HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi Android tanpa coding pada artikel ini. Rahasia untuk menguasai keterampilan apa pun, terutama pemrograman, adalah latihan terus-menerus. Karena mengembangkan aplikasi Android menjadi lebih mudah jika Anda sering berlatih membuat aplikasi Android.

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara membangun aplikasi Android yang kompleks seperti OLX, Tokopedia, Sophee, dll?Aplikasi yang disebutkan tadi merupakan aplikasi yang dibuat oleh tim besar. Namun jika Anda masih ingin belajar, Anda bisa membuat aplikasi yang mudah dibuat, seperti aplikasi terompet ulang tahun, aplikasi penjelasan memasak, dll.

Sebelum mulai membuat aplikasi Android, Anda perlu menyiapkan alat tempur terlebih dahulu. Tools yang perlu Anda gunakan untuk membuat aplikasi Android adalah membuat aplikasi menggunakan Android Studio memerlukan langkah-langkah seperti menginstal aplikasi JDK, menginstal aplikasi Android Studio, membuat struktur project, membuat linear layout, dan membuat relative layout.

  • Install Aplikasi JDK

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengkonfigurasi JDK (Java Development Kit). JDK adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengkompilasi bahasa pemrograman Java menjadi bahasa pemrograman bytecode.

  • Menginstal Aplikasi Android Studio

Menurut IntelliJ IDEA, Android Studio adalah aplikasi IDE (Integrated Development Environment) untuk membangun aplikasi Android. Aplikasi Android Studio menyediakan editor kode IntelliJ dan developer tools, serta fitur lain untuk membangun aplikasi Android.

  • Membuat Interface dan Struktur Project

Saat pertama kali membuka Android Studio IDE, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah buat aplikasi pertama Anda dengan mengklik Start a new Android Studio project.

  • Membuat Linear layout

Layout linier adalah sekelompok tampilan yang menghasilkan tampilan yang selaras dalam satu arah, baik secara vertikal maupun horizontal. Layout linier ini memungkinkan Anda mengarahkan layout secara horizontal atau vertikal tergantung pada preferensi Anda.

  • Membuat Relative Layout

Relative layout adalah jenis tampilan grup struktur kode yang memungkinkan komponen ditempatkan di dalam atau tertutup secara relatif satu sama lain.

  • Buat coding di main activity dan activity_main.xml

Contohnya adalah

<RelativeLayout xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android”
android:id=”@+id/activity_main”
android:layout_width=”match_parent”
android:layout_height=”match_parent”
android:background=”#dce0e8″>

  • Klik tombol play berwarna hijau untuk menjalankan aplikasi Android.

Contoh aplikasi Android bawaan dan petunjuk dasar cara membuatnya

Mengenal Splash Screen

Splash screen adalah hal pertama yang Anda lihat saat mencoba membuka aplikasi Android. Splash screen ini ditampilkan sebelum menu utama ditampilkan.

Contoh aplikasi yang menggunakan splash screen antara lain Facebook, Twitter, YouTube, dan Skype. Hal dasar yang harus dipelajari saat membuat splash screen adalah menggunakan kode xml untuk membuat layout splash screen.

Mengenal User Interface Dashboard Menu

Tampilan UI dashboard atau biasa disebut bagus dan menarik. Menu utama membuat pengguna tertarik dan bertahan lebih lama saat menggunakan aplikasi Android Anda.

Pelajari Web View dengan Progress Bar

Android Web View adalah sistem di Google Chrome yang memungkinkan aplikasi Android menampilkan konten web yang ada. Misalnya, Anda mungkin ingin dapat mengakses halaman web dari aplikasi Android Anda tanpa terlebih dahulu membuka aplikasi browser. Atau, jika Anda sudah memiliki situs web, Anda dapat membuat aplikasi Android untuk situs web Anda dan menjadikannya dapat diakses dari aplikasi Android Anda.

Mengenal Custom Font

Pada dasarnya, sistem Android menyediakan font standar yang dapat Anda pelajari. Namun, Anda tentunya ingin memberikan font terbaik untuk aplikasi yang Anda bangun. Membuat font custom tidak sesulit yang dipikirkan banyak orang.

Namun bagi yang kesulitan mempelajari coding khususnya coding bahasa pemrograman Java. Tidak ada masalah dalam membuat aplikasi Android jika Anda menggunakan aplikasi berikut ini.

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

1. Membuat aplikasi dengan Jagel.id

Saat ini, Anda tidak perlu coding atau menulis script code untuk membuat aplikasi Android. Anda hanya perlu menggeser-geser dan aplikasi sudah jadi deh. Oh, masaknya semudah itu? Kayak to good to be true aja. (terlalu indah untuk menjadi kenyataan).

Oh, aku serius. Membangun sebuah aplikasi Android memang membutuhkan resource yang banyak, namun resource yang dibutuhkan untuk membangun sebuah aplikasi antara lain:

Komputer dengan spesifikasi khusus, server yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi, dan pemeliharaan aplikasi memerlukan biaya tambahan dan bisa cukup mahal. Namun kini Anda bisa membuat aplikasi gratis menggunakan Jagel.id.

Aplikasi Android apa saja yang bisa saya buat menggunakan jagel.id? Anda dapat dengan mudah membuat aplikasi yang menggabungkan toko online, aplikasi transportasi online seperti Grab dan Gojek, bahkan sistem bisnis online. Selain itu, Anda dapat mengunggah aplikasi Anda ke Google Play Store untuk diunduh pelanggan Anda.

Cara membuat aplikasi Android:

  • Download dari Google Play Store: Jagel.id
  • Daftar/Login
  • Mulai membuat aplikasi
  • Tidak perlu menggunakan coding untuk Aplikasi Android. Cukup klik tombol “BUAT APP SEKARANG” dan Anda akan dibawa ke bagian “Appku”.

Kemudian masukkan saja informasi yang diperlukan:

  • Gambar ikon aplikasi
  • Nama aplikasi
  • Kode nama aplikasi untuk memudahkan pencarian di Google Play Store

Setelah masuk, klik tombol tanda centang di pojok kanan atas. Terima kasih, Anda sekarang dapat membuat aplikasi Android sederhana. Langkah selanjutnya adalah merancang tata letak User interface dan user experiance untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Keunggulan jagel.id

  • Anda dapat membuat beberapa aplikasi
  • 1 Aplikasi Toko Online dapat memuat banyak produk
  • Anda dapat membagikan langsung ke pengguna/pelanggan melalui Play Store
  • Anda dapat menyesuaikan tampilannya

Di bawah ini adalah contoh aplikasi dibuat melalui An Jagel.id:

Siap membuat aplikasi pertama Anda hari ini?

2. Appery.io

Appery.io adalah yang pertama menawarkan kemampuan pengembangan aplikasi seluler perusahaan dengan layanan backend yang terintegrasi dengan baik dan plugin API yang kaya untuk menyederhanakan integrasi dengan layanan cloud dan sistem perusahaan. Aplikasi web Appery.io ini menggabungkan kekuatan pengembangan visual dan JavaScript untuk membuat aplikasi Android dengan cepat di berbagai perangkat.

Appery.io kini dikenal oleh semua pengembang aplikasi seluler di seluruh dunia. Saat ini, 30 situs besar sedang membahas Appery.io. Beberapa situs web utama yang mencakup appery.io termasuk InfoWorld, SDTimes, TechTarget, CloudTimes, ChinaTimes, infoTech, dan ComputerWorld.

Saat Anda membuka situs web Appery.io, Anda dapat memilih dari lima pilihan paket, yaitu Starter, Standard, Pro, Premium, dan Enterprise. Jika Anda seorang pemula, Anda dapat memilih paket perdana yang memberi Anda aplikasi gratis hingga 3 halaman Android.

Appery.io gratis, namun fungsinya masih terbatas. Ini berarti Anda dapat mengakses hingga 1.000.000 panggilan API dan ruang penyimpanan sebesar 1 GB. Appery.io berbasis web, jadi Anda tidak perlu mengunduh aplikasi apa pun ke komputer atau ponsel Anda, cukup browser web. Aplikasi berbasis web ini menyediakan editor visual untuk membuat aplikasi Android dengan cara drag and drop plugin.

Setelah Anda selesai membuat aplikasi, Anda dapat mengekspor file Anda ke aplikasi Android dan iOS. Menarik sekali bukan aplikasi ini?

3. Cara membuat aplikasi Android dengan AppMachine

Aplikasi selanjutnya yang akan kita bahas adalah AppMachine. Anda dapat menggunakan situs web ini untuk mengembangkan aplikasi Android dan iOS dengan User Interface professional. AppMachine sangat mudah digunakan oleh semua orang karena menawarkan fungsionalitas drag and drop dan dikombinasikan dengan berbagai blok penyusun dengan banyak fitur seperti informasi, foto, video, dll.

Sayangnya, penggunaan aplikasi AppMachine berbasis web membebani dompet Anda. Untuk membuat aplikasi Android menggunakan aplikasi AppMachine, Anda harus berlangganan paket Plus $49. Namun, jika Anda membeli paket termurah (Basic seharga $19), Anda hanya dapat membuat aplikasi HTML5.

4. Cara membuat aplikasi android dengan AppMakr

AppMakr adalah cara unik dan kreatif untuk membuat aplikasi iPhone, memungkinkan Anda mengembangkan tidak hanya aplikasi iOS, tetapi juga aplikasi Android dan aplikasi seluler HTML5 tanpa memerlukan pengetahuan pemrograman khusus di mana Anda dapat membuat coding bahasa pemrograman.

Kelebihan aplikasi ini adalah siapapun dapat menggunakannya. Tak terkecuali bagi mereka yang belum familiar dengan bahasa pemrograman. Bagi yang sudah mempunyai konten, membuat aplikasi Android sangatlah mudah.

5. Membuat aplikasi android dengan Appy Pie

Appy Pie adalah situs web untuk membangun aplikasi tanpa memerlukan pengetahuan coding apa pun. Dengan Appy Pie, Anda tidak perlu mengunduh atau menginstal aplikasi apa pun. Buat aplikasi yang Anda inginkan hanya dengan menyeret dan melepaskannya ke situs web Appy Pie.

Setelah Anda membuat aplikasi yang Anda inginkan, Anda dapat mempublikasikannya di Play Store atau Apple App Store. Selain aplikasi Android dan iOS, aplikasi buatan Appy Pie juga tersedia di platform Blackberry, Windows, dan Kindle. Itu sangat menarik.

Platform Appy Pie kini juga menawarkan kemampuan pembuatan game. Fitur ini memungkinkan Anda membuat game seluler dengan mudah.

Appy Pie tersedia dalam empat paket: Gratis, Basic, Gold, dan Platinum. Paket gratis tersedia secara gratis, namun dengan batasan. Anda hanya dapat membuat aplikasi untuk HTML5 dan Android dengan fungsi yang sangat terbatas. Untuk fungsionalitas penuh, pilih paket Basic seharga $7/bulan, paket Gold seharga $19/bulan, atau paket Platinum seharga $33/bulan.

6. Good Barber

GoodBarber adalah platform pembangun Android dengan beragam tema yang sangat indah. Apakah Anda ingin menggunakan tema bunga atau teknology? Anda bisa mendapatkan semua yang Anda inginkan.

Lebih dari 350 tema dengan desain yang sangat menarik tersedia untuk Anda. Ia juga dilengkapi 600 font Google yang dapat mempercantik tampilan aplikasi Anda. Melalui website ini Anda dapat membuat aplikasi mobile Android, iPhone dan Web dengan cara yang mudah dan menarik.

Tidak semua penawaran GoodBarber gratis. Untuk menggunakan situs ini, Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Harga terendah adalah $32 per bulan dan harga tertinggi adalah $200 per bulan. Wah, itu mahal sekali.

Kesimpulan

Kami berharap setelah membaca artikel ini Anda mendapatkan pengetahuan tentang cara membangun aplikasi Android dengan mudah.

Tersedia dua metode. Cara pertama memungkinkan Anda menggunakan native coding atau mengkodekan bahasa pemrograman Java secara manual menggunakan aplikasi Android Studio. Opsi kedua adalah membangun aplikasi Android menggunakan platform pihak ketiga seperti Appery.io.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

19 hours ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

21 hours ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

3 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

3 days ago