HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal ARP (Address Resolution Protocol) Dalam Jaringan Komputer

ARP adalah protokol terbaik untuk menemukan alamat IP dan alamat MAC perangkat Anda Seperti yang Anda ketahui, ketika Anda mengunjungi suatu website atau situs web, browser Anda mencoba mengintegrasikan jaringan antara kedua sistem tersebut menggunakan layanan lapisan aplikasi seperti HTTP. Dengan dukungan dan dukungan TCP atau Transmisi Control Protocol dan beberapa lapisan pendukung lainnya, berbagai informasi yang diperlukan seperti alamat IP, alamat MAC, nomor port, dan lain-lain dapat ditambahkan. Oleh karena itu, penting untuk memahami detail ARP.

Pengertian ARP (Address Resolution Protocol) 

Beberapa orang mungkin belum mengetahui tentang ARP. Seperti disebutkan, Address Resolution Protocol, atau lebih dikenal dengan singkatannya ARP, adalah protokol yang digunakan untuk mencari dan mendapatkan alamat MAC melalui alamat IP tujuan yang sudah dikenali atau diketahui. Secara umum, Anda dapat mengetahui alamat IP atau alamat IP tujuan tanpa alamat MAC atau alamat MAC tujuan. Di sinilah ARP (Address Resolution Protocol) berperan. Peran ARP adalah mencari dan memperoleh informasi tentang alamat MAC atau alamat MAC tujuan.

Secara umum, keberadaan Address Resolution Protocol biasa disingkat ARP membantu mengubah dan menyesuaikan alamat IP atau alamat IP yang semula 32-bit menjadi 48-bit yang sesuai dengan alamat MAC atau alamat yang setara dengan alamat MAC. Penggunaan ARP atau Address Resolution Protocol sangat efektif dan direkomendasikan pada lapisan jaringan yang menggunakan model OSI Layer.

Protokol ini disampaikan dalam batas-batas jaringan tunggal, tidak pernah diarahkan pada node internetwork. Properti ini ditempatkan ARP ke dalam Link Layer dari Internet Protocol Suite, sedangkan di System Interconnect Model Terbuka (OSI), sering digambarkan sebagai yang berada antara Layer 2 dan 3, yang dienkapsulasi oleh protokol layer 2. Namun, ARP tidak dikembangkan dalam rangka OSI.

Karena jaringan model OSI Layer, seperti jaringan Ethernet dan jaringan area lokal, tidak memberikan informasi tentang alamat MAC, penggunaan ARP mungkin merupakan solusi yang baik untuk komunikasi. Address Resolution Protocol adalah kunci bagi siapa saja yang ingin berkomunikasi melalui jaringan Ethernet atau jaringan area lokal. Hal ini perlu Anda pahami karena tanpa alamat MAC, Anda tidak dapat berkomunikasi dengan berbagai perangkat dengan mengirim, menerima, atau bertukar data.

Fungsi utama ARP adalah memetakan alamat IP ke alamat MAC. Jika suatu perangkat ingin mengirim paket data ke perangkat lain di jaringan, maka perangkat tersebut harus mengetahui alamat MAC perangkat tujuan. ARP membuat permintaan untuk mengetahui alamat MAC suatu perangkat. Setelah alamat MAC ditemukan, perangkat pengirim berhasil mengirim paket data ke perangkat tujuan.

Jenis-jenis ARP (Address Resolution Protocol0l) 

  • Proxy ARP: Digunakan saat perangkat di jaringan menjalankan ARP untuk perangkat lain yang tidak ada dalam LAN.
  • Gratuitous ARP: Digunakan untuk mengumumkan alamat MAC suatu perangkat dalam jaringan, biasanya digunakan saat perangkat tersebut bergabung ke dalam jaringan.
  • Reverse ARP (RARP): Digunakan untuk menemukan alamat IP berdasarkan alamat MAC.
  • Inverse ARP: Digunakan dalam teknologi Frame Relay untuk memetakan alamat IP ke alamat DLCI (Data Link Connection Identifier).

Cara Kerja dari ARP (Address Resolution Protocol0l) 

  1. Melakukan permintaan akan ARP atau request ARP

Jika Anda ingin mengakses  jaringan lokal atau Ethernet untuk mengirim, menerima, atau bertukar data, Anda tidak dapat melakukannya sampai Anda mengetahui alamat MAC tujuan. Oleh karena itu, perangkat  yang mendukung ARP mengirimkan permintaan ARP ke semua jenis perangkat dalam jangkauan jaringannya. Untuk keperluan mencari alamat MAC  perangkat target, fitur ARP yang diminta  tentu saja adalah alamat IP  atau alamat IP  perangkat penerima dan  alamat MAC atau alamat MAC penerima.

  1. Proses pendistribusian permintaan ARP ke seluruh perangkat dalam jaringan lokal

Setelah permintaan ARP dibuat, sistem perangkat mendistribusikan permintaan ARP  ke semua perangkat  dalam jangkauan jaringan lokal. Meskipun permintaan dibuat ke semua perangkat dalam jangkauan jaringan lokal, hanya perangkat yang alamat IP-nya tercantum dalam permintaan ARP yang memintanya yang akan menerima permintaan tersebut.

  1. Perangkat tujuan akan memberikan respon atau ARP Reply

Selain itu, jika perangkat target dengan alamat IP yang diinginkan menerima permintaan ARP, perangkat target kemudian mengirimkan pesan ARP. Isi  pesan ARP terdiri dari alamat IP atau alamat IP  perangkat target dan alamat MAC atau MAC Address yang diinginkan.

  1. Perbaruan penyimpanan sementara atau caching

Ketika perangkat  menerima pesan ARP  dari perangkat target, alamat IP  dan alamat MAC  perangkat target secara otomatis disimpan dalam tabel ARP di penyimpanan sementara atau cache. Tujuan dari penyimpanan ini adalah untuk memberikan akses langsung  ke perangkat target tanpa mengulangi proses ARP nantinya.

  1. Proses pengiriman, penerimaan hingga pertukaran data sudah dapat dilakukan

Jika pencarian alamat MAC  berhasil  dan perangkat  menemukan alamat MAC  perangkat target, perangkat dapat berkomunikasi, mengirim, menerima, dan bertukar data dengan perangkat target.  Pada dasarnya cara kerja ARP seperti dijelaskan di atas memungkinkannya berkomunikasi, mengirim, menerima, dan bertukar data dengan perangkat target. Anda juga dapat melakukan ini di jaringan lokal atau melalui Ethernet jika Anda menggunakan ARP.

Keunggulan dan Kekurangan Penggunaan ARP (Address Resolution Protocol)

  1. Proses komunikasi, pengiriman, penerimaan dan pertukaran data dilakukan dengan efisien

Seperti yang Anda ketahui, peran Address Resolution Protocol adalah membantu menemukan dan menemukan  alamat MAC  perangkat target, terutama pada jaringan Ethernet atau jaringan area lokal.Hal ini membuat proses komunikasi dan pertukaran data dengan perangkat target menjadi lebih efektif dan efisien.

  1. Dapat digunakan untuk multiple devices atau banyak perangkat

Keuntungan lainnya menggunakan ARP adalah dapat digunakan di banyak atau beberapa perangkat. Keunggulan ini berarti komunikasi  antar perangkat di jaringan lokal menjadi efektif dan lancar.

  1. Membuat IP Address terintegrasi serta tidak bentrok dengan IP Address lain

ARP memungkinkan alamat IP  perangkat Anda berintegrasi lebih baik dengan berbagai perangkat lain di jaringan Anda. Ini juga mencegah alamat IP  Anda bertabrakan dengan alamat IP  lain di jaringan lokal atau Ethernet Anda.

  1. Praktis serta mudah dalam proses penggunaannya

Menggunakan ARP sangat sederhana, mudah, dan nyaman. Address Resolution Protocol sangat praktis dan mudah digunakan karena tidak memerlukan konfigurasi atau pengoperasian yang rumit.

Kekurangan menggunakan ARP adalah kemungkinan terjadinya serangan ARP seperti ARP spoofing dan ARP denial of service. ARP spoofing adalah teknik yang memungkinkan penyerang jahat menyerang jaringan Ethernet, mengakibatkan bingkai data pada switch LAN dicegat. Selain itu, penyerang dapat mencegat lalu lintas jaringan, yang juga dikenal sebagai penolakan layanan ARP.

Singkatnya, ARP adalah protokol jaringan yang digunakan untuk menentukan alamat MAC perangkat berdasarkan alamat IP-nya. Fungsi utama ARP adalah memetakan alamat IP ke alamat MAC sehingga paket data dapat dikirim dengan benar dari satu perangkat ke perangkat lainnya di jaringan. Contoh perangkat yang menggunakan ARP termasuk router, switch, dan perangkat lain yang terhubung ke jaringan Anda.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

22 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago