HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu Ubersuggest? Fitur dan Cara Menggunakannya

Pernahkah kamu mendengar istilah Ubersuggest? Nah, Ubersuggest merupakan salah satu research tools terbaik yang wajib kamu coba, terlebih lagi untuk pemula SEO. Menariknya, tools buatan Neil Patel ini didukung oleh berbagai fitur canggih yang efektif untuk riset keyword oleh digital marketer pemula hingga profesional.

Penasaran dengan Ubersuggest? Yuk, langusng aja simak informasi berikut agar kamu tahu apa itu Ubersuggest.

Apa Itu Ubersuggest?

Ubersuggest adalah tools SEO gratis yang berguna dalam pencarian ide keyword baru. Jadi, kamu bisa memanfaatkan fitur-fiturnya untuk meningkatkan atau memperluas strategi pemasaran konten dengan riset keyword.

Macam dan Cara Menggunakan Fitur Utama Ubersuggest

Keyword Ideas

Andalan tools Ubersuggest adalah Keyword Ideas. Fitur ini berguna sebagai alat riset keyword. Cukup mudah menggunakannya, yaitu cukup ketikan keyword yang mewakili topik utama konten yang inginkamu buat. Setelah itu, klik Search untuk memulai pencarian data ide keyword. Oiya, jangan lupa untuk setting bahasa dan wilayah pencarian data keyword terlebih dahulu yaa.

Keyword Overview

Keyword Overview Ubersuggest adalah halaman fitur yang akan menampilkan semua data penting tentang keyword, termasuk Keyword Ideas. Pada halaman ini, kamu bisa melihat rincian info keyword seperti:

  • Overview dan Grafik Trend Search Volume

Bagian ini berisi informasi dasar tentang data keyword seperti Search Volume, CPC, Paid dan SEO Difficulty.

    • Search Volume: mendeskripsikan jumlah pencarian keyword selama 1 bulan.
    • CPC: mendeskripsikan rata-rata biaya per klik yang harus pengiklan bayar ke pemilik platform setiap kali pengguna internet menekan konten iklan.
    • Paid Difficulty: perkiraan kompetisi pada paid search. Jadi, semakin tinggi nilai PD, maka keyword semakin kompetitif.
    • SEO Difficulty: perkiraan kompetisi pada organik. Jadi, tinggi nilai SEO difficulty, maka keyword semakin kompetitif.
  • Nilai Rata-rata Backlink dan Domain Authority

Bagian ini berisi informasi tentang jumlah backlink pada halaman web yang berada di halaman pertama search engine. Selain itu, kamu juga bisa melihat nilai domain authority, yaitu nilai kepercayaan sebuah website di dalam search engine.

  • SEO Result dan Age Range

Bagian ini mencantumkan tabel persentase jumlah orang yang klik SEO result dan grafik golongan usia orang-orang yang mencari keyword tersebut pada search engine.

  • Keyword Ideas

Bagian ini berisi ringkasan tentang daftar ide long tail keyword beserta jenis datanya.

  • Content Ideas

Bagian ini berisi daftar konten pada topik beserta jumlah traffic, backlink, dan social media shares. Lebih lengkapnya bagian Content Ideas akan dibahas pada Fitur Content Ideas berikut ini.

Content Ideas

Content Ideas merupakan fitur yang menyajikan judul blog atau postingan media sosial terkait suatu keyword yang pengguna lihat. Sehingga kamu melihat banyaknya jumlah share yang pengguna lakukan ke beberapa platform media sosial. Selain itu, kamu juga bisa melihat jumlah backlink suatu blog dan traffic yang didapatkan.

Content Ideas juga bisa menjasi solusi untuk kamu menemukan ide topik konten yang ingin dibuat dengan mudah. Dimana kamu bisa mencantumkan dan mengecualikan suatu keyword menggunakan fitur Filter yang tersedia pada halaman content ideas. Sehingga memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi jenis postingan atau blog yang paling sering orang-orang cari.

Traffic Analyzer Overview

Traffic Overview merupakan fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui apa saja yang kompetitor lakukan dalam peningkatan SEO website. Selain itu, kamu juga bisa menfaatkan fitur ini untuk memeriksa domain website kamu sendiri.

Pada halaman atas Traffic Overview, kamu bisa melihat kinerja atau performa website dalam hal domain score, keyword, dan backlink. Lebih jelasnya, berikut ini jenis data pada fitur Traffic Overview Ubersuggest:

  • Organic Keywords

Bagian ini menjelaskan jumlah total keyword yang dapat membantu optimasi ranking website di organic search Google. Dimana nantinya kamu akan diarahkan ke salah satu fitur menu Keywords, yaitu Keyword by Traffic. Pada fitur tersebut, kaumu bisa melihat berbagai keyword yang paling banyak digunakan domain website untuk meningkatkan rangking website.

  • Organic Monthly Traffic

Bagian ini menjelaskan perkiraan jumlah pengujung website dari Google setiap bulannya. Dimana nantinya kamu akan diarahkan ke fitur top Pages by traffic, yang akan kita bahas nanti.

  • Domain Authority

Bagian ini menjelaskan skor rangking website pada search engine yang memungkinkan untuk mengetahui seberapa bagusnya website mendapatkan rangking di Search Engine Result Pages (SERPs).

  • Backlinks

Bagian ini menjelaskan jumlah link konten yang berasal dari luar website utama, tentunya ini berguna untuk mendukung peningkatan SEO website utama.

  • Grafik Traffic Trend

Bagian ini memperlihatkan grafik traffic berdasarkan organic traffic trend bulanan.

  • SEO Keyword Rangking

Bagian ini memperlihatkan rincian hasil ranking website pada halaman hasil pencarian Google berdasarkan penggunaan keyword tertentu.

Top Pages by Traffic

Top Pages by Traffic merupakan fitur yang dapat membantu kamu untuk melihat jenis konten SEO yang kompetitor berikan perlakuan ranking dalam hal SEO. Fitur ini berisi daftar situs yang memiliki search engine traffic terbanyak. Sehingga melalui fitur ini kamu bisa melihat website yang paling populer, jumlah grafik kunjungan halaman web per bulan, jumlah total backlink, dan jumlah shares yang website dapatkan di media sosial tertentu.

Site Audit

Site Audit merupakan fitur yang dapat membantu kamu untuk menganalisis kinerja atau performa dan strategi SEO. Jadi, dengan fitur ini kamu bisa mengetahui bagian SEO mana yang perlu ditingkatkan.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu mengetikkan domain website yang ingin kamu audit atau carwl. Selanjutnya, akan ditampilkan berbagai data berikut ini.

  • On-Page SEO Score

Bagian ini berisi jumlah skor setelah mengaudit 150 halaman website.

  • Organic Monthly Traffic, Organic Keyword, Backlink

Informasi pada bagian ini hampir sama, seperti informasi dalam fitur Traffic Analyzer Overview.

  • Page Status

Bagian ini memperlihatkan status setiap halaman web yang berhasil di crawl, yang terdiri dari status successful, redirected, broken, dan blocked.

  • SEO Issues

Bagian ini memperlihatkan jumlah total dan detail permasalahan SEO website yang teridentifikasi ketika yang dikelompokkan dalam kategori critical errors, warnings, dan recommendations.

  • Site Speed

Bagian ini menjelaskan besaran nilai kecepatan page load situs ketika digunakan oleh pengguna.

Backlink

Backlink merupakan fitur yang dikhususkan untuk monitoring penggunaan backlink pada website, mulai dari domain authority, referring domain, dan jumlah backlink dari website luar yang masuk ke website utama.

Selain itu, melalui fitur ini kamu juga bisa melihat grafik perkembangan backlink dalam kurun waktu tertentu, baik itu yang menunjukkan jumlah backlink yang baru maupun yang hilang, serta grafik referring domain berdasarkan domain authority.

Terakhir, kamu juga bisa melihat daftar detail wujud backlink yang dimiliki oleh domain website yang dilengkapi dengan domain authority, page authority, hingga bahkan anchor text.

Nah itulah beberapa macam fitur dan cara menggunakannya yang terdapat pada Ubersuggest. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Apa itu Mail Server? Fungsi, Komponen, dan Cara Kerjanya

Mail server pada dasarnya adalah sistem komputer yang bertindak sebagai agen untuk mengirim email. Mail…

20 hours ago

Kenali Canva Sebagai Web Tools Gratis Untuk Membuat Desain Anda

Cara Membuat Desain Gratis dengan Web Canva untuk Pemula – Saat ini, konten visual menjadi…

24 hours ago

5+ Tools Online Terbaik untuk Cek Website Down atau Tidak

Setelah website berhasil dihosting dan digunakan oleh banyak pengguna, kamu masih perlu melakukan banyak aktivitas…

2 days ago

Masih Bingung Apa Itu Link? Ini Penjelasan Jelasnya

Link merupakan istilah yang sering didengar terutama oleh orang-orang yang menggunakan media sosial dan internet.…

2 days ago

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

4 days ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

4 days ago