HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
ssl

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Certificate Authority (CA)!

Pernahkah Anda mendengar tentang Certificate Authority? Anda biasanya akrab dengan istilah “Certificate Authority” ketika mengaktifkan sertifikat SSL dan melakukan validasi SSL untuk situs web Anda. Anda tidak dapat memperoleh sertifikat SSL tanpa Certificate Authority tepercaya.

Hmm… Pernahkah Anda memikirkan tentang Certificate Authority? Atau justru ini semakin membingungkan bagi Anda? Untuk menghindari pertanyaan yang membuat pusing, baca artikel berikut tentang Certificate Authority!

Apa Itu Certificate Authority (CA)?

Certificate Authority, juga dikenal sebagai CA, adalah organisasi tepercaya yang memvalidasi sertifikat digital di situs web.Tujuan dari verifikasi ini adalah untuk memastikan bahwa website aman untuk digunakan oleh pengguna website. Demikian pula, pemilik situs web mendapatkan kepercayaan pengguna bahwa situs web mereka bukanlah situs web palsu.

Sebagai contoh sederhana, Anda mungkin ingin mengakses bankmandiri.co.id. Bagaimana Anda tahu bahwa website bankmandiri.co.id adalah website asli Bank Mandiri? Bagaimana jika seorang hacker membuat website yang tampilan dan rasanya hampir sama dengan website Bank Mandiri? Oleh karena itu, Certificate Authority ini bertugas memverifikasi website atau organisasi tersebut untuk memastikan keaslian website tersebut.

Hal yang sama berlaku untuk pusat otentikasi. Jika Anda bepergian ke luar negeri, Anda memerlukan dokumen identifikasi yang diakui secara internasional yakni paspor. Untuk memverifikasi paspor Anda, Anda perlu melakukan pemindaian wajah untuk melihat apakah wajah Anda cocok dengan yang ada di buku paspor Anda. Ini berarti petugas polisi dapat mengetahui apakah itu benar-benar Anda, meskipun mereka belum pernah melihat Anda sebelumnya.

Hal yang sama berlaku untuk situs web. Setelah Certificate Authority memverifikasi situs web, Certificate Authority akan menerbitkan sertifikat digital. Sertifikat digital ini digunakan oleh suatu organisasi, situs web, atau entitas lain untuk membuktikan siapa sebenarnya dan seberapa aman akses ke situs web tersebut bagi pengguna.

Apa Saja Fungsi Certificate Authority (CA)?

Fungsi dari Certificate Authority meliputi:

Melakukan Verifikasi

Certificate Authority bertanggung jawab untuk melakukan verifikasi berdasarkan jenis verifikasi yang diwajibkan oleh organisasi atau situs web Anda. Ada tiga jenis petunjuk validasi SSL, sebagai berikut ini:

  • Domain Validation (DV): Ini adalah metode verifikasi tercepat. Untuk memasang SSL di situs web Anda, cukup verifikasi kepemilikan domain Anda melalui email, HTTP, atau DNS Record.
  • Organization Validation (OV): Memasang SSL di situs web Anda memerlukan validasi kepemilikan domain bersama dengan dokumentasi bisnis untuk menerbitkan sertifikat. Untuk informasi selengkapnya tentang apa yang perlu Anda persiapkan untuk validasi organisasi, lihat Panduan Tipe Validasi SSL: Organization Validation.
  • Extended Validation (EV) : Ini adalah sertifikat dengan jaminan keamanan tertinggi. Produk SSL ini memiliki bilah alamat berwarna hijau dan terlihat lebih premium. Panduan Extended Validation (EV) dapat dibaca di Panduan Jenis Validasi SSL: Extended Validation

Menerbitkan Sertifikat Digital

Selain itu, Authority berfungsi bertindak sebagai penerbit sertifikat digital yang telah diverifikasi keamanannya dan dapat dipercaya. Sertifikat digital dapat dilihat oleh pengguna saat mereka mengunjungi situs web Anda. Detail tentang sertifikat digital Anda dapat ditemukan dengan mengklik ikon gembok di sebelah kiri URL situs web Anda. Jenis sertifikat, pemverifikasi, dan tanggal kedaluwarsa sertifikat ditampilkan.

Sertifikat SSL kini hanya dikenali oleh browser web selama 398 hari. Setelah 398 hari, organisasi atau situs web Anda harus memperbarui atau menerbitkan ulang sertifikat SSL-nya.

Membantu Meningkatkan Kepercayaan

Sertifikat digital, seperti sertifikat SSL, dapat membantu organisasi dan pemilik situs web mendapatkan kepercayaan dari penggunanya. Percayalah bahwa situs web tersebut benar dan autentik. Artinya pengguna tidak perlu khawatir dengan kerentanan situs web.

Mengapa Harus Menggunakan Certificate Authority?

Certificate Authority membantu Anda membuktikan bahwa situs web sah dan milik organisasi atau orang asli. Ini membantu membangun kepercayaan pelanggan saat mengunjungi situs web Anda. Selain itu, penerbitan sertifikat digital oleh Certificate Authority melindungi situs web dari aktivitas tidak bertanggung jawab seperti serangan man-in-the-middle.

Siapakah Certificate Authority Terpercaya?

Certificate Authority tepercaya menerbitkan sertifikat kepada organisasi. Certificate Authority tepercaya bersifat independen atau tidak dikendalikan oleh organisasi yang meminta Certificate Authority.

Certificate Authority tepercaya menerbitkan sertifikat digital yang memenuhi standar hukum di CA/Forum Browser. Forum CA/Browser menyatakan bahwa melalui Certificate Authority tepercaya ini, keamanan pengguna terjamin saat mengakses situs web. Beberapa Certificate Authority terbesar dan terpercaya antara lain:

  • DigiCert
  • Entrust Datacard
  • GeoTrust
  • RapidSSL
  • Globalsign
  • GoDaddy
  • Let’s Encrypt
  • Sectigo
5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Kenali Berbagai Macam Jenis Web Server Hanya Di Sini

Pernahkah anda mendengar istilah web server? Siapapun yang mengetahui tentang server dan website pasti mengetahui…

4 hours ago

Ingin Install Nginx di CentOS? Yuk Simak Panduan Lengkap Ini

Apakah Anda sering bingung bagaimana cara menjalankan website di cloud VPS? Cloud VPS dan hosting…

5 hours ago

Simak Apa Saja Perbedaan Nginx Dengan Web Server LiteSpeed

Nginx merupakan web server yang pertama kali dikembangkan oleh Igor Sysoev pada tahun 2002. Seiring…

6 hours ago

Mbps vs. MBps: Arti dan Perbedaannya untuk Pengguna Internet

Anda mungkin sering menemukan istilah Mbps saat menggunakan Internet. Mbps biasanya merupakan satuan yang digunakan…

24 hours ago

Penasaran Dengan Nginx? Yuk Simak Artikel Berikut!

Dengan adanya koneksi internet biasanya terjadi proses komunikasi atau transfer data antara client dan server.…

1 day ago

Memahami Kabel Straight: Komponen Penting dalam Jaringan Komputer

Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang kabel cross atau crossover cable, maka pada…

1 day ago