HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Cloudflare Untuk Memenuhi Kebutuhan Pengelolaan Web yang Aman dan Cepat

Keamanan dan kecepatan adalah faktor kunci dalam menjalankan sebuah situs web. Untungnya, ada beberapa langkah sederhana untuk memastikan situs web Anda cepat dan aman. Salah satunya adalah dengan menggunakan Cloudflare. Cloudflare banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan web yang aman dan cepat. Untuk lebih memahaminya, alangkah baiknya jika Anda mengetahui tentang CDN (Content Delivery Network) sebelum membahas apa itu Cloudflare.

Content Delivery Network (Jaringan pengiriman konten), atau disingkat CDN, adalah kumpulan server global yang tersebar di banyak negara. Dalam Pengiriman Kata terintegrasi, jaringan CDN bertanggung jawab untuk “mengirimkan” konten dari server ke situs web. File situs web disimpan di beberapa lokasi penyimpanan oleh CDN. Ketika pengunjung mengunjungi sebuah situs web, lokasi hosting terdekat bertanggung jawab untuk mengirimkan konten. Dengan kata lain, CDN mempercepat kinerja website dengan mengirimkan konten kepada pengunjung.

Pengertian Cloudflare 

Cloudflare adalah jaringan yang digunakan untuk mengirim konten yang bertindak sebagai proxy yang dapat menghubungkan situs web dengan pengguna Internet. Biasanya orang yang menggunakan jaringan ini ingin websitenya dimuat lebih cepat. Dengan kata lain Cloudflare merupakan CDN namun memiliki fitur yang melampaui standar CDN biasa sehingga membuat layanannya banyak dicari oleh pemilik website. Cloudflare bertanggung jawab untuk menghubungkan pengunjung situs web dan server.

Sebuah situs web menjadi rentan terhadap serangan yang tidak terkait. Cloudflare ibarat pagar yang melindungi sebuah rumah (website), diperlukan sebuah penghubung agar website terlindungi dari aktivitas yang berpotensi mengancam yang dilakukan pengunjung. Perlu diketahui bahwa pengunjung website bukan hanya manusia biasa disebut juga pengunjung. Selain pengunjung, pengunjung juga termasuk bot yang dapat memindai seluruh halaman website dan penyerang, khususnya pengunjung yang tujuannya menyerang website. Cloudflare CDN mampu melindungi server website dari ancaman dan kerusakan sehingga server dapat berfungsi dengan baik.

Fitur Utama Yang Dimiliki Cloudflare

  1. Mirroring : Konten situs web dapat tercermin di setiap pusat data Cloudflare. Ini adalah sesuatu yang dapat membantu mengoptimalkan website lebih cepat ketika pengunjung jauh dari server utama.
  2. Caching : Fitur Cloudflare ini dapat menghemat bandwidth hosting pengguna, terutama ketika web hosting yang digunakan memiliki bandwidth terbatas. Adanya itur ini dapat membuat koneksi pengguna berjalan dua arah yaitu menuju server dan menuju pengunjung web.
  3. Analytics : Fitur ini membantu pengguna melacak semua aktivitas yang terjadi di situs web pengguna. Contoh aktivitas yang dipantau adalah jumlah permintaan dalam 24 jam terakhir serta jumlah unit pengunjung. Selain itu juga dapat membantu menganalisis informasi bandwidth yang Anda miliki dalam 24 jam.
  4. Railgun : Fitur railgun yang ada di Cloudflare adalah salah satu fitur unggulan karena mampu meningkatkan kecepatan website milik pengguna sampai 300%. Meskipun fitur ini sangat berguna tapi tidak semua pengguna bisa menggunakannya karena hanya pengguna yang menggunakan Cloudflare versi berbayar saja yang bisa memakai fitur ini.
  5. Firewall : Pengguna Cloudflare tidak perlu merasa takut data yang ada di website hilang karena Cloudflare sudah memiliki fitur firewall yang dapat melindungi website dari peretas. Selain bisa melindungi, juga bisa memblokir IP yang berasal dari negara lain sehingga pengguna bisa menentukan pengunjung mana saja yang bisa mengakses website.

Fungsi Cloudflare

  1. Kinerja cepat : Menggunakan Cloudflare di situs web Anda akan mengotomatiskan server nama Cloudflare.Hal ini memungkinkan akses cepat ke suatu website karena semua aktivitas disaring terlebih dahulu melalui Cloudflare.
  2. Visitors diarahkan pada koneksi tercepat :Saat menggunakan Cloudflare pada website, pengunjung diarahkan ke koneksi terdekat. Pengunjung dapat merasakan akses hingga dua kali lebih cepat dibandingkan situs non-Cloudflare.
  3. Mendeteksi traffic berbahaya : Pengunjung diharuskan membuat permintaan akses sebelum mengakses situs web.Cloudflare akan menganalisis permintaan akses dan memastikan bahwa pengunjung tersebut tidak bermaksud jahat. Cloudflare akan memblokirnya jika ada ancaman yang terdeteksi.
  4. Sebagai berkas konten statis : website menggunakan Cloudflare sebagai penyimpanan sementara konten website statis. Konten statis yang dimaksud adalah JavaScript, CSS, gambar, dan lain-lain.
  5. Cloudflare Hosting : Dimana pengunjung dapat mencari website meskipun hosting gagal karena Cloudflare telah menyimpan halaman website ke file arsip.Ini akan berlanjut hingga koneksi tersambung kembali.
  6. Laporan pengunjung : Cloudflare juga memiliki kemampuan untuk menampilkan pengunjung suatu website. Apakah pengunjungnya robot, manusia, atau ancaman, Cloudflare akan mampu menunjukkannya.
  7. Meminimalisir spam pada website : Mungkin Anda pernah menerima komentar spam, Cloudflare akan mengurangi komentar spam pada situs Anda dengan memanfaatkan data dari pihak ketiga.
  8. Peringatan infeksi virus pada komputer : Jika komputer Anda terinfeksi virus, Cloudflare dapat mendeteksinya dan mengingatkan Anda untuk segera membersihkannya.Pengunjung akan diminta untuk mengisi CAPTCHA agar dapat mengakses website Anda.

Kelebihan Cloudflare

  1. Menyembunyikan IP Address asli dari website hosting. Dengan begitu, seseorang tidak bisa menyerang server.
  2. Bisa membuat cache website. Jadi sumber daya untuk loading website lebih cepat sekaligus mengurangi beban server.
  3. Memberi perlindungan dari serangan DDOS dengan merubah keamanan website.
  4. Apabila website down, CloudFlare akan terus melayani cached data hingga website normal kembali.
  5. Apabila register tidak memberikan opsi untuk menambahkan DNS record, Anda bisa memakai nameservers dari CloudFlare serta menambahkan host DNS record.
  6. Memberikan pelayanan gratis serta memungkinkan Anda bisa menambahkan beberapa domain.
  7. Anda bisa memblok akses website dari negara maupun daerah tertentu, apabila menerima banyak serangan dari negara atau daerah tersebut.
  8. Memberikan SSL gratis yang bisa dipakai di shared host.

Kekurangan Cloudflare

Selain mempunyai banyak keuntungan, ada juga kerugian apabila Anda menggunakan CloudFlare, di antaranya:

  • Bertindak sebagai main in the middle, apabila CloudFlare mengalami down, website down, dan bahkan web hosting up juga.
  • Memungkinkan Anda bisa merubah keamanan website menjadi “I am under attack” mode. Yang mana memblok semuanya upaya serangan DDOS. Namun, juga memblok seluruh robot dan menjadi kerugian untuk sebagian orang.

Cara Membuat Akun Cloudflare 

1. Akses Website Cloudflare

Sebelum membuat akun harus mengunjungi  situs Cloudflare terlebih dahulu kemudian klik “Under Attack?” yang posisinya berada di bagian pojok kanan atas halaman awal Cloudflare. Jika sudah, tinggal membuat akun dengan menulis alamat email dan password yang digunakan. Selanjutnya pilih menu “Create account now” untuk membuat akun baru.

2. Memasukkan Domain 

Setelah akun berhasil dibuat, Anda tinggal memasukkan nama domain website Anda dengan memilih menu “Add site”. Cloudflare kemudian akan menganalisis catatan DNS yang berasal dari domain situs web.Proses ini biasanya memakan waktu hingga 1 menit. Kemudian klik saja Next ketika pemindaian selesai.

3. Memilih Plan dan Melakukan Verifikasi 

Langkah terakhir dalam membuat akun di Cloudflare adalah memilih paket yang ditawarkan Cloudflare sesuai kebutuhan Anda dan klik menu “Confirm Plan”. Pengguna hanya perlu menunggu proses verifikasi selesai yang biasanya memakan waktu hingga 72 jam. Setelah selesai, pengguna dapat menggunakan akun tersebut untuk berbagai kebutuhan berbeda.

CloudFlare adalah salah satu layanan jaringan pengiriman konten tercepat di dunia. Tugasnya adalah menghubungkan pengunjung ke server website. Selain itu juga melindungi server website dari ancaman yang merugikan website itu sendiri. Cloudflare menjadi solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan performa terbaik dari website yang dikelolanya. Salah satu hal terbaik tentang Cloudflare adalah integrasinya yang mudah di berbagai platform situs web yang Anda gunakan.

5/5 - (2 votes)
Anisa Sifa

Recent Posts

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

20 hours ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

22 hours ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

3 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

3 days ago