HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
internet

CMD: Pengertian, Fungsi, dan Cara Akses

Di era modern ini, menguasai komputer tentu membawa manfaat yang tak terkira. Alasannya sederhana. Sebab di zaman modern ini, hampir segala sesuatunya dikendalikan oleh komputer.

Jadi, jika Anda mahir menggunakan komputer, Anda pasti bisa memanfaatkan keahlian Anda. Keterampilan komputer yang sangat penting adalah memahami fungsionalitas CMD.

Pengertian CMD (Command Prompt)

CMD adalah singkatan dari Command Prompt. Istilah ini dapat didefinisikan sebagai perintah DOS yang disediakan dalam format text. CMD memungkinkan Anda mengakses komputer Anda saat mengaksesnya dari Windows Explorer.

Namun CMD jelas memiliki fitur lain yang sangat penting yang harus Anda ketahui juga. Faktanya, ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan CMD sebagai sarana hacking. Kode CMD sering digunakan oleh cracker untuk meretas komputer.

Oleh karena itu, mereka yang sering menjelajahi dunia maya harus sangat berhati-hati. Untuk mencegah komputer Anda mudah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, instal program antivirus asli dan selalu aktifkan Windows Firewall. Setelah mereka memiliki password administrator Anda, CMD ini bisa menjadi jalan untuk meretas komputer Anda.

Fungsi CMD yang Harus Anda Ketahui

Jika Anda masih pemula, ketahuilah bahwa CMD memiliki banyak fungsi yang sangat berguna. Semakin Anda menguasai fungsi CMD, maka keuntungan Anda akan semakin besar.

Berikut adalah beberapa fitur CMD yang kurang dikenal.

Menganalisa Kondisi Jaringan Internet

Fungsi CMD pertama yang dapat Anda terapkan dengan mudah adalah menganalisis kondisi jaringan Internet situs Anda. Istilahnya PING. Ping ini memungkinkan Anda melihat apakah situs di komputer Anda responsif.

Caranya dengan mengetikkan “ping” yang kemudian diikuti oleh alamat situs, seperti “ping google.com”. Kecepatan koneksi yang dibagikan dengan situs akan ditampilkan secara otomatis. Anda juga dapat menggunakan alamat IP situs, bukan nama situs.

Melihat Status Aktivasi Windows

Selain untuk memeriksa status jaringan Internet Anda, CMD juga dapat digunakan untuk memeriksa status aktivasi Windows. Seperti biasa, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke aplikasi Command Prompt.

Kemudian ketikkan kata SLMGR / DLV dan secara otomatis akan muncul jendela baru berisi informasi tentang jendela yang Anda gunakan dan status aktivasinya.

Memeriksa Kondisi Hardisk

Anda kemudian dapat menggunakan fungsi CMD untuk memeriksa dan menganalisis status hardisk. Pertama, Anda harus masuk ke Command Promt dan mengetikkan kata CHKDSK.

Pada komputer dengan OS Vista atau XP, layar biasanya menjadi kosong dengan cepat dan CMD sendiri menampilkan persentase kemajuan pemeriksaan hardisk. Anda harus menunggu hingga progresnya selesai.

Menampilkan History WIFI yang Terhubung

Fungsi CMD selanjutnya adalah melihat history WiFi yang terhubung dengan jaringan komputer atau laptop kamu.

Caranya juga sangat sederhana. Pertama, buka saja CMD. Klik Start, Accesories, klik kanan Command Promt, Open As Administrator. Saat CMD terbuka, ketik NETSH WLAN SHOW PROFILES tanpa tanda kutip.

Nama beberapa jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung ke komputer Anda akan otomatis muncul di daftar.

Cara Mengakses CMD

Penggunaan CMD atau Command Prompt hanya dapat diakses ketika Anda menggunakan sistem operasi Windows. Oleh karena itu, jika Anda bukan pengguna Windows, Anda akan melihat Terminal, bukan sesuatu yang disebut CMD.

Langkah pertama saat mengakses CMD adalah dengan menekan Windows + R pada keyboard Anda hingga memunculkan jendela Run. Kemudian ketik “CMD” pada kolom yang terbuka dan klik OK.

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke CMD seperti terlihat pada gambar berikut. Jika tampilannya seperti gambar di bawah, berarti Anda sudah berhasil mengakses CMD di Windows dan mulai mencoba 10 perintah dasar CMD yang dijelaskan di bawah ini.

Selain dari komputer, Anda sebenarnya juga bisa mengakses CMD di server atau hosting Anda. Dalam server atau hosting sering disebut dengan console. Jadi jika Anda ingin menjalankan perintah dasar, Anda bisa melakukannya dari console.

Jika belum memiliki hosting, Anda bisa memilih hosting murah Hosteko. Anda tidak dapat menghosting tanpa domain.

Karena hosting itu ibarat rumah, dan domain ibarat alamat rumah anda. Jadi pastikan Anda memiliki domain. Jika Anda tidak memiliki domain, Anda dapat membelinya terlebih dahulu.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Baca Tips Terbaik Ini Untuk Membuat Nama Bisnis Lebih Keren!

Anda harus bisa menentukan sendiri nama bisnis yang sesuai dengan apa yang Anda jalankan. Kami…

7 hours ago

Yuk! Maksimalkan Potensi Bisnis Anda Melalui NLP

Natural Language Processing atau NLP merupakan bahasa yang digunakan oleh komputer supaya bisa memahami manusia.…

7 hours ago

Membangun Fondasi Digital: Pentingnya Wireframe bagi Website

Wireframe merupakan konsep yang sangat penting dalam desain website. Seperti yang kita ketahui bersama, desain…

11 hours ago

Gunakan Tools Ini Untuk Membuat Nama Bisnismu Lebih Menarik

Nama bisnis sangatlah penting dan wajib ada bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis. Karena…

2 days ago

Web Application Firewall: Cara Efektif Mencegah Serangan Siber pada Aplikasi Web

Perkembangan teknologi membuat banyak pebisnis mulai menggunakan aplikasi atau website. Namun dibalik itu pengguna harus…

2 days ago

4 Rekomendasi Editor HTML Terbaik Yang Wajib Developer Coba

Setiap orang mempunyai kebutuhan dan keinginannya masing-masing. Saat memilih platform untuk membangun situs web Anda…

2 days ago