HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Dampak Revolusi Industri 4.0 Untuk Kehidupan

Saat ini manusia hidup di era revolusi industri 4.0,Era ini memiliki besarnya peran teknologi dalam mengambil alih sebagian kegiatan perekonomian manusia.Tentunya,dampak revolusi industri terasa nyata dalam kehidupan.Awal mulanya revolusi industri 4.0 berawal dari strategi pemerintah Jerman pada tahun 2011 yang mencoba menggunakan komputerisasi dalam suatu produksi.Hal ini dilakukan agar ada cara yang efisien untuk memproduksi barang dalam skala besar dengan bantuan teknologi.Teknologi yang digunakan merupakan teknologi otomatis yang tidak membutuhkan bantuan manusia untuk mengoperasikan.

Untuk menghadapi revolusi industri 4.0 ini,pemerintah membuat teknologi peta jalan.Peta ini digunakan sebagai langkah untuk mencapai negara tangguh dalam perekonomian.Target pemerintah adalah Indonesia masuk sebagai 10 besar negara yang memiliki ekonomi kuat pada tahun 2030 nanti.

Berikut ini kita akan membahas lebih lengkap tentang dampak revolusi industri 4.0 terhadap kehidupan manusia,Namun,sebelumnya kita akan membahas bagaimana cara menghadapinya,apa termasuk ancaman dan apakah keuntungan yang didapat dari revolusi industri 4.0,Simak penjelasan berikut ini :

Cara Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Era revolusi industri yang didominasi dengan komputerisasi,era digital dan teknologi canggih memiliki banyak dampak positif.Namun,sebagai manusia cerdas sebaiknya menyikapi era ini dengan bijak dan hati-hati.Mengapa demikian ?.Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang mengganti tenaga manusia dengan teknologi mesin otomatis.

Di Indonesia,dampak revolusi industri sudah terlihat nyata.Salah satunya terlihat dari penggunaan uang elektronik untuk membayar tol dan transaksi pembayaran lainnya.Hal tersebut menunjukkan dengan jelas bahwa tenaga manusia sudah terganti dengan teknologi.Maka dari itu, sikap bijak dan hati-hati harus tertanam agar kemajuan teknologi tidak membunuh manusia.

Benarkah Revolusi Industri 4.0 Termasuk Ancaman ?

Mungkinkah revolusi industri ini memperbaiki kehidupan atau justru menghancurkan kehidupan ?Sebenarnya,revolusi industri bisa menjadi suatu ancaman jika tidak bijak dan hati-hati dalam menyikapinya.Seperti saat Amerika Serikat melakukan pengeboman di Afganistan,Irak dan Libya menggunakan teknologi canggih drone.Hal ini membuat banyak warga sipil yang menjadi korban.

Namun, jika manusia menyikapi revolusi industri dengan sikap yang baik,maka banyak masalah yang bisa diselesaikan.Seperti halnya bantuan komputerisasi yang dapat membantu pengelolaan informasi agar lebih cepat.Komputerisasi juga akan membantu menganalisa data dengan baik.

Kelebihan Yang Ada Pada Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 tentu memiliki banyak keuntungan dalam kehidupan manusia.Yang pasti,kehidupan manusia akan banyak terbantu.Salah satunya dalam bidang produksi.

Keuntungan yang didapat dari revolusi industri 4.0 antara lain,sebagai berikut :

  • Biaya Yang Murah

Kuntungan yang didapat dari revolusi industri,salah satunya yakni biaya yang lebih murah.Penggunaan teknologi dan mesin otomatis akan memperkecil biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan,bahkan,ada teknologi yang dapat melakukan produksi dengan cepat dan aman jika dibandingkan dengan hasil kerja manusia.

  • Manajemen Risiko Yang Baik

Penggunaan teknologi memberikan keuntungan untuk manajemen risiko yang baik.Risiko human error yang biasanya dapat menghambat suatu produksi akan berkurang karena sudah terganti dengan mesin otomatis.

  • Pemecahan Masalah Cepat

Dapat memecahkan masalah dengan sangat cepat juga merupakan kelebihan revolusi teknologi 4.0 ini.Teknologi dapat membantu sebuah perusahaan untuk mengolah suatu informasi dan data dengan cepat dan aktual.Karena hal ini,jika ada masalah yang terjadi perusahaan akan lebih cepat untuk menyelesaikannya.Jadi,tidak akan ada masalah besar yang dapat mengganggu berjalan sebuah perusahaan.

Dampak Revolusi Industri Yang Nyata

Revolusi industri 4.0 fokus pada konsep digital untuk memenuhi kebutuhan perekonomian masyarakat dan industri.Pada akhirnya nanti,revolusi industri 4.0 dapat memberikan perubahan industri yang semakin efisien.Dampak revolusi industri 4.0 terasa signifikan terhadap kehidupan manusia.

Berikut ini dampak nyata dari revolusi industri yang perlu diketahui :

  • Tugas Pekerjaan Orang Tergantikan Mesin

Dampak revolusi industri yang pertama yakni tergantinya kinerja orang dengan berbagai mesin.Hal ini memang sudah terjadi sejak awal revolusi industri pertama.Mesin ini digunakan untuk menciptakan produk-produk baru,selanjutnya,mesin akan melakukan tugasnya dengan waktu yang diatur agar semakin efisien.Maka dari itu,kinerja manusia tidak lagi dibutuhkan.

Selain kemudahan yang didapat karena bantuan teknologi,ada dampak lain dari revolusi industri yang membuat banyak pengangguran.Dampak ini dikarenakan penggunaan teknologi,sebagian pekerja yang tidak dapat mengikuti perkembangan sebuah teknologi tentu akan dirugikan.Hal ini karena banyak perusahaan yang menggunakan teknologi untuk membuat usahanya berkembang pesat.

  • Banyak Orang Tinggal di Kota

Sebagian masyarakat di zaman dulu memilih hidup di desa untuk melakukan banyak hal di rumahnya.Namun,revolusi industri ini membawa dampak yang luar biasa.Banyak masyarakat yang berpindah untuk tinggal di kota. Mengapa demikian ? Karena di kota banyak pabrik yang memproduksi barang menggunakan banyak mesin.

Perpindahan ke kota ini dimaksudkan sebagian orang agar mendapatkan kesejahteraan hidup yang lebih baik.Selain memilih pindah ke kota,ada sebagian orang yang memilih daerah lain karena beberapa faktor penting.Misal seperti pelayanan yang diberikan lebih baik dan gaji yang lebih tinggi di daerah lain.

  • Adanya Perubahan Cara Produksi Pakaian

Dampak revolusi industri ini juga mempengaruhi berubahnya cara untuk memproduksi pakaian.Sebelum memasuki era revolusi,orang-orang akan memproduksi pakaiannya sendiri.Namun,setelah revolusi industri dan muncul beragam mesin,memproduksi pakaian pun semakin mudah.

Memproduksi pakaian menjadi mudah karena dibantu dengan mesin jahit.Jadi hanya perlu menyediakan bahan baku seperti kain dan benang. Hal ini berdampak terhadap banyaknya produksi yang dilakukan,artinya,produk bisa dijual dengan murah karena kemudahan dalam melakukan produksi.

  • Terciptanya Sistem Ekonomi Baru

Revolusi industri 4.0 juga banyak berdampak dalam memenuhi kehidupan perekonomian dan membuatnya semakin baik.Selain itu,revolusi industri ini juga berhasil menciptakan sistem ekonomi yang baru.Sistem ekonomi ini dikenal dengan nama kapitalisme industri.

  • Interaksi Sosial Semakin Luas

Dampak revolusi industri 4.0 yang lainnya yakni memudahkan semua orang untuk berinteraksi,karena kemudahan akses internet yang diberikan.Jika seperti ini terjadi,perkembangan teknologi juga akan semakin luas,jika terjadi seperti itu,manusia harus menyikapinya dengan hati-hati dan berpikir dahulu sebelum bertindak.Dengan kemudahan untuk berinteraksi sosial ini,semakin banyak pula penyebaran berita palsu.Biasanya,berita palsu disebar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan kepuasan.Maka dari itu,sebagai manusia cerdas haruslah bijak memilah informasi.

Nah,itulah artikel penjelasan lengkap mengenai revolusi industri 4.0.Mulai dari cara menghadapinya,keuntungan yang diperoleh,sampai dampak revolusi industri 4.0 yang sudah diulas secara lengkap.Sudah memiliki gambaran bagaimana revolusi industri 4.0 yang terjadi sekarang ? Revolusi industri 4.0 dapat menjadi suatu ancaman sekaligus peluang.Dengan begitu,kalian dapat persiapkan diri dengan edukasi.Sekian penjelasan artikel ini,semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya :

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

1 hour ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

21 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago