HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Dropbox : Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan cloud secara online yang berarti dapat menyalin file ke cloud dan mengaksesnya nanti atau kapan saja serta dimana saja, bahkan jika mengaksesnya dari menggunakan perangkat yang berbeda sekalipun. Dropbox tidak akan secara otomatis menyalin semua file di komputer jika menggunakan paket pribadi, jadi harus memilih dan memilih yang mana yang ingin disimpan.

Data dan informasi yang biasa disimpan di dalam Dropbox adalah berupa gambar, video, dokumen, aplikasi dan program. Setelah selesai melakukan transfer data tersebut, Dropbox akan membuat dan menyimpan semua file-file itu di dalam cloud dan melakukan back up data, jadi dapat membukanya kapan membutuhkannya lagi. Aplikasi ini juga menyediakan layanan baik gratis maupun berbayar tentunya dengan keunggulan dan keuntungan yang bervariasi pula.

Pada tahun 2011 silam Dropbox meluncurkan Dropbox For Teams yang merupakan sebuah layanan dari Dropbox yang ditargetkan dan dikhususkan untuk mereka yang berada di kelompok bisnis atau dalam kelompok besar yang membutuhkan layanan untuk mengendalikan administrasi, tagihan yang terpusat dan keperluan lain yang cukup detail serta kompleks. Dropbox For Teams ini tersedia di laman web Dropbox dengan harga yang berbeda dari paket Dropbox lainnya.

Jenis Dan Paket Dropbox

Pada dasarnya Dropbox mempunyai banyak paket dan paket gratis 2GB adalah paket basic atau dasar yang banyak digunakan pengguna yang tidak terlalu banyak memerlukan storage besar, tapi Dropbox sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis seperti berikut ini :

1. Dropbox Individual

Layanan jenis ini lebih sering dipakai bagi pengguna individu yang terbagi dalam dua paket tersendiri yaitu Dropbox Plus dengan harga mulai 9,99 Dollar per bulan yang mempunyai storage sebesar 2 TB dan Dropbox Professional dengan harga 16,59 Dollar per bulan yang memberikan penggunanya storage sebanyak 3 TB.

2. Dropbox Business

Paket jenis ini akan lebih sesuai bagi yang mempunyai usaha atau perusahaan dengan jumlah pekerja yang banyak yang mengharuskan menyimpan file dalam jumlah besar terus menerus. Paket ini dibagi tiga, yaitu Standard seharga 12,50 Dollar per bulan dan penyimpanan 5 TB, Advance dengan harga 20 dollar dan Enterprise dengan harga yang bisa dirundingkan. Kedua paket terakhir tadi menawarkan storage penyimpanan mengikut kemauan penggunanya.

Manfaat Dan Fungsi Dropbox

Adanya penyimpanan cloud online dan layanan seperti Dropbox tentu saja banyak membantu cara simpan konvensional dulu, inilah manfaat dan fungsi Dropbox yang bisa dicoba :

  • Menyimpan sekaligus mengamankan file

Banyak hal bisa di eksplorasi di Dropbox, tetapi layanan ini lebih sering dimanfaatkan untuk menyimpan, berbagi dan juga mengamankan data-data penggunanya. Meskipun penyimpanan ini dalam bentuk cloud yang dioperasikan secara online, data dan informasi serta file akan tetap terjamin karena untuk membukanya memerlukan username dan password pribadi sehingga dapat menghindari kerusakan jika menyimpannya di perangkat keras.

  • Mampu membawa dan membuka data dimana saja

Penyimpanan model lama mengharuskan menenteng harddisk maupun pen drive kecil yang saat ini tidak lagi relevan. Tidak hanya beresiko rusak, data yang corrupt, serta hilang, gaya penyimpanan lama ini juga mempunyai batas storage. Oleh karena itulah Dropbox hadir untuk meminimalisir kemungkinan buruk yang ditimbulkan oleh perangkat keras.

Belum lagi kemudahan untuk mengakses data dari koneksi internet dan smartphone yang dimiliki akan terasa lebih ringkas, praktis dan efisien mengingat langsung dapat menyimpan dan mengakses file, mengunduh file baru, berbagi file dan menata file yang sudah ada.

  • Berbagi video dan file

File dalam format video biasanya mempunyai ukuran dan memerlukan storage yang besar, melalui Dropbox dapat menggunakan layanan yang satu ini karena aplikasi tersebut memberi kemudahan dalam dalam melakukan pengiriman dan pengunduhan berbagi video yang cukup berbeda dari layanan lainnya. Pengguna juga dapat memilih penerima yang hendak mereka bagikan, sehingga pembagian akses akan terjamin privasi.

  • Kemampuan melakukan back up data

Fitur ini adalah faktor yang paling menarik dari Dropbox dibandingkan dengan penyimpanan konvensional. Dapat mengembalikan foto, video, dokumen dan apa saja yang berharga dan penting. Ditambah juga dapat mengorganisir file berdasarkan keinginan.

  • Berbagi dan bekerja sama

Tidak hanya mampu menyimpan file dan data yang bersifat pribadi, Dropbox juga memiliki fitur serta opsi yang dapat memungkinkan dan mengakomodasi para penggunanya untuk mengerjakan suatu proyek atau dokumen bersama. Fitur yang canggih ini menghubungkan banyak pengguna untuk mengakses satu file yang sama disaat bersamaan tanpa takut terjadinya error atau penabrakan data.

  • Jaminan keamanan yang lebih baik

Karena menggunakan username dan password, maka tidak perlu merasa khawatir akan pembobolan dan kehilangan data. Dengan program khusus yang dirancang untuk mengamankan jutaan file penggunanya dan jaminan keamanan akan terjadinya penyebaran malware diantara semua file yang ada.

Cara Kerja Dropbox

Pengguna bisa berbagi folder dan file di akun Dropbox mereka dengan siapa saja walaupu tidak memiliki akun Dropbox. Dapat mengontrol apakah orang yang hendak dibagikan akses bersama itu bisa melakukan pengeditan, berkomentar atau hanya sekedar melihat file dan folder disaat membagikannya atau sesudahnya. Setiap file yang berhasil di edit atau komentar yang ditambahkan akan diperbarui secara otomatis. Berikut ini cara kerja Dropbox di dua perangkat pilihan yang biasa diakses oleh para penggunanya :

  • Berbagi file atau folder dengan aplikasi mobile Dropbox
    • Klik File dibawah layar
    • Klik …(ellipsis) di bawah file atau folder yang ingin dibagikan (iPhone atau iPad) atau di samping file atau folder yang ingin dibagikan (Android).
    • Klik Bagikan.
    • Ketikkan alamat email, nama, atau grup orang (atau beberapa orang) yang ingin menjadi tujuan berbagi
    • Klik Bagikan. Mereka akan menerima email dengan tautan ke file atau folder.
  • Berbagi file atau folder dengan folder Dropbox di komputer

    • Buka folder Dropbox di komputer.
    • Klik kanan pada file atau folder yang ingin dibagikan.
    • Klik Bagikan.
    • Ketikkan alamat email, nama, atau grup orang (atau beberapa orang) yang ingin menjadi tujuan berbagi.
    • Klik Bagikan. Mereka akan menerima email dengan tautan ke file atau folder.

Kelebihan Dan Kekurangan Dropbox

1. Kelebihan dropbox

  • Integrasi dengan produk Google

Dengan Dropbox, pengguna juga dapat menggunakan beberapa produk Google seperti Google Dokumen, Google Spreadsheet dan Google Slides. Integrasi tersebut memudahkan pengguna dalam membuat dokumen baru bersama rekan atau tim.

  • Integrasi dengan produk Microsoft

Selain produk Google, Dropbox juga terintegrasi dengan produk office Microsoft yakni Word, Excel dan Power Point.

  • Dapat membuat dokumen berekstensi .paper

Menariknya pengguna juga dapat membuat dokumen berekstensi .paper. Tampilan halaman editing Dropbox paper mirip dengan Medium (platform blog).

  • Mudah diakses dari beragam platform

Pengguna dapat mengakses Dropbox dari beragam perangkat dan platform mulai dari situs web, smartphone android atau iOS, Windows, Mac, dll.

  • Berbagi dokumen dalam URL

Pengguna juga dimungkinkan untuk berbagi dokumen melalui URL dan dapat di unduh oleh pengguna lain di internet.

2. Kekurangan dropbox

  • Penyimpanan gratis hanya 2GB

Sayangnya, Dropbox hanya menyediakan penyimpanan gratis 2 GB. Hal ini tentu terasa lebih kecil dan jauh dari Cloud Storage lain seperti Google Drive yang menyediakan penyimpanan gratis hingga 15 GB.

  • Dropbox tidak dapat diakses di China

Jika ingin mengakses Dropbox di negara China, pastikan sebelumnya menginstall aplikasi VPN karena di China, Dropbox telah di lakukan pemblokiran.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

1 day ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

1 day ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago