HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Kode Referral Serta Keuntungan Penggunaannya

Kode referral merupakan strategi promosi kekinian yang menguntungkan bisnis dan pembeli.Survey membuktikan,tingkat keberhasilan marketing referral cukup tinggi.Jadi kalian harus mencoba strategi bisnis yang satu ini untuk menaikan omset,Trik marketing dengan kode referral adalah yang terbaik di antara strategi-strategi olshop lainnya,terbukti dari banyaknya contoh kode referral bertebaran di dunia maya saat ini.

Setiap contoh kode referral dapat diklaim konsumen untuk mendapat keuntungan langsung dari sebuah toko serta tidak hanya menguntungkan pembeli, pebisnis yang menyebarkan kode-kode referral juga memperoleh banyak profit.Sebelumnya kita sudah membahas materi tentang referral ini pada artikel.Lalu seperti apa strategi marketing kode referral terbaik di 2021 ? Berikut ini penjelasannya :

Istilah kode atau bonus referral menjadi hal yang sering didengar belakangan ini.Banyak orang menawarkan kode referral masing-masing untuk diklaim. Lalu apa itu kode referral ?

Mengenal Apa Itu Kode Referral ?

Referral merupakan sebutan untuk rangkaian kode huruf ataupun angka dari sebuah toko atau bisnis dan disebarkan kepada konsumen.Contoh kode referral yakni REF1425,STANDAR100,OKE50,PREMIUM100 dan lainnya.

Referral merupakan sebutan untuk kombinasi huruf dan angka unik dan bersifat individu,biasanya setiap konsumen akan diberikan contoh kode referral yang berbeda ketika mendaftar akun.Jadi kalian tidak perlu heran ketika ada sebuah toko online mempunyai banyak stok kode referral.Ada juga yang menyatakan referral merupakan sebutan untuk kode promo dan bonus gratis dari bisnis kepada konsumen.Ketika menerima sebuah kode referral,konsumen biasanya akan dengan gencar mengajak rekan-rekannya mengklaim kode tersebut.

Perkembangan Kode Referral

Dalam bahasa Inggris,referral merupakan sebutan untuk “rekomendasi” (to refer).Bonus referral adalah inovasi baru dari strategi promosi tradisional mulut ke mulut (word to word).Sejak dulu para ahli marketing menyadari bahwa trik promosi berdasarkan rekomendasi (testimoni) orang lain adalah yang paling bagus,kalian sendiri pastinya lebih yakin untuk mencoba belanja di sebuah toko yang direkomendasikan kenalan atau keluarga.Berbekalkan kecanggihan teknologi,kini promosi word to word dapat dilakukan dengan lebih praktis.Dari sinilah muncul konsep bonus referral.Dinamakan bonus referral karena konsumen yang ingin mempromosikan kodenya akan mendapat bonus keuntungan,yakni bisa berupa saldo,cashback atau juga voucher diskon.

Jenis-Jenis Bonus Referral

Sebenarnya ada banyak sekali jenis bonus yang bisa kalian dapat dari kode referral serta kalian juga bisa menyesuaikan sendiri bentuk bonus referral yang ingin diberikan kepada konsumen.

Berikut ini 3 jenis bonus referral yang sering digunakan online shop :

  • Direct Referral (Referral Langsung)

Direct referral merupakan sistem undangan referral yang didapatkan melalui link yang dikirim langsung oleh orang lain.Misalnya teman kalian mempromosikan sebuah link referral ke sosial media.Lalu kalian tertarik untuk mendaftar atau berlangganan lewat link referral tersebut secara langsung.

  • Bonus Komisi Belanja

Bonus referral yang berupa komisi belanja bisa didapatkan konsumen saat ada seseorang yang mencantumkan kode referral miliknya ketika berbelanja di sebuah online shop.Misalnya Riana mencantumkan kode referral Diana saat hendak check out dari sebuah online shop.Nantinya Riana akan mendapat komisi 1% sampai 10% dari transaksi tersebut.

  • Bonus Komisi Upgrade

Bonus ini mirip dengan tipe sebelumnya.Perbedaanya ada pada komisi yang didapatkan jika member baru melakukan upgrade.Misal kali ini Riana mendapat komisi 5% jika Diana mengupgrade keanggotaan online shopnya dengan kode referral milik Riana.

Keuntungan Pada Bonus Referral

Bonus referral memang memiliki banyak keuntungan bagi bisnis online.Beberapa keuntungan dari menyediakan bonus referral yakni :

  • Tidak Perlu Susah Payah Berpromosi

Saat kalian menyediakan kode referral kepada konsumen,maka kalian tidak perlu lagi bersusah payah mempromosikan produk ke konsumen luas,karena konsumen sendiri yang tergerak mempromosikan bisnis kalian kepada rekan-rekannya.Bonus referral menyediakan berbagai hadiah menarik yang pastinya tidak ingin dilewatkan konsumen.Supaya bisa mengklaim hadiah,konsumen lama harus mengajak orang lain mengklaim kodenya di olshop kalian.Alhasil para konsumen kalian lah yang akan aktif mempromosikan toko kalian agar banyak orang mengklaim kode referral mereka.

Promosi antar konsumen seperti ini tentu sangat menguntungkan,karena promosi bisa bergerak lebih luas,cepat dan menjangkau kelompok-kelompok masyarakat yang tidak tersentuh iklan utama olshop kalian.

  • Banyak Konsumen Baru Berdatangan 

Keuntungan yang menonjol dari promosi memakai bonus referral adalah mendatangkan lebih banyak konsumen baru ke olshop kalian.Para pembeli baru akan mengalir berdatangan berkat ajakan para kenalan mereka yang sudah menjadi konsumen lama di olshop kalian.Hal ini mungkin saja terjadi karena kekuatan utama promosi referral dan word to word adalah kepercayaan.Menurut hasil penelitian terbaru,lebih dari 92% masyarakat memercayai rekomendasi produk atau jasa dari orang-orang yang mereka kenal (keluarga,sahabat dan rekan).

Mungkin kalian pernah meminta rekomendasi dari kenalan? Referral pastinya diberikan karena kenalan kalian sudah berpengalaman belanja di sebuah toko dan ingin merekomendasikannya ke orang lain.

  • Meningkatkan CLV Olshop

CLV singkatan dari Customer Lifetime Value alias Nilai Pelanggan Seumur Hidup.Menurut teori marketing online,CLV merupakan jumlah nilai total dari konsumen untuk waktu tertentu terhadap bisnis kalian.Memiliki nilai CLV yang bagus sangat penting untuk mempertahankan bisnis dalam jangka panjang.Olshop CLV tinggi selalu dipandang memiliki kualitas yang baik.Selain itu,CLV juga bisa menunjukkan seberapa besar keuntungan yang bisa dihasilkan dari hubungan antara konsumen dan online shop.

Maka dari itu bisa dikatakan semakin bagus nilai CLV maka semakin besar juga prediksi keuntungannya.Strategi referral merupakan cara termudah untuk meningkatkan CLV,bukan tanpa sebab,karena konsumen yang datang dari penawaran referral terbukti bertahan menjadi pembeli setia dan aktif berinteraksi dengan toko kalian.

  • Meningkatkan dan Menjaga Loyalitas Konsumen

Keuntungan bonus referral lainnya yakni mampu meningkatkan sekaligus menjaga loyalitas konsumen terhadap brand dengan signifikan.Pertahankan konsumen lama kalian dengan menggunakan strategi referral.Bonus-bonus menarik yang mereka dapatkan lewat referral cukup untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.

Sebuah bisnis yang sukses baik itu bisnis online atau offline disebabkan pelanggan lama yang setia berbelanja di toko tersebut.Konsumen lama yang datang berbelanja lagi jauh lebih menguntungkan dibandingkan pembeli baru.Mempertahankan konsumen lama juga jauh lebih sederhana dan hemat biaya ketimbang berpromosi besar-besaran untuk menarik minat pembeli baru.Konsumen loyal juga terbukti mengutamakan toko kalian sebagai pilihan belanja pertama ketimbang toko-toko lain yang sejenis.Apalagi jika toko kalian menyediakan kode referral dengan berbagai bonus menarik untuk konsumen lama.Dijamin mereka semakin betah menjadi pelanggan setia kalian.

Tips Membuat Promosi Kode Referral

Pembahasan selanjutnya yakni tips membuat promosi kode referral.Untuk kalian yang pertama kali mencoba promosi olshop lewat kode referral,Berikut ini trik dan tipsnya :

  • Mengenali Target Konsumen

Kenali dahulu siapa target konsumen kalian sebelum mulai membuat dan menyebarkan kode.Mengenali target konsumen membantu mempermudah kalian dalam menentukan bentuk referral yang ingin dibuat.Bentuk referral juga mempengaruhi kesuksesan strategi marketing.Sebab tidak semua konsumen ingin menyebarkan kode referral mereka,meskipun mempunyai kode masing-masing.Beberapa penyebabnya bisa jadi karena hadiah yang kurang menarik atau sistem referral yang rumit.

  • Memilih Hadiah Bonus

Pilihlah bonus referral yang sesuai dengan kebutuhan kalian.Hadiah yang menarik dan sesuai dengan keinginan konsumen secara otomatis akan mendorong mereka untuk mempromosikan kode referral sebanyak mungkin.

Beberapa pertanyaan yang sering dipertimbangkan saat memilih hadiah bonus referral :

  1. Siapa yang berhak mendapat hadiah ? Apakah hanya pemilik kode atau pengguna baru yang mengklaim kodenya ?
  2. Apa jenis bonus yang ingin dihadiahkan? Apakah berupa poin reward,saldo cashback atau produk hadiah gratis ?
  3. Berapa maksimal hadiah yang dapat diklaim oleh seseorang lewat kode referral ?
  4. Adakah aturan lain yang ingin dibuat untuk mengatur sistem klaim hadiah referral ?
  • Melakukan Analisa Dan Pelacakan (Tracking)

Merumuskan strategi marketing referral yang baik sekaligus matang memerlukan segenap percobaan,bahkan uji coba trials dan errors.Untuk mengoptimalkan strategi,kalian ungkin perlu melakukan analisa serta pelacakan perkembangan kampanye kode referral di masyarakat (tracking).Dari sini kalian dapat mengetahui seberapa efektif dan antusiasme masyarakat menyambut penawaran kode referral dari bisnis kalian.

  • Menyelaraskan Kualitas Produk Dan Layanan Olshop

Kode referral hanya umpan untuk masyarakat mau melirik toko kalian.Supaya benar-benar berhasil dengan baik,kalian tetap harus menyediakan layanan olshop yang prima.Selain itu,produk yang dijual di toko juga harus berkualitas dan memiliki harga yang terjangkau.Jangan sampai promosi kode referral yang sudah dibuat dengan baik justru mengarah ke kekecewaan pembeli karena toko online kalian gagal memenuhi ekspektasi pembeli.Misalnya pelayanan toko justru buruk,produk yang dijual tak berkualitas dan lainnya.Jika sudah begitu,konsumen pasti tidak ingin lagi berbelanja di toko kalian.Cobalah untuk menjaga ekspektasi pembeli dengan menghadirkan pelayanan maksimal.Tidak ada salahnya untuk menawarkan sisi unik dari toko yang bisa memikat perhatian konsumen.

  • Mencari Feedback Dari Konsumen

Jangan lupa untuk mencari feedback dari konsumen,setelah promo kode referral dijalankan,cari tahu bagaimana kesan,kritik dan saran dari konsumen yang mengikuti program referral tersebut.Sering kali konsumen kecewa karena kode referral yang dipromosikan ternyata error atau gagal diklaim.Buruknya lagi, pemilik toko tidak tahu dengan masalah tersebut karena tidak pernah menanyakan feedback dari konsumen.

Feedback konsumen selalu penting untuk meningkatkan kualitas promosi yang kalian lakukan.Masukan konsumen yang diterima juga bisa bermanfaat sebagai acuan referensi iklan berikutnya.

  • Berterima Kasih pada Konsumen

Jangan lupa untuk berterima kasih pada semua orang yang berpartisipasi dalam program kode referral kalian,bisa dengan menyelipkan pesan-pesan terima kasih ketika ada kode atau hadiah bonus yang diklaim.Satu ucapan terima kasih dari bisnis sering kali ampuh membuat konsumen merasa lebih dihargai.

Demikian pembahasan artikel seputar kode referral serta keuntungannya.Semoga artikel di atas dapat bermanfaat  🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago