HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

MariaDB: Pengertian, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, Hingga Perbedaan Dengan MySQL

Salah satu elemen kunci dalam pengembangan software atau perangkat lunak adalah database. Database adalah kumpulan data yang disimpan dan dihubungkan bersama sehingga dapat dikelola dengan mudah melalui aplikasi. Ada berbagai jenis database, termasuk drelational database, distributed database, noSQL database, cloud database, dan database warehouse.

Salah satu database yang paling umum digunakan adalah relational database, contohnya adalah MariaDB. MariaDB adalah versi yang disempurnakan dari sistem manajemen basis data relasional MySQL (RDBMS) dengan peningkatan kinerja dan keamanan yang signifikan. Apakah sudah tahu lebih banyak tentang apa itu MariaDB dan apa perbedaan MariaDB dan MySQL? Yuk baca penjelasan lengkapnya.

Pengertian Database dan Jenis Database

Pengertian Database

MariaDB adalah contoh relational database. Nah sebelum kita lanjut ke pembahasan MariaDB, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan database dan jenis-jenis database, termasuk relational database.

Database merupakan bagian penting dari suatu sistem informasi atau perangkat lunak. Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan database ibarat gudang yang menyimpan banyak barang. Dari perspektif perangkat lunak, database adalah gudang data.

Oleh karena itu, database dapat diartikan sebagai kumpulan data yang disimpan saling berhubungan sehingga dapat dengan mudah dikelola melalui suatu aplikasi. Dalam database ini, data mempunyai fungsi seperti, menghindari duplikasi data, membangun hubungan antar tabel, mencegah hubungan ambigu antar data, dll.

Jenis-jenis Database

Relational database 

Relational database menyimpan informasi secara terstruktur di atas data lainnya. Database relasional terdiri dari tabel-tabel yang saling berhubungan. Jenis database ini biasanya dikelola menggunakan SQL atau Structured Query Language.

SQL adalah bahasa yang digunakan untuk mengidentifikasi data, termasuk membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus data dalam relational database. Contoh database relasional termasuk MySQL dan MariaDB. MySQL adalah sistem manajemen basis data yang paling umum dari jenis ini, dan MariaDB merupakan evolusi dari MySQL yang banyak digunakan saat ini.

Distributed database 

Distributed database adalah basis data yang didistribusikan ke beberapa perangkat. Database terdistribusi beroperasi pada banyak komputer (misalnya, komputer berbeda di lokasi yang sama). Keuntungan dari Distributed database adalah peningkatan kecepatan, peningkatan keandalan, dan kemudahan perluasan.

NoSQL database 

Database NoSQL memiliki hierarki yang mirip dengan sistem folder file, dan data di dalamnya tidak terstruktur atau nonrelasional. Basis data ini tidak terstruktur, memungkinkannya memproses data dalam jumlah besar dengan cepat dan mempermudah perluasan di masa mendatang.

Cloud database 

Cloud database adalah database yang berjalan melalui Internet. Data disimpan di hard drive atau server lokal Anda, namun informasinya tersedia online. Ini memungkinkan Anda mengakses file dengan mudah dari mana saja selama Anda memiliki koneksi internet.

Penjelasan MariaDB

Pada bagian deskripsi dan jenis database di atas, Anda akan mempelajari apa itu MariaDB. Untuk memahami database ini dengan lebih baik, silakan baca penjelasan rinci di bawah ini.

MariaDB adalah

Pertanyaan besarnya adalah: Apa itu MariaDB? Menurut website TechTarget, MariaDB adalah sistem manajemen basis data relasional sumber terbuka yang kompatibel dengan teknologi basis data MySQL yang banyak digunakan. Itu dibuat sebagai perpanjangan dari perangkat lunak MySQL oleh pengembang aslinya.

Mereka mengembangkan MariaDB pada tahun 2009 sebagai tanggapan atas akuisisi MySQL oleh Oracle Corp. MariaDB didasarkan pada SQL dan mendukung pemrosesan data bergaya ACID, konsistensi terjamin, isolasi, dan daya tahan.

Salah satu implementasi aplikasi database MariaDB yang paling umum adalah sistem manajemen konten, yang juga dikenal sebagai CMS. CMS adalah sistem penerbitan yang memungkinkan pengguna menerbitkan dan mengelola konten dalam jumlah besar di situs web mereka. MariaDB adalah sistem manajemen basis data yang menawarkan beberapa fitur hebat, antara lain:

  • Open source software
  • Berdasarkan versi komunitas MySQL seperti pendahulunya
  • New Storage Engine (PBXT, XtraDB, Maria, FederatedX)

Di bawah ini adalah beberapa versi Riwayat MariaDB hingga 2021:

  • 5.1, GA released by MariaDB foundation on February 2010
  • November 2010 MariaDB 5.3
  • February 2012 MariaDB 5.5
  • April 2012 MariaDB Galera Cluster
  • MariaDB 10.0.10 (March 2014)
  • MariaDB 10.1.8 (October 2015)
  • Maria DB 10.2: 8 April 2016
  • Maria DB 10.3: 16 April 2017
  • Maria DB 10.4: 9 November 2018
  • Maria DB 10.5: 3 December 2019
  • Maria DB 10.6: 26 April 2021

Keunggulan MariaDB

MariaDB merupakan sistem database yang populer saat ini. Tentu saja hal itu bukan tanpa alasan. MariaDB memiliki banyak keunggulan. Beberapa keunggulan MariaDB adalah:

  • MariaDB mendukung bahasa query yang populer dan standar.
  • Muncul dengan banyak storage engine, termasuk mesin penyimpanan kuat yang dapat berintegrasi dengan sistem manajemen basis data relasional lainnya.
  • MariaDB mendukung PHP, bahasa populer untuk pengembangan web.
  • Dioperasikan di bawah lisensi GPL, BSD, atau LGPL.

Kekurangan MariaDB

Namun tentunya masih ada beberapa kekurangan MariaDB yang pasti akan ditemui pengguna. Salah satu kelemahan MariaDB adalah bergantung pada versi. Karena mesin MariaDB masih sangat baru, tidak ada jaminan bahwa pembaruan atau versi lebih lanjut akan diberikan.

Pengertian MySQL

Dua sistem manajemen relational database selain MariaDB adalah MySQL. MySQL dikembangkan pada pertengahan tahun 90an dan merupakan salah satu database open source pertama di pasaran.

Banyak varian alternatif MySQL yang ada saat ini. Namun, perbedaan antara varian ini tidak signifikan, karena keduanya menggunakan sintaksis yang sama dan memiliki fungsi dasar yang sama.

MySQL adalah database open source paling populer di dunia. Menurut DB Engine, MySQL adalah database terpopuler kedua setelah Oracle Database. MySQL mendukung banyak aplikasi yang paling umum digunakan, termasuk Facebook, Twitter, Netflix, Uber, Airbnb, Shopify, dan Booking.com.

Perbedaan MariaDB dan MySQL

Untuk membantu Anda memahami kedua sistem manajemen basis data ini, tabel berikut mencantumkan perbedaan antara MariaDB dan MySQL. Berikut adalah beberapa perbedaan antara MariaDB dan MySQL:

Meningkatkan Performa Database dengan MariaDB

MariaDB dan MySQL adalah dua sistem manajemen basis data yang populer saat ini. Melihat perbedaan antara MariaDB dan MySQL, kita dapat melihat bahwa MariaDB secara bertahap mengungguli MySQL, terutama dalam hal kinerja. MariaDB merupakan evolusi perangkat lunak MySQL dari pengembang aslinya.

Mereka mengembangkan MariaDB pada tahun 2009 sebagai respons terhadap akuisisi MySQL oleh Oracle Corp. Keunggulan MariaDB antara lain, MariaDB mendukung bahasa query standar yang populer, memiliki banyak storage engine, termasuk mesin penyimpanan yang kuat yang dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen basis data relasional lainnya, dan merupakan bahasa populer untuk pengembangan web. Misalnya, PHP didukung. Saatnya meningkatkan kinerja database Anda dengan MariaDB.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

4 hours ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

10 hours ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

1 day ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

1 day ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

4 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

4 days ago