HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Profesi Finance (Keuangan) Dalam Perusahaan

Profesi Finance bertanggung jawab untuk mencari, mengelola, mengalokasikan modal, dan melakukan pembayaran dalam bisnis. Selain itu, bagian Finance juga bertanggung jawab dalam mengelola kebutuhan arus kas perusahaan dan memastikan kesesuaiannya dengan catatan yang dibuat oleh bagian akuntansi, artinya seorang finance berhak menyimpan uang perusahaan, termasuk penerimaan dan pengeluaran dana, baik melalui uang tunai, bank, deposito, dan lain-lain. atau berinvestasi. Bekerja di bidang keuangan membutuhkan ketelitian yang tinggi dan cocok bagi mereka yang menyukai matematika. Bagian keuangan juga harus menguasai ilmu ekonomi dan akuntansi.

Peran Dan Tanggungjawab Finance

  • Membantu dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Koordinator Keuangan dan Umum
  • Melakukan pencatatan, pendataan bukti transaksi dalam rangka operasional Perusahaan
  • Menyusun bukti-bukti laporan secara baik dan benar
  • Klarifikasi seluruh transaksi yang terjadi di lingkungan Perusahaan dengan Koordinator Keuangan dan Umum
  • Menyiapkan dokumen untuk melayani kegiatan akuntansi dan keuangan Perusahaan
  • Menerima pembayaran atau setoran tagihan dari hasil-hasil transaksi kegiatan usaha Perusahaan
  • Membayar tagihan kepada pihak luar Perusahaan setelah persyaratan data dan kelengkapan terpenuhi dan setelah mendapat persetujuan dari pimpinan atau pejabat Perusahaan yang berwenang.
  • Mengklarifikasi seluruh tagihan yang timbul dan/atau harus dibayarkan kepada pihak eksternal melalui Koordinator Keuangan dan Umum.
  • Bertanggung jawab mengatur pemasukan dan pengeluaran kas kecil
  • Membukukan dan mengadministrasikan semua transaksi penerimaan dan pengeluaran kas Perusahaan
  • Mengumpulkan dan mengarsipkan data-data dan atau bukti-bukti transaksi yang terjadi dalam Perusahaan
  • Menyiapkan invoice berdasarkan tanggal jatuh tempo dan menjadwalkan pembayaran invoice kepada pihak eksternal
  • Mengurus administrasi pada bank atau lalu lintas keuangan Perusahaan pada bank yang telah ditetapkan
  • Bertanggung jawab kepada finance manager

Keterampilan dan Pengetahuan Finance

  • Analisis Data, Pada fungsi keuangan, Bagian Keuangan memberikan data pelaporan keuangan kepada direksi beserta data historis yang juga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan.
  • Memiliki Pemahaman Bisnis, Berkontribusi pada bisnis dalam tingkat strategis yang membutuhkan lebih dari sekadar pemahaman tentang angka-angka.
  • Keuangan juga harus memahami keseluruhan bisnis. Kemampuan untuk memberikan informasi kepada dewan memerlukan pandangan komprehensif tentang bagaimana setiap area fungsional beroperasi dengan baik untuk mencapai hasil terbaik.
  • Kemampuan berpikir logis, Kemampuan menafsirkan angka, Kemampuan melakukan analisis, Kemampuan Manajemen, Fasih berbahasa Inggris dan instruksi yang detail dan mendalam.
  • Memiliki kemampuan untuk mengoperasikan software seperti misalnya Ms. Excel atau Accurate
  • Memiliki kemampuan untuk membuat laporan L/R (laba rugi), Jurnal, Neraca, dan lain-lain
  • Memiliki sertifikasi Breavet A&B, menunjukkan loyalitas tinggi dalam bekerja dan memiliki kemampuan bekerja dalam tim maupun individu.
  • Mampu menghadapi target dan bekerja dibawah tekanan dan Memiliki ketelitian dan kemampuan berhitung yang baik

Personaliti Finance

  • Berpikir analitis, menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan solusi atau pendekatan alternatif terhadap masalah yang dihadapi
  • Problem solving, Memahami masalah yang rumit dan mengetahui cara menggunakan teknologi untuk menyelesaikannya
  • Tanggung jawab profesi, yaitu selalu menggunakan pertimbangan moral dan profesional dalam semua kegiatan yang dilakukan
  • Kepentingan publik, yaitu wajib bertindak dalam kerangka pelayanan kepada publik, menghormati kepercayaan publik, dan menunjukkan komitmen atas profesionalismenya
  • Integritas, di dalam usahanya untuk memelihara dan meningkatkan kepercayaan publik harus memenuhi tanggung jawab profesionalnya dengan integritas setinggi mungkin
  • Objektivitas, berarti harus menjaga objektivitas, bersikap netral dan bebas dari benturan kepentingan dalam pemenuhan kewajiban profesional
  • Kerahasiaan, berarti menghormati kerahasiaan informasi yang diperoleh selama melakukan jasa profesional akuntan
  • Standar teknis, yaitu melaksanakan jasa profesionalnya sesuai dengan standar teknis dan standar profesional yang relevan

Cara Menjadi Finance

Pendidikan Strata 1

Bagi yang berminat pada posisi keuangan, Anda harus memiliki minimal gelar sarjana ekonomi, akuntansi dan matematika atau jurusan terkait lainnya. Beberapa perusahaan bahkan menginginkan gelar master untuk posisi ini. Lulusan akuntansi cenderung lebih disukai karena mata kuliahnya mempelajari seni mencatat, mengklasifikasikan, dan entah bagaimana meringkas dalam istilah moneter. Selain itu, jurusan ini juga akan mempelajari segala hal tentang pelaporan keuangan. Mulai dari cara menulis laporan keuangan sesuai standar masing-masing perusahaan, melalui analisis laporan keuangan, menilai kelayakan kegiatan usaha melalui laporan keuangan, hingga menilai prospek masa depan. . Selain itu, Anda juga akan belajar tentang audit, sederhananya Anda akan belajar bagaimana melihat apakah laporan keuangan dianggap tepat atau tidak. Pelatihan ilmu akuntansi ini akan selesai dalam waktu 4 tahun.

Peluang Kerja Finance

Peluang kerja bagi staf keuangan akan selalu terbuka karena Finance memainkan peran penting dalam pengelolaan uang dan proses mobilisasi modal itu sendiri, yang mempengaruhi operasional bisnis. Keuangan melibatkan pemantauan, penciptaan dan penelitian keuangan, perbankan, kredit, investasi, aset dan kewajiban yang membentuk sistem keuangan. Bagian keuangan akan mencatat semua transaksi keuangan, melaksanakan transaksi keuangan perusahaan, membayar pemasok, memantau aktivitas keuangan atau transaksi keuangan perusahaan, menyiapkan laporan kegiatan keuangan perusahaan.

Seorang bankir keuangan luar negeri memiliki kehidupan yang lebih glamor di Indonesia. Hal ini karena bankir keuangan luar negeri memiliki pendapatan yang lebih tinggi. Misalnya, seorang bankir keuangan di Singapura memiliki pendapatan minimum antara USD 120,000 (Rp 1,4 miliar) hingga USD 300,000 (Rp 3,5 miliar) per tahun.

Karir Finance

Finance dapat bekerja di Instansi Pemerintah (Direktorat Jendral Pajak dan Badan Pemeriksa Keuangan), di Bank, Perusahaan Swasta dan lain sebagainya. 

Direktorat Jenderal Pajak dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merupakan dua instansi yang membutuhkan tenaga keuangan lebih banyak dibandingkan instansi lainnya. Bagian keuangan memiliki jenjang karir yang cukup menjanjikan jika Anda bergabung dengan suatu perusahaan. Terutama untuk jangkauan yang luas. Mulai dari level Junior Finance Officer, posisi ini belum memerlukan tanggung jawab utama untuk menyediakan informasi keuangan. Pegawai tingkat bawah hanya melakukan transaksi keuangan sederhana.

Berikutnya adalah staf senior departemen keuangan yang melakukan transaksi sederhana dan menyiapkan laporan keuangan di bawah arahan direktur keuangan. Berikutnya adalah direktur departemen keuangan, yang bertanggung jawab atas bidang keuangan kecil. Untuk urusan pembayaran gaji dan pembayaran transaksi eksternal, level tertinggi adalah manajer keuangan. Bertanggung jawab pada bagian keuangan. Berikut beberapa jenis pekerjaan di bagian keuangan:

1. Chief Financial Officer (CFO)

Perusahaan yang berkembang pesat tidak lepas dari peran financial controller, salah satu peran penting dari direktur keuangan perusahaan atau bisa dikatakan ahli. CFO bertanggung jawab untuk mengelola staf keuangan, secara langsung atau tidak langsung, mengawasi pengelolaan kas, investasi, asuransi, penganggaran dan pelaporan keuangan, untuk menggerakkan strategi keuangan perusahaan. Ketika krisis terjadi pada bisnis yang berhubungan dengan keuangan, CFO berperan mengelola strategi keuangan dan mengelola kinerja operasional. Jika kita melihat kesehariannya, CFO mungkin mempunyai banyak jabatan berbeda namun dia tetap fokus pada masa depan perusahaan.

2. Financial Advisor

Ini adalah posisi yang sangat penting di hampir setiap perusahaan karena melibatkan jasa keuangan. Salah satu bentuk usaha yang berperan sebagai Finacial Advisor (FA) adalah perusahaan asuransi. Seorang Finacial Advisor atau penasihat keuangan bertanggung jawab untuk membantu klien memenuhi kebutuhannya. Jika Anda bekerja di suatu bisnis, FA akan memberikan keterampilan yang diperlukan untuk memelihara, mengalokasikan dan mengembangkan keuangan perusahaan. Tanggung jawabnya juga mencakup memastikan bahwa pelanggan memiliki pemahaman yang jelas tentang produk perusahaan sehingga penjualan dapat ditingkatkan.

3. Financial Analyst

Seorang analis keuangan memainkan peran mendasar dalam kesehatan keuangan dan kesuksesan banyak bisnis. Posisi ini juga sering disebut sebagai analis sekuritas atau investasi. Keputusan bisnis memerlukan pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai faktor, seperti kondisi ekonomi dan tren industri. Oleh karena itu, pengetahuan awal seorang analis keuangan dapat membantu mengambil keputusan kepemimpinan, seperti membeli atau menjual saham suatu perusahaan, berdasarkan kekuatan perusahaan tersebut.

4. Finance Manager

Finance Manager atau manajer keuangan bertanggung jawab atas kesehatan keuangan organisasi secara keseluruhan. Bekerja di berbagai industri, mereka menghasilkan laporan keuangan, mengarahkan aktivitas investasi, dan mengembangkan strategi dan rencana untuk tujuan keuangan jangka panjang organisasi. Setiap hari, para profesional keuangan ini menganalisis data investasi, menyiapkan dokumen keuangan dan laporan bisnis, memastikan bahwa transaksi keuangan mematuhi peraturan hukum, dan mencari peluang investasi serta cara untuk memaksimalkan keuntungan. Dengan visi yang terus berkembang ini, mereka menggunakan pengetahuannya untuk membuat rekomendasi keuangan kepada manajemen perusahaan.

Profesi finance dianggap penting untuk pertumbuhan perusahaan. Profesi ini harus mampu mengelola keuangan perusahaan dan memiliki pemahaman yang baik mengenai lanskap akuntansi dan peraturan perundang-undangan yang terkait dengannya. Jika Anda salah satu orang yang bercita-cita menjadi Profesi finance, pahamilah persyaratan yang harus dipenuhi. Sesuaikan juga dengan kepribadian Anda untuk bekerja di bidang ini. Anda harus memiliki kemampuan analitis yang kuat. Selain itu, Anda juga harus bisa melayani seluruh pelanggan yang datang ke bisnis Anda dengan baik. Teruslah belajar dan cobalah mempraktikkan pengelolaan keuangan Anda, apa pun yang terjadi. Pilih universitas dengan reputasi terbaik untuk membantu Anda belajar akuntansi dan keuangan.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

20 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

23 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago