HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kabel UTP : Pengetian, Karakteristik, Jenis, dan Kategorinya

Jaringan internet dapat dibangun dengan dua media, yaitu melalui perantara kabel dan wireless. Meskipun penggunaan wireless lebih populer di kalangan masyarakat, namun kini masih banyak yang menggunakan jaringan komputer berbasis kabel, seperti penggunaan kabel UTP. Hal ini karena harganya yang relatif lebih murah dan pemasangannya pun cukup mudah walau rawan putus dan fleksibilitas kabel terbatas.

Selain itu, untuk keperluan jaringan dalam skala kecil bisa menggunakan kabel UTP sebab tingkat interferensi atau gangguan sinyalnya lebih rendah dibandingkan dengan jaringan wireless. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan kabel yang digunakan untuk menyambung perangkat komputer dengan jaringan lokal LAN. Dikatakan ‘Unshielded‘ karena kabel ini tidak memiliki pelindungan alumunium seperti kabel jenis twisted pair lainnya. Dan disebut ‘Twisted Pair’ karena bentuk kabelnya saling melingkar-lingkar.

Tujuan kabel UTP dibuat saling melilit atau melingkar agar dapat mengurangi gangguan transmisi data guna menghindari sambungan yang tidak diinginkan dalam jaringan.

Kabel twisted ini dilindungi oleh lilitan kabel tembaga berwarna-warni. Kabel tembaga tersebut dibuat warna-warni sebagai simbol untuk menandakan fungsi tertentu. Susunan antara satu dengan yang lainnya pun berbeda.

Karakteristik Kabel UTP

Antara kabel UTP dengan kabel lainnya memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini beberapa karakteristik kabel UTP yang membedakannya dengan kabel lain.

  • Dibuat harus menggunakan soket RJ-45.
  • Memiliki isolator pelindung luar.
  • Panjang kabel maksimal 100 meter. Jika Anda ingin menggunakan kabel yang lebih dari panjang dari ukuran tersebut maka dibutuhkan repeater jaringan.
  • Besar bandwidt bisa mencapai 100 Mbps.
  • Berfungsi untuk mengirimkan, menerima informasi, dan sebagai konduktor tegangan.

Fungsi Kabel UTP

Umumnya, kabel UTP ini digunakan untuk menciptakan jaringan berskala kecil, seperti LAN (Local Area Network) supaya komputer bisa terhubung ke jaringan atau komputer lainnya.

Selain itu, kabel twisted juga memiliki tugas dan fungsinya masing-masing sesuai dengan warnanya. Berikut ini fungsi kabel UTP berdasarkan warna.

  • Kabel warna jingga dan putih-jingga berfungsi untuk mentransfer data.
  • Kabel warna hijau dan putih-hijau berfungsi sebagai jalur paket data.
  • Kabel warna biru dan putih-biru berfungsi untuk mentransfer suara.
  • Kabel berwarna cokelat dan putih cokelat berfungsi sebagai konduktor tegangan DC atau arus listrik.

Jenis-Jenis Kabel UTP

Kabel UTP dibedakan dalam tiga jenis, yaitu:

1) Straight Through

Straight Through memiliki susunan ujung konektor yang rapi. Pola susunannya diawali dari warna putih-jingga, jingga, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-cokelat, dan cokelat. Kabel UTP jenis ini sering digunakan untuk menghubungkan dua perangkat. Misalnya, menghubungkan komputer ke switch, router ke switch atau hub, atau komputer ke hub.

2) Cross Over

Cross Over memiliki pola atau urutan warna kabel dirancang secara berbeda di setiap ujung konektor. Kabel UTP jenis ini digunakan untuk menghubungkan komputer 1 dengan komputer 2, switch dengan switch, dan router dengan router.

3) Roll Over

Roll Over memiliki dua ujung konektor, yang dimana kedua ujungnya itu disusun terbalik. Roll Over berfungsinya untuk menghubungkan dua perangkat berbeda. Beberapa jenis perangkat yang menggunakan kabel ini, seperti proyektor, switch, dan printer.

Kategori Kabel UTP

Dilihat dari kualitas dan jumlah kerapatan lilitanya, Kabel UTP dikategorikan menjadi 7 kategori. Angka kategori tersebut menunjukkan tingkat kerapatan lilitan. Semakin tinggi berarti semakin cepat aksesnya.

Berikut ini kategori kabel UTP yang perlu Anda ketahui.

a. Kabel UTP Cat 1

Kabel UTP Cat 1 merupakan jenis kategori pertama dari UTP yang memiliki kecepatan transmisi rendah, yaitu sekitar 1 Mbps. Kabel ini hanya berfungsi untuk komunikasi suara analog yang sudah tidak lagi digunakan di zaman sekarang.

b. Kabel UTP Cat 2

Kabel UTP Cat 2 mampu mentransmisikan data hingga 4 Mbps. Berbeda dengan kategori pertama, kabel UTP Cat 2 ini bisa mengirimkan suara digital pada jaringan IBM token ring. Namun, ini juga sudah tidak berlaku lagi di zaman sekarang.

c. Kabel UTP Cat 3

Kabel UTP Cat 3 mampu mentransmisikan data hingga 10 Mbps. Berfungsi untuk mengirimkan suara digital dengan kecepatan yang lebih baik.

d.Kabel UTP Cat 4

Kecepatan transmisi data pada Kabel UTP Cat 4 ini lebih tinggi 6 Mbps dari kategori sebelumnya. Meski begitu, kabel kategori ini juga sudah tidak sesuai dengan zaman sekarang. Kabel ini digunakan sebagai pembuatan topologi jaringan token ring.

e. Kabel UTP Cat 5

Kabel UTP Cat 5 memiliki kecepatan transmisi data lebih besar dibandingkan dengan kategori sebelumnya, yaitu 100 Mbps. Kabel UTP Cat 5 ini juga dikembangkan lagi menjadi kabel Cat 5e. Kecepatannya masih sama, namun frekuensi sinyalnya lebih tinggi dari versi sebelumnya, yaitu sekitar 100 Mhz.

f. Kabel UTP Cat 6

Kabel UTP Cat 6 mampu mentransfer data 10 kali lebih cepat dibandingkan kategori sebelumnya, artinya kecepatannya sekitar 1 Gbps. Frekuensi sinyalnya juga lebih tinggi, yaitu mencapai 200 Mhz.

Sama seperti Kabel UTP Cat 5, kategori 6 ini juga memiliki versi lebih baik yang mana frekuensi komunikasinya mampu mencapai hingga 500 Mhz.

g. Kabel UTP Cat 7

Kabel UTP Cat 7 merupakan kabel terbaru yang dapat menyesuaikan dengan baik kebutuhan transmisi data di zaman sekarang. Kecepatannya mencapai 10 Gbps dan frekuensinya 600 Mbps. Kabel UTP Cat 7 ini biasa digunakan untuk Gigabit Ethernet atau perangkat jaringan lain yang membutuhkan akses kecepatan tinggi.

Itulah penjelasan singkat mengenai kabel UTP. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

1 day ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

1 day ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

2 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

2 days ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

4 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

4 days ago