HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Society 5.0 Masyarakat Super Cerdas

Society 5.0 merupakan sebuah konsep dimana kehidupan manusia didukung oleh teknologi dan teknologi merupakan bagian dari manusia itu sendiri. Sebenarnya pada masa ini kita hidup sebagai masyarakat 5.0. Namun konsep ini belum diterapkan di semua daerah. Beberapa sektor masih belum tersentuh oleh teknologi dalam beberapa hal.

Perkembangan teknologi sendiri ibarat dua mata uang, mempunyai kelebihan dan kekurangan. Di sisi lemahnya, mungkin kita khawatir bahwa tugas-tugas manusia dapat dengan mudah digantikan oleh mesin di Society 5.0. Namun konsep masyarakat 5.0 juga membawa berbagai manfaat yang dapat meningkatkan kualitas hidup kita.

Pengertian Society 5.0

Society 5.0 adalah sebuah konsep yang memungkinkan umat manusia untuk menggunakan teknologi modern berbasis sains, seperti AI dan robotika, untuk memenuhi kebutuhan dan membuat hidup manusia lebih mudah. Konsep masyarakat 5.0 pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan konsep masyarakat 4.0 sebelumnya. Perbedaannya terletak pada konteks sasarannya. Dimana society 4.0 fokus pada konteks perkembangan teknologi, sedangkan society 5.0 lebih fokus pada konteks manusia.

Komponen utama Society 5.0 adalah masyarakat dapat menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi. Pembangunan ini diharapkan dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan permasalahan ekonomi. Saat ini salah satu negara yang berhasil menerapkan Society 5.0 adalah Jepang. Mungkin semua kemajuan ini tampak sedikit mengkhawatirkan, karena tugas-tugas manusia dapat dengan mudah digantikan oleh teknologi mesin. Namun Society 5.0 sungguh membawa banyak manfaat positif bagi kehidupan manusia. Di bawah ini kita membahas manfaatnya.

Sejarah Society 5.0

Untuk memahami perkembangan Society 5.0, kita juga perlu memahami generasi-generasi sebelumnya, mulai dari Society 1.0 hingga Society 4.0.

  1. Society 1.0: Era berburu dan manusia baru mengenal tulisan
  2. Society 2.0: Era pertanian di mana manusia mengenal cocok tanam
  3. Society 3.0: Era industri di mana manusia mulai menggunakan mesin untuk aktivitas sehari-hari
  4. Society 4.0: Era teknologi komputer hingga internet untuk menunjang kegiatan manusia
  5. Society 5.0: Era teknologi di mana semua teknologi merupakan bagian dari manusia itu sendiri

Seperti kita ketahui, dunia masih berada pada era industri 4.0. Industri ini sebelumnya telah merombak sistem yang digerakkan oleh mesin dan manufaktur untuk beralih ke informasi. Dengan demikian, gagasan Society 5.0 berhasil mematahkan pola pikir yang selama ini ada yang menganggap revolusi stagnan dan tidak bisa dilanjutkan lagi. Semoga konsep Society 5.0 dapat membawa perubahan positif bagi dunia dengan menyempurnakan ide-ide sebelumnya.

Konsep ini pertama kali dipresentasikan pada acara TI terbesar di dunia CeBIT (Centrum der Büro- und Informationstechnik) pada tahun 2017. Namun, ini pada dasarnya adalah rencana dasar ilmu pengetahuan dan teknologi kelima dari Kementerian Sains dan Teknologi Jepang. teknologi pada tahun 2016

Ide tatanan dunia baru ini muncul karena kita menyadari bahwa ada batas kemampuan umat manusia dalam mengetahui hal-hal penting dari derasnya arus informasi. Akibatnya, orang mungkin merasa lelah selama proses ini. Belum lagi terbatasnya sumber daya karena perbedaan usia dan bidang keahlian. Oleh karena itu, Society 5.0 akan mengintegrasikan mesin dan kecerdasan buatan yang diharapkan dapat membantu manusia secara lebih optimal. Sehingga masyarakat bisa lebih fokus aktif dalam menciptakan inovasi dan berkreasi dengan ide-ide baru.

Manfaat Society 5.0

Perkembangan teknologi mengubah peran manusia dalam banyak aspek. Banyak pekerjaan yang tergantikan oleh mesin, namun hal ini juga dibarengi dengan semakin berkembangnya kemampuan manusia di berbagai bidang baru. Salah satunya dalam dunia pemasaran yang sedang beralih tren dari pemasaran konvensional ke era digital marketing yaitu technology-enabled marketing. Penjelasan tersebut merupakan gambaran manfaat yang bisa kita peroleh dari Society 5.0. Masih banyak lagi manfaat lainnya, berikut ulasan lengkapnya.

1. Meningkatkan Kualitas Diri

Seperti disebutkan di atas, perkembangan teknologi Society 5.0 juga mendorong masyarakat untuk berkembang. Hal ini berdampak pada peningkatan kualitas manusia. Meski teknologi semakin maju, namun manusia tetap perlu berperan untuk dapat memanfaatkan teknologi tersebut. Keterampilan manusia juga berkembang di sektor teknologi. Di era sekarang ini, banyak lapangan pekerjaan dan dunia usaha yang menjadi sumber daya manusia dengan kemampuan teknologi yang maju. Jika kita memiliki keterampilan tersebut maka kita akan dicari dan dibutuhkan sehingga tidak akan kesulitan dalam mencari pekerjaan.

2. Memperluas Peluang Karier

Dengan memanfaatkan manfaat yang diuraikan di atas, kita yang memiliki keterampilan khusus di sektor teknologi akan mendapatkan manfaat dari peluang karir yang lebih luas. Saat ini, hampir setiap pekerjaan membutuhkan teknologi. Selain itu dari sisi lapangan kerja, teknologi juga membuka peluang-peluang baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sebelumnya, pekerjaan seperti web developer, web designer, digital marketer, dan lain-lain. Semua jenis pekerjaan baru tercipta setelah era Internet, sehingga masyarakat di era ini memiliki lebih banyak pilihan karir.

3. Meningkatkan Keterampilan dan Mempermudah Pekerjaan 

Seperti kita ketahui, teknologi memudahkan banyak aktivitas manusia. Kegiatan yang tadinya menyita waktu, kini dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan akurat. Hal ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk meningkatkan keterampilannya di berbagai bidang di luar bidang pekerjaannya. Misalnya saja dalam pekerjaan pemasaran digital. Dahulu, pemasaran hanya berfokus pada bagaimana menjual produk ke konsumen sebanyak-banyaknya. Dengan perkembangan teknologi Society 5.0, para pemasar kini dapat mengembangkan keterampilan di bidang psikologi dalam memahami perilaku konsumen atau di bidang desain untuk membuat konten iklan yang menarik.

4. Meningkatkan Kesejahteraaan

Society 5.0 memungkinkan masyarakat mencapai kesejahteraan yang lebih terjamin. Pendapatan SDM di sektor teknologi bisa sangat tinggi dan pada akhirnya memenuhi kebutuhan penting para pekerja. Berbeda dengan pekerjaan manual pada era-era sebelumnya, dimana upah yang diterima bisa sangat rendah meskipun jam kerjanya sangat panjang. Memang pekerjaan yang dilakukan tidak memerlukan keahlian khusus, dan karyawan tersebut dapat dengan mudah digantikan oleh siapa saja.

Contoh Penerapan Society 5.0

Contoh dari penerapan Society 5.0 sebenarnya sangat mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, karena kita mungkin juga melakukan contoh tersebut.

1. Pengiriman Barang

Proses pengiriman kini lebih cepat dan mudah. Tidak perlu berhari-hari bahkan berbulan-bulan seperti dulu. Misalnya kita ingin membeli makanan, kita bisa mendapatkannya hanya dalam beberapa menit saja. Begitu pula jika Anda membeli barang dari kota lain, barang bisa sampai hanya dalam waktu 1-2 hari saja.

2. Bidang Kesehatan

Teknologi AI memungkinkan masyarakat mengetahui status kesehatan dirinya dan keluarganya. Ketika kita mendeteksi suatu masalah kesehatan dengan menggunakan teknologi ini, kita dapat segera berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis. Kita tidak perlu pergi ke fasilitas kesehatan untuk mengetahui tekanan darah atau detak jantung kita karena sudah ada teknologi yang bisa kita manfaatkan sendiri.

3. Sistem Keamanan 

Teknologi membantu sistem keamanan menjadi lebih canggih. Meski tidak sepenuhnya menghilangkan kejahatan karena metodenya juga terus berkembang, namun keberadaan teknologi seperti pengawasan video dapat membuat keamanan lebih aman dan jika terjadi kejahatan, pelakunya dapat segera diidentifikasi. Teknologi sistem keamanan juga diterapkan berupa pemindai sidik jari untuk mengakses area terlarang.

4. Transportasi

Contoh penerapan teknologi Society 5.0 di bidang transportasi antara lain peta digital yang dapat memberikan informasi rute tercepat, kemungkinan moda transportasi menuju tujuan, dan aplikasi mobile, penggunaan ojek online. Memfasilitasi pergerakan lansia dan penyandang disabilitas dengan kursi roda otomatis. Ada angkutan umum yang bergerak otomatis sesuai keinginan Anda. Bepergian lebih lancar dengan transportasi umum terintegrasi, carpooling pribadi, dan banyak lagi.

Dalam era Society 5.0 yang memiliki berbagai manfaat positif tentunya hal ini juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan. Oleh karena itu diperlukan perencanaan dan pengelolaan yang efektif agar teknologi ini dapat digunakan secara positif dan bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan. Meskipun kemajuan teknologi dan industri pesat, sebagai manusia kita harus selalu menjaga sifat kemanusiaan kita. Kita harus terus berkomunikasi dan membangun hubungan yang bermakna antar individu sebagai entitas sosial yang utuh.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

11 hours ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

13 hours ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

1 day ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

1 day ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

3 days ago