HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Microsoft Edge : Browser Baru Yang Ringan Penggunaanya

Saat ini muncul browser baru dengan fitur dan keunggulan yang lebih baik ketimbang Google Chrome dan Firefox,yakni Microsoft Edge. Microsoft Edge merupakan browser terbaik yang diluncurkan Microsoft menggantikan Internet Explorer yang gagal memberikan fungsionalitas dan pengalaman bagi para penggunanya.Microsoft Edge menjadi pembaruan dan kemajuan teknologi browser yang dikembangkan oleh Microsoft.Dalam hal fitur dan ekstensi,Micsrosoft Edge adalah browser yng pengembangannya berbasis Chromium sehingga ekstensi Google Chrome akan support pada Microsoft Edge.Belum begitu mengetahui tentang Microsofot Edge?

Berikut ini artikel penjelasan tentang Microsoft Edge,serta prekembangan,fitur,kelebihan dan kekurangannya :

Pengertian Microsoft Edge

Merupakan peramban web yang dikembangkan oleh Microsoft dan termasuk dalam sistem operasi Windows.Resmi dirilis pada tanggal 29 juli 2015,peramban ini menggantikan Internet Explorer sebagai peramban baku pada Windows 10.Hal ini juga akan menjadi peramban baku dari rilis yang akan datang dari Windows 10 untuk telepon cerdas dan tablet kecil.Microsoft Edge kini sudah tersedia untuk platform Android dan iOS.

Microsoft Edge dirancang untuk menjadi peramban web ringan dengan mesin tata letak yang dibangun di sekitar sts standar web,menghapus dukungan untuk teknologi warisannya seperti ActiveX mendukung ekstensi dan integrasi dengan layanan Microsoft lainnya,seperti asisten digital Cortana dan OneDrive itu juga termasuk alat penjelasan dan modus membaca.

Fitur Serta Manfaat Microsoft Edge

Fitur unggulan yang dimiliki Microsoft Edge yakni integrasi dengan Cortana dan Bing sehingga mempercepat proses pencarian berdasarkan kata kunci yang diucapkan.Tampilan halaman depan Microsoft Edge juga terlihat menarik dan dapat dilakukan kostum berdasarkan minat dan kesukaan,termasuk konten berita,tema serta ukuran font.Berikut ini beberapa fitur menarik lainnya dari Microsoft Edge berikut ini :

  • Kostum Tampilan dan Tema

Pengguna dimungkinkan untuk melakukan kostum tampilan dan tema Microsoft Edge.Pengguna dapat melakukan perubahan tampilan melalui halaman depan “Pengaturan Halaman” Microsoft Edge.Saat ini,Microsoft Edge menyediakan tampilan Dark dan Light.Tidak menutup kemungkinan,Microsoft akan menambahkan style lain sehingga pilihan tema lebih beragam.Di halaman depan dan tab baru,pengguna juga bisa menyesuaikan tampilan dengan pilihan Fokus,Inspirasional,Informasional serta bisa juga dilakukan kostum pada beberapa bagian sesuai dengan minat dan kesukaan.

  • Terhubung dengan Cortana

Cortana menjadi asisten pribadi cerdas berbasis AI (Artificial Intelligence) yang dibuat oleh Microsoft untuk membantu para pengguna Windows 10 dalam melakukan banyak hal.Integrasi Cortana pada Microsoft Edge membantu pengguna mencari sesuatu tanpa harus mengetikkan kata kunci yang diinginkan.Cortana terhubung dengan search engine Bing sehingga semua pencarian yang pengguna inginkan dilakukan melalui Bing secara cepat dan instan.Untuk menggunakannya harus mengaktifkan fitur Cortana systemwide dan mengubah pengaturan Advance Setting menjadi “Get Cortana to assist me in Microsoft Edge”.

  • Menambah Koleksi dan Catatan

Pengguna juga dimungkinkan untuk menambahkan koleksi (Collections) pada halaman web.Untuk melakukannya,bisa klik tombol Collections yang ada pada bagian atas, kemudian tambahkan halaman yang diinginkan.Pengguna juga dapat menambahkan catatan (note) kecil, membagikan halaman pada Microsoft 365 dan lainnya.Selain itu,pengguna dapat menambahkan catatan pada halaman yang dipilih,mencoret-coret seperti di Paint,editing,membuka di tab baru,InPrivate dan banyak lagi lainnya.

  • Mode Baca

Microsoft Edge menyediakan fitur mode baca untuk memudahkan pengguna dalam membaca artikel.Pengguna dapat menggunakan Mode Baca dengan klik tombol Immersive Reader atau F9 yang ada di samping URL.Menariknya lagi,pengguna dapat memanfaatkan fitur Read aloud (audio).Read aloud merupakan fitur membaca artikel dalam mode audio,sehingga pengguna tidak harus membaca artikel,cukup mendengarkan saja.

Selain itu,pengguna dapat mengatur ukuran teks,spasi serta warna latar belakang melalui fitur Text Preferences.Fitur tersebut memudahkan pengguna untuk menyesuaikan mode baca sesuai kebutuhan dan kenyamanan.

Apakah Microsoft Edge Gratis ?

Tentu saja gratis,kalian bisa mengunduh dan menggunakan Microsoft Edge secara gratis.Windows 7,8,8.1 bisa di install Microsoft Edge,namun fungsionalitas tidak semaksimal Windows 10.Kalian bisa mengunduh Microsoft Edge melalui halaman microsoft.com/en-us/edge untuk Windows, MacOS, Android, dan iOS (iPhone).

Kelebihan Microsoft Edge

Salah satu kelebihan Microsoft Edge yakni dalam hal kecepatan dan penggunaan baterai lebih hemat ketimbang Google Chrome dan Firefox.Hal ini terbukti dan telah dilakukan uji tes.Untuk mengetahui kelebihan lain dari Microsoft Edge,berikut ini penjelasannya :

  • Integrasi dengan produk Microsoft : Microsoft berupaya agar semua produk mereka terintegrasi satu dengan lainnya.Melalui Microsoft Edge,pengguna dapat menggunakan produk Microsoft yang berbasis cloud seperti Microsoft 365,Cortana serta ekstensi dari pihak ketiga.
  • Tampilan yang menarik :  Microsoft Edge memang terlihat seperti Google Chrome.Namun Microsoft Edge telah menambahkan beberapa fitur untuk kostum tampilan dan tema sesuai kebutuhan dan keinginan.
  • Lebih Ringan : Microsoft Edge dikembangkan dengan tujuan menjadi browser yang lebih ringan dan fungsional ketimbang browser lain. Dibangun berbasis Chromium,Microsoft Edge menjadi browser paling ringan (dengan penggunaan Memori lebih sedikit dan baterai lebih hemat) daripada Google Chrome dan Firefox.
  • Fungsionalitas lebih baik : Ketika menggunakan Microsoft Edge,fungsionalitas dan produktivitas terasa maksimal.Pengguna dapat memanfaatkan beberapa fitur unggulan yang tidak ada pada browser lain seperti Reading List,Notes,Immersive Reader,Cortana dan lainnya.
  • Dukungan Developer : Microsoft Edge memudahkan para developer dalam mengembangkan aplikasi atau web yang mereka buat. Developer Tools hadir dengan beragam fitur yang lengkap ketimbang browser lain.Salah satunya 3D View untuk melihat tampilan suatu halaman web dalam mode 3D.

Kekurangan Microsoft Edge

  • Akses produk Google lebih maksimal dengan Google Chrome : Jika kalian ingin mengakses produk Google seperti Google Docs,Google Meet,Google Drive dan lainnya,maka Google Chrome dapat menjadi pilihan terbaik.
  • Tidak mendukung Windows 10 ke bawah : Microsoft Edge tidak mendukung secara penuh versi Windows 10 ke bawah seperti Windows 8.1, 8, dan 7. Pengguna Windows 7 dan 8 masih bisa menggunakan Microsoft Edge,namun fungsionalitas tidak semaksimal Windows 10.
  • Ekstensi Masih Beta : Add-ons Microsoft Edge masih status beta.Namun untuk ke depannya,Ekstensi Microsoft Edge akan menjadi yang terbaik karena terintegrasi dengan Ekstensi pada browser lain seperti Firefox dan Google Chrome.

 

Microsoft Edge merupakan salah satu browser baru yang dibangun berbasis Chromium yang memiliki fungsionalitas dan integrasi dengan produk Microsoft serta Ekstensi dari pihak ketiga.Microsoft Edge menjadi pilihan browser baru untuk melakukan aktivitas online dengan fitur-fitur yang tidak ada di browser lainnya.

Usai sudah penjelasan artikel tentang Microsoft Edge ini,semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi kalian semuanya 🙂 Terima kasih.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

1 day ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago