HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Moodle: Panduan untuk Pemula dalam Dunia E-Learning

Membuat kursus pembelajaran online kini bukan lagi hal yang sulit. Saat ini sudah banyak platform yang memungkinkan Anda membuat aplikasi e-learning yang menarik. Salah satunya adalah Moodle. Lalu apa sebenarnya Moodle itu? Artikel ini membantu menjawab pertanyaan Anda. Mulailah dengan memahami berbagai pengertiannya dan fitur yang tersedia di dalamnya serta kekurangan yang mungkin masih ada orang yang belum tau. Ayo baca lebih lanjut!

Definisi Moodle

Moodle adalah platform berbasis web yang biasa digunakan untuk tujuan e-learning. Dengan kata lain, Moodle dirancang khusus untuk menjadi sistem aplikasi pembelajaran online yang efektif. Moodle adalah singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Platform ini khusus menciptakan aplikasi pembelajaran online yang dinamis. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan platform e-learning agar kegiatan belajar mengajar Anda lebih efektif, Moodle bisa menjadi pilihan yang tepat.

Platform ini bersifat open source dan gratis untuk digunakan. Oleh karena itu, ini dapat menjadi solusi yang hemat biaya dan efektif dalam proses belajar mengajar. Tak heran jika banyak sekolah, kampus, dan institusi pendidikan yang menggunakan Moodle. Selain itu banyak juga perusahaan besar di dunia yang menggunakan Moodle sebagai aplikasi pembelajaran bagi karyawannya.

Apa Saja Fitur Unggulan Moodle?

Moodle memiliki banyak fitur untuk mendukung pembangunan e-learning anda. Berikut fitur-fitur tersebut:

1. Personalized Dashboard

Salah satu fitur terbaik Moodle adalah dasbornya yang intuitif dan terintegrasi. Halaman utama menyediakan akses langsung ke berbagai informasi penting. Dasboard ini juga bisa dikustom sesuai hak akses yang dimiliki oleh masing masing pengguna (guru, siswa, administrator).

2. File Management

Tambahkan file baru dengan mudah saat membuat materi pembelajaran atau ujian. Cukup drag and drop dan file Anda secara otomatis akan menjadi bagian dari kursus Anda. Pilihan lainnya adalah menambahkan sumber materi ke mata kursus lain. Dapat berupa file, folder, atau alamat URL.

3. Progress Tracking

Tanpa pengawasan yang tepat, sangat sulit untuk menjamin keberhasilan pembelajaran. Untuk itu, Moodle terus mengembangkan fitur tracking progress pada platformnya.

Fitur tracking meliputi semua penilaian yang bisa dilakukan melalui platform pembelajaran ini:

  • Course completion. Setiap materi kursus yang diikuti dapat dinilai secara otomatis. Sehingga Anda bisa melanjutkan ke materi berikutnya.
  • Activity completion. Indikator bahwa tugas telah selesai. Anda dapat menandainya secara manual atau otomatis.
  • Grades. Evaluasi atau penilaian dari tugas atau ujian yang telah dijalani.
  • Badges. Penghargaan yang diberikan kepada murid tertentu yang telah menyelesaikan tugas atau materi kursus tertentu.
  • Competencies. Pemeringkatan ditentukan oleh keterampilan peserta pembelajaran.

Tidak hanya penilaian di atas, Moodle juga memiliki fitur Report dan Analytics yang berfungsi untuk mengetahui penjelasan dari setiap progress tercatat.

4. Multimedia Integration

Cara belajar yang paling mudah adalah dengan menggunakan berbagai jenis media yang saling mendukung.
Selain itu, pendekatan ini menciptakan pengalaman belajar menjadi tidak membosankan. Moodle mendukung upaya ini melalui integrasi multimedia yang mudah pada platform. Baik untuk bahan pelajaran maupun ujian.
Guru dapat menggunakan multimedia seperti audio, video, dan gambar dalam berbagai format. Bahkan, Anda bahkan bisa menggunakan media yang disematkan dari YouTube atau Vimeo. Jika Anda ingin menggunakan format multimedia tertentu, cukup aktifkan secara manual dari menu pengaturan administrator.

5. Peer Assessment

Moodle memiliki beberapa fitur yang sangat unik. Pengajar dapat meminta peserta didik untuk melakukan tinjauan temannya. Metode ini tidak hanya mencapai hasil yang lebih cepat, namun juga memastikan keterlibatan peserta yang lebih baik. Fitur ini juga dapat dikustomisasi sesuai keinginan guru. Hal ini dapat dilakukan secara otomatis atau dengan persetujuan langsung untuk menugaskan satu peserta ke peserta lainnya.

6. Inline Feedback

Pengajar tidak perlu merevisi tugas yang diberikan. Moodle memungkinkan Anda melakukan koreksi dan memberikan feedback langsung pada tugas melalui browser. File dokumen yang diunggah oleh pelajar dapat langsung diberi catatan atau di-highlight.
Tentu saja keenam fitur di atas hanyalah sebagian dari fitur-fitur hebat yang dimiliki aplikasi Moodle. Masih banyak fitur lain yang tersedia tergantung kebutuhan Anda dan jenis kursus online yang ingin Anda buat.

Kekurangan Moodle

Secara umum, platform digital ini merupakan solusi yang cocok untuk interaksi jarak jauh. Namun platform ini juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain yaitu:

  1. Membutuhkan tenaga berpengalaman untuk mengoperasikannya. Hal ini erat kaitannya dengan berbagai sistem yang ada di dalam aplikasi. Ini adalah kelebihan dan kekurangan Moodle yang harus dipertimbangkan oleh calon pengguna.
  2. Meskipun dapat diakses dari PC atau ponsel pintar, platform ini memerlukan hardware yang kuat. Tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan efek yang maksimal.
  3. Ketergantung pada pakar teknologi yang dapat mempelajari kekuatan dan kelemahan Moodle. Sekalipun pelatihan pengguna hanya dapat diberikan dalam jangka waktu singkat, administrator harus membuat sistem e-learning.
  4. Diperlukan pemahaman yang lebih mendalam tentang sistem yang ada dan penggunaannya. Dalam hal ini, profesional TI diharuskan bertindak sebagai administrator dan memelihara serta membangun sistem e-learning yang kompleks.

Mencari solusi atas kekurangan Moodle yang disebutkan di atas sebenarnya cukup mudah. Terlebih lagi, sebagian besar masyarakat saat ini sudah melek teknologi dan gadget, sehingga tidak sulit menemukan orang yang mampu memanfaatkannya.

Perbedaan Moodle.org, Moodle.com, dan MoodleCloud.com

Moodle menawarkan tiga versi untuk Anda gunakan. Supaya Anda lebih memahaminya, kami akan mengulas perbedaan ketiga versi tersebut. Berikut perbedaan Moodle.org, Moodle.com, dan Moodlecloud.com.

1. Moodle.org

Tampilan Moodle org

Moodle.org adalah komunitas bagi Moodle Project. Hadirnya forum support memungkinkan Anda mendapatkan solusi dari suatu kendala. Di sisi lain Anda juga bisa mendowsload code dan plugin melalui website ini.

2. Moodle.com

Tampilan Moodle com

Moodle.com merupakan versi komersial dari Moodle HQ. Di sini dapat ditemukan berbagai produk termasuk Moodle LMS, Aplikasi Moodle, dan Moodle Workplace. Di sisi lain mitra Moodle juga mencari ahli untuk penyampaian pelatihan, hosting, dan implementasi. Anda juga bisa mendaftar menjadi mitra!

3. MoodleCloud.com

Ini mungkin versi Moodle yang paling populer. Platform ini memungkinkan Anda membuat situs pembelajaran online sendiri secara gratis. Materi pembelajaran disimpan di server Moodle dan mudah diakses.Semoga semua informasi di artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Sukses selalu.
5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Penasaran Apa Itu Microsite? Berikut Penjelasan dan Contohnya

Strategi pemasaran yang sering digunakan saat ini adalah pembuatan microsite. Namun selain membangun brand awareness,…

5 hours ago

Tak Kalah Keren! Intip Platform Blogging Menarik Ini

Selain 3 platform blog populer yang sudah dikulik sebelumnya, ini dia  beberapa platform blogging lain…

7 hours ago

Mengoptimalkan Proses ETL untuk Analisis Data yang Efektif

Pada saat anda terjun ke dunia data science atau big data, maka anda kan menemukan…

7 hours ago

Rekomendasi Slogan Generator untuk Menciptakan Tagline Menarik

Jika Anda seorang pebisnis, Anda mungkin ingin perusahaan Anda selalu diingat ketika pelanggan memikirkan produk…

1 day ago

Ingin Mencoba Blogging? Yuk Simak Kelebihan dan Kekurangan Platform Blog Populer

Selain mencari hosting, domain, dan TLD terbaik, memilih platform blogging adalah salah satu aspek terpenting…

1 day ago

Situs Web Freelancer Terpopuler dan Kreatif

Masih kurang puas dengan rekomendasi situs freelance sebelumnya? Tenang saja, kami masih ada beberapa rekomendasi…

1 day ago