HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Wordpress

Ingin Mencoba Blogging? Yuk Simak Kelebihan dan Kekurangan Platform Blog Populer

Selain mencari hosting, domain, dan TLD terbaik, memilih platform blogging adalah salah satu aspek terpenting dan kritis dalam membuat blog pribadi atau profesional. Saat memilih platform blogging, Anda harus berhati-hati karena tidak semuanya sama. Platform yang Anda pilih harus memiliki fitur yang Anda perlukan untuk membuat blog dan mempublikasikannya secara online.

Ada banyak platform blogging yang dapat Anda gunakan untuk memulai sebuah blog. Ini akan memastikan bahwa postingan blog pertama Anda dibaca oleh pengunjung Anda bahkan dalam beberapa jam. Platform ini biasanya termasuk dalam kategori sistem manajemen konten (CMS), yang dirancang untuk membantu Anda mempublikasikan konten di web.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Platform Blogging

Sebelum memilih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan platform blog terbaik yang Anda pilih memiliki fitur berikut:

  • Opsi pengeditan teks bawaan. Hampir semua blog hanya berkisar pada teks saja. Oleh karena itu, sangat penting bahwa platform blog yang Anda pilih menawarkan berbagai pilihan format.
  • Fitur komentar. Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan dan meningkatkan popularitas blog Anda adalah dengan menyediakan kolom komentar. Untuk alasan ini, platform blog Anda harus memungkinkan Anda mengelola komentar yang ditulis oleh pembaca Anda dengan mudah.
  • Dapat dikustomisasi. Banyak CMS modern sekarang memungkinkan Anda mengubah tampilan dan fungsionalitas situs web Anda dengan mudah menggunakan add-on. Fitur ini penting bahkan untuk blog sederhana karena Anda dapat menambahkan beberapa fitur baru kapan saja.
  • Skalabilitas. Idealnya, Anda harus memilih platform blog yang dapat menangani konten dalam jumlah besar tanpa menimbulkan masalah kinerja. Ini akan membantu blog Anda tumbuh dan meningkatkan traffic.
  • Kemudahan penggunaan. Membuat blog tidaklah sulit. Anda tidak memerlukan pengetahuan atau pengalaman pengembang apa pun untuk mempublikasikan blog Anda secara online. Platform blog terbaik harus mudah diatur dan dikelola.

Jika Anda ingin mendapatkan platform blogging terbaik sesuai keinginan dan kebutuhan Anda, ada fitur lain yang patut Anda cari dan ketahui. Selain itu, pilihan CMS blog semakin meningkat. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan platform blogging populer terbaik untuk referensi Anda.

Platform Blog Populer Terbaik

Sebelum kita membahas lebih jauh, penting untuk dipahami bahwa platform blogging populer yang tercantum di bawah ini adalah CMS yang “self-hosted”. Meski gratis, namun memerlukan hosting seperti shared hosting atau CMS hosting untuk menginstal dan mengaktifkannya.

Platform blogging terbaik untuk memulai blog adalah:

1. WordPress

Pernahkah Anda mengunjungi blog kami? Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa kita adalah pengguna setia WordPress. CMS ini mendukung lebih dari 30% semua situs web dan itulah salah satu kelebihannya. Namun, bukan berarti WordPress adalah platform blogging terbaik untuk Anda. Tentu saja, ini semua tergantung pada kebutuhan dan keinginan Anda serta website Anda.

Kemudahan penggunaan dan ketersediaan berbagai fitur menjadi dua hal yang membedakan WordPress dengan CMS blogging lainnya. Sebagian besar penyedia kini memberikan kemudahan untuk menginstal WordPress hanya dengan beberapa klik. Anda kemudian dapat mencari dan menginstal tema dan plugin yang sesuai untuk memperkaya fungsionalitas situs web Anda.

Selain jumlah add-on yang banyak, WordPress juga memiliki komunitas yang besar. Jadi, jika Anda menghadapi masalah apa pun terkait platform, Anda dapat dengan mudah menemukan solusi dari berbagai tutorial, artikel, dan bahkan forum online.

Jadi, jika Anda ingin mengembangkan website Anda secara maksimal, WordPress adalah pilihan paling aman. WordPress juga merupakan solusi sempurna jika Anda membuat blog pertama dan terjun ke dunia hosting.

Kelebihan:

  • Sebagian besar provider hosting menawarkan paket hosting untuk situs web berbasis WordPress.
  • Akses ribuan add-on berupa tema dan plugin (semua tersedia gratis atau berbayar).
  • Memiliki learning curve yang mudah, jadi jika Anda mengalami kesalahan, Anda dapat dengan mudah menemukan solusinya.
  • Selain blog, Anda dapat menggunakan WordPress untuk membuat situs web jenis apa pun.

Kekurangan:

  • Jika Anda tidak menginstal plugin page builder, akan sulit mengubah tampilan blog Anda, terutama jika Anda baru menggunakan WordPress.
  • Ada banyak tema dan plugin yang kurang bagus dan sebaiknya dihindari.

2. Joomla!

Jika berbicara tentang CMS terbaik, Joomla! ini layak untuk dibandingan dengan WordPress. Kedua platform ini memiliki banyak kesamaan. Misalnya, Joomla! an WordPress adalah platform open source dan kaya akan fitur.

Namun, Joomla! memiliki beberapa fitur unik yang tidak tersedia di WordPress. Dibandingkan dengan WordPress, Joomla! menawarkan pengaturan berbeda yang dapat Anda gunakan.Anda dapat melihat pengaturannya pada contoh dashboard di bawah ini:

Pengaturannya berbeda-beda, namun di sisi lain, hal ini mungkin juga menunjukkan bahwa kurva pembelajaran Joomla lebih sulit. Joomla! memudahkan pengelolaan dan pengembangan situs web Anda. Berdasarkan pengalaman kami, mengakses Joomla! sangat mustahil apabila Anda menemukan sebuah kesalahan setelah diupdate atau diperbarui.

Umumnya sebagian besar pengguna memilih WordPress atau Drupal. Ini karena kedua platform menawarkan lebih banyak ruang untuk add-on. Namun, Joomla! dapat Anda jadikan alternatif apabila mengalami kesulitan dalam memilih antara WordPress atau Drupal.

CMS ini mudah dikelola dan Anda tidak perlu menjadi developer untuk membuat website di sini. Ini juga memberikan opsi yang cukup sehingga Anda mungkin merasa tidak memerlukan perpanjangan saat ini.

Kelebihan:

  • Menyediakan lebih banyak pengaturan bawaan dibandingkan WordPress.
  • Website yang dibuat di Joomla! lebih mudah dikelola karena proses update-nya yang seolah-olah tanpa masalah.
  • Membuat situs web dengan Joomla! sangatlah mudah bahkan jika Anda baru mengenalnya.
  • Mereka menyediakan layanan dukungan terutama melalui artikel dan tutorial yang komprehensif.

Kekurangan:

  • Tidak menawarkan tema dan ekstensi sebanyak dua pesaing utamanya.

3. Drupal

Drupal adalah salah satu nama yang biasanya muncul setelah WordPress dan Joomla! Itu muncul ketika membahas CMS terbaik. Platform ini menawarkan performa terbaik dan tercepat sehingga populer untuk website tingkat perusahaan.

Dalam hal blogging, Drupal menawarkan berbagai fitur untuk membantu Anda membuat situs web profesional. CMS ini menawarkan fitur bawaan seperti kemampuan pembuatan dan pengeditan konten. Setelah Anda berhasil membuat blog, Anda akan bisa merasakan berbagai kelebihan dan manfaat dari platform blogging ini.

Alasan lain memilih Drupal adalah lapisan keamanannya serta kecanggihan dan kinerjanya dibandingkan Joomla! atau WordPress. Seperti CMS lainnya, platform blogging ini juga memiliki kekurangan. Drupal sulit dikelola tanpa pengalaman sebagai developer. Padahal, jika Anda hanya ingin membuat blog sederhana, platform ini bukanlah pilihan yang tepat.

Drupal cocok sebagai platform untuk blogging perusahaan dan jika Anda ingin merekrut developer (jika Anda sudah tahu tentang pengembangan situs web). Mengelola Drupal tanpa bantuan developer sama halnya dengan menyulitkan diri sendiri.

Kelebihan:

  • Akses keamanan dan kinerja enterprise-level.
  • Ribuan plugin dan templat gratis tersedia untuk memodifikasi situs web Anda.
  • Perluas situs web Anda dengan mudah. Ini semua berkat arsitektur platform kami yang kuat.
  • Distribusi Drupal custom tersedia untuk membangun situs web khusus.

Kekurangan:

  • Agak sulit dipelajari kecuali Anda sudah memiliki pengalaman web development.
5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Penasaran Apa Itu Microsite? Berikut Penjelasan dan Contohnya

Strategi pemasaran yang sering digunakan saat ini adalah pembuatan microsite. Namun selain membangun brand awareness,…

5 hours ago

Tak Kalah Keren! Intip Platform Blogging Menarik Ini

Selain 3 platform blog populer yang sudah dikulik sebelumnya, ini dia  beberapa platform blogging lain…

7 hours ago

Mengoptimalkan Proses ETL untuk Analisis Data yang Efektif

Pada saat anda terjun ke dunia data science atau big data, maka anda kan menemukan…

7 hours ago

Rekomendasi Slogan Generator untuk Menciptakan Tagline Menarik

Jika Anda seorang pebisnis, Anda mungkin ingin perusahaan Anda selalu diingat ketika pelanggan memikirkan produk…

1 day ago

Moodle: Panduan untuk Pemula dalam Dunia E-Learning

Membuat kursus pembelajaran online kini bukan lagi hal yang sulit. Saat ini sudah banyak platform…

1 day ago

Situs Web Freelancer Terpopuler dan Kreatif

Masih kurang puas dengan rekomendasi situs freelance sebelumnya? Tenang saja, kami masih ada beberapa rekomendasi…

1 day ago