HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Near Field Communication (NFC) : Pengertian,Fungsi Serta Perbedaan NFC Dengan Bluetooth

Memanglah saat ini kemajuan teknologi membuat manusia melakukan berbagai hal dengan cara yang lebih efisien.Entah itu mulai berbagi file video,musik,dokumen.Intinya mempermudah suatu pekerjaan.Saat ini orang-orang sudah tidak asing lagi dengan istilah bluetooth,karena sering dimanfaatkan untuk berbagi dokumen antar 2 buah perangkat,namun belum banyak orang mengetahui mengenai Near Field Communication (NFC) yang prinsip dan cara kerjanya sama dengan bluetooth dan sudah banyak digunakan oleh negara-negara maju di dunia.Di artikel kali ini,akan dijelaskan mengenai pengertian NFC,fungsi NFC,perbedaannya dengan Bluetooth,serta cara kerjanya.

Pengertian Near Field Communication (NFC)

Near Field Communication(NFC) dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk komunikasi tanpa kabel jarak pendek,dengan antena yang dipakai lebih pendek dari gelombang sinyal operator.Prinsip kerja Near Field Communication hampir sama dengan bluetooth yang mencari pasangan sinyal menggunakan fasilitas komunikasi yang sama.Near Field Communication banyak digunakan dalam smartphone dan diperuntukkan sebagai alat berbagi dokumen,musik,foto,permainan multiplayer,hingga alat pembayaran

Jenis-Jenis Perangkat Near Field Communication (NFC)

Ada 2 jenis perangkat NFC yakni :

  • Perangkat NFC Pasif (Passive NFC device) : perangkat NFC yang dapat mengirim informasi ke perangkat NFC lain tanpa memerlukan sumber daya sendiri. Contoh Perangkat NFC Pasif diantara seperti NFC tag.
  • Perangkat NFC Aktif (Active NFC Device) : perangkat NFC yang dapat mengirim dan menerima data dengan perangkat pasif serta dapat berkomunikasi dengan perangkat aktif. Smartphone dan NFC Reader sejauh ini merupakan bentuk paling umum dari perangkat NFC aktif.

Fungsi Near Field Communication (NFC)

Ada beberapa fungsi dari Near Field Communication,diantaranya yaitu :

  • Untuk Melakukan Pembayaran 

Saat ini pembayaran dengan kartu e-money sudah banyak dilakukan.Sebenarnya e-money ini menggunakan prinsip NFC,hanya dengan melakukan tap ke mesin pembayaran,maka otomatis saldo dalam kartu akan berkurang tanpa perlu repot menggunakan uang tunai atau kartu debit dan kredit.NFC untuk pembayaran ini cukup populer di Australia.Contoh : jika ingin membeli makanan ringan,tidak perlu menghitung uang dalam bentuk fisik,tinggal mengeluarkan smartphone,membuka aplikasi untuk memesan makanan dan pengguna dapat langsung melakukan pembayaran melalui aplikasi tersebut.

  • Untuk Memberitahu Posisi Suatu Tempat

NFC banyak digunakan untuk aplikasi check in di suatu tempat menggunakan sistem Location Based Service.Pengguna dapat melakukan check in dengan cara melakukan tap pada NFC tag yang ada di tempat tertentu.Jika tersedia,pengguna dapat melakukan tap NFC untuk mendapatkan informasi peta suatu daerah.

  • Membuka Aplikasi Dengan Otomatis

Contoh : Saat pengguna ingin mengakses resep untuk suatu masakan.Jika sudah terprogram sebuah Near Field Communication tag di dinding dapur,maka pengguna tinggal melakukan tap pada Near Field Communication tag tersebut kemudian akan terbuka aplikasi yang memuat resep sebuah masakan.Begitu pula halnya untuk menyalakan musik di telepon genggam, menyalakan lampu, dan sebagainya,apapun dapat dilakukan dengan memanfaatkan Near Field Communication.

  • Mempermudah Suatu Tugas

Near Field Communication diprogram untuk melakukan banyak pekerjaan agar lebih mudah dan efisien.Contohnya : jika ingin mengirimkan pesan tertentu pada banyak orang,pengguna tidak lagi perlu mengetik secara manual keseluruhan pesan tersebut.Pengguna dapat memprogram sebuah tag yang mengatur agar pesan terkirim hanya dengan melakukan tap ponsel pada tag tersebut.

Model Operasi NFC

Perangkat NFC dapat beroperasi dalam 3 model berbeda berdasarkan standar yang ditentukan oleh Forum NFC :

  • Model Pembaca (Reader Mode) : Dalam model ini,perangkat berkemampuan NFC seperti ponsel dapat membaca atau menulis data ke salah satu jenis tag yang didukung dalam format data NFC standar.
  • Model Emulasi Kartu (Card Emulation Mode) : Perangkat atau ponsel yang berkemampuan NFC bertindak sebagai tag ketika melakukan kontak dengan perangkat lain yang bertindak seperti pembaca (reader),data-data dari ponsel pintar tersebut akan dipindahkan dari ponsel pintar ke pembaca (reader) NFC tersebut.Contoh : Pembayaran dari Ponsel pintar, Ponsel Pintar bertindak sebagai Tiket.
  • Model Peer to Peer (Peer to Peer Mode) : Dalam model ini,2 perangkat berkemampuan NFC dapat saling bertukar data. Keduanya dapat berfungsi sebagai reader ataupun writer.

Perbedaan NFC Dengan Bluetooth

  • NFC : berfungsi pada jarak yang jauh lebih pendek daripada bluetooth,jika ingin berkomunikasi dengan NFC,kedua perangkat harus didekatkan paling jauh maksimal 10 cm atau menyinggungkan dua perangkat tersebut agar jangkauan sinyalnya lebih baik,
  • Bluetooth : berfungsi pada 2 perangkat yang terpisah hingga 10 meter,berbeda lagi dengan wireless yang bisa menjangkau hingga puluhan meter.

Cara Mengaktifkan Near Field Communication (NFC)

Secara umum,komunikasi data menggunakan Near field communication(NFC) bisa dikatakan cukup aman,namun tentu diperlukan tindakan preventif untuk menghindari penyalahgunaan informasi yang terkandung dalam suatu perangkat.

Berikut merupakan langkah-langkah pengamanan aktivasi NFC :

  • Jangan selalu mengaktifkan fasilitas NFC : Aktifkan ketika ingin dipergunakan saja,setelah proses berkirim data selesai, segera matikan NFCagar tidak ada perangkat lain yang mencoba mengambil data dari perangkat.Meski kecil kemungkinan karena membutuhkan jarak yang sangat dekat.Tindakan ini adalah bentuk pengamanan terhadap data di dalam perangkat.
  • Kunci dengan PIN : Agar tidak sembarang orang mampu mengaktifkan NFC pada perangkat milik kalian ketika sedang lengah,kunci fasilitas NFC dengan PIN yang hanya diketahui kalian seorang,sehingga ketika ada perintah untuk mengaktifkan NFC perlu input PIN tersebut dan hanya kalian yang dapat melakukannya.
  • Jangan Mendekatkan perangkat ke perangkat lain : Ketika NFC sedang menyala,hindari untuk mendekatkan perangkat pribadi kalian dengan perangkat lainnya,meski belum tentu perangkat lain tersebut juga sedang menyalakan NFC.

Cara Kerja Near Field Communication (NFC)

Near Field Communication bekerja berdasarkan prinsip pengiriman dan penerimaan informasi melalui gelombang radio.Near Field Communication juga memiliki standar tertentu yang dipergunakan untuk transmisi data secara nirkabel.Dengan kata lain,perangkat-perangkat NFC ini harus mematuhi spesifikasi tertentu untuk dapat saling berkomunikasi dengan baik.Teknologi yang digunakan dalam NFC ini didasarkan pada teknologi (Radio Frequency Identification atau Identifikasi Frekuensi Radio) yang lebih dulu ditemukan yaitu dengan menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.Perangkat NFC menghasilkan gelombang radio frekuensi tinggi (High Frequency) spektrum 13,56MHz.Ketika salah satu perangkat NFC berada cukup dekat dengan perangkat NFC lainnya,kedua perangkat ini akan menimbulkan induksi magnetik yang dapat memindahkan energi (daya) dan data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.Prinsip kerja kopling induksi ini juga hampir sama dengan prinsip kerja pada perangkat pengisian daya nirkabel (Wireless Charging) namun daya yang dihasilkan oleh perangkat NFC ini relatif kecil yaitu sekitar 15mA sehingga tidak dapat digunakan untuk pengisian baterai pada pada Smartphone atau perangkat lainnya. Penggunaan kopling induksi inilah yang menjadi teknologi NFC berbeda dengan teknologi nirkabel lainnya seperti WIFI dan Bluetooth.

Cara Mengaktifkan Fitur NFC di HP

Pastikan handphone sudah dibekali dengan fitur NFC.Jika sudah lalu tinggal aktifkan,berikut caranya :

  • Masuk ke menu Setting  atau Pengaturan.
  • Pilih Connections.
  • Pada menu tersebut,akan ada pilihan NFC dan silahkan geser posisi ke On.

Atau bisa juga menggunakan cara berikut :

  • Swipe layar dari atas ke bawah.
  • Cari menu NFC.
  • Tap menu tersebut,maka NFC bisa langsung digunakan.

Cara Menggunakan Fitur NFC di HP

Salah satu fungsi fitur NFC yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari adalah mengecek dan mengisi saldo e-money. Caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya :

Mengecek Saldo e-Money

  • Pastikan fitur NFC telah aktif dan sudah instal aplikasi cek saldo e-money (bisa juga menggunakan Tokopedia, Bukalapak).
  • Tempelkan kartu e-money pada bagian belakang hp.
  • Buka aplikasi cek saldo.
  • Saldo e-money akan muncul di layar hp.

Mengisi Ulang Saldo e-Money

  • Tempelkan kartu e-money pada bagian belakang hp.
  • Buka aplikasi isi saldo e-money (kami menggunakan Tokopedia).
  • Pilih Top up sekarang.
  • Tentukan jumlah saldo yang akan di top up.
  • Pilih bayar.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago