HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Nginx : Pengertian, Cara Kerja, dan Kelebihannya

Web server, seperti Nginx, adalah salah satu komponen yang penting dalam kinerja bagi sebuah website sehingga seluruh fitur yang ada di dalamnya dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, web server diperlukan pada saat membuat website. Web server pada dasarnya akan menerima permintaan atau request dari apa yang dicari oleh pengguna sehingga kemudian web server memberikan respons dan mengirimkan alamat web dalam bentuk HTML secara bersamaan.

Poin Penting

  • Nginx adalah server web yang digunakan oleh banyak situs web karena daya tariknya yang multifungsi, sifatnya sebagai server HTTP dan proxy gratis, serta open source.
  • Salah satu kelebihan Nginx adalah menggunakan sedikit memori dengan konkurensi tinggi. Selain itu, Nginx menggunakan pendekatan asynchronous dan event-driven, yang berarti Nginx tidak perlu membuat proses baru jika ada permintaan web.
  • Nginx digunakan oleh 34% dari seluruh situs web di Internet, menjadikannya salah satu server web paling populer.

Pemilihan web server merupakan hal yang penting karena menentukan dan menyesuaikan apakah web server yang digunakan sesuai dengan performa dan kebutuhannya dengan website yang akan dibuat. Saat ini tersedia beberapa pilihan web server, termasuk web server yang berstatus open source. Engine X atau Nginx merupakan web server yang umum digunakan oleh banyak website di seluruh dunia. Hal ini menjadikan Nginx salah satu server web paling populer.

Pengertian Nginx

Nginx merupakan web server yang source codenya dibuat oleh Igor Sysoev pada tahun 2002. Source code tersebut kemudian dikembangkan oleh Igor Sysoev bekerja sama dengan perusahaan Nginx Inc. Web server ini dikembangkan dengan memperhatikan masalah kinerja server saat mengelola puluhan ribu koneksi. Awalnya Nginx hanya digunakan untuk server HTTP. Namun seiring berkembangnya teknologi, Nginx juga dapat digunakan sebagai lload balancing (HTTP, TCP, dan UDP dengan struktur event-driven), mengolah server proxy (IMAP, POP3, & SMTP), dan HTTP cache.

Selain itu, Nginx juga memungkinkan menjalankan sejumlah sistem operasi yang sering digunakan, mulai dari Mac OS X, Linux, HP-UX hingga Solaris. Selain itu, Nginx dipercaya oleh banyak perusahaan berbeda, mulai dari IBM, Google, Facebook, Twitter, Apple, Adobe, LinkedIn hingga Microsoft. Salah satu daya tarik Nginx adalah sifatnya sebagai server HTTP dan proxy yang gratis dan open source. Begitu banyak orang menggunakan Nginx untuk website mereka.

Selain itu, Nginx mudah digunakan, dapat digunakan di banyak sistem operasi, dan mudah dikonfigurasi. Selain itu, Nginx juga dapat dikombinasikan dengan HTTP, didukung dengan keamanan yang baik serta manajemen konsumsi sumber daya yang efisien dan efektif.

Cara Kerja Nginx

Biasanya, server web dapat membuat satu thread untuk semua permintaan masuk. Namun, ini berbeda dengan cara kerja Nginx karena server web Nginx menjalankan arsitektur yang asynchronous dan pendekatan event-driven.  Salah satu fitur utama Nginx adalah penggunaan memori yang rendah dengan konkurensi yang tinggi. Selain itu, Nginx menggunakan pendekatan asynchronous dan event-driven, yang berarti Nginx tidak perlu membuat proses baru jika ada permintaan web.

Saat menggunakan Nginx, suatu proses utama atau proses master dapat mengontrol beberapa proses lain atau proses pekerja yang memiliki unit lebih kecil, khususnya koneksi pekerja. Hal ini membuat master process mampu menjalankan tugas utamanya sambil mengendalikan worker process yang berada di bawahnya berkat asynchronous dan event-driven. Singkatnya, koneksi pekerja akan menerima semua permintaan thread yang masuk dan kemudian meneruskannya ke proses pekerja dan proses utama. Proses utama kemudian menampilkan apa yang menjadi request thread tersebut.

Kemampuan Nginx yang luar biasa juga ditunjukkan oleh satu proses pekerja yang menangani 1024 permintaan pada saat yang bersamaan. Semua query tersebut dapat dijalankan dengan benar, sehingga tidak heran banyak website yang menggunakan web server Nginx untuk menangani permintaan masuk dalam jumlah besar, terutama halaman web atau aplikasi mesin pencari, e-commerce, atau penyimpanan cloud.

Dalam kerjanya, Nginx juga memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan untuk menunjang kinerja web server, antara lain:

  • Load Balancing
  • Dukungan IPv6
  • Reverse proxy dengan dukungan cache
  • Dapat menangani file statis, file index, dan auto-indexing
  • WebSockets
  • TSL/Sertifikat SSL dengan Server Name Indication atau SNI
  • Dukungan dari FastCGI dengan proses cache

Kelebihan Nginx 

Sebagai web server yang populer dan banyak digunakan, Nginx dapat menjadi alternatif terbaik untuk kebutuhan distribusi data pada website dengan trafik tinggi. Hal ini menyebabkan banyak developer web merekomendasikan Nginx sebagai server web utama mereka. Berikut beberapa kelebihan Nginx:

1. Pengganti Software dan Hardware Load Balancer

Untuk menangani permintaan masuk dalam jumlah besar, sebuah situs web memerlukan perangkat lunak dan perangkat keras load balancer. Namun load balancer dengan kapasitas sebesar itu tentu akan memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, Nginx hadir untuk menjalankan fungsi penyeimbangan beban perangkat lunak. Selain itu, Nginx bersifat gratis dan open source, sehingga lebih mudah diakses oleh lebih banyak orang. Selain itu, Nginx memiliki desain modern dan cloud, mendukung konfigurasi ulang cepat, dan terintegrasi dengan DevOps modern untuk mempermudah pemantauan.

2. Memiliki Tools yang Multifungsi

Salah satu ciri utama Nginx adalah multifungsi atau memiliki banyak kegunaan berkat tools yang dimilikinya. Nginx memiliki beragam fungsi, mulai dari load balancer, cache konten, hingga server proxy. Semua proses dan konfigurasi terpusat dalam satu aplikasi. Oleh karena itu, Nginx sangat berguna bagi full stack web developer karena dapat meningkatkan kinerja website dari back-end hingga front-end.

3. Tersedia Berbagai Macam Dokumentasi

Salah satu kelebihan Nginx lainnya adalah banyaknya dokumentasi yang terkait dengan aplikasi. Keunggulan inilah yang membuat Nginx mudah dipelajari bagi pemula. Nginx menawarkan banyak tutorial, dokumentasi, bahkan webinar yang dapat dipelajari untuk mempelajari cara menggunakan web server. Nginx juga menawarkan kemudahan dengan Nginx Plus, menyediakan fitur dukungan pelanggan sehingga pengguna tidak perlu merasa bingung dan mendapatkan bantuan untuk mendiagnosis masalah pada Nginx.

4. Nginx Masih Akan Terus Dikembangkan

Keunggulan utama Nginx adalah pengembangannya yang terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama. Nginx, Inc. karena pengembang Nginx tetap berkomitmen pada pengembangan server web yang serius. Nginx berada di garis depan pengembangan web modern sekaligus mendorong perkembangan teknologi mulai dari dukungan HTTP hingga layanan mikro. Selain itu, Nginx akan selalu menghadirkan fitur-fitur baru untuk menyempurnakan atau menyempurnakan fungsionalitas Nginx agar dapat beradaptasi dengan perkembangan dan dukungan teknologi yang dinamis.

Setelah pembahasan mengenai Nginx tersebut, Bisa kita simpulkan bahwa Nginx adalah server web yang kuat untuk secara bersamaan mengelola situs web dengan traffic tinggi. Nginx juga dapat bertindak sebagai server proxy email, proxy cadangan, dan load balancer server. Cocok bagi Anda yang mempunyai website dengan traffic tinggi. Anda dapat menikmati banyak manfaat menggunakan server web Nginx, terutama dalam hal kinerja situs web. Jadi, NGINX merupakan software web server yang multifungsi. Sayangnya software ini masih belum kompatibel dengan sebagian besar pengguna komputer Indonesia yang masih menggunakan sistem operasi Windows.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

4 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

8 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

1 day ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

1 day ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago