HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pemasaran Online : Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Pesatnya kemajuan teknologi tak lepas dari campur tangan internet. Semua hal bisa dikatakan dapat dijalankan dalam jaringan (internet). Salah satunya, yaitu pemasaran produk atau layanan jasa. Tidak heran jika saat ini sudah banyak UMKM yang melakukan pemasaran secara online agar bisnis mereka dapat bersaing dengan kompetitor lain. Selain itu, pemasaran online juga dinilai lebih menguntungkan daripada pemasaran tradisional.

Lantas, apa itu pemasaran online? Simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Pemasaran Online

Pemasaran online merupakan salah satu teknik marketing yang memanfaatkan internet sebagai tempat untuk memasarkan produk. Saat ini sudah banyak pembisnis, baik bisnis kecil maupaun besar yang memanfaatkan media sosial, website, blog, iklan online, dan marketplace untuk memasarkan produknya. Hal ini terjadi karena pemasaran online dinilai lebih efektif dan efisien sehingga memudahkan dalam hal menjaring, mendapatkan pelanggan, dan meningkatkan penjualan, mengingat saat ini semua orang tidak bisa jauh dari internet.

Manfaat Pemasaran Online

1) Promosi Jangka Panjang

Pemasaran online dikatakan promosi jangkan panjang sebab konten-konten yang diunggah di media sosial atau platfrom pemasaran online lainnya dapat dilakukan secara continue atau secara terus menerus. Selain tiu, pemasaran online juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

2) Analisis Sistem Digital yang Lebih Mudah

Manfaat pemasaran online bisa Anda rasakan dalam hal mudahnya menganalisis dan mengukur performa. Misalnya, Anda memasang iklan pada Google Ads, dengan memanfaatkan Google Ads Anda akan mendapatkan ringkasan performa dari iklan yang Anda pasang tadi, seperti banyaknya orang yang klik, banyaknya orang yang membeli produk, dan lain sebagainya. Dengan ringkasan performa tersebut akan memudahkan Anda dalam menganalisis performa iklan yang Anda pasang sudah sesuai atau belum.

3) Biaya Terjangkau

Dibandingkan dengan pemasaran offline/tradisional, biaya pemasaran online relatif lebih murah asalkan Anda berhasil menemukan cara terbaik untuk mengiklankan produk. Bisa dikatakan relatif murah sebab Anda tidak membutuhkan ongkos untuk promosi ke setiap konsumen, tetapi cukup dengan media promosi online, produk yang Anda tawarkan akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Misalnya, memasang iklan di media sosial Facebook hanya membutuhkan sekitar 20.000-30.000 per harinya dan Anda sudah bisa menjangkau banyak pengguna Facebook.

4) Menjangkau Konsumen yang Lebih Banyak

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa dengan pemasaran online, seperti di Facebook dapat menjangkau banyak konsumen yang lebih luas, dilihat dari banyaknya pengguna. Dimana Anda juga bisa menentukan target konsumen yang lebih spesifik, seperti tempat tinggal, umur, dan jenis kelamin.

Contoh Pemasaran Online

1)  Sosial Media

Sosial media, seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan YouTube dapat Anda gunakan sebagai media pemasaran online. Hal ini karena, pengguna sosial media meningkat dari tahun ke tahun. Jadi, media sosial ini sangat efektif untuk melakukan pemasaran. Selain itu, sosial media juga bisa mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli karena Anda dapat merespon pertanyaan konsumen secara cepat.

2) Website

Website dapat membuat calon konsumen merasa lebih percaya dengan bisnis yang Anda miliki. Tujuan dari pembuatan website ini, yaitu sebagai patform untuk memperkenalkan berbagai jenis produk atau layanan  bisnis Anda. Seperti deskripsi produk, promo yang ditawarkan, serta cara untuk memesan produk.

3) Google Bisnisku

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan Google My Business. Dengan memanfaatkan Google My Business ini Anda bisa menambahkan beberapa informasi, seperti alamat bisnis, jam buka, nama website bisnis, dan masih banyak lagi. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan berbagai kemudahan lainya, seperti:

  • Mempermudah calon konsumen untuk mengetahui bisnis Anda.
  • Dapat digunakan sebagai media komunikasi.
  • Bisa mendapatkan review dari konsumen sehingga dapat meyakinkan calon konsumen yang lain.
  • Bisnis Anda akan muncul otomatis pada Google Maps.
  • Bisa digunakan dan diakses pada berbagai device.

4) Influencer Marketing atau Endorse

Anda dapat memanfaatkan influencer marketing untuk memperkenalkan produk dan juga menjaring target pasar. Untuk melakukan influencer marketing ini Anda harus pandai-pandai memilih siapa influencer yang cocok untuk Anda ajak kerjasama. Namun, Anda harus menyiapkan dana yang cukup sebab semakin banyak followers yang dimiliki oleh influencer tersebut maka harga untuk endorse mereka juga semakin tinggi.

5) Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah salah satu program yang paling efektif untuk mendapatkan penghasilan yang besar dengan waktu yang singkat. Affiliate marketing merupakan sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa milik Anda dengan pemasaran secara online melalui Internet.

Pemasaran online yang satu ini membutuhkan biaya yang relatif kecil karena Anda bisa menentukan sendiri berapa komisi yang akan Anda berikan untuk afiliator. Bisa dari berapa persen harga produknya atau langsung dengan komisi flat.

6) Email Marketing

Email Marketing diciptakan pada tahun 1978. Email Marketing adalah email berisi konten atau pesan komersial yang dikirimkan kepada pelanggan maupun calon pelanggan, seperti informasi produk, promo atau event yang sedang atau akan berlangsung, dan lain sebagainya. Tujuan utama dari email marketing adalah agar Anda dapat terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan secara lebih personal, sekaligus untuk mempertahankan hubungan tersebut agar selalu baik dan “mengaktifkan” kembali pelanggan yang pasif sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Itulah sedikit penjelasan tentang pemasaran online. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

1 day ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

1 day ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago