HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Penasaran Apa itu Digital Marketing ? Yuk Kenali Pengertian dan Berbagai Strateginya

Digital marketing adalah upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital, melalui Internet atau jaringan lain yang saling berhubungan. Saat ini, kita dikelilingi oleh begitu banyak media digital sehingga pemasaran secara digital bisa menjadi strategi yang sangat efektif. Banyak perusahaan kini mulai melakukan kampanye secara maksimal di dunia digital. Tapi apa alasannya? Apa manfaat pemasaran digital untuk bisnis online? Pada artikel kali ini kami tidak hanya menjelaskan apa itu digital marketing, namun juga menjelaskan kelebihan digital marketing dibandingkan metode pemasaran lainnya serta strategi digital marketing yang harus diterapkan untuk meningkatkan penjualan. Selamat membaca!

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing dalam bahasa Indonesia berarti pemasaran digital. Strategi ini memungkinkan Anda untuk mempromosikan dan menjual produk Anda melalui berbagai jenis media digital. Pernahkah Anda melihat iklan saat mengunjungi website atau iklan di TV? Atau pernahkah Anda menerima telepon dari bagian penjualan perusahaan Anda? Ya, ini yang disebut pemasaran digital. Selain itu, menurut para ahli, pemasaran digital adalah penggunaan teknologi dan perangkat digital yang didukung oleh koneksi Internet untuk mencapai tujuan pemasaran (Rob Thompson dari Trendjackers). Oleh karena itu, definisi pemasaran digital dapat diringkas sebagai aktivitas pemasaran yang menggunakan jaringan dan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu. Berbagai perusahaan kini mulai menerapkan sistem berbasis internet untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Pangsa pengguna Internet global adalah 59,5%, yang juga mendorong pertumbuhan platform e-commerce dan transaksi online lainnya. Sekarang Anda perlu memahami mengapa strategi pemasaran digital begitu efektif saat ini. Oleh karena itu, kami akan membahas secara detail manfaat digital marketing yang menjadi strategi pemasaran efektif saat ini.

Manfaat Digital Marketing

 

Setelah menjelaskan pentingnya digital marketing dan pengertiannya. Sekarang kita akan membahas faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi efektivitas digital marketing. Tentu saja faktor utama keberhasilan strategi digital marketing adalah banyaknya pengguna internet di seluruh dunia, seperti yang telah dijelaskan di atas. Apalagi sejak pandemi COVID-19, sebagian besar masyarakat lebih memilih bertransaksi secara online. Dari sudut pandang teknologi dan efisiensi, ada beberapa alasan mengapa metode pemasaran ini wajib dicoba bagi siapa pun yang ingin memulai bisnis, atau bagi mereka yang sudah memilikinya.
Manfaat digital marketing untuk bisnis antara lain:

1. Penargetan Pasar Lebih Sesuai

Berbagai alat digital marketing yang dirancang dengan cara ini memungkinkan Anda memperoleh data akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna terkait segmen pasar tertentu serta produk dan layanan yang Anda tawarkan. Dari sini, Anda dapat mengembangkan strategi terbaik untuk target pasar Anda dan menjalankannya dengan lebih efektif.

2. Evaluasi Strategi Berdasarkan Data

Setelah menerapkan strategi digital marketing, Anda dapat melakukan evaluasi dan analisis pemasaran. Anda dapat menggunakan data seperti tingkat keberhasilan kampanye dan jumlah pengguna yang membuka iklan Anda, untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda sebelumnya. Berdasarkan data akurat ini, nantinya Anda dapat meningkatkan efektivitas campaign dan semakin meningkatkan angka penjualan Anda.

3. Bisa Menjangkau Hampir Semua Pasar

Seperti yang sudah Anda ketahui, dunia online tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Jaringan digital ini terus terhubung ke berbagai belahan dunia hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Digital marketing adalah metode yang baik karena memungkinkan Anda menjangkau dan terlibat dengan pelanggan dari berbagai belahan dunia kapan saja dan di mana saja. Artinya layanan dan produk yang Anda tawarkan selalu tersedia dan dapat dibeli oleh pelanggan Anda kapan saja.

4. Biaya Lebih Murah

Anggaran yang harus Anda keluarkan untuk pemasaran digital jauh lebih murah dibandingkan strategi pemasaran tradisional. Tidak perlu mencetak poster atau membuang-buang uang untuk iklan yang tidak efektif atau tidak tepat sasaran. Terdapat beberapa cara organik yang dapat Anda manfaatkan tanpa menghabiskan banyak uang untuk beriklan. Misalnya, jika Anda sudah memiliki website atau blog menggunakan WordPress, Anda bisa mencoba cara meningkatkan peringkat web Anda di Google.

5. Meningkatkan Reputasi Brand

Tentu saja, seiring bertambahnya jumlah pengguna internet dan platform online, Anda dapat meningkatkan reputasi brand Anda melalui pemasaran digital. Kebanyakan pembeli biasanya mencari produk dan layanan secara online sebelum melakukan transaksi. Dengan menerapkan digital marketing, bisnis Anda akan mudah ditemukan oleh calon konsumen. Yakin bahwa brand Anda dapat dipercaya, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan online Anda.

Strategi Digital Marketing: Penjelasan dan Penerapannya

Ada berbagai strategi digital marketing yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk Anda melalui media digital.
Seperti yang telah dijelaskan di atas, media pemasaran digital mencakup saluran komunikasi yang ditemui hampir setiap hari, baik melalui jaringan internet maupun jaringan telepon.

Ada beberapa strategi pemasaran digital, tergantung media yang Anda gunakan. Berikut jenis strategi pemasaran digital yang ada saat ini:

1. Search Engine Marketing (SEM)

Strategi pemasaran digital ini melibatkan penggunaan mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dan Facebook. SEM sendiri terbagi menjadi dua bidang: SEO dan PPC.

Search Engine Optimization

Dengan cara ini, konten pemasaran digital Anda akan lebih dioptimalkan untuk muncul di halaman pertama Google tanpa membayar pengiklan.

Pay-per-Click (PPC)

Tidak seperti SEO, PPC melibatkan pembayaran kepada penyedia iklan untuk memastikan bahwa materi pemasaran digital Anda selalu muncul di hasil teratas ketika calon pelanggan mencari kata kunci spesifik yang terkait dengan produk Anda. Hasil yang muncul dari PPC biasanya memiliki label “Ad” atau “Iklan”.

2. Influencer/Affiliate Marketing

Seperti yang sudah Anda duga, metode digital marketing ini melibatkan pihak lain yang membantu memasarkan produk Anda: influencer dan mitra afiliasi.​ Dalam pemasaran influencer, Anda membayar layanan influencer online. Influencer kemudian mempromosikan produk tersebut kepada pengikutnya di jejaring sosial. Pemasaran afiliasi melibatkan mitra dan jika berhasil menjual produk, Anda membayar komisi kepada mereka. Misalnya, Hosteko memiliki program afiliasi untuk membantu menjual produknya supaya lebih luas.

3. Content Marketing

Seperti namanya, content marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan berbagai jenis konten melalui pembuatan, pengelolaan, dan publikasi konten. Gunakan konten Anda untuk “membujuk” pengguna agar membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan. Salah satu cara terbaik untuk menerapkan strategi digital marketing ini adalah dengan membuat situs web Anda sendiri dengan memilih domain yang tepat dan layanan web hosting terbaik. Jika Anda sudah memiliki website, terutama yang SEO-friendly, Anda bisa meningkatkan visibilitas bisnis Anda dengan mengoptimalkan konten website Anda agar muncul di halaman pertama pencari.

4. Email Marketing

Email marketing adalah strategi pemasaran digital yang diterapkan dengan mengirimkan email kepada pelanggan. Inti dari cara ini bukan sekedar mengirim email saja, tapi membuatnya semenarik mungkin agar pelanggan mau membaca email bahkan mengklik promosi yang ada di dalam email tersebut. Ada berbagai email marketing tools yang bisa Anda gunakan untuk membuat email promosi yang menarik. Baca tentang aplikasi pemasaran email yang dapat membantu Anda meningkatkan penjualan dengan iklan email.

5. Social Media Marketing

Pemasaran media sosial adalah strategi pemasaran yang diterapkan melalui media sosial, baik dengan mengoptimalkan konten atau “menjalankan” iklan di jejaring sosial. Anda dapat mempromosikan bisnis di TikTok, Facebook, Twitter, dan YouTube. Hampir semua platform media sosial kini menawarkan layanan promosi bisnis. Faktanya, teknik yang digunakan oleh platform ini hampir identik dengan SEM. Melalui penawarkan pasar untuk mempromosikan bisnis Anda, dengan pilihan metode organik yang berbayar.

6. Viral Marketing

Viral marketing merupakan suatu metode pemasaran yang dilakukan sekreatif mungkin agar masyarakat tertarik dan menyebarkannya secara luas.  Ingat iklan Marjan yang selalu muncul setiap bulan ramadhan ? Ya, itu salah satunya. Iklan ini dikemas dengan tema kepahlawanan dan fantasi, dengan visual yang penuh animasi. Tahun 2024 Marjan menceritakan kisah “Putri Hijau dan Desa Kehidupan” di episode pertama, dan dilanjutkan dengan “Keserakahan Putri Hijau dan Tuan Djankat” di episode kedua. Iklan ini digarap dengan serius layaknya film dari studio ternama di Amerika Serikat, Marvel. Dengan keseriusan dan keunikannya, iklan ini mampu menarik perhatiann pemirsa. Maka tidak heran jika iklan Marjan selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakt.

7. Mobile Marketing

Penggunaan perangkat seluler atau mobile untuk pemasaran digital dilakukan melalui metode selain koneksi internet. Mobile marketing sendiri terbagi menjadi dua bentuk: pemasaran melalui Telemarketing dan SMS Marketing.

Telemarketing

Strategi pemasaran digital ini dilakukan melalui telepon dengan menghubungi nomor ponsel pelanggan. Perusahaan yang biasa menggunakan metode ini antara lain perusahaan perbankan dan keuangan. Telemarketing juga dapat digunakan sebagai metode retensi pelanggan yang cukup efektif, karena memberikan sentuhan yang lebih personal dan memberikan kesan istimewa pada pelanggan.

SMS Marketing

Cara ini menggunakan layanan SMS untuk mengirimkan pesan promosi massal ke nomor ponsel pelanggan. Meski SMS sudah jarang digunakan untuk komunikasi di masa sekarang, beberapa perusahaan masih menggunakan cara ini untuk mempromosikan produk dan layanannya. Salah satu manfaat SMS dalam strategi digital marketing adalah marketer dapat melakukannya dengan cepat dan hemat biaya menggunakan fitur yang disebut “SMS Blast”.

8. Radio Advertising

Iklan radio juga merupakan strategi digital marketing. Faktanya, radio adalah metode pemasaran digital yang sangat populer ketika masih menjadi salah satu bentuk hiburan utama. Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan untuk mendengarkan radio melalui internet dan cara ini masih sangat efektif untuk memasarkan produk.

9. TV Advertising

Selain radio, televisi juga masih menjadi media pemasaran digital yang sangat populer. Iklan televisi memungkinkan Anda membeli slot untuk mempromosikan dan memasarkan produk Anda. Semakin populer program yang ditayangkan, maka semakin mahal biaya ruang iklannya. Jenis iklan yang Anda lihat bisa bermacam-macam, antara lain iklan di sela-sela acara, iklan teks bergulir, atau iklan langsung (sponsor) selama acara. Untuk beriklan di televisi, Anda bisa menggunakan jasa biro iklan. Jumlah yang Anda bayarkan juga akan berbeda-beda tergantung stasiun TV yang menayangkan program tersebut, waktu tayang, dan jenis iklannya. Berdasarkan penelitian kami, rata-rata biaya iklan di TV adalah antara Rp 14 juta hingga Rp 110 juta.

Jadi, Digital Marketing adalah…

Setelah membaca apa itu digital marketing, manfaat dan strateginya, Anda akan menyadari bahwa digital marketing benar-benar strategi pemasaran yang efektif. Apalagi teknologi digital di sekitar kita saat ini sudah semakin canggih dan jumlah penggunanya pun semakin banyak di seluruh dunia. Jadi, pastikan Anda meluangkan waktu untuk mempelajari strategi dan meningkatkan keterampilan di bidang ini, agar bisnis yang Anda jalankan bisa lebih sukses dan mendapatkan konversi lebih banyak.

Kami memberikan tutorial ini untuk membantu Anda. Bagi pemilik bisnis, manfaat digital marketing adalah:

1. Penargetan pasar yang lebih baik. Anda dapat memasang iklan sesuai dengan data preferensi pelanggan.
2. Evaluasi strategi serbasis data. Data keberhasilan kampanye dapat digunakan untuk meningkatkan strategi Anda.
3. Dapat digunakan di hampir semua pasar. Dunia digital tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.
4. Biaya lebih rendah. Anda dapat menyesuaikan anggaran lebih lanjut untuk meningkatkan ROI Anda.
5. Tingkatkan reputasi merek Anda. Ini membantu Anda meningkatkan kehadiran online Anda dan membuat diri Anda terlihat oleh publik.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

16 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

21 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago