HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Aplikasi Discord Serta Cara Penggunaannya

Pengertian Aplikasi Discord

Aplikasi discord merupakan nama yang populer di kalangan gamers (komunitas gamers).Aplikasi Discord adalah sosial media berbasis suara (voice chat) yang bisa digunakan untuk bercakap-cakap dengan banyak orang.

Aplikasi Discord terkenal karena bermanfaat mendukung sesi permainan para gamers.Melalui discord,para pemain bisa saling berkomunikasi dengan mudah.Pengguna hanya perlu berbicara seperti biasa untuk mengirim pesan chat.Aplikasi Discord ini dirilis pertama kali pada 2015.Namun baru terkenal karena banyak digunakan dalam permainan Among Us.

Aplikasi Discord menyediakan layanan voice chat lebih baik dibandingkan fitur livechat bawaan aplikasi game biasa.Saat ini,Aplikasi Discord bisa digunakan pada smartphone android atau iOS serta juga bisa di perangkat komputer berbasis Mac,Windows dan Linux.

Aplikasi Discord Untuk Gamer ?

Aplikasi Discord memang awal mulanya hanya untuk sarana komunikasi para gamers ketika sedang bermain game di PC.Namun,kini aplikasi Discord mulai banyak digunakan oleh berbagai macam komunitas.Aplikasi Discord juga memiliki peranan dalam proses kegiatan belajar.

Target pasaran aplikasi Discord memang ditujukan ke kalangan para remaja yang menyukai game.Hal ini sejalan dengan maksud dan tujuan Discord untuk memudahkan berkomunikasi dan berkoordinasi satu sama lain ketika sedang bermain game.

Aplikasi Discord juga terintegrasi platform streamer populer seperti Twitch dan YouTube,sehingga pengguna dapat menyinkronkan Discord ke akun platform ini.Kebanyakan para content creator gaming saat ini didominasi oleh anak muda.

Cara Membuat Akun Discord

Pengguna harus memiliki akun sebelum menggunakan Discord.Setelah mendaftar,barulah bisa menikmati segala fitur yang ditawarkan oleh Discord.

Cara membuat akun Discord :

  • Download aplikasi Discord di PC atau di Smartphone.
  • Lalu buka aplikasi Discord.
  • Pilih tombol Register untuk membuat akun Discord.
  • Kemudian,isi kolom username,email dan password.Setelah selesai,klik tombol ‘Create an account’.
  • Setelah proses registrasi berhasil,kalian akan dibawa ke halaman utama aplikasi Discord yang berisi sebuah link milik kalian.

 Cara Menggunakan Discord

Mengerti cara menggunakan aplikasi discord cukup penting sebelum mulai berpromosi di sosial media tersebut.Promosi bisa berjalan jika kalian sudah menguasai cara menggunakan discord.

Ada beberapa cara menggunakan discord,berikut tutorialnya :

Cara Menggunakan Discord di Smarphone

  • Download aplikasi discord dari Google Play atau Apple Store.
  • Tunggu sampai aplikasi terinstal pada smartphone.
  • Buka aplikasi discord,lalu login atau sign up akun pengguna baru.
  • Setelah masuk ke discord,mulai membuat server/grup obrolan.Klik tanda “+” pada bagian bubble sebelah kiri layar.
  • Klik “Create Server”,masukkan nama ruang obrolan.
  • Jika sudah,klik lagi tombol “Create Server”.
  • Selesai,kalian akan mendapatkan halaman khusus berisi link grup obrolan discord.Link tersebut bisa dishare ke sosial media lain agar lebih banyak orang tertarik bergabung ke ruang discord.

Cara Menggunakan Discord di PC/Komputer

  • Download aplikasi discord dari website discord.com.
  • Login atau sign up akun baru.
  • Klik tanda “+” pada bubble di deret kiri beranda aplikasi.
  • Khusus aplikasi discord PC,di sini ada kategori khusus grup obrolan,misalnya server game, grup belajar/studi,obrolan biasa dengan teman dan lainnya.
  • Klik kategori grup yang paling sesuai/diinginkan untuk diikuti.Ingin membuat grup obrolan baru sendiri juga tetap bisa.Cukup klik “Create Server”,masukkan nama dan konfirmasi.
  • Begitu server obrolan selesai dibuat,kalian akan menerima halaman khusus berisi link server yang bisa dishare ke sosial media lain.Untuk mulai bicara,klik tombol “Voice Channel” pada menu General.

Membuat Channel Pada Discord

Discord memiliki satu fitur yang dinamakan “channel”.Sederhananya,jika server merupakan tempat untuk chatting,maka channel lebih ke tempat agar kalian bisa membuat satu room khusus untuk membicarakan topik tertentu.Misalnya :

  • Channel “Mabar ML”game Mobile Legends.
  • Channel “Mabar PUBG”game PUBG.

Discord menyediakan 2 jenis channel yang bisa dipilih :

  • Text Channel untuk membuat channel khusus grup chat saja.
  • Voice Channel untuk obrolan audio dan video.

Berikut cara membuat channel Discord :

  1. Klik icon “+” pada kolom channel.
  2. Tulis nama channel yang diinginkan.
  3. Jika sudah,klik tombol Create Channel.

Menggunakan Overlay Pada Discord

Aplikasi Discord menyediakan fitur bernama overlay yang dapat menampilkan kotak dialog chat Discord pada game yang sedang dimainkan,contoh : PUBG,Among Us,Mobile Legend dan lainnya.Kotak dialog Discord ini tidak mengganggu pandangan karena tampil dengan transparansi yang rendah.

Berikut ini langkah-langkah mengaktifkan fitur overlay Discord :

  • Masuk ke halaman Setting Discord dengan klik ikon gambar gear yang berada di samping nama profil.
  • Cari dan pilih menu Overlay.
  • Mengaktifkan toggle Enable in-game overlay.

  • Mengaktifkan fitur overlay pada setiap game yang dimiliki dengan mengklik menu Game Activity.
  • Klik ikon toggle overlay pada game yang ingin dimainkan sampai status berubah ON.

Mengenal Discord Marketing

Trik berpromosi dengan discord disebut Discord Marketing.Promosi melalui aplikasi discord bisa dilakukan dengan mudah,gratis dan real-time.Maksudnya,info promosi yang kalian sebar akan langsung sampai ke konsumen saat itu juga.

Sekarang banyak orang menggunakan discord untuk beragam keperluan,tidak hanya bermain game.Jadi,kalian hanya perlu bergabung ke grup atau server discord yang topik obrolannya “sama” cocok dengan domain bisnis kalian.Discord bisa juga digunakan sebagai sarana komunikasi internal perusahaan kalian.Contoh,kalian membuat grup discord khusus untuk divisi penjualan,tim managerial atau tim produksi.

Kelebihan Discord Marketing

Berikut 4 kelebihan Discord Marketing :

  • Aplikasi Discord Gratis

Semua fitur yang ada di aplikasi discord bisa digunakan secara gratis.Tidak ada fitur premium atau berbayar sama sekali.Mendaftar akun discord pun gratis tanpa syarat dan ketentuan lain di baliknya.Memang gratis,namun,promosi kalian pada aplikasi discord tetap terjamin 100% optimal tersebar ke audiens.Tentunya hal ini berbeda dibandingkan sosial media lain yang baru memaksimalkan promosi setelah kalian memasang fitur ads berbayar.

  • Sosial Media Tanpa Algoritma

Aplikasi Discord menjadi sosial media pertama yang tidak melibatkan algoritma dalam penggunaannya.Biasanya setiap sosial media memiliki algoritma tersendiri.Sederhananya,algoritma merupakan sistem komputer yang membantu memilah dan merekomendasikan konten sesuai minat pengguna.Jadi,kalian harus benar-benar menguasai tips trik SEO algoritma per sosial media agar konten promosi tidak “tenggelam”.

Namun,pada aplikasi Discord sungguh mendobrak sistem tersebut.Penelitian menunjukkan bahwa discord sama sekali tidak menggunakan algoritma apapun dalam sistemnya.Kinerja discord sangat mudah.Selama masih ada audiens dalam server discord yang kalian buat,maka semua pesan termasuk pesan promosi pasti akan langsung tersampaikan ke audiens.

  • Aman dan Anti Spam

Aplikasi Discord mudah dikendalikan.Demi menjaga kenyamanan pengguna,sistem discord telah memblokir lebih dari 4 juta pengguna yang terbukti melakukan spam.Admin grup juga memiliki kuasa untuk menghapus pesan dan memblokir akun spam yang masuk ke grup discord.

Sistem keamanan juga ditingkatkan oleh pihak discord melalui link undangan bergabung ke grup. Kalian kini tidak bisa sembarangan bergabung ke grup discord jika tidak punya kode unik/link undangan dari admin.

  • Membangun Komunitas Bisnis

Aplikasi Discord dapat menjadi tempat terbaik untuk berkumpul dengan orang-orang yang tertarik atau menyukai produk-produk kalian.Komunikasi juga dapat berjalan lebih lancar dengan discord karena pesan-pesan konsumen bisa langsung dibalas saat itu juga.Berbeda dengan pesan di sosial media lain yang bisa “tertumpuk” dan tidak kunjung dibalas (tidak real time).Interaksi langsung dengan audiens terbukti bisa meningkatkan brand engagement dan reputasi bisnis lebih baik.

 

Discord memang membantu para komunitas untuk saling berkomunikasi satu sama lain dengan berbagai fitur yang dimiliki.Demikian pembahasan artikel ini,semoga bermanfaat 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

4 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

1 day ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

1 day ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

3 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 days ago