HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan ini memudahkan pertukaran ide tertulis secara online.

Apa itu Blogspot? Sederhananya, ini adalah layanan yang memungkinkan pengguna Google membuat blog dengan mudah tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Menariknya, Anda ternyata bisa menghasilkan uang dari blogging. Blogspot sering disamakan dengan WordPress, namun sebagai platform Blogspot mempunyai banyak kelebihan. Agar lebih menarik minat Anda, berikut akan kami jelaskan secara detail apa itu Blogspot, apa fungsinya, dan cara membuatnya.

Apa Itu Blogspot?

Blogspot adalah layanan Google yang memungkinkan pengguna membuat blog secara gratis. Sudah dilengkapi hosting dan domain yang disediakan oleh Google. Setiap pengguna Google dapat membuat blog impiannya dengan akunnya sendiri. Jadi, selama Anda memiliki Akun Google, Anda bisa membuat blog sendiri dalam beberapa langkah mudah.

Blogspot adalah layanan yang juga dikenal sebagai Blogger. Apa itu blogger? Sederhananya, platform branding Google membantu siapa pun membangun entitas online. Blogger adalah layanan intuitif. Oleh karena itu, platform ini dapat dengan mudah digunakan untuk membuat catatan pribadi dan berbagi informasi dengan banyak orang di seluruh dunia.

Blogspot memiliki ketentuan penggunaan yang harus Anda patuhi, namun secara umum Anda bebas membuat blog tentang berbagai topik. Misalnya, Anda bisa membuat blog tentang kesehatan, kecantikan, teknologi, dan topik lainnya. Asalkan tidak ilegal kan?

Semua konten yang Anda buat nantinya disimpan di hosting Google. Bahkan, Anda bahkan bisa terhubung ke layanan Google seperti Google Drive. Oh iya, nanti bisa menentukan nama blognya. Seperti disebutkan di awal, domain juga disediakan oleh Google. Namun, defaultnya adalah subdomain .blogspot.com.

Bisakah saya menggunakan domain saya sendiri seperti namaku.com? Mungkin. Cukup beli domain dari layanan seperti Hosteko dan konfigurasikan pengaturan domain khusus Anda di sana.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa layanan Blogspot menjadi fenomena yang turut membentuk dunia online?Mari kita lihat sekilas sejarah Blogspot.

Sejarah Blogspot

Blogspot memiliki sejarah yang sangat panjang dan melibatkan banyak pemangku kepentingan, termasuk komunitas pengguna. Secara garis besar perjalanan Blogspot adalah sebagai berikut:

  • 1999 — Blogspot didirikan di bawah bendera Pyra Labs, perusahaan yang didirikan oleh Evan Williams dan Meg Hourihan. Sebagai platform blogging yang intuitif, tampilannya sangat inovatif pada saat itu. Pengguna dapat dengan mudah membuat dan mempublikasikan blog.
  • 2002 — Daya tarik periklanan ini membuat Google menyadari potensi pertumbuhan blogspot. Tidak lama kemudian, Google mengakuisisi Pyra Labs dan menjadi pemilik Blogspot. Platform ini berkembang berkat dukungan Google dan teknologi bawaannya.
  • 2003 — Google memperkenalkan AdSense dan mengintegrasikan layanan periklanan ke Blogspot. Saat itu, blogger di seluruh dunia sangat bersemangat untuk memonetisasi blog mereka. Google sendiri menjadi tujuan para pengiklan untuk mempromosikan produknya.
  • 2006 — Google mengubah tampilan Blogger. Singkatnya, Blogspot adalah salah satu platform terbaik yang memperkenalkan tata letak rapi dan beragam template siap pakai. Saat itu, membuat blog yang tampak hebat sangatlah mudah.
  • 2007 — Blogspot mempunyai fitur baru bernama Gadget. Ini adalah aplikasi yang tertanam di beberapa area blog Anda. Misalnya, arsip blog memiliki postingan terkini.
  • 2010 — Sejalan dengan misi Google, Blogspot menjadi platform mobile-friendly pertama. Pengguna tidak perlu khawatir untuk mengakses platform ini dari ponsel pintar atau tabletnya.
  • 2012 — Untuk membuat platform lebih aman sekaligus melindungi blog yang dibuat di platform, Google menyediakan dukungan penuh HTTPS. Ini mengenkripsi semua komunikasi data dan membuat peretas tidak mungkin mengeksploitasinya.
  • Sekarang — Meskipun banyak bermunculan platform blogging lain seperti WordPress dan Ghost, Blogspot masih memiliki pengikut setia. Dengan dukungan Google, keunggulan platform ini adalah kemudahan monetisasi, keamanan platform, dan stabilitas.

Setelah Anda mengetahui apa itu Blogspot dan sejarahnya, mari kita pahami berbagai fitur Blogspot sebelum menggunakannya.

Fungsi Blogspot

Beberapa fungsi blogspot yang perlu kamu ketahui diantaranya:

1. Membangun Online Presence

Fungsi utama dari Blogspot adalah membantu kamu memiliki sebuah entitas online yang menunjukkan siapa diri kamu.

Katakanlah, kamu memiliki hobi memelihara ikan. Maka, kamu bisa menuliskan semua pengetahuan yang kamu miliki dalam bentuk tulisan di blog tersebut. Atau, kamu hobi menulis? Cukup publikasikan pemikiran Anda dalam bentuk postingan.

Blogspot merupakan platform gratis dengan tampilan yang mudah dipahami, sehingga pemula pun bisa langsung menggunakan semua fiturnya. Memudahkan mewujudkan keinginan mendokumentasikan foto, pengetahuan, hasil kerja, dan lain-lain.

2. Etalase Portofolio

Jika Anda ingin membuat portofolio online, Blogspot bukan hanya pilihan bagus untuk menuliskan pemikiran Anda tentang hobi Anda. Biasanya digunakan oleh beberapa profesional yang terkait dengan keahlian khusus.

Contohnya seperti fotografer, desainer grafis, penulis konten, dan berbagai profesi kreatif lainnya. Setelah blog Anda siap, yang perlu Anda lakukan hanyalah mempublikasikan karya terbaik Anda di sana. Dengan cara ini, pengunjung blog Anda dapat mempelajari keterampilan Anda sebagai ahli di bidang tertentu.

3. Membangun Brand

Blogspot tidak ideal untuk penggunaan profesional, namun ini adalah platform yang dapat Anda gunakan untuk membangun branding Anda. Misalnya, jika Anda memiliki perusahaan yang menjual produk tertentu, Anda dapat menilainya dengan berbagai cara. Anda juga dapat memberikan berbagai tips pemilihan dan penggunaan produk untuk membantu calon konsumen.

Jika Anda memiliki informasi yang lengkap dan jelas tentang platform Blogspot, Anda akan dianggap ahli. Pada akhirnya calon konsumen tidak akan ragu ketika ingin membeli suatu produk dari Anda.

4. Berjualan Produk

Blog tidak hanya dapat digunakan untuk membangun brand Anda, tetapi juga untuk menjual produk Anda. Namun, fiturnya tidak sebanyak menggunakan toko online Anda sendiri.

Oleh karena itu, Anda dapat mempublikasikan beberapa produk dan deskripsi produk serta foto. Terakhir, Anda dapat menambahkan informasi nomor telepon Anda sebagai kontak. Misalnya nomor WA. Jadi, jika pembeli tertarik dengan salah satu produknya, mereka hanya perlu menghubungi kami melalui nomor yang tersedia di blog.

5. Berbagi Informasi

Selanjutnya, fungsi Blogspot adalah berbagi informasi kepada orang lain. Konsepnya adalah Anda bisa menjelaskan topik yang sudah Anda pahami dengan baik. Atau Anda dapat merekam perjalanan Anda saat mempelajari topik tertentu.

Blogspot merupakan platform berkomentar, sehingga pengunjung dapat berbagi informasi lain terkait topik yang sedang mereka posting. Fitur Blogspot ini tidak hanya tersedia untuk penggunaan pribadi, tetapi juga untuk guru profesional. Misalnya, semua materi pendidikan disimpan di blog untuk memudahkan akses online. Guru kemudian dapat meminta siswa mempelajari topik yang akan diajarkan terlebih dahulu sebelum memasuki kelas.

6. Membangun Komunitas

Selain itu, fungsi Blogspot juga memungkinkan Anda membangun komunitas tertentu. Topik berkisar dari hobi hingga bidang khusus seperti fotografi otomotif.

Secara umum, hal ini dapat terjadi berkat bagian komentar. Bagian komentar berisi diskusi dari beberapa pengunjung yang tertarik dengan topik ini. Setelah itu, mereka akan lebih sering berinteraksi di blog tersebut. Interaksi intens inilah yang memungkinkan kami membangun komunitas kuat seputar topik populer.

Contoh paling sederhana adalah jika Anda menjalankan blog resensi buku. Saat blog sedang sibuk dengan pengunjung, Anda mungkin melihat berbagai ulasan dan diskusi tentang buku, genre buku tertentu, dll. Nah, itulah beberapa fitur Blogspot yang perlu Anda ketahui. Cukup banyak, bukan? Lalu apa sebenarnya manfaat Blogspot?

Keunggulan Blogspot

Tahukah Anda bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna Blogger terbesar kedua dengan 33.362 pengguna? Lalu apa kelebihan Blogspot yang mampu menarik banyak pengguna?

1. Gratis

Masyarakat Indonesia tentu menyukai layanan gratisan? Kini Blogspot menjadi layanan yang bisa Anda gunakan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Oleh karena itu, banyak pengguna Indonesia yang menggunakan Blogger untuk membuat blog.

Memulai sebuah website biasanya memerlukan pengeluaran uang untuk berlangganan hosting dan membeli nama domain. Untuk menjelaskannya, harga nama domain bisa berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu ribu, tergantung pada akhirnya. Artinya, ini adalah platform sempurna untuk pemula yang bereksperimen dengan blogging atau bagi mereka yang ingin menjalankan blog dengan anggaran terbatas.

2. Mudah Digunakan

Kelebihan Blogspot adalah mudah digunakan. Ini telah menjadi fitur platform ini sejak didirikan pada tahun 1999.

Bagi pemula, hal ini tentunya merupakan keuntungan karena dengan cepat memandu platform dari proses awal pembuatan hingga penggunaan sehari-hari. Faktanya, Anda dapat dengan mudah membuat halaman dan postingan serta mengonfigurasi tampilan dan fungsi berbeda untuk blog.

3. Mendapat Dukungan Google

Sejak diakuisisi oleh Google, blogspot telah menjadi platform paling kaya fitur berkat berbagai kemudahan integrasi dengan layanan Google. Tidak hanya terhubung ke Google Drive untuk meningkatkan kapasitas hosting blog Anda, tetapi yang terbaik dari semuanya, ini memberi Anda akses ke Google Analytics.

Beberapa blogger berkata: Apa itu Blogspot tanpa Google Analytics?

Benar sekali, Google Analytics sangat membantu para blogger untuk mengetahui bagaimana kinerja blog yang mereka buat. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kunjungan ke halaman situs web Anda dan kecepatan aksesnya.

4. Pilihan Kustomisasi Lengkap

Apakah Anda ingin blog Anda terlihat berbeda dari blog lain? Blogspot adalah layanan yang memungkinkan perubahan ini. Anda dapat membuat berbagai perubahan secara instan dan menggunakan template untuk memodifikasi elemen blog.

Blogspot ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan warna, font, dan tata letak agar sesuai dengan gaya yang Anda inginkan. Tapi bukan itu saja. Fitur Blogspot memungkinkan Anda menambahkan widget dan gadget agar blog Anda lebih fungsional.

5. Hosting Handal

Keunggulan lain Blogspot adalah infrastruktur hostingnya yang memungkinkan akses mudah dan cepat. Google membuat semua ini tersedia untuk semua pengguna Blogger tanpa kecuali.

Sebenarnya blog yang dibuat di platform Blogger jarang sekali mengalami error dan tidak bisa diakses, namun juga memerlukan maintenance server. Semua ini menjadi bukti betapa Google sebenarnya memberikan layanan dengan hosting yang andal.

6. SEO Friendly

Semua orang ingin websitenya muncul di bagian atas hasil pencarian Google. Singkatnya, Blogspot adalah platform yang fokus pada beragam fitur SEO-friendly.

Apa maksudnya bagi pengguna Blogspot? Jika Anda memiliki konten yang menarik dan relevan dengan kebutuhan pengguna Anda, tentu bukan tidak mungkin bisa muncul di halaman pertama Google. Ini akan memudahkan untuk memusatkan trafik.

Beberapa fitur teknis SEO yang perlu Anda ketahui mencakup fitur seperti pengiriman peta situs otomatis, penyesuaian tag meta, dan penambahan tag alt ke gambar. Semua ini meningkatkan visibilitas blog Anda di hasil pencarian.

Cara Membuat Blogspot

Mungkin Anda sudah mengetahui apa itu Blogspot, namun jika Anda belum mengetahui dua cara membuat Blogspot yang benar maka Anda belum selesai. Ikuti langkah-langkah berikut dari PC dan ponsel Anda:

Cara Membuat Blogspot di PC

Anda Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat blog di PC Anda:

1. Mengakses Blogger

Ketik www.blogger.com di browser Anda untuk mengakses halaman utama Blogspot.

2. Buat Blogspot Baru

Pada halaman utama Blogger, Anda bisa langsung memilih Buat Blog Anda. Nantinya, Anda akan diarahkan ke halaman baru tempat Anda bisa login dengan akun Google Anda.

3. Memilih Nama Blog

Setelah registrasi berhasil, Anda akan diminta memasukkan judul yang sesuai untuk blog Anda. Cukup masukkan nama yang Anda inginkan di bagian “Judul“.

Silakan pikirkan nama yang bagus karena akan muncul di bagian atas blog.

4. Memilih Alamat Blog dengan Subdomain

Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan alamat di kolom Alamat. Masukkan domain yang belum pernah digunakan siapa pun sebelumnya dan mudah diingat. Jika statusnya ‘tersedia’, nama domain tersedia. Perhatikan bahwa alamatnya diakhiri dengan “.blogspot.com”. Kami akan menggunakan nama “websitepercoba” untuk contoh ini.

5. Menentukan Display Name

Ikuti langkah-langkah untuk menentukan nama tampilan dan membuat blogspot di PC Anda. Dengan kata lain, nama tampilan Anda adalah nama yang selalu dilihat pengunjung blog Anda.

Anda dapat memasukkan nama apa pun yang Anda suka, namun sebaiknya gunakan nama yang sama dengan nama blog Anda. Kemudian klik saja “Finish“.

6. Akses Dashboard Blogger

Langkah selanjutnya dalam membuat Blogspot adalah mengakses Dashboard Blogger dan bersiap melakukan berbagai pengaturan yang diperlukan.

7. Memilih Tema

Anda dapat memilih template untuk menyesuaikan tampilan Anda menggunakan berbagai pilihan tema yang tersedia. Caranya, pilih menu Theme, klik tema yang Anda inginkan, lalu klik Apply.

Jika tetap ingin melakukan perubahan, klik Customize terlebih dahulu untuk mengubah warna background, font, dan gadget.

8. Membuat Halaman Baru

Setelah Anda mendapatkan tampilan yang diinginkan, Anda dapat melanjutkan ke pembuatan halaman baru. Untuk melakukannya, klik Pages, lalu klik New Page.

Utamanya sebuah blok perlu memiliki halaman seperti:

  • Tentang Saya
  • Kontak
  • Kebijakan Penggunaan
  • Disclaimer

9. Menulis Postingan

Blog Anda siap digunakan. Sekarang saatnya untuk mulai menulis posting pertama Anda. Caranya, klik menu Post dan pilih New Post.

10. Kulik Pengaturan Lainnya

Sebenarnya Anda bisa menggunakan blog seperti biasa. Namun, jika Anda ingin mengubah beberapa pengaturan, Anda dapat melakukannya dari menu Settings.

Salah satu perubahan yang diperlukan adalah penambahan domain kustom. Ini memungkinkan Anda menggunakan nama domain Anda sendiri untuk blok yang baru dibuat. Blogspot adalah platform paling populer untuk membuat domain khusus

Cara Membuat Blogspot di HP

Di bawah ini Anda akan menemukan petunjuk langkah demi langkah tentang cara membuat blogspot di ponsel Anda.

  • Instalasi aplikasi Blogger. Saat ini aplikasi resmi Blogger hanya tersedia untuk Android melalui Google Playstore. Jadi, pengguna iPhone dapat membuat spot blog menggunakan browser seluler mereka dengan cara yang sama seperti yang mereka bisa lakukan di PC. Setelah Anda menemukan Blogger, klik Download dan Install.
  • Buka Blogger. Setelah hasilnya terinstal, buka aplikasi Blogger dan verifikasi bahwa perangkat yang Anda gunakan mendukung pembuatan Blogspot di ponsel Anda.
  • Login dengan Akun Google. Anda akan diminta untuk mengakses aplikasi menggunakan Akun Google Anda. Jadi, pilih Akun Google yang ingin Anda gunakan atau buat Akun Google baru untuk blog Anda.
  • Buat Blog Baru. Langkah-langkah membuat blogspot di ponsel sama seperti di PC. Jadi, Anda perlu mencari tahu nama dan alamat blog Anda lalu masuk ke dashboard Blogger untuk pengaturan lebih lanjut.
  • Mengatur Tampilan. Sama seperti di PC, Anda dapat menyesuaikan tampilan dengan memilih lokasi yang disediakan.
  • Membuat Halaman dan Menulis Posting. Buat halaman utama blog Anda dan tulis posting pertama Anda di blog Anda.

Anda telah berhasil membuat blog yang dapat diakses dari perangkat mobile.

Perbandingan Blogspot vs WordPress

Anda dapat membuat blog di Blogspot dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Namun, Anda juga memiliki pilihan platform lain, seperti WordPress. Apa bedanya?

1. Harga

Blogspot dan WordPress sama-sama merupakan layanan yang bisa digunakan secara gratis. Bedanya, WordPress memiliki opsi layanan premium yang menawarkan fitur-fitur canggih namun memerlukan biaya berlangganan. Namanya WordPress.com.

Platform WordPress sendiri sebenarnya gratis. Namun, hosting diperlukan untuk menyimpan data situs web Anda, jadi Anda perlu berlangganan layanan hosting untuk membuat situs web Anda sendiri dengan WordPress. Salah satu layanan hosting yang bisa Anda gunakan adalah hosting WordPress Hosteko.

2. Kemudahan Penggunaan

Blogspot dan WordPress mudah digunakan sehingga cocok untuk pemula. Namun, antarmuka Blogspot terlalu sederhana dan pilihan konfigurasinya terbatas. Hal ini tentu menjadi masalah jika Anda ingin menggunakannya untuk tujuan yang lebih spesifik.

Sementara itu, WordPress terus berupaya memberikan kemudahan penggunaan melalui fitur Gutenberg-nya. Faktanya, versi terbaru juga memperkenalkan pengeditan wesbite secara lengkap. Pengguna bebas melakukan perubahan pada website dalam mode WYSIWYG, alias perubahan akan langsunng di-preview.

3. Plugin dan Tema

Perbandingan Blogspot dan WordPress selanjutnya adalah soal pemilihan tema. Blogspot memiliki cukup banyak pilihan, namun masih belum sebagus tema yang disediakan WordPress.

Faktanya, Anda dapat membeli tema dengan kualitas lebih tinggi dan pilihan tampilan berbeda melalui pihak ketiga. Namun, hal ini memerlukan biaya.

Dalam hal plugin, WordPress memberi Anda kebebasan untuk meningkatkan fungsionalitas blog Anda hingga optimal. Anda dapat menggunakan plugin untuk hal-hal seperti SEO, email, media sosial, dan bahkan keamanan.

4. Monetisasi

Kedua platform ini memungkinkan Anda memonetisasi blog yang Anda buat. Google Adsense dapat digunakan dengan Blogspot atau WordPress.

Perbedaannya adalah plugin memberi Anda kontrol lebih besar terhadap cara iklan ditampilkan. WordPress juga bagus untuk monetisasi karena mudah disesuaikan.

5. E-commerce

Jika Anda berencana menjual produk secara online, Blogspot adalah platform yang kurang fleksibel. Meskipun, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Ecwid, kemudahan yang diberikan tidak lebih baik dari WordPress.

Berbeda dengan Blogger, WordPress adalah pilihan bagi para pebisnis online untuk menjual produk mereka. Salah satu alasannya adalah karena plugin WooCommerce untuk membuat toko online. Nikmati berbagai fitur seperti daftar produk, keranjang belanja, gateway pembayaran, manajemen inventaris, dll.

6. Keamanan

Blogspot adalah platform yang aman karena dikelola langsung dalam ekosistem Google. Ini juga menjamin keamanan data yang disimpan di server kami. Semua permintaan untuk menjaga stabilitas platform melalui berbagai pembaruan dilakukan secara otomatis tanpa campur tangan pengguna.

Berbeda dengan WordPress. Platform ini juga sama amannya. Namun, ada dua versi WordPress yang menangani proses pemeliharaan dan keamanan situs web secara berbeda. Jika Anda menggunakan WordPress.com, pembaruan dan keamanan secara otomatis ditangani oleh WordPress sebagai penyedia layanan Anda.

Namun, ketika Anda menggunakan situs WordPress Anda sendiri, keamanan ada di tangan Anda. Namun demikian, penyedia hosting WordPress biasanya mendukung penggunaan platform yang aman untuk semua pengguna.

7. SEO

Blogspot menyediakan beberapa fitur dasar SEO seperti meta tag dan alt tag. Sangat berguna, tetapi tidak cukup untuk kebutuhan SEO tingkat lanjut.

WordPress memiliki banyak plugin SEO dengan fitur hebat. Misalnya YoastSEO dan RankMath. Kedua plugin ini cocok tidak hanya untuk pemula tetapi juga untuk kebutuhan website yang lebih kompleks seperti toko online.

8. Integrasi dengan Layanan Pihak Ketiga

Jika Anda senang dengan integrasi layanan Google seperti Google Analytics, Google AdSense, dan Google Search Console, Blogspot adalah platform pilihannya.

Namun, jika Anda menginginkan integrasi aplikasi pihak ketiga yang lebih komprehensif, WordPress adalah pilihan yang lebih baik. Anda dapat dengan mudah melakukan e-commerce dengan WordPress dengan berintegrasi dengan platform pemasaran email.

9. Kepemilikan

Semua data situs web disimpan di server Google, jadi dalam praktiknya Anda memiliki hak terbatas atas aset tersebut. Dan itu dijelaskan dalam kebijakan penggunaan. Google dapat menonaktifkan Layanan secara sepihak jika terdapat indikasi bahwa Persyaratan Layanan telah dilanggar.

Hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan platform WordPress. Karena Anda membayar biaya layanan untuk postingan dan layanan WordPress, aset ini menjadi milik Anda. Penyedia layanan hosting murah dan WordPress tidak mengizinkan Anda menghapus konten dengan mudah tanpa alasan yang jelas.

Blogging Mudah dengan Blogspot

Menulis blog dengan mudah menggunakan Blogspot Anda telah mempelajari apa itu Blogspot. Singkatnya, Blogspot adalah platform yang ramah pengguna dengan antarmuka yang intuitif dan gratis untuk digunakan.

Layanan dari Google ini menyediakan hosting dan domain untuk membantu pemula dengan mudah membuat blogspot dari PC atau HP. Meskipun Blogspot gratis, namun menawarkan banyak manfaat yang dapat Anda rasakan sebagai pengguna. Kami sudah menjelaskan langkah-langkah membuat blog menggunakan Blogspot.

Selanjutnya, mari wujudkan blog impian Anda. Selamat menikmati blognya!

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

6 mins ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

1 hour ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

1 hour ago

GUI: Cara Mudah Berinteraksi dengan Teknologi

GUI merupakan antarmuka untuk berinteraksi dengan komputer, website, aplikasi, atau perangkat lain. Semula, interaksi hanya…

1 day ago

Membuat Website Multisite Yang Berbasis WordPress

Pernahkah Anda membutuhkan website dengan 1 dashboard utama dan 1 domain yang terhubung ke beberapa…

1 day ago

Ini Dia Aturan Dan Cara Menjalankan PHP

Penulisan dan Aturan PHP Seperti bahasa pemrograman pada umumnya, PHP memiliki aturan penulisan yang spesifik.…

1 day ago