HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian, Cara Kerja dan Tips Sukses Menjalankan Bisnis CPA

Pengertian CPA Marketing

CPA (Cost per Action) Marketing adalah strategi pemasaran online yang memungkinkan untuk mendapatkan komisi dari action yang dilakukan oleh user (leads). CPA marketing memungkinkan mendapatkan komisi lebih banyak karena menggunakan sistem Pay per Leads (PPL).

Action-nya pun beragam, bisa berupa mengisi form, download, install, mencantumkan email, atau melakukan pembelian pada sebuah landing page. Komisi dari setiap platform bisa berbeda-beda dan tergantung action yang dilakukan. Biasanya komisi yang diberikan berkisar antara 1-10% dari harga sebuah produk.

Dalam dunia CPA marketing ada beberapa istilah yang wajib diketahui. Berikut ini beberapa istilah tersebut :

  • Publisher : Orang yang mempromosikan brand, produk, atau bisnis di websitenya.
  • Advertiser : Suatu perusahaan atau pemilik bisnis yang meminta partnership CPA untuk mempromosikan produk atau bisnisnya.
  • CPA Network : Platform yang mewadahi atau mempertemukan Publisher dan Advertiser.
  • Affiliate Manager (AM) : Orang yang bertugas membimbing Publisher dalam menjalankan bisnis CPA.
  • Komisi : Keuntungan dari memasang iklan di website yang diterima oleh Publisher.
  • Action : Tindakan yang dilakukan oleh user pada landing page Advertiser seperti mengisi form, download, install, mencantumkan email, atau melakukan pembelian.

Cara Kerja CPA Marketing

Sebenarnya bisnis CPA Marketing hampir sama seperti program affiliate marketing. Hal itu karena CPA Marketing memang turunan dari affiliate marketing. Namun, supaya lebih jelas, beginilah penjelasan lebih lengkap tentang cara kerja CPA Marketing.

Pertama mendaftar sebagai Publisher di suatu CPA Network. Nanti akan mendapatkan link atau banner milik Advertiser untuk dipasang di website. Pengunjung yang klik link tersebut akan diarahkan ke halaman website milik Advertiser. Jika pengunjung tadi melakukan action yang diminta, misalnya mengisi form registrasi akan mendapatkan komisi.

(Publisher) Memasang Link di Websitenya → Pengunjung klik link → Pengunjung diarahkan ke halaman Advertiser → pengunjung mengisi form registrasi → Dapat komisi.

Bisnis CPA ini juga tidaklah sulit. Hal penting yang dibutuhkan adalah sebuah website.

Alasan Berbisnis CPA itu Layak Dicoba

CPA marketing adalah bisnis yang menguntungkan jika mempromosikan produk ke audience yang tepat.

Berikut ini beberapa alasan mengapa bisnis CPA sangat direkomendasikan, yaitu :

1. Mudah dijalankan

CPA Marketing adalah bisnis yang mudah dijalankan. Hanya perlu memiliki sebuah website aktif dan mendaftar di CPA Network. Selanjutnya akan dibimbing oleh Affiliate Manager (AM) dan mulai mempromosikan produk di website. Setelah itu hanya perlu berusaha untuk meningkatkan traffic website untuk mendapatkan komisi lebih banyak.

2. Minim modal

Salah satu alasan mengapa bisnis ini wajib dicoba adalah minim modal. Bahkan tidak perlu mengeluarkan uang untuk bergabung sebagai Publisher di CPA Network. Satu-satunya yang dibutuhkan hanyalah sebuah website.

3. Peluang untung besar

Dengan sekali posting di website berpeluang mendapatkan keuntungan berlipat. Komisi yang diberikan pun beragam sesuai dengan jenis action yang dilakukan. Untuk meningkatkan peluang untung yang lebih besar harus meningkatkan traffic website.

Bayangkan jika website memiliki 1000 pengunjung setiap hari. Jika setiap action mendapatkan komisi sebesar Rp 1000 bisa mendapatkan Rp 100.000 per hari atau Rp 3.000.000 sebulan untuk 10% pengunjung yang melakukan action tertentu.

4. Jam kerja fleksibel

Bagi yang serius menggeluti bisnis ini sebagai sumber pendapatan utama, memiliki jam kerja yang sangat fleksibel. Bahkan bisa kerja dengan waktu yang bebas. Jika seorang blogger maka hanya harus terus mengupdate dan meningkatkan trafik website.

CPA Networks Terbaik yang Bisa Dipilih

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa CPA Network merupakan platform yang mempertemukan dengan pemilik produk. Jika baru memulai bisnis CPA, cobalah mendaftar di CPA Network yang menerima pemula. Setelah mempunyai pengalaman, barulah mendaftar di CPA Network yang lebih besar.

Setelah diterima sebagai Publisher di CPA Network akan dibimbing oleh seorang Affiliate Manager (AM). Pastikan berkomunikasi secara rutin dengan AM, karena mereka bisa membantu menyukseskan bisnis CPA.

Selain itu juga harus memilih CPA Network dengan reputasi yang baik. Bisa melihat review CPA Network sebelum mendaftar. Berikut ini akan tampilkan top 5 CPA Network yang bisa jadi pertimbangan memilih CPA Network.

1. Peerfly

Peerfly merupakan salah satu CPA Network dengan pertumbuhan member tercepat di dunia. Peerfly sudah memiliki lebih dari 30.000 publisher yang tersebar di 165 negara di seluruh dunia.

Dengan mendapatkan manajer affiliate yang dikhususkan untuk membantu. Selain itu juga akan mendapatkan training tools secara gratis untuk dipelajari. Jadi, CPA Network ini cocok bagi pemula.

Selain itu, Peerfly juga menyediakan banyak kategori produk dari merk terkenal seperti Uber, Agoda, Booking.com, dan masih banyak lagi. Dengan itu, peluang memperoleh keuntungan semakin besar.

2. Maxbounty

CPA Network ini berdiri sejak tahun 2004 dan saat ini Maxbounty dikenal sebagai CPA Network yang paling populer. Maxbounty memiliki ribuan publisher dengan penghasilan yang cukup besar. Selain itu, keuntungan lain yang didapatkan dengan bergabung Maxbounty adalah akan menerima komisi secara mingguan.

Beberapa perusahaan yang terdaftar sebagai advertiser di Maxbounty di antaranya merupakan perusahaan besar seperti Microsoft, Apple, Shutterstock, Alibaba, American Express, dll.

3. ClickDealer

ClickDealer disebut sebagai CPA Network yang cocok untuk Publisher pemula. ClickDealer disebut memiliki beberapa Affiliate Manager yang besar yang siap untuk membantu.

Untuk masalah pembayaran, CPA Network ini menawarkan pembayaran tepat waktu, bahkan mereka juga menawarkan deposito.

4. Globawide Media

Globawide Media sebelumnya dikenal dengan nama Neverblue. Globalwide Media juga merupakan CPA Network yang populer dan dikatakan sepopuler Maxbounty.

Jika mendaftar sebagai Publisher di CPA Network ini bisa memilih kategori bisnis produk yang sesuai dengan website, misalnya E-Commerce, Education, Entertainment, Health Care, Telecommunication, dll.

Selain itu juga mendapatkan produk dan servis yang menarik seperti tool analytic and measurement, email marketing dan Brand Safety.

5. Clickbooth

Clickbooth juga merupakan salah satu CPA Network yang berkembang dengan cepat. Berdiri pada tahun 2002, Clickbooth disebut sebagai CPA Network tertua. Clickbooth disebut juga sebagai salah satu CPA Network yang terkenal.

Clickbooth mengklaim telah membayar lebih dari 100 miliar dolar per tahun untuk publishernya. Itulah mengapa CPA Network ini disebut sebagai favorit CPA network bagi para publisher.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis CPA

Untuk bisa sukses menjalankan bisnis ini harus melakukan persiapan dan strategi yang tepat. Terlebih baru mau memulai bisnis ini. Tentu ingin bisa meraup untung dari bisnis CPA Marketing. Pada bab ini akan memberikan panduan sukses menjalankan bisnis ini. Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini :

1. Memilih CPA networks yang tepat

Dalam Cost per Action Marketing harus mempromosikan produk atau layanan untuk mendapatkan komisi. Tentu harus mencari tawaran mempromosikan produk (CPA offer) di website. Cara mudahnya adalah dengan mendaftar di CPA Network. CPA network akan berperan sebagai penghubung dengan pemilik bisnis.

Namun, di luar sana ada banyak sekali CPA Network, mulai dari yang kecil hingga yang besar dan populer. Selain itu, perlu diketahui bahwa tidak semua CPA Network menerima seorang pemula. Oleh karena itu perlu melihat reviewnya agar diterima di CPA Network yang tepat.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih CPA Network adalah :

  • Kebijakan pembayaran komisi

Setiap CPA Network memiliki kebijakan pembayaran yang berbeda-beda. Misalnya ada ketentuan menahan komisi dengan alasan tertentu. Jadi pastikan membaca ketentuan dan kebijakan pembayaran. Carilah CPA Network dengan review pembayaran publisher yang baik.

  • Reputasi manajer afiliasi

Manajer Afiliasi sangat berperan penting dalam kesuksesan bisnis CPA. Perlu melihat bagaimana reputasi Manajer Afiliasi pada CPA Network tersebut. Pilihlah CPA Network dengan Manajer Afiliasi bereputasi baik.

  • Syarat pendaftaran yang mudah

Untuk seorang pemula, mendaftar sebagai Publisher di CPA Network bisa jadi momok tersendiri. Tidak semua CPA Network langsung menerima sebagai anggota. Dengan melalui proses seleksi terlebih dahulu akan dihubungi untuk konfirmasi identitas dan website. Jadi, pastikan memberikan identitas asli.

2. Mempunyai website

Beberapa CPA Network mewajibkan untuk mempunyai website sebagai syarat pendaftaran. Oleh karena itu, jika tidak mempunyai website, sebaiknya membuatnya sekarang.

Saat ini sudah banyak layanan yang menyediakan hosting dan domain murah untuk membuat website. Selain itu juga bisa menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress untuk membuat website. Jadi, tidak perlu memahami coding untuk membuat website.

3. Meningkatkan traffic website

Saat menjalankan bisnis ini, itu saatnya meningkatkan traffic website. Tenang saja, ada banyak cara meningkatkan trafik website yang bisa diterapkan. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan teknik SEO. Strategi SEO saat ini masih menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan traffic website.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago