HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian, Fitur dan Cara Mengoperasikan Interkom

Pengertian Intercom

Interkom adalah suatu peralatan komunikasi internal atau interkomunikasi yang ditujukan untuk pembicaraan, pemberitahuan atau komunikasi yang terbatas.

Selain itu interkom juga sering disebut interphone atau intertelepon tapi bukan termasuk keluarga telepon karena meskipun menggunakan lebih sering memakai media suara akan tetapi lingkupnya internal. Pada awalnya dulu interkom tersambung dengan menggunakan kabel Beudrat. Kabel inilah yang menjadi perantara suara dapat terkirim dan diterima di masing-masing pengguna.

Interkom ini juga bisa dikombinasikan dengan perangkat komunikasi lainnya seperti pesawat telepon, telepon genggam atau perangkat lainnya yang terhubung dengan listrik. Penggunaannya saat ini paling banyak ditemui dalam perangkat komunikasi HT (Handy Talkie) yang sering digunakan oleh pekerja lapangan atau pada profesi lainnya yang memerlukan komunikasi lebih intens. Handy Talkie ini memiliki jangkauan yang lebih luas dan lebih banyak memakai perangkat jika dibandingkan dengan Walkie Talkie.

Meskipun terlihat memiliki cara kerja yang jadul tapi ternyata interkom ini banyak diterapkan dalam kehidupan modern dan hingga saat ini meskipun memasuki era kejayaan teknologi internet. Selain dalam HT ternyata para pengendara bermotor modern juga menggunakan interkom dalam berkendara, tepatnya di helm.

Hal ini untuk memudahkan komunikasi antar pengemudi dalam satu kendaraan atau untuk navigasi GPS agar tidak tersesat dijalan. Beberapa penggunaan memang berdampak positif namun ada juga yang sebaiknya dihindari, oleh sebab itu perlu kebijaksanaan dalam pemanfaatannya.

Fitur Utama Intercom

Secara garis besar, para tim support akan menghabiskan waktu di tiga bagian utama. Tiga bagian Intercom adalah sebagai berikut :

1. Modul kotak masuk

Modul kotak masuk adalah tempat tim support mengobrol dengan customer. Tim support akan membalas pesan pelanggan, menambahkan artikel berisi penjelasan, memperbarui paket pembayaran pelanggan. Modul Tanggapan adalah satu dari tiga modul utama.

2. Modul pesan

Modul pesan adalah tempat membuat email on-boarding secara otomatis. Fitur ini adalah hal yang besar dan tim biasanya akan menghabiskan banyak waktu disini saat pertama kali memasang Intercom. Ini juga adalah area yang membuat Intercom berbeda dari sistem live chat lainnya dan mungkin karena itulah Intercom menjadi sangat populer. Bisa menggunakan fitur ini untuk menampilkan pesan dalam aplikasi otomatis untuk mendorong percakapan dan menunjukan tautan ke konten utama. Pesan dalam aplikasi adalah ketika datang ke sebuah situs dan kotak live chat terbuka otomatis dengan pesan default yang biasanya menyapa seperti, “Hai, selamat datang di website kami”. Meskipun Intercom memiliki email on-boarding otomatis juga bisa mengirim email secara manual ke semua pelanggan.

3. Modul artikel

Modul artikel adalah bagian bantuan yang berguna untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Bisa memberi tautan mengenai artikel yang bisa membantu pelanggan menangani kesulitan, langsung melalui live chat. Ketika seorang pelanggan mengalami kesulitan dan merupakan permasalahan yang umum terjadi, cukup klik “add”, lalu cari artikel yang sesuai. Fitur SEO-friendly sudah secara otomatis terpasang.

Fungsi dan Kegunaan Interkom

Saat ini mungkin sering menggunakan perangkat handphone untuk melakukan komunikasi antar pengguna secara masal dan dianggap paling efektif.

Namun beda halnya dalam dunia kerja ketika dalam sehari harus terjadi berkali kali interaksi dan harus direspon cepat. Selain pemanfaatan telepon kantor terkadang antar bagian juga menyediakan interkom agar interaksi bisa terjadi lebih efektif tanpa harus tatap muka langsung.

Penggunaan pulsa dan internet saat ini memang dianggap paling mutakhir namun juga memerlukan biaya cukup mahal. Dengan menggunakan interkom komunikasi antar bagian dan instansi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan murah. Ini adalah keunggulan dan fungsi paling dicari dari perangkat interkom.

Saluran komunikasi yang dihasilkan interkom juga lebih luas dan dapat diatur sesuai kebutuhan. Beda dengan Walkie Talkie yang hanya dua arah, dengan Handy Talkie beberapa pengguna dapat masuk pada satu gelombang yang sama dan bergantian melakukan komunikasi.

Dalam lingkup masyarakat pun interkom masih diminati karena bisa difungsikan sebagai media informasi untuk membangun kerukunan sosial. Selain itu dalam kegiatan tertentu seperti kerja bakti atau jalan sehat satu desa pastinya memerlukan komunikasi antar panitia bahkan peserta agar kegiatan dapat berjalan lebih lancar.

Cara Mengoperasikan Interkom

Karena pemakaiannya yang tidak terlalu luas dan banyak yang bahkan baru mendengar mengenai perangkat ini maka wajar jika masih banyak juga yang bingung bagaimana cara mengoperasikan interkom. Pada kesempatan ini penulis selain menjelaskan mengenai interkom juga menjelaskan cara pengoperasiannya. Langsung saja dapat disimak dibawah ini :

Penggunaan interkom pada dasarnya ada 2 jenis yakni untuk kantor dan penggunaan umum, dapat disetting sesuai kebutuhan masing-masing. Namun untuk penggunaan kantor memang cenderung lebih mudah akan tetapi sebelumnya harus disetting sedemikian rupa agak lebih efektif. Pada lingkup kantor atau perusahaan interkom juga biasa disebut aiphone.

Untuk menggunakannya cukup mudah yakni hanya perlu mengangkat gagang aiphone / interkom lalu mulai memilih saluran yang dinginkan (bisa juga disetting otomatis). Setelah itu tekan tombol “C” yang dimaksudkan untuk memanggil (Calling) tunggu sampai keluar nada panggilan seperti telepon pada umumnya. Setelah diangkat pembicaraan bisa mulai dilakukan.

Sedangkan pada perangkat HT hampir sama seperti telepon namun tetap harus mencari saluran yang tepat. Ketika berbicara dan mendengar juga terbagi menjadi dua gelombang khusus sehingga tidak dapat dilakukan bersamaan.

Sedangkan untuk penggunaan umum atau pada masyarakat luas caranya hampir sama namun biasanya perangkat tidak dalam kondisi stand by karena penggunaannya yang tidak terlalu sering, jadi sebelumnya harus tekan tombol “ON” dulu untuk menyalakan. Pilihlah saluran yang dinginkan lalu setelah ketemu pembicaraan sudah dapat dilakukan.

Untuk perawatan interkom/aiphone baik di lingkungan kantor maupun umum caranya sama saja. Untuk letak atau posisinya pastikan sudah berada ditempat paling aman agar tidak jatuh atau tersenggol. Bagian luar dari aiphone dibersihkan dengan kain halus dan minyak pembersih secara berkala dan di bagian microphonenya juga sering-sering diberi deodorant khusus.

Tadi juga sempat disinggung mengenai penggunaan interkom ketika berkendara, bagi yang masih penasaran disini penulis juga akan sedikit menjelaskan mengenai penggunaannya. Pada umumnya interkom khusus yang dipakai saat berkendara sudah dipasang sedemikian rupa ke helm yang dipakai, jadi untuk helmnya juga tidak bisa sembarangan.

Interkom terlebih dahulu dihubungkan dengan perangkat handphone agar ketika ada panggilan dapat langsung masuk serta memudahkan pemakaian GPS voice. Tidak lupa juga interkom harus berada dalam mode “ON” ketika mulai berkendara. Dalam pemakaian tertentu pun juga ada yang dilengkapi dengan action cam.

Meskipun tergolong memiliki prinsip kerja yang tradisional ternyata interkom juga masih diminati oleh kalangan pemuda serta dapat membantu di pekerjaan tertentu. Namun tetap harus bijaksana menyiasati pemakaiannya (terutama ketika berkendara) agar keamanan juga tetap terjaga.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

12 hours ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

13 hours ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

1 day ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

2 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

3 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

4 days ago