HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian GNS3 Dan Fitur-Fiturnya

Setiap orang yang memiliki akttivitas dibidang komputer tentunya mengetahui tentang program yang satu ini.Apalagi jika berencana mengambil sertifikasi jaringan melalui Cisco,seperti CCNA,CCNP dan CCIE.Selain itu juga dapat dikolaborasikan dengan juniper sebagai persiapan belajar untuk mengambil sertifikasi juniper,seperti JNCIA dan JNCIE.Secara teknikal,jika dibandingkan dengan program netwok simulator program lainnya,simulator program yang satu ini lebih rumit,berbeda sekali dengan simulator jaringan paket tracer atau boson netsim.Hal ini disebabkan,GNS3 mengemulasikan real cisco iOS.

Berikut ini kita bahas pengertian dan juga pembahasan mengenai fitur-fiturnya :

Pengertian GNS3

Aplikasi GNS3 merupakan aplikasi simulator jaringan berbasis GUI yang didirikan tahun 2008.Fungsi GNS3 yakni mensimulasikan topologi jaringan yang lebih kompleks jika dibandingkan dengan jenis simulator lainnya.Hal ini dikarenakan menggunakan operating system asli yang berasal dari perangkat jaringan seperti cisco atau juniper.Sehingga,seseorang yang menggunakannya akan merasa didunia yang nyata dalam hal mengkonfigurasi router langsung,jauh lebih bagus daripada cisco packet tracer.Program ini pun dapat dipergunakan diseluruh sistem,seperti windows,linux atau MAC OS X.

Dahulu untuk dapat mengemulasikan router cisco,para pengguna diharuskan menginstall dynamips terlebih dahulu yang dapat dilakukan windows,linux,freeSBD atau mac os.Nah,dengan menggunakan program ini,semuanya sudah terinclude,sudah dikemas sedemikian rupa termasuk interfacenya.Hal ini tentunya sangat memudahkan para pengguna.

Serta pada umumnya program ini sering digunakan sebagai simulator router,seperti cisco,juniper,mikrotik hingga virtual machine.Jarang sekali digunakan untuk simulator router switch yang tentunya manageable seperti switch milik cisco.Tetapi,bukannya tidak mungkin program ini digunakan untuk mengsimulasikan switch.Adapun alasan yakni untuk menggunakan simulator network ini,yakni :

  1. Program ini memberikan freedom pada pengguna alias bersifat free atau open-source.Dalam hal open source,kode sumber terbuka sehingga membuat pengguna dapat berkontribusi di github.
  2. Program ini menjadi tools simulasi network terfavorit hingga kini.Pengguna sekaligus komunitasnya banyak.Selain itu, supportnya mudah didapatkan.

Fitur-Fitur Pada GNS3

Program ini berbeda dengan paket tracer alias program ini tidak bersifat included,contohnya,Tidak memiliki simulation mode.Hal ini disebabkan,yang disimulasikan adalah real devices,bisa dengan menggunakan sniffer seperti wireshark atau TCP dumb.Tutorital program ini tidak terdapat diaplikasi, melainkan kalian harus mencarinya sendiri,seperti di website milik program ini sendiri,forum atau buku.Kalian juga bisa memanfaatkan fasilitas berbayar.

Komponen GNS3

Komponen-komponen yang ada pada GNS3,yakni  :

  • Dynamips (Emulator Router Cisco)

Penggunaan program ini umumnya digunakan untuk simulasi perangkat cisco.Emulator dynamips pada program ini berguna untuk mengemulasikan cisco.Artinya jika kalian memiliki image (OS-nya),kalian sudah bisa menggunakan program ini.Untuk kekurangan program ini yakni simulasi switch diprogram ini menggunakan ios router yang sifatnya sangat terbatas.Bahkan terdapat fitur yang tidak dapat berjalan.

  • Virtualiasi (Qemu,VMware dan VirtualBox)

Ada saatnya kalian membutuhkan simulasi  perangkat lain,seperti : windows,linux server,mikrotik hingga juniper.Bahkan terdapat perangkat high end lain,seperti firewall palo,alto,F5,ASA atau switch data center lain seperti nexus dan arista.

Hampir semua jenis perangkat ini dapat disimulasikan pada program ini.Kalian hanya perlu melakukan initial setting,bahkan beberapa diantaranya sudah memiliki template yang disediakan oleh developer GNS3 sendiri.Jadi,kalian hanya perlu memasukkan imagenya saja.Semua perangkat yang sudah disebutkan (windows,linux,mikrotik dan sebagainya) dapat langsung dihubungkan dengan perangkat lain meskipun berada dalam lingkungan yang berbeda.

  • Docker Container

Dukungan fitur ini baru diimplementasikan pada program ini tepatnya sejak GNS3 versi 15.Fitur yang satu ini berawal dari google summer of code yang pada akhirnya diikuti oleh goran cetusic.

  • IOU : iOS on Unix

IOU dikenal juga iol atau ios on unix,berjalan sebagai program atau running program dilingkungan unix.Hal ini tentu berbeda dengan simulasi cisco ios pada dynamips.Keuntungan Penggunaan IOU yakni : Komponen yang satu ini membutuhkan resource yang lebih kecil jika dibandingkan dengan penggunaan dynamips.Membuat kalian dapat langsung menggunakan ios 15 alias terbaru,jika dibandingkan dengan dynamips yang masih 12.54.

Jika kalian ingin menggunakan ios 15,kalian tidak harus menggunakan iou,Cukup mengunakan cisco 7200 pada dynamips. Tetapi RAM yang dibutuhkan mencapai 512MB sementara dengan iou hanya membutuhkan puluhan MB saja.

  • VPCS dan Perangkat Simulasi Build-In

Merupakan program untuk mensimulasikan komputer dan fitur yang dimiliki tidak banyak,pada umumnya hanya tools network connectivity seperti PING.VPCS sangat berfungsi sekali untuk mengsimulasikan end-device.

Pada GNS3 sudah include dan terintegrasi dengan VPCS dan resource yang dibutuhkan adalah 2MB.Selain itu,saat membutuhkan virtual switch atau hub juga sudah tersedia diprogram ini.Hal ini sangat bermanfaat saat kalian membutuhkan manageable switch yang terletak pada virtual lab.Bahkan,dalam aplikasi versi 20 sudah terdapat appliance cloud yang siap digunakan.

Fungsinya untuk menghubungkan vitual lab kalian dengan internet.Berbanding terbalik dengan sebelumnya dimana kalian harus melakukan sharing connection dulu dari main network adapter kepada virtual network adapter.

  • Integrasi dengan Wireshark

Wireshark sudah terintegrasi dengan GNS3.Jika kalian ingin menganalisa network sangat mudah,kalian cukup klick sekaligus mengcapture.Selanjutnya cukup menganalisa.Namun,pada umumnya tidak ada bedanya dengan real environment.

Fitur Berkembang Tahun 2017

Ada juga fitur- fitur yang berkembang ditahun 2017,seperti fitur dynagen yang berfungsi untuk menyederhanakan konfigurasi dynamips hingga fitur winPCAP yang merupakan tool standar yang dipergunakan pada industri yang berfungsi untuk mengakses link-layer network pada lingkungan kerja windows.

Selain memiliki fitur sendiri,terdapat fitur yang didukung oleh program GNS3,seperti :

  • Desain jaringan kualitas tinggi sekaligus jaringan topologi kompleks.
  • Mengemulasikan berbagai platform seperti Cisco IOS router,IPS,PIX hingga ASA firewall,JUNOS.
  • Simulasi ethernet bersifat sederhana,ATM sekaligus frame rlay switch.
  • Koneksi antara jaringan simulasi dengan jaringan yang sesungguhnya dalam dunia nyata.
  • Bisa dihubungkan ke jaringan fisik.
  • Bisa diintegrasikan dengan wireshark,seperti tools packet capture atau analyzer untuk menganalisa traffic.

Demikian artikel informasi mengenai program GNS3,beserta fitur-fiturnya.Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semuanya.

4.5/5 - (2 votes)
feni

Recent Posts

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

55 mins ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

19 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

1 day ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

2 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago