HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Site Health Tool : Pengertian, Cara Kerja dan Cara Melihat Status

Pengertian Site Health Tool

Site Health adalah fitur yang pertama kali rilis pada WordPress versi 5.2. Fitur ini dapat ditemukan melalui menu “Tools” pada dashboard WordPress.

Site Health Tool pertama kali dibuat untuk dua fungsi berikut :

  • Memungkinkan pengguna untuk melakukan self-service pada website mereka.
  • Memudahkan para developer untuk melakukan debug dalam proyek yang mereka kerjakan.

Bila ingin menggunakan tools yang satu ini, bisa login ke dashboard admin WordPress, lalu masuk ke menu Tools » Site Health atau jika WordPress menggunakan Bahasa Indonesia, pilih menu Peralatan » Kesehatan Situs. Melalui halaman tersebut akan menemukan 2 tab, yakni Status dan Info.

Hal yang perlu diketahui, menjaga dan meningkatkan kesehatan website adalah hal penting yang harus dipahami. Status site health yang baik tentunya akan membuat website tersebut dapat memberi performa terbaik.

Selain itu, ketatnya persaingan antar kompetitor untuk mendapatkan audiens membuat website yang memiliki performa baik. Dan juga lebih menonjol dan memiliki ranking lebih baik pada mesin pencari.

Selanjutnya, website dengan performa optimal juga membuat audiens nyaman berlama-lama ada di website kita dan dapat menjadikan mereka pengunjung loyal yang datang secara berulang.

Alasan lainnya, mengapa menjaga status site health sangat penting adalah untuk meningkatkan keamanan situs. Tingginya tingkat cyber crime, serta banyaknya pencurian data yang bisa dilakukan. Tentu membuat keamanan situs merupakan salah satu hal krusial yang harus diperhatikan sebagai pemilik website.

Cara Kerja WordPress Site Health

Tools untuk mengecek Site Health pada WordPress menggunakan 17 tes untuk menentukan seberapa sehat website. Ketika klik opsi “Site Health”. WordPress akan mengoperasikan beberapa tes dan pengecekan.

Selanjutnya, kesehatan website akan diberi skor seperti “Good” (Bagus) atau “Should be Improved” (Perlu peningkatan). Selain itu, WordPress juga akan memberi rekomendasi tentang apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan skor tersebut.

Selanjutnya, Site Health memberikan insight yang luas seputar optimasi website. Hal ini untuk membuat website semakin optimal performanya. Berikut ini adalah beberapa saran seputar optimasi website yang biasanya tampil saat mengecek Site Health :

  • Mengupgrade versi PHP.
  • Menonaktifkan plugin yang tidak terpakai.
  • Mengimplementasikan HTTPS.
  • Mengecek ketersediaan REST API.
  • Mengecek komentar spam.
  • Mengupdate tema.

Seberapa Penting Fitur Site Health Check WordPress?

Fitur site health check pada WordPress adalah salah satu fitur yang memindai situs untuk beberapa masalah keamanan dan performa yang umum. Hasil pada fitur ini.

sebelumnya berupa persentase, namun kini skor menunjukan keterangan berupa Good atau Should be improved. Keamanan dan kinerja adalah dua faktor yang paling penting dari sekian banyak faktor yang membuat situs WordPress lebih baik, oleh itu sangat penting untuk membuat situs dapat dimuat dengan cepat dan mengatasi kerentanan apa pun yang dapat membahayakan situs atau pengunjung.

Namun, dalam mengupayakan peningkatan kecepatan dan memastikan keamanan situs bukan perkara yang mudah. Dengan begitu banyak praktik pengujian situs yang perlu dipertimbangkan. Mungkin bingung untuk mulai dari mana. Selain pekerjaan ini jika dilakukan manual, mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih banyak bila belum memikirkan aspek kecepatan dan keamanan tentang situs. Disinilah peran fitur site health check WordPress membantu masalah.

Fitur ini terus memantau situs web dan memberikan rekomendasi perencanaan yang jelas dan dapat ditindaklanjuti tentang cara meningkatkan keamanan dan kinerja situs. Rekomendasi site health check ini adalah titik awal yang solid untuk mengoptimalkan situs, meskipun belum tentu komprehensif. Dapat menemukan fitur ini pada bagian Tools » Site Health di cPanel WordPress. Selanjutnya akan menemukan bagaimana cara membuat skor site health di WordPress menjadi 100.

Cara Melihat Status Site Health

Site Health akan mengirimkan notifikasi seputar elemen apa saja yang harus diperbaiki untuk meningkatkan performa website. Berikut simak penjelasan cara melihat status site health, yaitu :

1. Mulai Menggunakan Site Health

Masuk ke dashboard WordPress dan temukan Site Health melalui menu Tools/Peralatan. Akan menemukan pilihan Site Health. Setelah itu, tampilan berikut ini akan muncul :

Ada dua tab dalam menu Site Health, yakni Status dan Info. Selain itu, ada juga skor yang menunjukkan kondisi kesehatan website pada bagian paling atas.

2. Site Health Status

Pada Tab Site Health Status dapat melihat detail informasi tentang beberapa kesalahan yang dapat menurunkan performa situs WordPress.Tools ini juga memberi rekomendasi tentang apa solusi apa saja yang bisa kita tempuh untuk meningkatkan kesehatan situs tersebut. Site Health Tool ini bisa mendeteksi banyak masalah. Mulai dari plugin yang sudah lama tidak digunakan, bahasa pemrograman yang harus diupdate, dan lain-lain.

Dengan memanfaatkan fitur pendeteksi masalah ini. Kita bisa mendapat rekomendasi perbaikan untuk masing-masing masalah. Ada tiga tingkat urgensi masalah dalam Site Health Tool.

  • Critical Issues – Merupakan isu yang sangat mendesak dan harus segera diselesaikan.
  • Recommended Improvements – Masalah yang bisa diperbaiki untuk meningkatkan performa website, Namun urgensinya belum terlalu mendesak.
  • Passed Test – Tidak ada isu, masalah berhasil teratasi.

Jika ingin mendapatkan skor Site Health yang baik harus menyelesaikan masalah-masalah ini. Diantaranya yang memiliki status critical issues dan recommended improvements. Perhatikan setiap detail masalah dan solusi yang diberikan oleh WordPress, lalu perbaiki satu per satu untuk performa website yang lebih baik.

3. Site Health Info

Dengan menggunakan pilihan Site Health Info dapat mengetahui informasi seputar website. Ada banyak informasi yang tersedia pada tab Site Health Info, mulai dari keseluruhan situs WordPress, jumlah pengguna, serta status server dan database.

Data-data yang terdapat pada Site Health Info dapat disalin dengan menu “Salin info situs ke papan klip”. Berbagai informasi ini memberi pengetahuan lengkap tentang bagaimana cara merawat website.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago