HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian, Jenis Dan Harga Rack Server

Diluar sana ada banyak beberapa jenis dan tipe hardware yang digunakan untuk mendukung  berbagai macam bisnis dan industri. Rack server adalah salah satunya.

Secara teori, rack server adalah sebuah tumpukan komputer bertenaga tinggi yang sangat ideal untuk menjalankan program berat di bawah segala macam kondisi. Selain itu, rack server juga terkenal akan ruang penyimpanan yang hemat, skalabilitas, kemampuan upgrade, serta kemampuan ekspansinya.

Pengertian Rack Server

Secara garis besar, rack server adalah sebuah rack yang dirancang khusus untuk menjadi penyimpanan server tersusun yang ditempatkan dalam struktur persegi panjang. Penyusunan server yang seperti ini bertujuan untuk melancarkan semua jaringan yang ada di dalamnya seperti koneksi HUB, Switch, dan komputer.

Satu penyimpanan rack server tunggal akan mempunyai beberapa server berbeda yang bertumpuk di dalamnya. Hal ini dilakukan untuk menghemat ruang penyimpanan. Selain itu untuk membuat lokasi penyimpanan lebih efisien menggunakan teknologi rack server juga akan meningkatkan aliran udara maksimal ruangan tersebut. Dibarengi dengan sistem pendingin yang baik, tentunya hal ini akan memudahkan maintenance dan diagnostik teratur semua server yang ada di ruangan tersebut.

Meskipun mirip dengan tower server, kedua jenis server ini cukup berbeda. Tower server adalah sebuah kabinet yang berdiri sendiri dan cenderung lebih tinggi. Sebaliknya rack server memungkinkan akses ke server dengan membuka penutup yang bisa ditemukan pada kedua sisi server rack tersebut.

Sama seperti server pada umumnya, rack server menyediakan data dan layanan khusus untuk klien yang menyimpan data dan informasi di dalamnya. Rack server umumnya berada di dalam pusat data (data center) yang penuh akan ratusan atau bahkan ribuan lemari dan rak server.

Ukuran Rack Server

Umumnya, sebagian besar rack server memiliki lebar dan standar konfigurasi industri sebesar 19 inch. Namun ada juga yang menawarkan server dengan lebar 23 inci dan 24 inch. Ketinggian rak server biasanya diukur dalam unit rak. Satu unit rak (U) sama dengan 1,75 inci. Untuk menentukan tinggi totalnya, cukup kalikan nomor unit rak dengan 1,75 inci.

Unit satuan dari rack server dikenal dengan Unit Dimension yang terdiri dari (Weight x Height x Depth) yang dimiliki sebuah rack server beserta daya tampung yang mampu ditoleransi oleh rack server.

Sampai saat ini ukuran rack server ialah :

Name Dimension
1U 19” x 1.75” x 17.7” 19” x 1.75” x 19.7” 19” x 1.75” x 21.5”
2U 19” x 3.5” x 17.7” H= 19” x 3.5” x 20.9” 19” x 3.5” x 24”
3U 17.1” x 5.1” x 25.5”
5U 19” x 8.34” x 19.67” x 19.1” x 8.75” x 26.4”
6U 19” x 10.5” x 19.5”
7U 17” x 12.2” x 19.8”

Pada sistem rackmount, pengaturan server yang berjumlah lebih dari dua unit atau lebih dapat ditata dengan baik dan rapi. Rackmount biasanya digunakan oleh institusi yang menggunakan fungsionalitas server yang berbeda pada masing-masing rack. Misalnya Web Server, Database Server, dan seterusnya.

Jenis Rack Server

Rack server juga memiliki banyak pilihan dan jenis. Berikut adalah 3 jenis desain rack server yang akan sering ditemui di pasaran, yaitu :

1. Closed Rack

Closed rack adalah salah satu jenis rack server yang paling umum. Sesuai dengan namanya, server ini adalah tipe rak tertutup yang dilengkapi dengan ventilasi double roof fan. Server tertutup biasanya menggunakan pintu kaca dan penutup penyimpanan rak server yang terbuat dari bahan paling kuat dan kaku seperti metal galvanis.

Jenis server closed ini mampu menahan total beban hingga 50 kilogram. Sedangkan, harga pasaran dari server tersebut pun mempunyai harga sekitar 7 jutaan. Jenis rak server tertutup harus disimpan di dalam ruangan yang bersuhu dingin agar semua perangkat aktif yang ada didalamnya bisa tetap bekerja secara efektif dan efisien.

2. Open Rack

Sesuai dengan namanya, open rack adalah jenis server sederhana yang paling umum digunakan. Semua peralatan yang ada di dalamnya tertata dengan sangat sederhana.

Inilah yang membuat harga open rack ini jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis rak lainnya. Jenis rack ini cocok bagi yang tidak membutuhkan penyimpanan besar.

3. Wallmount Rack

Wallmount rack adalah jenis rack server lainnya yang sering digunakan untuk menyimpan segala perangkat networking seperti HUB, Switch, Modem, dan lain sebagainya.

Rak server jenis ini umumnya memiliki satu pintu dan mempunyai model yang sangat sederhana. Namun, ada juga beberapa wallmount rack yang mempunyai model dua pintu.

Manfaat Penggunaan Rack Server

Bagi pemilik server, terutama perusahaan-perusahaan besar, rack server merupakan salah satu alat paling penting yang harus dimiliki. Berikut 4 manfaat yang dapat diberikan oleh rack server, yaitu :

1. Meningkatkan Kinerja Perangkat Server

Untuk menjaga agar server berjalan dengan lancar, dibutuhkan aliran udara yang baik. Jika aliran udara terganggu, maka suhu perangkat akan naik, dan kinerja server akan menurun. Selain itu, perangkat juga berisiko mengalami overheating.

Rack server telah dirancang untuk menjaga agar server tetap berjalan lancar. Beberapa rack server juga dilengkapi dengan pendingin udara sendiri, sehingga suhu perangkat server akan tetap berada dalam batasan yang normal. Dengan begitu, kinerja perangkat server akan bertambah, dan risiko server down akan lebih dapat dicegah.

2. Meningkatkan Keamanan

Selain melindungi server dari udara luar dan objek lain yang dapat mengganggu, rack server juga dapat melindungi data yang ada di dalam server itu. Jika memiliki server dalam jumlah yang besar, tentu saja membutuhkan keamanan yang lebih. Rack server dapat menjaga server agar terhindar dari gangguan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Bisa memasang kunci agar hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

3. Mempermudah Perawatan

Di dalam rak server, semua perangkat dan kabelnya bisa disusun dengan rapi. Hal ini membuat perawatannya semakin mudah untuk dilakukan. Semua ada pada tempatnya, dan jika ada masalah, sumber masalah akan lebih cepat terdeteksi. Kabel-kabel perangkat yang ada di dalamnya sudah disusun secara teratur sejak pemasangan rak server.

Dengan perawatan yang mudah tentu tidak perlu khawatir jika ada masalah pada server. Rack server telah membuat perawatannya jadi lebih sistematis dan mudah.

4. Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Ada banyak jenis rack server yang tersedia di pasaran. Mulai dari tipe, ukuran, jumlah pintu, mesin pendingin, dan lain-lain. Jika itu tidak cukup bisa merancangnya dengan desain sendiri, sesuai yang dibutuhkan.

Saat ini, terdapat banyak vendor yang menyediakan jasa rancangan rack server. Bisa memilih sesuai dengan harga yang sesuai dengan bujet, dan kualitas yang diinginkan.

Harga Rack Server

Perhatikan kebutuhan dan pilih ukuran rack server yang paling sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Seandainya kebutuhan tidak terlalu banyak ada baiknya merancang rack server sendiri. Namun terlebih dahulu, amati harga rack server yang berlaku secara umum di pasaran berikut ini :

  • APC Netshelter SX 19”, closed rack server 42U 1070mm, harganya cukup fantastis yakni sekitar 21 Jutaan.
  • Eaton Micro Data Center ETN-MDCS32, harganya lebih fantastis lagi, yaitu sekitar 200 jutaan. Cocok bagi yang memiliki institusi.
  • Innovation rack IRA Series 19” Closed 42U, harganya lumayan di bawah daripada dua rack server sebelumnya yakni 15 Jutaan.
  • Indorack standing close rack 32U, harganya malah lebih murah, yakni hanya sekitar 12 Jutaan.
  • Indorack Open Rack Server 32U OR32, harganya mungkin yang paling terjangkau, yakni sekitar 3 Jutaan. Desainnya berupa rack server kecil.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago