HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Masih Bingung Apa Itu Link? Ini Penjelasan Jelasnya

Link merupakan istilah yang sering didengar terutama oleh orang-orang yang menggunakan media sosial dan internet. Tautan atau link, secara bahasa berarti koneksi. Namun biasanya link ini digunakan untuk berbagi video, dan postingan kepada orang lain atau untuk menghasilkan uang.

Ternyata link memiliki beberapa jenis loh. Ingin tahu apa saja jenisnya? Anda membaca artikel yang tepat karena pada artikel ini Hosteko menjelaskan pengertian artikel, fitur, dan berbagai jenis link. Sekarang, teruslah membaca artikel ini sampai akhir!

Link adalah Koneksi

Seperti yang sudah kita katakan di awal, tautan atau link adalah koneksi. Namun pengertian link secara luas adalah alamat yang menghubungkan satu halaman dengan halaman lainnya sehingga memungkinkan pengguna mengakses berbagai informasi.

Tahukah anda bentuk link? Jadi jika Anda melihat sesuatu yang tertulis dengan warna biru dan Anda dapat mengklik artikel atau teks tersebut, berarti itu adalah sebuah link. Link ini dapat disematkan dalam berbagai hal, termasuk teks, gambar, dan elemen HTML.

Jika Anda berkecimpung di dunia marketing, Anda pasti tahu bahwa link juga memainkan peran penting dalam SEO. Link dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website Anda. Selain itu, link tersebut berisi kata kunci yang Anda cari dan mengarahkan Anda ke situs web terkenal dan tepercaya. Apa fungsi umum link? Temukan jawabannya di bawah ini.

Fungsi Apa yang Dimiliki Link?

Telah kami jelaskan bahwa link memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah website. Link tampaknya memiliki lebih banyak fungsi daripada sekadar berbagi konten dan menghubungkan halaman. Apa aja sih fungsinya? Mari kita lihat fitur-fiturnya pada tautan berikut:

1. Memudahkan pencarian informasi

Fungsi link yang pertama adalah membantu pengguna dalam mencari informasi. Apabila Anda menemukan artikel yang tertera tulisan berwarna biru dan ketika diklik akan mengarahkan Anda ke suatu halaman baru. Maka hal ini memudahkan pencarian dan memungkinkan Anda menggali lebih dalam informasi di website ini.

2. Memfasilitasi berbagi informasi

Link berikut memfasilitasi pertukaran informasi antar pengguna Internet. Saat ini kebutuhan akan media sosial semakin meningkat dan beragam informasi dapat dibagikan melalui media sosial. Informasi ini biasanya mengarah ke sesuatu seperti toko online atau saluran YouTube. Tautan ini memudahkan semua orang untuk berbagi informasi sehingga orang lain yang melihatnya tidak perlu bingung saat mencarinya sendiri.

3. Dapat digunakan sebagai bookmarks

Berikutnya adalah fungsi link yang dapat digunakan sebagai bookmark. Jika Anda sering membuka website dengan alamat berbeda-beda, Anda pasti ingin bisa mengakses alamat berbeda tersebut dengan mudah bukan? Anda bisa menggunakan link ini untuk menyimpannya dalam bentuk bookmark.

Misalnya pada browser Google Chrome, bookmark yang disimpan sebelumnya muncul di bagian bawah kolom pencarian. Di sana Anda bisa mengeklik link yang kemudian akan membawa Anda langsung ke situs web yang Anda simpan sebelumnya. Itu cukup membantu! Dengan fitur link ini, Anda tidak perlu lagi khawatir mencari alamat website yang ingin ditautkan.

4. Mempermudah untuk menemukan halaman baru

Fitur link berikut dimaksudkan untuk membantu pengunjung menemukan website baru. Maksudnya itu apa? Jadi ketika seseorang mengunjungi sebuah website dan membaca sebuah artikel, biasanya ada link eksternal yang disematkan oleh penulisnya. Mengklik link tersebut akan mengarahkan pengunjung ke situs web lain. Fungsi link inilah yang memudahkan pengunjung menemukan informasi lebih lanjut.

5. Menghubungkan dokumen HTML

Selanjutnya Anda dapat menggunakan fitur link untuk menghubungkan dokumen HTML di website Anda. Fitur link satu ini memungkinkan pengguna situs web membuka file tertentu dengan mudah tanpa harus mencarinya satu per satu. Saat Anda mengeklik tautan di situs web, dokumen tertentu akan terbuka secara otomatis.

6. Menentukan peringkat dalam mesin pencari

Dalam SEO, website yang memiliki link sebenarnya dapat mempengaruhi peringkat mesin pencari Google loh! Misalnya, sematkan internal link pada artikel atau website untuk mengarahkan pengunjung website ke informasi lain di website Anda. Oleh karena itu, fungsi tautan ini dapat mempengaruhi jumlah lalu lintas dan pengunjung situs web.

7. Dapat digunakan sebagai identitas sebuah website

Terakhir, ciri khas dari link adalah dapat digunakan sebagai identitas sebuah website. Jika Anda memiliki situs web, Anda memerlukan ID ini agar pengunjung Anda dapat memahami konten apa yang mereka lihat. Oleh karena itu, pengunjung Anda akan tertarik menjelajahi website Anda dan menggunakannya untuk mencari informasi lainnya.

Saat membahas fungsi link ini, istilah berikut selalu muncul, seperti link internal dan eksternal. Keduanya adalah jenis link. Namun masih banyak jenis link lainnya yang akan kita bahas nanti. Mari kita bahas satu per satu!

Apa Saja Jenis Linknya?

Kita telah mempelajari bahwa ada banyak jenis link berbeda yang dapat Anda gunakan di situs web Anda. Apa saja jenis linknya?

1. Backlink

Jenis link yang pertama adalah backlink. Backlink bisa diartikan sebagai jenis link yang mengarahkan pengunjung ke website lain. Jenis link ini membantu pengunjung website menemukan informasi tambahan yang tidak disediakan di website aslinya. Menambahkan backlink membantu Anda membuat konten berkualitas tinggi dengan informasi lengkap.

Banyaknya backlink juga menentukan posisi suatu website di SERPs (Search Engine Results Page). Semakin tinggi peringkat website Anda di SERPs, semakin baik SEO-nya. Backlink masih dikategorikan menjadi beberapa jenis seperti, contohnya guest post backlink, editorial backlink, dll.

2. Internal link

Internal link adalah jenis link yang berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya di website yang sama. Link internal ini memudahkan mesin pencari menemukan Anda, meningkatkan trafik pengunjung, dan meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari.

Menambahkan link jenis ini dengan kata kunci terkait adalah cara efektif untuk meningkatkan nilai SEO Anda. Misalnya saat Anda membuat artikel, di dalam artikel tersebut terdapat link yang membawa Anda ke halaman artikel lain yang masih ada di website kita. Artikel ini memiliki contoh tautan internal kata HTML ini.

3. Eksternal link

Berbeda dengan internal link, external link adalah link yang mengarahkan pengguna ke halaman lain di luar website Anda. Jenis link ini sebenarnya tidak mempengaruhi SEO website Anda, melainkan SEO website yang Anda gunakan sebagai hyperlink. Karena semakin banyak lalu lintas yang datang ke situs web Anda berkat tautan eksternal yang Anda tautkan.

4. Short link

Jenis link berikut ini adalah short link. Short link adalah versi singkat dari URL yang dapat Anda peroleh untuk mendistribusikan konten secara online. Nantinya, Anda bisa mempersingkat link yang panjang agar lebih bersih dan mudah dibaca saat dibagikan di media sosial. Untuk membuat short link sederhana, Anda dapat menggunakan beberapa situs web, sepert Bitly, TinyURL, Rebrandly, Yourls, dan masih banyak lainnya.

5. Broken link

Broken link adalah jenis link berikutnya. Dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa Broken Link merupakan link yang sudah tidak bisa diakses lagi oleh pengguna. Jika Anda menggunakan browser, broken link ini biasanya menghasilkan halaman 404 Not Found. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk situs web yang sudah tidak ada atau alamatnya berubah.

6. Safe link

Safe link dalah situs web yang dibuat dengan tujuan untuk mengarahkan pengguna dari situs web asal ke situs web tujuan. Tujuannya adalah untuk melindungi link dari akses tidak sah oleh server. Jika tautan yang Anda buka ternyata tidak aman, Anda akan menerima pesan peringatan dengan dua pilihan apakah ingin tetap melanjutkan membuka website atau meninggalkannya.

7. Link building

Jenis link yang terakhir adalah link building. Link building adalah strategi membangun backlink atau backward link dengan tujuan meningkatkan referral domain sebagai faktor penting yang berperan dalam meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan Google terhadap domain Anda dan meningkatkan peringkat website Anda.

Sudahkah Mengerti Apa itu Link?

Link yang umum digunakan dalam berbagai aktivitas cyber. Kita dapat menyimpulkan bahwa link adalah tautan yang mengarah ke informasi berbeda yang dibutuhkan pengguna. Ternyata ada banyak fitur linking dan jenis link yang tersedia. Seberapa tertarik Anda menggunakan tautan di situs web Anda? Nah, link ini sendiri memiliki implikasi SEO.

Misalnya, penggunaan tautan internal dapat memengaruhi peringkat situs web Anda di Google. Pasalnya, memudahkan Google untuk meng-crawl dan memahami hubungan antar konten di website Anda. Mulailah dengan mengoptimalkan tautan di situs web Anda agar mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari.

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Memahami SEO: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

SEO (Search Engine Optimization) mengoptimalkan kualitas konten Anda dari berbagai sudut pandang agar website Anda…

17 hours ago

Sangat Mudah! Begini Caranya Membuat Stiker WhatsApp

Halo Sobat Hosteko! Apakah Anda pengguna WhatsApp? Saat ini siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? Mulai…

23 hours ago

Web Tidak Bisa Dibuka? Yuk Ketahui Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Website adalah teknologi buatan manusia dan tidak dapat menghindari masalah. Salah satunya adalah website tidak…

2 days ago

Panduan tentang TLD: Memahami Top-Level Domain untuk Website Anda

Jika sudah memiliki website, Anda pasti tahu betapa pentingnya nama domain untuk branding online. Namun…

2 days ago

Solusi Sederhana untuk Mengatasi Render-Blocking JavaScript dan CSS di WordPress

Kecepatan memuat website adalah salah satu faktor terpenting dalam menarik dan mengumpulkan pengunjung. Jika semuanya…

3 days ago

Begini Caranya! Langkah Menciptakan Login Form Dengan HTML dan CSS

Banyak orang yang familiar dengan istilah login form. Login form biasanya menyertakan inputan yang harus…

3 days ago