HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

5+ Tools Online Terbaik untuk Cek Website Down atau Tidak

Setelah website berhasil dihosting dan digunakan oleh banyak pengguna, kamu masih perlu melakukan banyak aktivitas untuk mengelola website. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah memeriksa secara berkala apakah website kamu sedang down atau tidak. Ini karena ketersediaan dan aksesibilitas website adalah bagian penting dari proses bisnis bisnis.

Sebagian besar perusahaan yang memiliki website memiliki tim monitoring yang memantau aktivitas website setiap hari. Namun, bagaimana dengan perusahaan non profit dan blogger? Belum tentu mereka memiliki pilihan cara cek website down yang terpercaya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan berbagai tools online yang tersedia di internet yang dapat dengan mudah memeriksa apakah suatu webiste sedang down atau tidak. Bahkan, kamu juga akan menerima notifikasi jika URL website tiba-tiba down.

Oh iya, dan yang terpenting, sebagian besar tools online dalam artikel ini tersedia gratis, jadi kamu dapat menggunakannya secara gratis. Jadi, pilihlah tools yang paling kamu sukai ya!

2 Cara Cek Website Down atau Tidak Down

Sebelum menggunakan tools online untuk mengetahui apakah suatu website sedang down atau tidak, kamu harus tahu bahwa banyak pemilik website di berbagai kalangan terlebih dahulu menggunakan cara manual yang sederhana.

Meski cara cek website down ini memerlukan beberapa pekerjaan tambahan, tetapi cara ini cukup membantu menunjukkan bahwa masalahnya terkait dengan browser dan jaringan yang kamu gunakan atau memang website benar-benar sedang down. Jika kamu ingin mencoba cara ini, simak caranya di bawah ini.

  1. Cara Cek Website Down: Basic

    • Coba kunjungi website lain, seperti Facebook atau YouTube. Apakah dapat diakses? Atau, kamu dapat mencoba mengunjungi domain website lain untuk melihat apakah kamu dapat mengaksesnya.
    • Silakan periksa koneksi internet kamu. Ini karena website yang tidak dapat diakses paling sering disebabkan oleh masalah pada perangkat jaringan, seperti Wi-Fi atau router, yang tidak tersambung dengan benar.
    • Akses website dari browser, perangkat, dan jaringan lain. Kamu dapat menggunakan cara ini jika website masih belum bisa diakses, meskipun sudah tidak ada permasalahan dalam jaringan atau perangkat.
    • Gunakan VPN. Terkadang pemilik website membatasi akses ke website mereka berdasarkan provider atau wilayah tertentu. Oleh karena itu, coba gunakan server VPN lain (sebaiknya dari negara lain) untuk memeriksa apakah website tersebut memblokir akses perangkat kamu.
    • Nonaktifkan ekstensi. Sebagai upaya terakhir, coba nonaktifkan sementara ekstensi browser dan coba kunjungi website tanpa ad blocker.
  1. Cara Cek Website Down: Teknis Melalui CMD

    • Untuk Windows, tekan tombol Windows pada keyboard dan ketik cmd untuk membuka aplikasi Command Prompt. Kemudian ketik ping dan tambahkan URL website yang ingin kamu periksa status aktifnya.
    • Untuk Mac OS, ketik “Network Utility” di Spotlight untuk menemukan tool Ping. Cukup masukkan alamat IP atau tautan webiste yang ingin kamu uji, lalu tekan Enter.
    • Jika kamu pengguna Linux, tekan CTRL + ALT + T pada keyboard dan ikuti langkah yang sama seperti pada Windows.

Setelah melakukan cara cek website down di atas, kamu akan melihat hasilnya dalam satu menit. Jika webiste ternyata sedang down, kamu akan menerima hasil error dengan pesan “request timed out”.

Tools Online Untuk Cek Website Down Atau Tidak Down

Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa langsung menggunakan tools online yang direkomendasikan. Ini karena menggunakan website status checkers adalah cara termudah untuk mengetahui penyebab masalah konektivitas atau masalah lain yang terjadi pada website kamu.

Berikut beberapa layanan online terpopuler yang dapat kam coba.

  1. Is It Down Right Now

Tools monitoring website down yang pertama berasal dari situs open source bernama Is It Down Right Now. Seperti klaimnya di dashboard, tools ini membantu kamu memeriksa apakah website sedang down dan monitoring status website dengan mudah.

Cukup masukkan URL website, lalu klik tombol hijau “Check”. Tunggu kurang lebih 5 detik untuk menerima hasil monitoring berupa grafik status aktivitas layanan, waktu update 4 jam, dan detail riwayat uptime website.

Situs gratis ini juga menawarkan data tambahan. Misalnya, kamu dapat melihat daftar status webiste lain yang baru-baru ini diperiksa oleh orang lain, atau daftar webiste sedang down secara real time.

  1. Down for Everyone or Just Me

Dijamin tools online ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengetahui status website dengan cepat, mudah, dan to-the-point. Cukup masukkan nama domain website, klik tombol “or just me?”, dan kamu akan langsung mendapatkan jawaban apakah website kamu sedang down atau tidak.

Tidak seperti webiste sebelumnya, webiste Down for Everyone or Just Me tidak memiliki tools atau fitur tambahan apa pun yang bisa kamu gunakan lebih lanjut.

  1. Down Inspector

Down Inspector masuk ke jajaran layanan web gratis lainnya yang memungkinkan kamu memeriksa apakah website sedang down atau tidak secara real time .Cukup masukkan URL domain website yang ingin kamu analisis dan Down Inspector akan memberikan kamu hasil berupa status up atau down.

Keunggulan Down Inspector adalah ia menawarkan lebih banyak fitur dibandingkan situs ping sederhana dasar, seperti Down for Everyone Or Just Me. Misalnya, Down Inspector menunjukkan laporan waktu aktif untuk hari terakhir dan peta dengan negara-negara yang kesulitan mengakses website karena down.

Down Inspector juga memungkinkan pengguna mengirimkan laporan mengenai availability dan down untuk semua website.

  1. Situs 24×7

Situs 24×7 memungkinkan kamu menguji aksesibilitas webiste di lebih dari 60 server di seluruh dunia. Selain itu, tools ini memiliki banyak fitur unggulan lainnya yang sangat berguna dalam monitoring status website dengan tampilan informatif.

Situs 24×7 menampilkan DNS resolve time, waktu byte pertama dan terakhir, danwaktu respons total untuk website mana pun. Selain pemeriksaan uptime, tools ini juga dapat melakukan analisisstatus website secara mendetail, yang mencakup server, jaringan, dan pemantauan infrastruktur cloud.

Namun, fitur-fitur ini dapat kamu akses dengan syarat berlangganan bulanan. Tapi, jangan khawatir. Karena Site 24×7 memberikan kesempatan kepada pengguna yang belum berpengalaman untuk dapat mencoba fungsionalitas Site 24×7 tersebut secara gratis dengan program free-trial 30 hari.

  1. Host Tracker

Host Tracker juga memungkinkan kamu memeriksa dengan mudah apakah website sedang down atau tidak. Host Tracker memeriksa dan memantau status aktif dan availability website dari berbagai lokasi di seluruh negeri.

Selain itu, Host Tracker juga dapat digunakan untuk memantau page speed website, performa ping, tracing, dan DNSBL (DNS Based Realtime Blackhole List). dari masing-masing fitur ditampilkan dengan jelas dan sangat mudah digunakan.

Host Tracker memfasilitasi kamu notifikasi pemberitahuan status aktif website melalui email, SMS, telepon, Telegram, Google Hangouts, dan Skype. Hanya jika kamu sign-up akun terlebih dahulu.

  1. Is It Down

Website open source berikut ini mirip dengan Down for Everyone or Just Me karena memiliki user interface yang sangat sederhana. Jika kamu membuka situsnya, kamu akan melihat bilah pencarian tempat kamu dapat memasukkan nama domain webiste yang ingin kamu periksa statusnya dan tombol hijau besar bertuliskan “is it down?”.

Yang lebih menakjubkan lagi, kamu hanya perlu beberapa detik saja untuk mengecek status aktif website, down atau tidak. Is It Down sangat cocok untuk pemula dan pengguna yang ingin cepat mengecek apakah suatu website sedang down atau up.

  1. Dotcom Monitor

Tools milik Dotcom-Tools ini memudahkan pemantauan kinerja, fungsionalitas, uptime dan downtime website, server, dan API melalui 7 browser berbeda dan 25+ lokasi di seluruh dunia.

Dotcom Monitor memeriksa apakah website sedang down atau tidak, dengan menganalisis page load, kode respons server, dan menampilkan daftar error konektivitas untuk semua website setiap satu menit.

Kamu akan mendapatkan notifikasi monitoring melalui email, SMS, atau telepon. Namun, ini tidak sepenuhnya gratis karena Dotcom Monitor menawarkan uji coba gratis selama 30 hari pertama, setelah itu kamu dapat berlangganan seharga $1,99 per bulan.

  1. Website Planet

Tool online terakhir untuk mengecek website adalah dari Website Planet. Desain UI-nya terbilang sederhana, namun masih lebih unggul dibandingkan Is It Down and Down for Everyone or Just Me.

Hanya saja secara fungsionalitas ketiganya sama, yang perlu kamu lakukan hanyalah memasukkan URL domain di bilah pencarian yang tersedia dan klik tombol kuning bertuliskan “Check”.

Selanjutnya kamu akan mendapat informasi hasil monitoring up atau down sebuah website, alamat IP, waktu respon, dan kode respon 200 yang berarti permintaan berhasil dikirim dan diterima.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tools online terbaik untuk cek website sedang down atau tidak. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Memahami SEO: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis yang Perlu Diketahui

SEO (Search Engine Optimization) mengoptimalkan kualitas konten Anda dari berbagai sudut pandang agar website Anda…

17 hours ago

Sangat Mudah! Begini Caranya Membuat Stiker WhatsApp

Halo Sobat Hosteko! Apakah Anda pengguna WhatsApp? Saat ini siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? Mulai…

23 hours ago

Web Tidak Bisa Dibuka? Yuk Ketahui Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Website adalah teknologi buatan manusia dan tidak dapat menghindari masalah. Salah satunya adalah website tidak…

2 days ago

Panduan tentang TLD: Memahami Top-Level Domain untuk Website Anda

Jika sudah memiliki website, Anda pasti tahu betapa pentingnya nama domain untuk branding online. Namun…

2 days ago

Solusi Sederhana untuk Mengatasi Render-Blocking JavaScript dan CSS di WordPress

Kecepatan memuat website adalah salah satu faktor terpenting dalam menarik dan mengumpulkan pengunjung. Jika semuanya…

3 days ago

Begini Caranya! Langkah Menciptakan Login Form Dengan HTML dan CSS

Banyak orang yang familiar dengan istilah login form. Login form biasanya menyertakan inputan yang harus…

3 days ago