HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Mixed Reality Serta Perannya Pada Metaverse

Dunia maya metaverse yang sangat besar tentu diciptakan menggunakan beragam jenis teknologi.Pada artikel kali ini,kita akan membahas tentang mixed reality yang berperan aktif dalam pengembangan dan penyempurnaan metaverse.

Buat kalian yang penasaran seperti teknologi mixed reality di metaverse,langsung simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Mixed Reality

Mixed reality merupakan teknologi dunia virtual dengan sensasi sentuhan nyata di dalamnya.Konsep teknologi MR tercipta dari penggabungan antara Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR).

Maka dari itu,Mixed Reality merupakan virtual world yang lengkap dan utuh.Di sini kalian bisa menghadirkan objek virtual tiga dimensi ke alam nyata sekaligus berinteraksi langsung (seperti menyentuh objek,melihat,mendengar suara dan lainnya).Itulah mengapa sistem mixed reality memegang peran penting dalam pengembangan metaverse.Banyak orang yakin bahwa bentuk metaverse akan dibuat persis seperti dunia mixed reality.

Perkembangan Mixed Reality

Mixed reality diciptakan pertama kali pada tahun 1994 oleh 2 orang yakni Fumoi Kishino dan Paul Milgram.Mereka berdua adalah peneliti di bidang visual grafis.Kala itu,teori Mixed reality diperkenalkan melalui makalah berjudul “A Taxonomy of Mixed Reality Visual Displays”.Di sini pula tertera bahwa mixed reality tercipta dengan cara memainkan desain grafis tiga dimensi.

Teknologi canggih komputer menjadi kunci utama keberhasilan desain dunia maya pada lingkungan nyata.Namun hal tersebut wajib disertai dengan dukungan sistem cloud computing,input lingkungan serta proses desain grafis modern.

Perangkat Mixed Reality

Sama seperti AR dan VR, kita tidak bisa melihat objek Mixed reality dengan mata telanjang.Diperlukan alat-alat khusus untuk bisa menikmati alam mixed reality.Ada satu perangkat MR berkualitas yang digunakan saat ini,yakni Microsoft HoloLens. Ia berupa kacamata dengan basis pemrograman khusus serta lensa high definition see through holographic untuk menampilkan dunia virtual Mixed reality ke pengguna.

HoloLens dilengkapi voice command dan sound detection system.Lewat fitur ini pengguna bisa berkomunikasi dengan objek di lingkungan Mixed reality.Tidak hanya itu,ada juga Power BI yang berguna untuk merekam seluruh aktivitas pengguna di MR,sinkronisasi data real time dan mengukur efisiensi pemakaian aplikasi secara keseluruhan.

Selain HoloLens ada perangkat mixed reality lain yang tidak kalah canggih yaitu Magic Leap One.Bentuk perangkat satu ini lebih berupa retina visual yang dipasang ke kepala pengguna untuk menikmati dunia mixed reality yang ditayangkan komputer.

Contoh Penggunaan Mixed Reality

Mixed reality merupakan teknologi yang memiliki banyak manfaat.Jadi banyak industri mencoba memanfaatkannya untuk melancarkan kinerja sehari-hari.

Contoh pemanfaatan mixed reality dalam kehidupan  :

  • Sekolah online jarak jauh : Ada beberapa sekolah membuat media belajar berbasis Mixed Reality untuk memudahkan pembelajaran yakni sebagai alat peraga virtual di sekolah kedokteran maupun untuk kelas daring umum.
  • Rancangan konstruksi 3D : Teknologi Mixed Reality membantu memproyeksikan rancangan bangunan 3D dalam skala ukuran asli ke lokasi pembangunan.
  • Entertainment online : Lebih mudah mengadakan live show secara real time tanpa perlu susah payah pergi meninggalkan rumah.
  • Presentasi dan meeting online : Teknologi Mixed Reality dapat membantu kelancaran meeting kolaboratif dan presentasi online secara 3D seolah-olah kalian tengah bertatap muka langsung dengan peserta seminar.

Perbedaan Virtual,Augmented dan Mixed Reality

Sepintas virtual reality (VR),augmented reality (AR) dan mixed reality adalah 3 hal yang sama.Ketiganya memang dapat digunakan untuk membangun dunia maya 3D sekelas metaverse.Namun jika ditelusuri lebih jauh virtual reality (VR),augmented reality (AR) dan mixed reality merupakan teknologi yang sangat berbeda.

Perbedaan mendasar dari 3 konsep reality tersebut terletak pada fungsi kegunaannya :

  • Augmented reality digunakan untuk membuat dan meletakkan objek-objek maya 3D ke lingkungan asli.Misal pada permainan Pokemon Go,kalian bisa melihat objek Pokemon muncul di kamar tidur,lapangan bola serta jalan raya umum.
  • Virtual reality adalah alat untuk membangun semesta virtual senyata mungkin,kalian bisa membangun replika ruangan atau pemandangan alam senyata mungkin dengan efek suara,nuansa dan tampilan 3D.
  • Mixed reality merupakan perpaduan keduanya.Teknologi ini memungkinkan para penggunanya membuat dunia virtual (VR),meletakkan objek virtual ke alam nyata (AR) atau membangun virtual world lengkap dengan objek-objek pelengkapnya.Kalian juga bisa berinteraksi secara real time dengan objek-objek tiga dimensi tersebut di mixed reality.Misalnya seperti memberi input baru atau mengubah rancangan yang dibuat dan ditampilkan di MR.

Peran Mixed Reality Pada Metaverse

Teknologi mixed reality merupakan komponen krusial bagi metaverse.Sebagai sistem campuran antara AR dan VR,MR sudah pasti mempunyai keunggulan dari kedua teknologi tersebut.Mixed reality menutupi seluruh kekurangan dari AR dan VR.

Teknologi MR tidak hanya menampilkan objek atau lingkungan virtual namun turut menerima seluruh informasi baru,memproses umpan balik, dan menyinkronisasi data dari user.Data-data tersebut sangat berguna untuk menciptakan lingkungan maya 3D yang tepat sesuai preferensi dan kenyamanan kalian.

Sampai sekarang masih belum ada rincian pasti terkait proporsi dan gambar peranan mixed reality di metaverse.Namun banyak pihak meyakini bahwa wujud nyata metaverse berbentuk seperti konsep MR tersebut.

Hal tersebut masuk akal mengingat konsep dasar metaverse yakni ruang internet 3D di mana semua orang dapat bertemu dan melakukan aktivitas secara fisik.Mulai dari melakukan meeting,bermain game hingga menciptakan aset-aset NFT crypto.Meningkatnya pertumbuhan investasi terhadap project mixed reality saat ini menambah bukti terkait peranan MR di META.Banyak perusahaan internasional-salah satunya yakni Sony yang terang-terangan menanam modal investasi besar pada platform IT yang memiliki project menyambut metaverse.

 

Kesimpulan : metaverse hadir sebagai bentuk baru dari dunia maya.Karena itu,kalian tidak perlu ragu terkait peranan virtual,augmented dan juga mixed reality di dalamnya.Sekian artikel pembahasan tentang mixed reality,mulai dari pengertian,sejarah,contoh dan peranannya pada di metaverse.Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

21 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

5 days ago