HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa itu Bitninja dan Mengapa Menggunakannya?

BitNinja adalah sebuah alat atau software pengaman server dari berbagai macam serangan seperti serangan Botnet, Spam, Deface, XSS, Malware, Script Injection, Scans, Enumeration, Brute Force sampai DDoS / DoS dan kebanyakan protokol lainnya, tidak hanya HTTP.

Sama seperti fitur-fitur pengaman lainnya, BitNinja juga merupakan tool keamanan yang dapat memelihara dan melindungi server dari berbagai serangan. Seperti serangan Botnet, Spamming, DDOS, dan serta juga dapat mengamankan jaringan.

Oleh sebab itu, rasanya wajib menggunakan dan mengetahui apa itu BitNinja agar website anda tetap stabil dan aman dari berbagai serangan yang dapat menyebabkan masalah bagi website maupun server. Selain itu, hebatnya BitNinja juga dapat melindungi website maupun server dari serangan seperti cross-site scripting, injeksi sql, keamanan XML, buffer overflow dan pencurian data-data keamanan.

Kendati demikian, BitNinja memiliki keunggulan dari segi kenyamanan, selain mudah digunakan, BitNinja juga tidak terlalu memberatkan server. Bahkan dapat menangkal dari berbagai serangan seperti DDOS Attack, Proteksi Spam, Unlimited dan banyak hal lainnya.

Jika kebetulan melihat Captcha yang ditampilkan oleh BitNinja di website, jangan ragu untuk mengisinya dengan benar sehingga IP terhapus dari greylist dan website dapat diakses kembali. Ada bermacam-macam alasan mengapa alamat IP ditandai sebagai IP yang mencurigakan. Namun, alasan yang paling umum adalah :

  • Penyedia layanan internet menetapkan alamat IP yang sebelumnya telah digunakan untuk menyebarkan konten mengandung kekerasan, atau masuk dalam daftar greylist, atau bahkan telah diblok sepenuhnya.
  • PC mungkin telah terinfeksi malware dan IP sedang digunakan untuk menyerang server lain.

Apa Saja Kemudahan yang Ditawarkan BitNinja?

  • Mudah diinstall.
  • Siap digunakan.
  • Mengurangi beban server.
  • Menangkal serangan-serangan melalui HTTP, SSH, FTP, POP3, IMAP atau SMTP.
  • Perlindungan DDoS.
  • Proteksi SPAM.
  • Unlimited.

Alasan Menggunakan BitNinja

Beberapa alasan menggunakan bitNinja diantaranya :

1. Perlindungan Terhadap Botnet

Botnet, atau juga biasa disebut dengan Robot Network, merupakan suatu kegiatan kriminal yang tentunya berdampak negatif. Bahkan, Botnet ini juga dapat merusak maupun mencuri data-data penting milik server maupun website.

Nah, pada kasus inilah BitNinja memiliki peran penting untuk keamanan server maupun website dari serangan Botnet seperti dapat memblokir akses, dalam artian mengkarantina Botnet agar tidak bisa masuk ke jaringan server ataupun website.

Selain itu, BitNinja juga dapat mencegah sistem terhubung dengan jaringan server kembali sehingga hal ini dapat membuat server anda lebih terlindungi, utamanya dari serangan Botnet itu sendiri.

2. Perlindungan dengan Custom Honeypot

Salah satu keunggulan dari fitur BitNinja adalah dapat melindungi server dengan menerapkan sistem keamanan berbasis Honeypot, yang merupakan keamanan dengan sistem tiruan untuk menjebak para peretas (Hacker). Oleh sebab itu, dengan menggunakan fitur ini, maka dapat menambahkan Honeypot di setiap aplikasi web dengan menggunakan modul/ plugins BitNinja itu sendiri.

3. Melindungi dari serangan DDos Attack

Inilah salah satu serangan yang dapat membuat server down, DDOS merupakan serangan yang menyerang bagian bandwidth server, dengan mengirim dan memenuhi trafik server dengan skala yang sangat besar sehingga website menjadi lambat dan susah diakses. Bahkan, terkena serangan DDOS juga dapat membuat website down (Tidak bisa diakses sama sekali). Tentu saja hal ini dapat menyebabkan banyak masalah untuk website, terlebih untuk kenyamanan bagi pengguna maupun para pembaca setia website.

Menangkal serangan tersebut, BitNinja mampu mengidentifikasi trafik dan bisa membedakan antara pengguna nyata dan bot. Sehingga DDOS Attack dapat diblokir secara otomatis oleh alat ini.

4. Self-protection, Update, and Realtime Report

Setiap upaya-upaya serangan dari para ‘perusak server’ akan diberitahukan oleh BitNinja secara realtime report yang mungkin akan masuk melalui email. Hal ini juga akan membuat mengetahui seberapa banyak pihak yang ingin merusak server, dan juga membuat lebih maksimal lagi dalam melindungi server seandainya kemudian ada serangan yang terbaru.

5. Mendeteksi IP Berbahaya

Salah satu alasan harus menggunakan BitNinja, dikarenakan fitur yang satu ini dapat bekerja dengan mendeteksi IP yang berbahaya. Oleh sebab itu, server menjadi lebih aman dari peretas maupun para pencuri data. Pasalnya, BitNinja dapat mengirim informasi peringatan keamanan secara cepat. Dan BitNinja juga dapat menanggulangi hal itu kurang dari 3 detik.

Keamanan Yang Dijamin BitNinja

Berikut ini merupakan beberapa keamanan yang dijamin bitninja, yaitu :

  • IP Reputation : BitNinja akan memberikan blacklist kepada IP yang berpotensi membahayakan website. Ibaratnya jika memberhentikan serangan, BitNinja ini langsung ke akarnya sob.
  • Perlindungan dari Botnet : Dengan ini website makin aman dari serangan botnet jahat yang bisa mengambil data bahkan mengirimkan data-data ke server website sehingga website mengalami gangguan saat diakses oleh pengunjung.
  • Web Honeypot : Dengan ini, website bisa aman dari Hacker yang berusaha menyerang IP website. Hacker bakal tertipu dengan sistem tiruan yang bisa menggagalkan mereka untuk menguasai website.
  • DDOS Protection : BitNinja bisa menghalau serangan kiriman file bertubi-tubi dari DDos yang bisa memperlambat proses website. BitNinja akan otomatis mendeteksi serangan DDos dan merekamnya sehingga makin lama website makin aman.
  • Web Application FireWall : Dengan ini bisa mendapat info langsung mengenai percobaan serangan website melalui notifikasi. Kebijakan keamanan juga selalu update sehingga tidak bisa terkena malware yang baru.

Cara Kerja BitNinja

Berikut ini merupakan cara kerja BitNinja, yaitu :

  • Perlindungan proaktif

Pola pikir reaktif berfokus pada apa yang terjadi jika ancaman terjadi. Memiliki strategi keamanan siber yang proaktif berarti bersiap menghadapi serangan sebelum terjadi. Kombinasi metode unik untuk mencegah setiap server yang dipertahankan BitNinja dari serangan di masa mendatang.

  • Jaringan pertahanan

Pilar strategi proaktif adalah Jaringan Pertahanan. Setiap server yang dilindungi BitNinja di seluruh dunia saling berbagi informasi tentang serangan terbaru. Metode crowdsourcing yang unik ini adalah cara terbaik untuk bertahan melawan kerentanan terbaru dan serangan zero-day. Jaringan Pertahanan semakin kuat dengan setiap server baru, dan efek sinergis ini memberikan nilai tinggi untuk setiap pengguna BitNinja di seluruh dunia.

  • Peluang Upsell

BitNinja memiliki produk tambahan yang disebut SiteProtection. Ini adalah peluang penjualan yang lebih tinggi bagi perusahaan untuk menawarkan kepada pemilik situs web solusi keamanan hands-free yang mencakup penghapusan malware, pencadangan otomatis, penambalan kerentanan, dan pelaporan. Hal terbaik adalah mendapatkan komisi setelah setiap lisensi terjual.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago