HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pentingnya Footprint Untuk SEO Dan Kegunaannya

Digital footprint secara umum adalah jejak digital di internet yang dapat menjadi penanda dari siapa saja. Direkomendasikan wordpress untuk seluruh moneysite yang akan dibuat, tetapi menghimbau untuk menghindari footprint yang vulgar pada website-website tersebut. Artinya jangan mentang-mentang semuanya menggunakan wordpress, selalu membuatnya dengan cara seragam: themes sama, plugins sama, format posting sama, layout sama dan sama-sama lainnya.

Selain itu, digital footprint bagi website juga dapat disebabkan oleh faktor non wordpress seperti detail whois, registrar domain dan hosting yang sama.

Digital footprint atau jejak digital dalam dunia website adalah satu atau lebih dari satu hal yang dapat menjadi penanda dari pemiliknya. Dengan meninggalkan Footprint, kita memberikan peluang bagi orang lain untuk melakukan pelacakan terhadap sebuah website, termasuk kompetitor yang kita miliki. Ini sangat berbahaya dan bahkan konten yang kita miliki.

Sebagai contoh, jika kita membuat situs A dengan ciri khas yang sama dengan situs B dan C dan D dan E, makan kompetitor yang sedang melintas disitus A tak hanya dapat mengambil intisari yang tersedia disitus A, melainkan juga keseluruhan B, C, D dan E dengan melakukan penelusuran berdasarkan ciri khas tersebut. Atau apabila kita melakukan registrasi domain tanpa proteksi whois menggunakan nama dan identitas yang sama, maka hanya perlu beberapa detik saja bagi orang lain untuk melihat seluruh daftar domain yang kita miliki.

Kegunaan Digital Footprint untuk SEO

Digital footprint pada website juga seperti menyimpan potensi bahaya, karena mesin pencari memiliki kemampuan untuk melacaknya. Jadi, bayangkan ketika kita membuat sebuah website yang secara tidak sengaja dioptimasi dengan cara yang dianggap terlarang bagi Google. Atau secara kurang beruntung terkena malware yang bisa mengancam pengguna atau dipersangkakan melanggar aturan apa saja yang hanya Tuhan dan Google yang tahu. Maka saat Google memberikan penalti ke website tersebut, seluruh website lain yang milik kita yang ada footprint serupa patut diduga juga dan akan turut dibasmi.

Dengan resiko yang cukup fatal dan ngeri tersebut ditambah fakta bahwa kita hanya akan mengandalkan WordPress. Pada website yang kita buat berdasarkan berbagai alasan yang sudah disebutkan serta proses scaling yang harus kita tempuh, maka satu-satunya solusi yang ada adalah dengan melakukan disertifikasi pada seluruh aspek yang tersedia seperti :

  • Menggunakan registrar domain yang bervariasi dan beragam, lalu pastikan menambah addons whoisGuard.
  • Menggunakan hosting dari perusahaan yang berbeda serta ditambah lokasi server yang berbeda.
  • Menggunakan themes dari wordpress yang bervariasi antar situs website.
  • Menggunakan plugins yang bermacam-macam antar situs website.
  • Menggunakan model dari berbagai macam pola yang berbeda dalam melakukan postingan antar website.

Footprint paling terkenal

  • Lokasi. Ini berfungsi untuk merayapi semua halaman domain yang telah diindeks oleh Google. Untuk menggunakannya, cukup menulis site:arimetrics.com, misalnya, berhati-hatilah untuk tidak menyertakan spasi di belakang titik dua dan tanpa https://.
  • Tanda kutip untuk kata-kata yang tepat. Meskipun perintah ini bukanlah hal baru dan selalu digunakan untuk pencarian yang tepat, ini bisa sangat berguna untuk menemukan kata kunci (“kata kunci”).
  • Tanda hubung untuk kata-kata negatif. Dalam kombinasi dengan yang sebelumnya, ini memungkinkan kami untuk mengecualikan kata atau ekspresi untuk mencegah pencarian kami berorientasi pada beberapa bidang yang tidak diinginkan (“kata kunci -negatif”).
  • Tanda bintang untuk pelengkapan otomatis . Ini adalah elemen yang berharga ketika ingin mendapatkan rekomendasi. Misalnya, restoran di *.
  • Rumus untuk menemukan segala sesuatu yang telah dipublikasikan tentang kata kunci tertentu dalam sebuah situs web. Kata kunci diketik dan kemudian struktur situs digunakan kembali. Misalnya, cuplikan unggulan situs:arimetrics.com.
  • Terkait untuk menemukan halaman web serupa berdasarkan tema. Ini digunakan dengan cara yang mirip dengan yang pertama dan merupakan alat yang baik untuk memenuhi persaingan. Cukup ketik terkait:arimetrics.com.

Footprint berguna lainnya untuk SEO

  • Cari dalam jaringan sosial. Jika ingin mencari profil atau informasi tertentu dan fungsi mesin pencari jejaring sosial tidak cukup, dapat menggunakan di diikuti oleh jejaring sosial dan kata kunci yang dipisahkan oleh spasi. Misalnya, @Twitter Paus Fransiskus.
  • Oleh penulis. Ini menyaring semua artikel yang ditulis oleh orang tertentu (penulis) yang diindeks oleh Google. Cukup ketik Penulis:nama penulis, tanpa spasi setelah titik dua.
  • Cari produk belanja berdasarkan kisaran harga. Harus menunjukkan nama produk, ruang dan jumlah €. € kuantitas. Misalnya, papan gelombang €150..€250.
  • Inurl dan Allurl. Mereka adalah perintah yang lebih khusus untuk SEO. Yang pertama memungkinkan untuk merayapi semua URL yang berisi kata kunci tertentu dengan rumus inurl:kata kunci. Jika itu adalah ekspresi, itu juga akan menampilkan hasil setiap kata secara terpisah. Allurl, bagaimanapun, hanya berfokus pada kata kunci yang tepat (bahkan jika itu banyak).
  • Intext dan Allintext. Menampilkan halaman yang menyertakan kata kunci yang dicari dalam teks. Jika ada dua atau lebih, Google juga mencarinya secara terpisah. Ketik intext:kata kunci. Seperti pada kasus sebelumnya, dapat menggunakan allintext untuk menemukan ekspresi penuh.

Cara Mencari Backlink dengan Footprint

Jika misal ingin mencari backlink blog comment dari situs GOV yang memiliki tema yang sama dengan situs saya yaitu SEO, maka footprint yang bisa dipakai adalah :

  • Untuk mencari situs yang ber-extensi gov, maka footprint yang digunakan disini adalah site:.gov
  • Karena kita ingin mencari backlink dengan blog comment, maka kita harus menambahkan “post a comment”, “leave a comment”, dan lain sebagainya.
  • Dan kita ingin mencari hasil yang lebih spesifik lagi yaitu mencari situs yang mengandung kata SEO, maka bisa tambahkan “SEO”.

Hasil pencarian diatas adalah 28.200, kita tidak akan mungkin melakukan komentar satu persatu ke 28 ribu situs diatas, jadi saya akan mencari hasil yang lebih spesifik lagi. Misal ingin mencari situs blog comment tanpa login terlebih dahulu sebelum berkomentar, kita bisa masukkan -“you must be logged in to”.

Hasil pencarian google menampilkan 36, jumlah ini terlalu spesifik, tapi tidak masalah, anda bisa gunakan footprint-footprint yang lain.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

12 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

1 day ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago