HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Newsjacking Serta Cara Meningkatkan Brand Awareness

Pernah mendengar istilah Newsjacking ? Newsjacking menjadi cara untuk meningkatkan brand awareness bisnis online terbaru.

Saat ini konten-konten viral sangat mudah kita jumpai di internet.Tidak jarang pula banyak orang “memparodikan” isi berita viral untuk beragam tujuan termasuk mempromosikan bisnis.Mungkin kalian sendiri pernah menonton iklan yang melibatkan unsur-unsur berita viral di dalamnya.

Untuk lebih jelasnya,mari kita bahas selengkapnya pada artikel berikut :

Pengertian Newsjacking

Newsjacking merupakan istilah bahasa Inggris yang diambil dari 2 kata : news (berita) dan jacking (pembajakan). Adapun pembajakan yang dimaksud mengarah pada pemanfaatan konten yang viral untuk keperluan pribadi.

Pencetus istilah Newsacking adalah David Meerman Scott melalui buku karyanya yang berjudul sama.Scott menjelaskan bahwa jacking news adalah upaya mengombinasikan berita viral dengan ide atau opini milik sendiri.

Para marketer kini dapat memanfaatkan isu yang sedang menjadi pembicaraan untuk dijadikan selipan promosi produk/jasa.Cara meningkatkan brand awareness ini ditempuh karena lebih mudah dibuat,murah sekaligus memiliki daya jangkau luas di masyarakat sebab sedang tren.

Selain itu,contoh brand awareness strategi ini bisa membantu mendongkrak performa SEO website maupun konten sosial media olshop kalian secara signifikan.Pasalnya,konten jacking news bisa ‘membuka jalan’ bagi konten kalian untuk lebih mudah dijangkau masyarakat.Perbincangan isu-isu trending pastinya lebih mencuri perhatian daripada informasi biasa.

Manfaat Newsjacking Untuk Promosi Bisnis

NewsJacking mempunyai banyak manfaat bagi promosi bisnis.Salah satunya untuk mendapatkan perhatian masyarakat tentang iklan bisnis kalian.Ada beberapa manfaat lainnya yakni :

  • Menambah Interaksi Audiens (Engagement)

Manfaat pertama adalah menambah interaksi audiens secara signifikan.Faktanya,masyarakat dunia maya menyukai berinteraksi dengan berita-berita yang sedang viral baik mengomentarinya,memberi likes atau membagikan ulang konten tersebut.Jika konten iklan mengandung unsur isu viral,maka otomatis iklan lebih mudah memancing audiens untuk mau berinteraksi.

  • Memperkenalkan Bisnis ke Masyarakat

Jacking news mengandung topik yang sedang viral,maka sudah pasti konten iklan kalian lebih mudah mengundang perhatian masyarakat.Dengan ‘membawa’ isu viral,sudah pasti masyarakat ikut serta membicarakan postingan kalian di sosial media baik itu followers lama maupun orang-orang baru.

Supaya masyarakat benar-benar tertarik menyimak iklan sampai tuntas,kalian juga harus menyelipkan berbagai narasi positif dalam iklan.Cara ini ampuh untuk menyiasati kesan negatif yang kerap muncul dalam trend jacking news.

  • Menyesuaikan Diri dengan Followers

Keuntungan trik bisnis online jacking news selanjutnya yakni mampu menyesuaikan bisnis dengan followers.Konten viral lebih mudah memancing obrolan karena isu-isunya menarik.Masyarakat juga bisa menilai olshop kalian lebih ‘peka’ sekaligus up to date karena ikut hype topik terkini.Seolah-olah bisnis kalian tidak mau ketinggalan tren dan ingin membicarakannya dengan masyarakat luas.Alhasil promosi berjalan lebih halus dan komunikatif dua arah.Siapapun bebas mengomentari isu viral yang diangkat ke dalam konten promosi.

  • Menambah Brand Awareness di Masyarakat

Newsjacking dapat menambah nilai brand awareness di masyarakat.Tinggalkan kesan baik bisnis dalam benak konsumen melalui konten viral yang dipelintir dengan opini atau perspektif positif.

Konten iklan jacking cenderung lebih membekas di benak masyarakat daripada konten iklan biasa.Secara otomatis, otak manusia lebih mudah mengingat info-info yang unik sekaligus menonjol.Akibatnya nama usaha kalian akan lebih diingat dan diprioritaskan calon pembeli saat mereka hendak berbelanja.

Contoh Newsjacking

Berikut ini beberapa newsjacking example (contoh) yang terbukti sukses dan bisa dijadikan inspirasi :

  •  “BTS Meal” dari Burger King

Pada pertengahan tahun 2021,perusahaan fastfood Burger King merilis menu BTS meal seperti yang dilakukan McDonald’s.Hanya saja McDonald’s benar-benar berkolaborasi dengan boyband Korea “BTS”. Sedangkan menu BTS Burger King adalah singkatan dari “Bokek Tetap Senang”.

BTS meal Burger King menjadi salah satu contoh newsjacking yang berhasil karena sukses ‘mengelabui’ perhatian dengan mengekor BTS meal asli versi McDonald’s.

  • KitKat Lebih Baik dari iPhone 6S Plus

Ada KitKat yang sudah melakukan jacking jauh sebelum trik bisnis online ini populer.Iklan ini dirilis saat perilisan iPhone 6S Plus yang menghebohkan karena smartphone mahal tersebut tiba-tiba membengkok ketika disimpan dalam saku celana.

Masyarakat sempat geger dan menjadikan isu ini perbincangan hangat berhari-hari.Karena semua orang tahu bahwa iPhone adalah perangkat elektronik yang mewah berkualitas nomor satu.Namun pihak KitKat dengan cerdik memanfaatkan momen untuk membuat iklan.Mereka merilis pamflet promosi KitKat dengan caption ‘’ yang berarti “Produk kami tidak bengkok (seperti iPhone 6S Plus), tapi patah (karena ini adalah biskuit)”.Ada-ada saja, ya!

Nah ini juga bisa dijadikan insiprasi newsjacking pada iklan bisnis kalian.

Tips Memulai Newsjacking

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memulai Newsjacking :

  • Mengikuti tren di internet

Tentu,untuk dapat melakukan ini kalian perlu memahami tren yang berlangsung.Kalian harus peka dengan apa yang ramai dibicarakan di media sosial.

  • Mengetahui keyword yang digunakan

Selanjutnya kalian harus mengetahui keyword apa yang akan digunakan.Ini guna memaksimalkan jangkauan konten yang kalian buat.

  • Pahami tren
    • Mengapa hal itu terjadi ?
    • Siapa yang memiliki peranan besar dari peristiwa tersebut ?
    • Apakah tren tersebut sesuai dan layak untuk brand kalian melakukan newsjacking ?
  • Diferensiasi kontenmu dari yang lain

Kemudian kalian harus mendiferensiasi konten kalian.Tentu hal ini agar brand kalian tetap memiliki keunikan tersendiri di antara pembicaraan lainnya.

Cara Meningkatkan Brand Awareness Newsjacking

Ada trik dan langkah-langkah khusus yang harus ditempuh saat melakukan newsjacking.Newsjacking tidak boleh dilakukan asal-asalan karena bisa memicu kesan negatif alih-alih kesuksesan.Kalian harus mampu menonjolkan sisi positif brand lewat konten supaya masyarakat tertarik mengunjungi toko kalian.

Berikut ini cara menerapkan trik bisnis newsjacking yang baik dan benar untuk pemula :

  • Melakukan di Waktu Terbaik

Ketepatan waktu menjadi kunci utama kesuksesan membuat konten jacking isu viral.Kalian harus memahami betul bagaimana proses kerja sebuah berita atau kemunculan konten viral.Sebab setiap berita viral memiliki masa berlaku nya sendiri-sendiri.

Tidak semua konten viral bertahan lama.Ada isu yang hanya tren selama sehari,seminggu atau berbulan-bulan tergantung pada ketertarikan masyarakat terhadap sebuah fenomena.Jika kalian ‘terlambat’ merubah isu menjadi konten promosi,maka orang-orang akan memberi cap buruk pada bisnis.Karena isu tersebut sudah lama lewat dan tidak menarik lagi untuk dibahas.

  • Up To Date dan Selektif

Kalian bisa memantau kolom trending topik yang ada di sosial media.Setiap sosial media memiliki halaman khusus yang memuat trending topik terkini.Kalian bisa memilih ide konten viral dari sana.

Tapi tidak hanya sekadar pilih isu saja,kalian harus memahami lebih dalam terkait topik pilihan.Minimal kalian harus tahu 5W+1H terkait isu yang sedang trending.Jangan sampai kalian memilih topik yang tidak relevan dengan niche bisnis,apalagi mengangkat isu negatif sebagai bahan promosi.

  • Pilih Keyword untuk Promosi

Jangan lupa memilih keyword-keyword yang mendukung distribusi konten di sosial media.Menggunakan keyword yang tepat sesuai topik trending akan mempermudah konten ditemukan di timeline.Tanpa keyword,mustahil konten dapat ditemukan oleh masyarakat.Tidak ada salahnya untuk melakukan optimalisasi SEO agar konten kalian bisa menduduki peringkat satu hasil pencarian di sosial media ataupun Google.

  • Menambahkan Sentuhan Original di Konten

Tambahkan sentuhan original pada konten newsjacking kalian supaya isi postingan tetap dipandang unik,fresh dan menarik.Sentuhan kreasi akan menghindarkan konten dari tuduhan plagiarisme,mengingat iklan mengandung isu viral yang sudah ada.Kreasi bisa kalian selipkan untuk memperhalus transisi dari topik isu ke promosi.

 

Perlu diingat bahwa melakukan jacking bisa sulit karena kalian akan dituntut untuk selalu up to date dengan perkembangan isu,tren dan berita.Demikian pembahasan artikel kali ini seputar contoh brand awareness strategi 2021: newsjacking. Anda bisa mulai mencoba cara meningkatkan brand awareness ini segera untuk meningkatkan publikasi, branding dan engagement masyarakat terhadap bisnis.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

4 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

4 days ago