HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Off-Page SEO Serta Strategi Terbarunya

Istilah Search Engine Optimization (SEO) tentu tidak asing lagi bagi para Blogger dan pemilik website.Ada 2 tipe SEO yang biasa digunakan untuk mengoptimalkan hasil yang dituju : On-Page SEO dan Off-Page SEO.Tujuan utama penggunaan SEO yakni untuk menaikkan traffic dan page ranking di mesin pencari.Lalu Apa itu Off-Page SEO dan apa perbedaan On-Page SEO dan Off-Page SEO ?

Pengertian Off-Page SEO

Istilah Off-Page SEO mengacu pada faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan halaman website kalian.Jika on-page SEO berhubungan dengan website seperti internal links,konten dan keywords,SEO off-page berhubungan dengan link building atau back linking.Untuk meraih tujuan penggunaan SEO,tidak cukup hanya dengan peduli pada website dan brand.Kalian juga harus berusaha meningkatkan reputasi yang baik sehingga calon pengunjung berkeinginan untuk mengunjungi dan mempelajari lebih jauh mengenai website dan bisnis yang kalian miliki.

Perbedaan Off-Page SEO Dan On-Page SEO

Dalam sebuah situs,saat mengevaluasi mesin pencari akan melihat dari on-page (hal-hal mengenai website kalian) dan SEO off-page (seberapa populer website kalian).Sederhananya,kategori peringkat kalian ditentukan oleh faktor on-page dan seberapa tinggi peringkat kalian dalam mesin pencari ditentukan oleh faktor off-page.

Dalam on-page SEO,tips yang biasanya diberikan yakni mengenai kecepatan loading halaman,konten,kualitas konten,eksternal links,judul serta deskripsi dan lainnya.Sementara itu,yang dibahas dalam SEO off-page yakni tips mengenai link building,social media marketing dan social bookmarking.

Mengapa Off-Page SEO Penting ?

Saat mencari informasi mengenai sebuah brand,pengunjung biasanya sudah punya pendapat sendiri berdasarkan review,komentar dari teman dan keluarga atau kenalan di dunia maya serta informasi apapun yang mereka bisa dapatkan baik online maupun offline.

Off-page SEO pada dasarnya memberi tahu mesin pencari seperti Google bagaimana pendapat pengunjung mengenai website kalian yang dapat membantu website menjadi website otoritas dengan meningkatkan visibilitas.Teknik ini juga membuat pengunjung menyebut brand kalian dan menautkannya ke konten website.Namun,banyak yang berpikir bahwa ­off-page SEO hanyalah link building.Padahal ada beberapa cara lain dalam mengoptimalkan penggunaan off-page SEO.

Metode Lama Off-Page SEO

Kenapa disebut metode lama(kuno) ? Metode ini banyak ditinggalkan oleh para praktisi SEO,bisa dibilang tidak bekerja 100% dan tidak direkomendasikan untuk dilakukan,namun jika ingin mencoba-coba untuk memperbanyak experience tidak masalah.

Berikut list metode kuno off-page SEO :

  1. Promosi Melalui Forum : Meski tidak merugikan namun metode ini memakan waktu banyak.Kalian diminta untuk menyebutkan brand kalian di berbagai forum yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.Lebih baik kalian menghabiskan waktu untuk meningkatkan hal penting lainnya dalam bisnis.
  1. Memasukkan Website Di Mesin Pencari : Cara ini dulu umum digunakan untuk memastikan website kalian muncul dalam pencarian Google dan Bing.Namun,semakin sulitnya algoritma mesin pencari,cara ini dianggap tidak lagi memberikan hasil.
  1. Direktori Artikel : Membuat konten untuk direktori artikel juga menjadi salah satu cara lama yang dilakukan dalam pemasaran konten. Namun,kebanyakan orang tidak membaca website direktori ini karena artikelnya tidak berkualitas dan berisi hal-hal yang tidak relevan.
  1. Website Direktori : Merupakan cara yang dulu dianggap ampuh.namun,kini website ini dianggap tidak berguna.Website ini jarang dikunjungi karena Google kini telah menggantikan kegunaan website direktori dengan waktu pencarian yang lebih cepat.
  1. Social Bookmarking : Mengikuti forum media sosial seperti Reddit dan StumbleUpon akan memberikan hasil baik jika brand kalian menjadi viral,tetapi kesempatan ini sangat sulit untuk didapatkan karena website seperti ini di perbaharui dengan cepat sehingga jika kalian mengunggah sesuatu,postingan kalian bisa hilang keesokan harinya.
  1. Penggunaan Sosial Media Berlebihan : Semakin banyak sosial media yang dimiliki semakin besar kemungkinan untuk meningkatkan traffic.Banyak sosial media yang tidak berkaitan dengan bisnis kalian dan kalian  memerlukan jaringan sosial yang berkaitan untuk membantu promosi yang baik.Fokuslah pada beberapa sosial media yang memang sesuai dengan bisnis yang kalian jalankan sehingga dapat berkonsentrasi dengan pengikut kalian di sosial media tersebut.

Strategi Terbaru Off-Page SEO

Metode baru off-page bisa dibilang masih sangat bekerja untuk dilakukan,berikut ini list strategi terbaru Off-Page SEO :

  1. Link Building

Merupakan metode off-page yang populer dan efektif.Pada dasarnya saat kalian memberikan link eksternal dalam konten,kalian  berusaha mengumpulkan votes sebanyak mungkin untuk menaikkan peringkat dan mengungguli kompetitor kalian.Serupa dengan konten,pastikan kalian  mendapatkan backlinks yang berkualitas.Backlinks yang banyak namun tidak berkualitas tidak lebih baik dibandingkan sedikit backlinks namun dari link yang berkualitas.

Ada beberapa faktor yang menentukan kualitas sebuah link :

  • Popularitas dari backlinks.
  • Website terpercaya.
  • Konteks relevan dengan isi konten.
  • Teks untuk link harus mendeskripsikan konten dari link target dalam beberapa kata.
  • Link natural dan bukan berbentuk seperti javascript.

Natural link merupakan link yang paling disukai oleh mesin pencari.Natural link berarti website kalian disukai oleh pemilik website lain dan memberikan link menuju website kalian karena sesuai dengan isi konten mereka.Mendapatkan natural link memang tidaklah mudah.Cara terbaik adalah dengan mengunggah konten berkualitas yang layak dijadikan backlink di website mereka.Jika kalian menggunakan cara-cara lama yang hanya mementingkan kuantitas,bersiaplah untuk terkena penalti dari Google.

Ada satu cara lain dalam melakukan link building yakni guest posting di mana kalian menulis di blog lain atau sebaliknya.Namun,ada baiknya kalian melakukan ini tidak hanya untuk mendapatkan link dan jangan melakukannya terlalu sering.

Aturan penggunaan link building berubah setiap waktu dan mesin pencari pun berusaha menghindari penggunaan cara yang salah.Namun,jika kalian menerapkan strategi yang baik,tujuan penggunaan link building akan tercapai.

  1. Media Sosial

Media sosial juga bisa digunakan untuk SEO off-page.Ini merupakan cara yang baik untuk meningkatkan traffic.Meskipun link yang kalian temukan di media sosial biasanya adalah no-follow links,bukan berarti link tersebut tidak berharga.Mempromosikan brand kalian di jejaring sosial dapat membantu menaikkan traffic yang signifikan.Semakin banyak orang menemukan profil kalian,semakin besar kesempatan mereka mengunjungi website kalian.Media sosial dapat menjadi link ekstra yang mengarahkan calon pengunjung ke website melalui profil kalian.

  1. Local SEO

Meningkatnya penggunaan smartphone dan koneksi internet yang semakin baik,metode Local SEO juga semakin populer.Meskipun terlihat serupa dengan SEO,kedua SEO ini sangat berbeda di mana Local SEO berfokus pada memberikan hasil yang berkaitan berdasarkan lokasi pengguna saat itu.

Untuk menggunakan Local SEO,gunakan Google Places for Business Page dan lengkapi semua informasi yang dibutuhkan serta sinkronisasi dengan akun Google+ kalian.Google menyatakan bahwa kebanyakan orang menggunakan ponsel mereka dalam perjalanan.Selain itu,sebagian pengguna ponsel mencari informasi lokal melalui ponsel mereka.

Faktor Yang Membantu Off-Page SEO

Berikut ini beberapa faktor penting membantu metode off-page SEO dan menaikkan peringkat halaman :

  • Inbound Links : Untuk menaikkan peringkat website di mesin pencari,biasanya dengan melihat banyaknya link yang ditujukan ke website kalian.Penggunaan hyperlink yang ditujukan ke website kalian dihitung sebagai suara dukungan bagi website kalian.Semakin banyak link menuju website,semakin banyak suara dukungan kalian di mata Google dan beberapa mesin pencari lainnya.Ada baiknya jika link tersebut dari berbagai domain berbeda.
  • Anchor Text : Merupakan teks yang dijadikan hyperlink.Dalam meangaplikasikan off-page SEO,ada baiknya kalian memberi keyword sesuai untuk link tersebut yang membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi mengenai website kalian dan mengetahui keyword yang akan diberi peringkat.Pastikan anchor text yang digunakan menggambarkan isi konten dari link yang diberikan.Gunakan juga anchor text yang bervariasi yang lebih disukai oleh algoritma terbaru dari Google.
  • Kualitas Link : Tidak semua link memiliki nilai yang sama. Link dari blog populer tidak akan sama nilainya dengan link dari blog pemula.

Website yang dikategorikan sebagai website yang terpercaya biasanya  :

  • Website dengan domain .edu atau .gov
  • Authority website yang merupakan website besar yang selalu muncul berdasarkan keyword.
  • Website yang sudah lama.
  • Website yang sesuai dengan topik konten.

Penggunaan beberapa link berkualitas tinggi dari situs yang termasuk kategori di atas lebih disukai dibandingkan memiliki 100 link tidak berkualitas.

  • Kecepatan Link Building : Kecepatan ini menjadi salah satu faktor penting dalam ­off-page SEO.Namun,link building yang terlalu cepat juga dianggap tidak wajar oleh mesin pencari dan dapat berakibat penalti (terutama jika website kalian masih tergolong baru).Mesin pencari bisa mengetahui kecepatan link building yang baik sehingga mendapatkan 1.000 link berkualitas rendah dalam satu hari ketika website kalian hanya berumur kurang dari sebulan tidak terlihat wajar.Selama tidak menggunakan alat otomatis yang menjanjikan ribuan link dalam satu waktu,kalian tidak perlu terlalu khawatir.

Alat Off-Page SEO

Untuk mempermudah,kini banyak bermunculan alat untuk membantu mengoptimalkan metode Off-Page SEO.Berikut beberapa alat yang bisa digunakan :

  1. Google Ads

Google Ads merupakan alat paling bermanfaat untuk off-page SEO.Fitur yang ditawarkan antara lain : meningkatkan jumlah pelanggan, mendapatkan hasil yang cepat dan mudah dimengerti,peningkatan traffic yang berkualitas,memberi informasi mengenai pasar dan pencarian keyword.Google Ads menjadi alat pemasaran yang memberi kesempatan untuk mengonversi pengunjung menjadi pelanggan dan menjadi leads bisnis kalian.Alat ini mudah digunakan,terjangkau dan memiliki relevansi maksimal.

  1. Ahrefs

Ahrefs berguna untuk berbagai hal karena memiliki database backlink yang besar dan membantu mengetahui segala hal mengenai website kalian dan kompetitor.Kalian dapat mengetahui bagaimana cara mengungguli peringkat pesaing.Fitur yang ditawarkan seperti : melacak backlink kalian,menemukan kata kunci yang relevan,mengetahui informasi pesaing kalian dan menganalisis strategi mereka.

  1. Majestic

Alat ini dikenal sebagai alat backlink paling canggih.Database nya dianggap memiliki informasi mesin pencari yang rinci.Fitur yang ditawarkan antara lain : SEO untuk professional,media analytics,alat pengusaha,perbandingan dengan pesaing, menjelajahi domain secara rinci.

  1. Moz

Moz sangat lengkap menawarkan data traffic yang unik.Dengan menggunakan Moz,kalian bisa fokus pada strategi yang dimiliki sehingga memungkinkan kalian mudah ditemukan di antara banyaknya pencarian yang dilakukan setiap harinya.Fitur yang ditawarkan oleh Moz antara lain : open site explorer,melacak kampanye pemasaran,meneliti peluang sebuah kata kunci dan melacak kesalahan penjelajahan.

Keseimbangan Penggunaan Off-Page Dan On-Page SEO

Biasanya ahli SEO menghabiskan waktu lebih banyak untuk off-page SEO dibanding on-page SEO.Namun,seberapa besar usaha yang kalian lakukan untuk off-page SEO,tanpa on-page SEO yang baik maka usaha tersebut menjadi tidak maksimal.Suatu website yang terlihat tidak terpercaya dari awal kalian membukanya tentu tidak akan membuat kalian memberikan backlinks menuju website tersebut.

Website desain sederhana namun menarik,bersih dari kesalahan penulisan lebih memungkinkan untuk mendapatkan backlink dari website besar dan terpercaya.Meski kalian memiliki link yang banyak,hal ini akan sia-sia jika pengunjung yang awalnya tertarik dengan review website kalian melihat website yang terlihat tidak professional dan terpercaya.Semakin banyak orang membaca atau melihat konten kalian,semakin besar potensi untuk mendapatkan link atau citation.Semakin banyak kalian mendapatkan citation dan link,semakin baik off-page SEO kalian.Karena itu,maksimalkan metode on-page SEO sebelum mulai menggunakan metode off-page SEO.

KESIMPULAN ARTIKEL :

Off-page SEO penting dalam meningkatkan popularitas dan reputasi website.Namun,metodenya tidak hanya dengan link building.Meski mendapatkan link menjadi faktor utama (baik sekarang dan di masa depan),perlu diingat bahwa ini hanya satu faktor di antara banyak faktor lainnya dalam algoritma Google.

Selain itu,link building bukan lagi suatu proses linear di mana kalian terus menerus membangun link,kalian harus menggunakan strategi untuk mendapatkan link secara alami.Disinilah on-page SEO berperan penting di mana konten berkualitas berisi penjelasan rinci menarik lebih banyak pembaca dan membuat konten menjadi layak dijadikan backlink.Meski 2 hal ini berhubungan,melakukan salah satu dari 2 cara ini memberikan hasil optimal.

Semoga artikel tentang Off-Page SEO ini dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

5 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

9 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago