HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian One-Time-Password (OTP)

Di artikel ini,kita akan membahas mengenai One Time Password (OTP).Apa si yang dimaksud dengan OTP itu?Saat ini melakukan transaksi secara online sudah menjadi kebiasaan banyak orang,karena kepraktisan dan kemudaham yang diberikan transaksi online.Saat kalian menjalankan transaksi online,pasti diharuskan untuk memasukkan kode OTP atau One-time Password.

Kode OTP cukuplah penting,namun kenyataannya banyak orang kurang familiar dengan fungsi OTP.Dengan begitu,dapat menyebabkan kekacauan mengarah ke tindak kriminal seperti pencurian uang.Maka inilah mengapa penting bagi orang-orang memahami OTP sebaik mungkin kerana saat ini hampir semua masyarakat terhubung dengan internet dan smartphone serta menjadi pengguna aktif.

Pengertian One Time Password (OTP)

Merupakan kode verifikasi sekali pakai berupa angka yang dikirimkan lewat SMS dan email.Kode OTP biasanya berupa 6 digit angka yang akan hangus dalam 2-5 menit dan hanya bisa digunakan sekali.Kode ini biasanya digunakan untuk proses autentikasi data login atau transaksi bank.Kode OTP merupakan salah satu bagian dari two way authentication yang menambah layer proteksi data di internet.Umumnya,kode OTP digunakan oleh aplikasi yang mempunyai sifat rahasia dan pesonal seperti aplikasi dompet digital dan mobile banking.Namun,kode OTP juga bisa digunakan untuk proses verifikasi transaksi eCommerce marketplace.Sudah banyak aplikasi lain yang menggunakan proses verifikasi OTP untuk menghindari masalah seperti pencurian data maupun penyalahgunaan akun.

Karakteristik Yang Dimiliki One Time Password (OTP)

Berikut ini adalah karakteristik dari kode One-Time Password :

  • Hanya bisa digunakan satu kali

kode OTP hanya bisa digunakan sebanyak satu kali saja ketika kalian menggunakan sistem dalam melakukan suatu jenis transaksi. Hal tersebut tentunya guna menghindari berbagai jenis penyadapan kata sandi yang bisa digunakan oleh siapa saja.Jadi, jika sudah pernah menggunakan kode OTP sebelumnya, maka kalian harus meminta kode OTP tersebut lagi untuk menjalankan transaksi selanjutnya.

  • Hanya bisa digunakan dalam kurun waktu tertentu

Kode OTP ini,biasanya memang hanya dikirimkan dan bisa digunakan dalam kurun waktu tertentu saja.Jadi, jika kalian meminta kode OTP dan mendapatkan kode OTP tersebut, maka hanya bisa menggunakannya dalam kurun waktu beberapa menit saja.Jika sudah keluar dari kurun waktu tersebut,bisa dipastikan bahwa kode OTP tersebut sudah tidak lagi bisa untuk digunakan dan harus meminta ulang.

  • Konteks cukup sempit

Kode OTP ini hanya bisa digunakan dalam kepentingan tertentu saja.Untuk itu,kode OTP pada akun kalian sebanyak satu kali saja pada transaksi tersebut.Sehingga,akan meminimalisir berbagai risiko kecurangan yang melekat di dalamnya.Karakteristik seperti ini biasanya belum diketahui secara mendalam oleh masyarakat,namun sebagian dari mereka yang sudah pernah menggunakan kode OTP kebanyakan sudah mengerti walaupun hanya mengikuti prosedur yang ada.

Tips Menjaga Supaya One Time Password Tetap Aman

Apabila kalian mendapatkan kode OTP,langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan pengamanan dengan tepat,supaya melindungi kode OTP sehingga transaksi bisa dilakukan dengan benar-benar baik.

Cara yang bisa dilakukan supaya akun aman adalah :

  • Selalu waspada dan teliti : Misal nomor asing menghubungi kalian serta mengaku suatu pihak perwakilan misalkan suatu bank,kalian patut curiga,sebab bank menggunakan nomor juga alamat yang jelas saat menghubungi kalian.Ada nomor yang telah tertera di website suatu bank,bahkan dari alamat twitter,facebook page,instagram,email. Sampai telepon bisa dilihat di website resmi milik mereka.Sekarang ini perusahaan telah membangun website resmisendiri,yang memudahkan orang-orang dalam melakukan hubungan dengan bank tersebut.
  • Jangan memberikan kepada siapapun kode OTP yang kalian terima,sebab dikhawatirkan akan menjadi celah terjadinya tindakan penipuan dan lainnya.
  • Silahkan mengganti password juga PIN yang kalian miliki dengan berkala.
  • Untuk PIN usahakan membuat yang berbeda dari sebelumnya dan harus berbeda dari setiap Kartu yang dimiliki.Jangan menggunakan PIN yang mudah dibobol misalkan tanggal lahir,bulan,tahun lahir dan yang lainnya,sebab dapat dengan mudah ditebak oleh orang lain.
  • Jangan membiarkan kartu ada di tangan orang lain tanpa seizin kalian,contoh : ketika membayar di kasir.Hal ini dilakukan supaya bisa mencegah informasi diambil dan di catat orang lain.Meski lengkap dengan teknolog chip, adanya informasi di kartu itu misalkan nomor ATM dan lain sebagainya bisa digunakan dengan mudah oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Lakukan temporary block ketika kartu kalian tidak sedang digunakan.
  • Jangan lupa melakukan aktivitas aplikasi supaya apapun transaksi yang telah terjadi bisa terdeteksi pada aplikasi yang kalian gunakan.

Cara Kerja One Time Password (OTP)

Cara kerja One Time Password (OTP) bisa dibilang cukup sederhana.Biasanya proses ini terjadi secara otomatis dan dalam hitungan menit.Saat melakukan transaksi online yang bersifat sensitif,aplikasi yang kalian gunakan akan mengirimkan kode OTP pada email dan nomor yang terdaftar sebelumnya.Lalu,kalian hanya perlu memasukan kode yang diterima ke dalam aplikasi tersebut.Proses autentikasi akan terjadi secara otomatis saat memasukan kode.Sekarang banyak smartphone dan aplikasi yang akan memasukan kode kalian secara otomatis.Begitu kalian menerima kode One Time Password(OTP)pada perangkat kalian,aplikasi akan mendeteksi dan langsung memasukan kode tersebut.Jadi tidak perlu lagi memasukannya secara manual. Canggih ya 🙂

Penyalahgunaan One Time Password (OTP)

Kode OTP rentan disalahgunakan,benarkah? Jika penipu berhasil mendapatkan kode OTP, keamanan aktivitas perbankan atau aplikasi korban tidak lagi terjamin.Para pelaku menggunakan informasi korban untuk melakukan berbagai jenis kejahatan,seperti penyalahgunaan kartu kredit dalam transaksi besar,pencurian dana di akun korban,penipuan akun email korban atau aplikasi obrolan,pemerasan,dan lainnya.Untuk transaksi online,OTP banyak digunakan oleh sistem perbankan seperti Bank Mandiri, BCA, BRI dan lainnya. Selain itu,situs perdagangan online seperti Tokopedia,Shopee juga menggunakan OTP ini untuk mengontrol transaksi pada akun pengguna mereka.

Contoh One Time Password (OTP)

Contoh bank Mandiri : Dalam program perbankan SMS untuk pengguna ponsel dan untuk penggunaan PIN dan pesan teks terpisah dengan tambahan OTP-SMS (kata sandi).OTP SMS adalah nomor unik 6 digit yang hanya berlaku untuk 1 (satu) transaksi.OTP dikirim ke kotak masuk.Untuk mengakses OTP sebagai pesan pop-up, pelanggan dapat mengakses menu notifikasi pada ponsel mereka.

Contoh lain dari Bank BCA : Pada klikBCA adalah penggunaan kode keamanan transaksi,yang disebut sebagai kode OTP dan dikirim dari sistem BCA ke ponsel kalian dalam bentuk layanan pesan singkat (SMS). Kode OTP ini digunakan untuk mengotentikasi setiap transaksi pembelian online dan transaksi lainnya sebagai tanda kepatuhan dengan transaksi.Kode OTP yang dihasilkan oleh sistem BCA harus dimasukkan saat melakukan transaksi pembayaran online atau transaksi lainnya,misalnya meminta profil My BCA KlikPay (ubah kata sandi, tambahkan / hapus metode pembayaran,riwayat transaksi) dan lupakan kata sandi  kalian.Transaksi yang dapat dieksekusi tanpa menggunakan kode OTP adalah transaksi dalam menu administrasi dan bantuan.

Contoh di online marketplace Tokopedia : kode OTP (One Time Password) adalah kode yang dikirim oleh Tokopedia untuk memastikan bahwa pemegang akun menarik dengan benar.Kode OTP juga diperlukan ketika mendaftar atau menambahkan akun baru dan menarik uang dari akun baru.Jika menarik uang ke akun target yang digunakan sebelumnya,kalian tidak akan diminta untuk memasukkan kode OTP.Kode OTP dikirim ke nomor ponsel yang diverifikasi melalui SMS.Jika kalian belum mengkonfirmasi nomor ponsel,kode OTP akan dikirim melalui email. Untuk memeriksa nomor.

Kekurangan One Time Password (OTP)

Kode OTP yang sudah di desain agar memiliki tingkat keamanan tingkat tinggi juga masih memiliki kekurangan,contohnya seperti :

  • Salah memasukan Kode OTP

Hal yang membuat kode OTP memiliki tingkat keamanan yang tinggi adalah waktu yang terbatas.Namun,hal tersebut juga bisa menjadi kekurangan ketika kalian salah berkali-kali memasukan kode OTP.Dalam transaksi satu lima menit adalah waktu yang cukup untuk memasukan 6 digit angka. Tetapi terkadang ada waktu-waktu dimana kesalahan terjadi. 

  • Mahal dari sisi pengguna

Kode OTP akan dikirimkan ke nomor ponsel atau alat token yang sudah diberikan.Dari sisi pengguna metode ini dinilai relatif mahal,karena harga dari satu kode OTP bisa dibayar menggunakan pulsa.Namun,jika melakukan transaksi dengan nilai lebih tinggi,tentu hal ini menjadi lebih efisien karena harganya menjadi lebih murah.Kode OTP memiliki tingkat keamanan tinggi dan dinilai cukup baik dan bisa untuk menggantikan sistem login seperti yang umum digunakan sekarang.Tetapi dari tingginya tingkat keamanan tersebut harga yang ditawarkan untuk menggunakan OTP ini relatif cukup tinggi dari pada menggunakan sistem login,kemudahan utama yang ditawarkan yakni kalian tidak perlu mengingat kode yang dikirimkan karena hanya bisa digunakan sekali saja.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

6 mins ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

3 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

23 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago