HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Roaming Data Serta Tips Menghindari Biaya Roaming Data Tinggi

Pengertian Roaming Data

Merupakan sebuah acuan sambungan jaringan internet ponsel.Roaming data bekerja ketika pengguna ponsel tidak dapat terkoneksi dengan jaringan karena berada di luar jangkauan.Misalnya contoh : kalian dapat melakukan panggilan atau mengakses Internet saat bepergian secara internasional karena perjanjian antara operator kalian dan operator jaringan lainnya.Namun,diperingatkan bahwa akan ada biaya roaming untuk penggunaan data internasional tersebut.Biaya roaming data bahkan dapat dikenakan biaya perjalanan domestik.Kalian mungkin berpikir ketika datang untuk roaming biaya dalam negeri,tetapi dalam beberapa kasus mungkin akan terkejut dengan biaya roaming pada tagihan kalian.

Fungsi Roaming Data

Selain memahami arti roaming data, kita harus memahami fungsi dari roaming data itu sendiri. Roaming data memiliki fungsi yang sangat membantu penggunanya ketika berada di luar negeri. Berikut ini fungsi dari roaming data.

  • Bisa melakukan penelusuran dengan browser.
  • Bisa mengakses media sosial,seperti facebook,twitter,Instagram dan lainnya.
  • Tetap terhubung dengan kontak whatsapp dan melakukan pembaruan status whatsapp.
  • Semua kegiatan berkaitan dengan jaringan internet tetap bisa berjalan,pastinya harus memiliki kuota cukup.
  • Pengguna ponsel dapat mengirim dan menerima pesan SMS,baik dalam bentuk teks maupun multimedia.
  • Bisa melakukan panggilan dan menerima panggilan ataupun melakukan video call.
  • Ketika berada di mode pesawat,panggilan telepon akan tersimpan dalam bentuk voice mail.

Penyebab Biaya Roaming Data Tinggi

Ada beberapa hal yang menyebabkan tagihan biaya roaming data tinggi.Berikut ini penjelasannya :

  • Melakukan panggilan telepon internasional.
  • Perangkat sedang aktif dan ada panggilan masuk di voicemail,maka biaya akan dibebankan sebagai panggilan masuk roaming internasional.Jika tidak digunakan sebaiknya perangkat tidak diaktifkan.
  • Mengirim pesan teks ataupun pesan multimedia ketika berada di luar negeri.
  • Apabila perangkat mati atau dalam mode pesawat dan ada panggilan masuk ke pesan suara,maka tidak akan dikenakan biaya.Namun jika ada pesan voicemail visual masuk saat roaming maka akan dikenakan tarif roaming.

Tips Menghindari Biaya Roaming Data Tinggi

Berikut beberapa tips untuk mengurangi penggunaan data dan menghindari biaya roaming tinggi :

  • Dengan memperhatikan berapa banyak data yang digunakan : Banyak ponsel yang memungkinkan kalian mengatur peringatan data yang akan mengingatkan kalian ketika sudah dekat dengan batas penggunaan.Tetapkan batas maksimal penggunaan data sesedikit mungkin untuk menghemat biaya pemakaian data.
  • Dengan menetapkan Batas Roaming Data : Dapat mengubah batas roaming data ke jumlah yang sesuai untuk kalian.Dengan begitu kalian akan merasa tenang sebab tidak akan kecolongan dalam penggunaan akses data yang berlebihan.
  • Dengan membeli Paket Roaming Data : Biasanya operator seluler menawarkan paket roaming data dengan banyak pilihan.Kalian bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan data.
  • Hati-hati dengan cara menggunakan ponsel : Kurangi mengunggah atau mengunduh gambar,video dengan ukuran file besar menggunakan data seluler,karena hal itu dapat mengurangi dengan cepat kuota roaming kalian.Hati-hati juga menggunakan Google Maps,yang membutuhkan koneksi data aktif.kalian dapat mengunduh area peta tertentu sebelum pergi, atau menggunakan aplikasi seperti Here We Go (Android,Apple) yang berfungsi secara offline.
  • Mematikan pembaruan aplikasi : Aplikasi seperti Instagram dan WhatsApp tetap up-to-date dengan memperbarui di latar belakang,yang berarti ponsel kalian dapat menggunakan data tanpa menyadarinya.Buka menu Pengaturan,cari Pembaruan dan matikan atau mengunduh pembaruan ketika kalian terhubung ke hotspot wifi.
  • Manfaatkan wi-fi : Hotspot Wifi sudah tersedia di hotel atau kedai kopi dan beberapa operator seluler tertentu pun kadang menyediakan wifi gratis tanpa batas di seluruh dunia,kalian bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk lebih menghemat data kalian sendiri.

Cara Menggunakan Roaming Data

Sebelum menggunakan roaming data,hal pertama yang perlu dilakukan yakni,membeli paket kuota dari operator yang bersangkutan.Terkadang terdapat paket lengkap untuk sekali pembelian,dari mulai panggilan telepon,SMS dan kuota internet.Penggunaan roaming data pada dasarnya cukup mudah,seperti penggunaan ponsel biasanya.Pengguna dapat melakukan panggilan,sms,berselancar di internet maupun menggunakan media sosial. Sebelum menggunakan roaming data, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara melakukan pengaturan pada ponsel.

Berikut ini cara mengaktifkan roaming data bagi pengguna ponsel android :

  • Membuka menu pengaturan yang ada di ponsel.
  • Cari dan masuk ke menu kartu SIM.
  • Klik menu Roaming Data.
  • Pilih aktifkan Roaming Data.
  • Matikan ponsel dan nyalakan kembali (restart).
  • Jika sudah hidup kembali, hubungkan dengan jaringan internet dan roaming data akan secara otomatis aktif.

Apabila menggunakan ponsel iPhone,maka lakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Buka menu pengaturan yang ada,lalu cari dan pilih menu Data seluler.Langkah selanjutnya buka Pengaturan Data Seluler dan aktifkan Roaming Data.

Perbedaan Roaming Dulu dan Sekarang

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara roaming masa dulu dengan roaming masa sekarang.Hanya saja karena dahulu kebanyakan orang menggunakan HP berbasis Java,roaming ini bermanfaat sekaligus butuh ekstra kesabaran.Dengan semakin berkembangnya sistem operasi,tentu sistem roaming saat ini menjadi jauh lebih mudah.Hanya saja saat ini jarang orang yang memanfaatkan fitur roaming ketika bepergian ke luar negeri.Dengan berkembangnya internet tentu orang akan lebih memilih menggunakan internet gratis yang bisa ditemukan di banyak negara di luar negeri. Apalagi jika bepergian ke negara-negara maju.Ditambah dengan kualitas voice call,voice note,hingga video call yang sudah semakin canggih.Saat ini sudah jarang orang yang memusingkan soal roaming serta biaya roaming yang terkenal mahal.

Cara Kerja Roaming Internasional

Roaming akan bekerja apabila operator ponsel kalian meminjam jaringan operator di luar negeri sehingga pelanggannya bisa menggunakan jaringan tersebut untuk berkomunikasi.Contoh : Saat kalian menggunakan Telkomsel pergi ke Amerika Serikat, sayangnya disana tidak ada jaringan Telkomsel.Jika Telkomsel memiliki perjanjian dengan America Telecoms,maka kalian bisa menggunakan jaringan America Telecoms menggunakan kartu sim Telkomsel untuk berkomunikasi.Bisa dibilang dengan kata lain,kalian menggunakan proxy supaya jaringan ponsel bisa tetap terhubung.Itulah alasan kenapa biaya roaming internasional  cukup mahal,karena memang operator lokal wajib membuat perjanjian khusus dengan operator terkait di luar negeri.

Cara Mencegah Roaming Internasional

Beberapa tips yang bisa kalian manfaatkan untuk mencegah roaming internasional,berikut caranya :

  • Guna mengindari roaming internasional,maka kalian bisa menonaktifkan data roaming.Untuk masing-masing ponsel memiliki manualnya sendiri-sendiri,meski begitu secara umum kalian bisa mematikan fungsi ini melalui pengaturan.Cara ini baik terutama untuk pengguna kartu pasca bayar,karena seringkali tanpa sadar tagihan kalian membengkak karena roaming ini.
  • Apabila kalian masih merasa khawatir meski sudah mematikan data roaming,kalian bisa mengaktivasi data seluler sekalian,karena saat ini sudah banyak tersedia jaringan wifi gratis,kalian tidak perlu bingung untuk berkomunikasi via internet.
  • Dengan memanfaatkan layanan paket data internasional yang biasanya dimiliki oleh banyak operator saat ini. Dengan menggunakan layanan paket data internasional kalian bisa menghemat jauh lebih banyak uang, meski secara relatif memang lebih mahal dari paket data normal.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

2/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

16 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

5 days ago