HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu Waralaba? Yuk Kenali Pengertian dan Contohnya

Menurut undang-undang pemerintah Indonesia, pengertian waralaba adalah suatu pihak mempunyai hak untuk mengakses dan memanfaatkan suatu hak kekayaan intelektual (HAKI) atau kumpulan fungsi bisnis yang dimiliki oleh pihak lain dengan imbalan suatu perjanjian kontraktual diberikan ketentuan ganti rugi yang ditetapkan oleh pihak lain sehubungan dengan penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa berdasarkan hal tersebut. Sederhananya, waralaba adalah kontrak bisnis yang memberi Anda hak untuk menjual produk, jasa, atau jasa.

Pihak yang memberikan hak disebut franchisor, dan pihak yang diberi hak disebut franchisee. Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, pengertian waralaba adalah suatu sistem penyaluran barang dan jasa kepada konsumen akhir, dan franchisor memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melakukan usaha dengan merek, nama, atau sistem tertentu dan jangka waktu yang sudah ditentukan. Waralaba diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2007 tentang Waralaba.

Lalu apa keuntungan memiliki waralaba? Pada dasarnya, tujuan perusahaan adalah untuk “memperluas” wilayah mereknya dengan mengizinkan orang lain menjual produknya. Sementara pemilik waralaba atau franchisor menghasilkan uang melalui perluasan wilayah, penerima atau franchisee dapat memulai bisnis dengan cara yang pasti menghasilkan keuntungan dan menjalankannya dengan baik.

Jenis-jenis Waralaba di Indonesia

Waralaba sudah ada di Indonesia sejak lama. Ada juga franchise Indonesia yang sudah buka di luar negeri. Ada beberapa jenis waralaba di Indonesia. Dengan bantuan Finansialku mengorganisasikan jenis-jenis waralaba berdasarkan beberapa klasifikasi, yaitu:

Berdasarkan Produk yang Ditawarkan

Terdapat tiga jenis waralaba berdasarkan produk yang ditawarkan:

  1. Waralaba Produk
    Merupakan waralaba yang menyediakan produk seperti pakaian dan makanan. Contoh: Chatime dan Miniso.
  2. Waralaba Jasa
    Merupakan perusahaan waralaba yang menyediakan jasa seperti laundry, pendidikan dan kursus, serta biro perjalanan. Contoh: Melia Laundry, Gracious Preschool and Kindergarten, dan Mom n Jo Spa.
  3. Waralaba Kompleks
    Merupakan waralaba yang tidak hanya menyediakan produk tetapi juga menyediakan jasa. Contoh: Martha Tilaar Salon Day Spa。

Berdasarkan Negara Asal

Terdapat dua jenis waralaba berdasarkan negara asal, yaitu :

  1. Waralaba Internasional
    Ini adalah waralaba yang berasal dari luar Indonesia. Waralaba internasional cenderung lebih disukai karena mereknya sudah terkenal dan harga rata-rata lebih mahal. Contoh: McDonald’s, KFC, Miniso.
  2. Waralaba Dalam Negeri
    Merupakan waralaba yang berasal dari Indonesia dan merupakan hasil pengusaha Indonesia. Jika Anda ingin membuka usaha yang pasti mendapat perhatian, franchise Indonesia bisa menjadi pilihan untuk Anda. Contoh: Markobar, Alfamart, Campina, Apotek K24.

Berdasarkan International Franchise Association

Ada empat jenis waralaba yang diklasifikasikan oleh International Franchise Association. Keempat jenis ini umum digunakan di Amerika Serikat.

  1. Product Franchise
    Yang dimaksud dengan waralaba jenis ini adalah produsen mempunyai kendali penuh atas toko eceran yang menjual produknya. Mirip dengan waralaba lainnya, produsen pemegang hak lisensi untuk menjual dan hak cipta produk bermerek. Penerima hak atau franchisee harus membayar biaya perolehan hak dan pembelian produk waralaba. Contoh waralaba yang menggunakan sistem ini adalah Epson.
  2. Manufacturing Franchise
    Pengertian waralaba jenis ini memperbolehkan penerima hak untuk memproduksi suatu makanan atau minuman tertentu tanpa mengetahui bahan apa yang terkandung di dalamnya. Setelah Anda memiliki hak cipta, Anda dapat memulai pabrik Anda sendiri. Pemilik pabrik dapat mencampur, mengemas dan mendistribusikan semua bahan yang mereka terima. Contoh franchise yang menggunakan sistem ini adalah Coca-Cola.
  3. Business Opportunity Ventures
    Yang dimaksud dengan waralaba jenis ini adalah penerima hak mempunyai kewajiban untuk membeli dan kemudian menjual produk dari suatu perusahaan tertentu. Perusahaan pemilik hak cipta juga harus menyediakan pelanggan dan akun kepada penerima hak cipta. Sebagai kompensasinya, perusahaan pemilik hak cipta membayar biaya atau mengevaluasi layanan yang diberikan. Contoh usaha yang menggunakan sistem franchise ini adalah pengusaha vending machine.
  4. Business Format Franchising
    Waralaba jenis ini memiliki integrasi bisnis yang lebih luas dibandingkan jenis lainnya. Penerima hak cipta mendistribusikan produk pemberi waralaba di bawah hak cipta pemberi waralaba dan dalam bentuk serta cara yang ditetapkan oleh pemberi waralaba. Waralaba jenis ini adalah yang paling populer dan populer di Amerika Serikat. Contoh perusahaan yang menggunakan sistem waralaba ini adalah Starbucks Coffee.

Jalinan kerjasama antar pihak biasanya disahkan dengan kontrak atau perjanjian. Sebagai bagian dari proses kolaborasi, franchisor biasanya memberikan bimbingan dan arahan mengenai aspek teknis bisnis, manajemen, dan pemasaran produk. Sementara itu, franchisee harus membayar biaya yang telah disepakati sebelumnya. Saat Anda menekuni bisnis ini, Anda akan menjumpai istilah Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI. Contoh hak kekayaan intelektual antara lain paten, rahasia dagang, desain logo, hak cipta, dll.

Untuk menentukan jenis waralaba apa yang cocok, Anda harus mempertimbangkan lokasi, kondisi, sistem waralaba, produk, prospek keberhasilan, biaya, dll. Jika Anda memutuskan untuk menjadi franchisor, ingatlah bahwa membangun merek bukanlah proses yang cepat. Hanya karena Anda memutuskan merek Anda bisa digunakan oleh orang lain bukan berarti Anda mendapat sedikit tambahan modal. Franchisor harus membina hubungan baik dengan masing-masing penerima waralaba. Artinya, bisnis Anda akan bertahan lebih lama. Faktor keberhasilan dalam waralaba adalah lamanya hubungan antara pemberi waralaba dan penerima waralaba, bukan jumlah produk yang terjual atau cabang.

5/5 - (2 votes)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Kenali Canva Sebagai Web Tools Gratis Untuk Membuat Desain Anda

Cara Membuat Desain Gratis dengan Web Canva untuk Pemula – Saat ini, konten visual menjadi…

4 hours ago

5+ Tools Online Terbaik untuk Cek Website Down atau Tidak

Setelah website berhasil dihosting dan digunakan oleh banyak pengguna, kamu masih perlu melakukan banyak aktivitas…

23 hours ago

Masih Bingung Apa Itu Link? Ini Penjelasan Jelasnya

Link merupakan istilah yang sering didengar terutama oleh orang-orang yang menggunakan media sosial dan internet.…

1 day ago

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

3 days ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

3 days ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

4 days ago