HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian WordPress Responsive Theme Serta Contohnya

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai semua yang perlu kalian ketahui tentang pengertian,cara memeriksa dan juga contoh responsive theme.

Pengertian WordPress Responsive Theme

WordPress responsive theme merupakan template website WordPress yang dioptimalkan untuk semua ukuran layar perangkat.Terlepas dari perangkat yang digunakan,layout dari WordPress theme responsive menyesuaikan resolusi layar untuk User Experience (pengalaman pengguna) yang optimal.Karena itu,penting rasanya untuk menggunakan WordPress responsive theme pada website kalian.

Website design merupakan salah satu aspek pertama yang dilihat pengunjung website saat membuka website.Karena itu,penting bagi pengunjung website untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat mengunjungi sebuah situs terlepas dari ukuran layar perangkat yang digunakan.Apalagi saat ini perangkat seluler seperti smartphone dan tablet menyumbang hampir separuh dari lalu lintas situs web global secara keseluruhan.Dengan begitu,penting untuk sebuah website menggunakan responsive theme yang bekerja optimal pada semua perangkat.

Berikut ini beberapa keuntungan memiliki desain WordPress theme responsive :

  • Conversion rate lebih tinggi : Website desain dengan UX  yang lebih optimal pada seluruh desktop dan perangkat seluler meningkatkan kredibilitas situs,sehingga mudah untuk  menarik pendatang baru dan meningkatkan conversion rate.
  • Bounce rate berkurang : Terkadang beberapa pengguna internet akan meninggalkan sebuah website dengan tema dan desain yang buruk,maka dari itu optimalkan layout situs kalian agar persentase bounce rate website berkurang.
  • Maintenance website yang mudah : Responsive theme dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran layar dan browser,tentunya maintenance website kalian akan lebih mudah dan hemat biaya.
  • Loading time cepat : menggunakan WordPress theme responsive dengan fitur cache dan pengoptimalan gambar dapat meningkatkan waktu loading halaman situs kalian.
  • Readability yang lebih baik : Karena responsive theme memiliki format yang dapat disesuaikan,menggunakan tema ini memungkinkan pelanggan kalian untuk mendapatkan pengalaman membaca yang optimal pada semua ukuran layar.
  • SEO lebih baik : Google memprioritaskan mobile-friendly website,karena itu menggunakan responsive theme dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi pada SERP (search engine result pages).

Cara Memeriksa Responsif Sebuah Website

Cara mudah untuk memeriksa website telah menerapkan tema responsif atau tidak yakni dengan mengujinya melalui browser seperti Mozilla Firefox,Google chrome dan lainnya.Jika website WordPress kalian menggunakan responsive theme,font dan format website akan berubah sesuai ukuran yang ada saat kalian mengubah ukuran jendela browser serta dapat menggunakan tool pengujian desain web seperti : Google Mobile-Friendly Test,untuk memeriksa respons situs web kalian.Selain digunakan untuk menguji responsive tema WordPress kalian,Google Search Console dapat digunakan untuk mendeteksi masalah pemuatan halaman,serta akan mendeteksi hal-hal yang menghambat kinerja website kalian dan memberikan solusi untuk peningkatan website.

Cara Membuat WordPress Responsive Theme

Untuk mengubah tema statis menjadi desain web responsive,dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk melakukannya.Kalian bahkan mungkin perlu menyewa web designer jika tidak yakin dengan keterampilan pemrograman kalian.Tentunya akan  menghabiskan banyak biaya dan juga sumber daya.Karena itu,akan lebih baik kalian untuk memulai dari awal dan memilih tema baru yang sepenuhnya responsif dan juga mobile-friendly.

Sebagian besar tema yang ada di WordPress kini sudah mempunyai fitur mobile friendly,membuatnya lebih mudah untuk dikelola sesuai dengan keinginan.Terlebih juga,sekarang sudah banyak WordPress responsive theme yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti pengoptimalan SEO dan integrasi media sosial.

Kalian dapat menemukan berbagai macam pilihan WordPress responsive theme pada direktori official WordPress secara gratis maupun melalui third-party website seperti Themeforest.Namun jika tidak ingin merubah tema website saat ini,pertimbangkan untuk menggunakan plugin WordPress seperti OBox Mobile untuk membuat website lebih mobile-friendly.

Daftar Rekomendasi WordPress Responsive Theme Terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tema responsive WordPress terbaik :

  • Montserrat-Multipurpose Modern HTML Template.
  • Adios-Portfolio WordPress Theme.
  • Flatsome-Multi-Purpose Responsive WooCommerce Theme.
  • uDesign-Responsive WordPress Theme.
  • Jupiter-Elementor Multi-Purpose Theme.
  • The7-Multi-Purpose Website Building Toolkit for WordPress.
  • Enfold-Responsive Multi-Purpose Theme.
  • Oshine-Multipurpose Creative WordPress Theme.
  • SEOWP-SEO & Digital Marketing WordPress Theme.
  • Salient-Responsive Multi-Purpose Theme.
  • X The Theme.

Kini dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna smartphone menjadikan website dituntut untuk memenuhi kebutuhan mereka.Salah satu caranya yakni dengan menggunakan responsive theme.Di artikel ini kita telah membahas tentang WordPress responsive theme.Sekian artikel kali ini,semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

3/5 - (2 votes)
feni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

6 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago