HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian,Jenis-Jenis Serta Manfaat Dari E-Katalog

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa itu E-Katalog.Istilah E-Katalog,Istilah yang sudah cukup terkenal ini sudah mulai di praktekan para pengusaha untuk berlomba memasarkan produk atau jasa mereka secara digital.

Di era modern seperti sekarang ini,kebutuhan masyarakat sudah banyak tersedia melalui jejaring sosial.Konsumen juga lebih memilih produk atau jasa yang lebih mudah diakses atau dibeli tanpa harus keluar dari rumah atau tempat kerja.Jadi mereka dapat berbelanja kapanpun.

Pengertian E-Katalog

E-Catalogue atau E-Katalog merupakan sebuah sistem informasi dari sebuah katalog yang berisi daftar produk atau jasa, jenis,merek,spesifikasi teknis,harga dan jumlah barang atau jasa yang tersedia,yang dapat di akses secara digital.E-Katalog tidak memiliki tanggal expired,karena dapat direvisi kapan pun,sehingga tidak terus menerus mencetak ulang seperti pada katalog manual.

Jenis-Jenis E-Katalog

E-Katalog memiliki jenis masing-masing menurut isi di dalamnya dan siapa yang menerbitkan.Berikut adalah beberapa jenis E-Katalog yang dapat diakses :

  • E-Catalogue Nasional

Merupakan katalog yang disusun dan dikelola oleh Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.Biasanya e-katalog ini berisi tentang pengadaan barang-barang bantuan untuk fasilitas negara.Misalkan jasa operator,jasa dalam pekerjaan konstruksi,buku-buku sekolah,seragam sekolah dan lainnya.E-Catalogue nasional berlaku untuk seluruh kepentingan negara Indonesia secara umum.

  • E-Catalogue Sektoral

Merupakan katalog yang disusun oleh kementrian.Ruang lingkupnya lebih kecil dari e-catalogue nasional.Contoh produk atau jasa yang disediakan adalah alat nelayan,alat pertanian,alat perkebunan dan lain sebagainya.

  • E-Katalog Daerah

Merupakan katalog yang menyediakan barang atau jasa untuk menjangkau lingkup yang lebih kecil lagi.Tim yang menyusun adalah pemerintah daerah setempat,yang  langsung di bentuk oleh kepala daerah.Kriteria dari barang atau jasa yang tertuang dalam e-katalog daerah yakni dapat di standardkan dan memiliki sifat berulang.

  • E-Catalogue Swasta

Untuk E-Catalogue Swasta dikategorikan lagi menjadi 2 kelompok utama sesuai dengan target perusahaan, yaitu e-katalog untuk konsumen dan untuk bisnis.Keduanya memiliki pengertian sama,yakni merupakan list barang atau jasa yang dibuat oleh perusahaan atau badan usaha swasta secara digital dan berisi informasi barang atau jasa yang mereka jual.

Manfaat E-Katalog Untuk Konsumen

Beberapa pihak memilih untuk membuat E-katalog karena memiliki banyak manfaat baik untuk perusahaan maupun bagi konsumen atau masyarakat,jika dibandingkan dengan katalog biasa yang dicetak diatas kertas.

Beberapa manfaat dari E-Katalog dilihat dari sudut pandang konsumen yakni :

  • Dapat Update Secara Efisien : Dengan Menggunakan E-Katalog,Konsumen dapat terus update terhadap perkembangan barang atau jasa yang ingin dilihat.Tidak ada lagi katalog yang tidak berlaku atau expired,karena E-Katalog terus akan di update setiap ada perubahan.Setiap konsumen mengakses,maka saat itu juga menjadi update terbaru dari toko atau supplier yang mereka lihat.
  • Dapat Mudah Di Akses Oleh Berbagai Pihak : E-Katalog membantu konsumen untuk hemat waktu guna menentukan dimana mereka memutuskan untuk membeli barang tersebut dan barang yang akan dibeli.Hanya dengan satu perangkat,mereka dapat melihat beberapa E-katalog sekaligus dari beberapa toko atau supplier.

Kebiasaan konsumen yang sering membandingkan harga,menjadi lebih mudah dengan menggunakan E-Katalog ini.Tidak perlu repot pindah atau bertanya dari satu tempat ke tempat lain,yang dapat membuang-buang waktu,membuang tenaga dan menambah biaya juga.

  • Dapat Meningkatkan Performa Pengadaan Barang : Menggunakan E-Katalog,khususnya untuk suatu pengadaan produk barang dan jasa,akan lebih memudahkan konsumen untuk mendapatkan kesepakatan harga,waktu pembayaran,dan lainnya.

E-Katalog juga lebih efektif karena mampu menghemat lebih banyak waktu dan mempercepat seluruh proses pengadaan.Dengan begitu.tingkat produktivitas lebih meningkat,bagi pihak konsumen juga akan lebih cepat dalam mengolah kembali produk tersebut untuk dijual kembali.

  • Dapat Membuat Informasi Barang dan Jasa Transparan & Mudah Didapat : E-Katalog memberikan informasi barang dan jasa yang ada di dalamnya selalu transparan.Pihak lain tidak dapat menyela atau mengambil untung dengan menjual barang atau jasa tersebut lebih mahal untuk alasan pribadi.Informasi yang ada di E-Katalog sudah disetujui oleh pihak perusahaan yang berwenang.

Jika pada kenyataannya,ada beberapa oknum yang tidak memberikan barang atau jasa sesuai dengan informasi yang dimuat pada e-katalog,maka konsumen memiliki hak untuk protes atau bahkan membawa ke jalur hukum.

Manfaat Penggunaan E-Katalog Bagi Perusahaan (Pelaku Usaha)

E-Katalog dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan yang menerapkannya.Jika tidak,tentu mereka tidak akan menyediakan fasilitas E-Katalog bagi konsumen.

Berikut ini beberapa keuntungan dari E-Katalog untuk sang pelaku bisnis :

  • Tepat Sasaran : Pengusaha (Pelaku usaha) tidak harus repot untuk membagikan katalog kepada konsumen.E-Katalog cukup di pasang pada jejaring sosial dan tentu siapapun yang mengaksesnya adalah mereka yang memang membutuhkan barang atau jasa yang dijual.Jika konsumen jadi memesan sekalipun,maka pelaku usaha memiliki database mereka dan dapat di follow up kembali.
  • Dapat Menjangkau Banyak Pasar : Dengan adanya E-Katalog membantu konsumen untuk mempersingkat waktu dalam memilih pengadaan barang dan jasa.Perusahaan kalian akan selangkah lebih maju dari perusahaan lain dan juga dapat menjangkau lebih banyak lagi pangsa pasar jika memiliki fasilitas E-Katalog.
  • Kecil Kemungkinan Resiko Penyalahgunaan Harga : E-Katalog sangat transparan dan terhubung langsung dengan konsumen,hal ini dapat menekan resiko penyalahgunaan harga di dalam perusahaan.Karena E-Katalog secara tidak langsung berfungsi sebagai dokumen sah yang memuat informasi barang atau jasa yang ditawarkan.Tidak akan ada pihak yang bisa memanipulasi harga yang ditampilkan.
  • Go Green Karena Tanpa Kertas : Jika menggunakan E-Katalog,perusahaan ikut andil dalam program pemerintah yaitu go-green. Seperti yang diketahui, bahwa kertas dibuat dari batang pohon dan banyak nya pohon yang ditebang akan meningkatkan global warming.
  • Efisien Waktu Dan Efektif Proses Penjualan : Beberapa E-Katalog menyediakan fasilitas pemesanan,sehingga perusahaan tidak harus repot melayani konsumen.Semua barang atau jasa yang dipesan akan terlampir dengan jelas.E-Katalog juga memiliki arsipan,barang atau jasa yang dipesan oleh setiap konsumen jelas dan bila terjadi kesalahan,pihak perusahaan bisa menunjukan bukti pemesanan.

Kriteria Barang Atau Jasa E-Katalog

Sesuai Perlem LKPP Nomor 7 Tahun 2020 merupakan Perubahan Atas Perlem LKPP Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Katalog Elektronik menyebutkan bahwa kriteria barang atau jasa E-katalog dibagi menjadi 2 jenis,yakni :

  • Tipe barang atau jasa umum : meliputi barang atau jasa yang dibutuhkan oleh K/L,barang/jasa standar atau dapat distandarkan dan kebutuhan barang atau jasa yang bersifat berulang.
  • Tipe produk inovasi : produk yang ditetapkan oleh Menteri/Pimpinan Lembaga yang membidangi urusan pemerintahan di bidang penelitian,pengembangan,pengkajian dan penerapan serta invensi dan inovasi yang terintegrasi.

Implementasi E-katalog

Dengan Penerapan E-katalog dianggap paling kritis dalam e-procurement karena memberikan pengaruh positif pada sistem procurement.Dengan pedoman yang jelas E-katalog memberikan keleluasaan dan fleksibilitas untuk para pengguna barang,sehingga memungkinkan pembelian yang cepat dan terkonsolidasi.

Ada beberapa alternatif pilihan strategi untuk implementasi E-katalog,yaitu :
  • Unified (Common) E-Catalogue Strategy

Strategi penerapan E-Katalog ini umumnya untuk katalog yang digunakan bersama dan disarankan untuk kontrak yang sudah ada untuk grup jenis barang-barang yang digunakan oleh sebagian besar unit organisasi.

  • Coordinated E-Catalogue Strategy

Dengan strategi ini,maka implementasi E-Katalog digunakan secara lokal,mencakup kebutuhan khusus dari setiap institusi. Kebutuhan khusus ini termasuk jenis produk/barang dan syarat-syarat kontrak pembelian.

  • Guided E-Catalogue Strategy

Dengan strategi ini,maka tiap-tiap institusi dapat mengembangkan sendiri atau akan menggunakan aplikasi E-Katalog yang dipergunakan pusat.

Itulah artikel mengenai penggunaan E-Katalog mulai dari pengertian,jenis-jenis serta manfaatnya.Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

 

4/5 - (2 votes)
feni

Recent Posts

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

3 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

24 hours ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

1 day ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

2 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

2 days ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

3 days ago