HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pelajari Di Sini! Penjelasan Lengkap Apa Itu Feedback dan Jenisnya

Komunikasi merupakan sesuatu yang kita lakukan sehari-hari sebagai makhluk sosial. Saat Anda berkomunikasi, Anda biasanya menerima umpan balik atau feedback. Istilah feedback pada mulanya dikenal dalam ilmu komunikasi, namun seiring berjalannya waktu istilah tersebut semakin banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Feedback adalah salah satu tahapan komunikasi yang paling penting. Anda sering mendengar kata feedback dari penjual dan penyedia jasa bukan? Ya, feedback penting bagi penjual dan penyedia layanan untuk meningkatkan dan mengembangkan produk dan layanan yang mereka tawarkan.

Untuk membantu Anda menemukan dan memberikan feedback dengan baik, kami menyarankan Anda membaca artikel ini sampai akhir. Pada pembahasan kali ini Hosteko akan menjelaskan mengenai jenis feedback, tips, dan apa saja yang akan kami bahas.

Apa Itu Feedback?

Apa itu feedback? Feedback adalah gabungan dari kata bahasa Inggris “feed” yang berarti “memberi” dan “back” yang berarti “kembali”. Oleh karena itu, feedback dapat dikatakan merupakan kegiatan komunikatif antara dua pihak yang memberikan umpan balik terhadap suatu topik pembicaraan. Kata ini sering digunakan dalam dunia bisnis. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, himpunan ini merupakan suatu kegiatan yang dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan suatu produk atau jasa.

Jika Anda ingin memberikan feedback negatif tentang suatu produk, kami mendorong Anda untuk melengkapinya dengan saran apa pun yang dapat Anda berikan untuk menyempurnakan produk tersebut. Tidak hanya menyalahkan, tetapi juga membangun melalui sugesti positif.

Misalnya dalam aktivitas sehari-hari, ketika seorang developer membuat aplikasi yang diinginkan pelanggan dan menyajikannya kepada pelanggan dengan tujuan untuk mendapatkan feedback guna memastikan bahwa aplikasi yang dibuat memenuhi harapan pelanggan. Contoh lainnya adalah ketika manajer memberikan feedback kepada karyawan tentang kinerja mereka untuk mendorong dan memotivasi mereka agar lebih berkomitmen pada pekerjaannya.

Seperti Apa Jenis Feedback?

Feedback tersebut masih dibagi dalam beberapa bagian. Untuk lebih detailnya lihat di bawah ini.

Feedback Netral

Jenis feedback yang pertama adalah netral. Feedback netral adalah jenis umpan balik yang sulit dipahami apakah positif atau negatif. Biasanya orang yang memberikan feedback netral hanya diam dan tidak berkomentar.

Feedback Internal

Jenis berikutnya adalah feedback internal. Reaksi seperti ini datangnya dari dalam diri Anda sendiri. Misalnya, setelah memberikan masukan kepada seseorang, Anda ingin mengubah dan memodifikasi tanggapan yang Anda berikan berdasarkan faktor-faktor tertentu. Ini adalah bagian dari feedback internal.

Feedback Eksternal

Berikutnya adalah feedback eksternal. Artinya tipe ini baik dari sisi pelanggan maupun dari sisi komunikator (orang yang memberi jawaban). Hal ini dapat ditandai dengan gerak tubuh, nada bicara, tindakan, dan ekspresi wajah yang disampaikan komunikator kepada komunikan (orang yang menerima tanggapan).

Feedback Positif

Feedback positif adalah jenis feedback yang menunjukkan kesediaan untuk bekerja sama dengan komunikator untuk memperbaiki, mengembangkan, atau mendukung topik tertentu.

Misalnya, ketika manajer memberikan feedback kepada karyawan tentang kinerjanya, karyawan dapat mengkomunikasikan perasaan dan sarannya kepada manajer untuk lebih meningkatkan kinerjanya.

Feedback Negatif

Feedback negatif jenis ini merupakan kebalikan dari positif yang berarti komunikan tidak mau bekerja sama atau tidak setuju dengan apa yang dikomunikasikan oleh komunikator. Misalnya saja jika mengabaikan feedback yang diberikan.

Feedback Verbal

Berikutnya adalah feedback verbal. Hal ini disampaikan secara lisan oleh komunikan melalui komentar, interupsi penyampaian informasi oleh komunikator, atau tanggapan yang diberikan. Hal ini biasanya terjadi saat mempresentasikan produk kepada pelanggan.

Feedback Non-Verbal

Berbeda dengan feedback verbal, feeback jenis ini disampaikan secara tidak langsung, misalnya melalui ekspresi wajah, kalimat, kode, dan gerakan tubuh.

Manfaat Feedback Adalah

Manfaat jenis respon ini yang perlu anda ketahui adalah:

Modal Pengembangan Produk

Feedback pelanggan sangat penting ketika mengembangkan suatu produk. Berdasarkan feedback yang diberikan, Anda akan mengetahui jenis produk dan layanan apa yang Anda butuhkan. Hal ini memungkinkan produk dan layanan Anda berkembang dan beradaptasi dengan kebutuhan pasar, sehingga menghasilkan peningkatan penjualan.

Gambaran Umum untuk Calon Pelanggan

Tidak semua orang mengetahui produk atau jasa apa yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, calon pelanggan dapat melihat feedback pelanggan lainnya. Dengan cara ini Anda akan mengetahui deskripsi dan kualitas seperti apa yang Anda dapatkan.

Tetap Up To Date dengan Trend Terbaru

Terakhir, manfaat feedback adalah memungkinkan Anda mengidentifikasi tren dan kebutuhan pelanggan. Dalam dunia bisnis banyak sekali pebisnis yang tidak mampu mengikuti perkembangan tren dan berakhir dengan menurunnya penjualan produk.

Oleh karena itu, manfaat feedback adalah dapat memberikan informasi mengenai tren terkini dari pelanggan mengenai produk. Anda juga dapat mengembangkan produk Anda sesuai dengan tren yang ada dan memastikan produk Anda tetap menjadi pilihan utama pelanggan Anda.

Tips Memberi Feedback

Poin-poin berikut ini merupakan tips memberikan feedback yang baik. Apakah kalian sudah siap untuk membahas hal ini? Atau kalian masih bingung apa itu feedback? Jadi, mari kita bahas tips tersebut!

Mengungkapkan Feedback dengan Jelas

Memberikan respons penting agar feedback itu sendiri berhasil. Jadi harap singkat dan jelas dalam tanggapan Anda. Hal ini diperlukan untuk menghindari kesalahpahaman antara pemberi feedback dan penerima feedback.

Feedback yang jelas tidak hanya menghindari kesalahpahaman, tetapi juga memudahkan penerima untuk memahami dan mencerna jawaban Anda.

Memberikan Feedback Secara Pribadi dan Langsung

Kita telah mengetahui bahwa feedback digunakan untuk membangun dan menjaga kualitas. Oleh karena itu, ketika memberikan masukan, apalagi jika negatif, sebaiknya diungkapkan secara pribadi.

Jika Anda ingin menyampaikan tanggapan negatif, Anda harus melakukannya secara langsung dan pribadi. Jangan lupa juga untuk memberikan saran yang membangun ya!

Ciptakan Suasana Nyaman Sebelum Memberikan Feedback

Saat memberikan feedback, hendaknya bisa menciptakan suasana nyaman bagi kedua belah pihak. Suasana merupakan bagian penting sebelum memberikan feedback, karena mempengaruhi bagaimana feedback tersebut diterima selanjutnya.

Jangan terlalu cepat emosi. Suasananya mungkin memburuk dan feedback yang Anda berikan mungkin tidak diterima dengan baik.

Berikan Kesempatan kepada Penerima Feedback untuk Merespons

Komunikasi yang baik adalah komunikasi dua arah. Jadi meskipun memberikan feedback, lebih baik memberikan ruang kepada penerima feedback untuk memberikan tanggapan. Jangan langsung dipotong. Sebab, hal itu justru memperburuk suasana.

Misalnya saja ketika seorang manajer berkomunikasi dengan seorang karyawan, maka manajer tersebut harus memberikan ruang kepada karyawan tersebut karena karyawan tersebut juga mempunyai hak untuk mengutarakan pendapatnya.

Follow Up

Tips terakhir dalam memberikan feedback, selalu ingat untuk melakukan follow up atau tindak lanjut. Hal ini agar Anda selalu mengetahui perkembangan feedback yang Anda berikan, terutama saat memberikan feedback kepada karyawan Anda. Sekarang terlihat ada perkembangan dan perbaikan.

Lacak pelanggan Anda menggunakan email hosting. Anda dapat mengirim ribuan email secara bersamaan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Feedback?

Pembahasan ini cocok untuk orang yang menjalankan bisnis karena menjelaskan cara mendapatkan feedback. Begini caranya:

Membuat Grup Khusus Pelanggan

Grup pelanggan ini biasanya mencakup pelanggan setia Anda. Grup ini terus memberikan informasi terbaru kepada pemilik bisnis tentang produk mereka, promosi yang sedang berlangsung, dan produk baru yang ditawarkan. Selain itu, Anda dapat menggunakan grup khusus ini untuk menerima masukan langsung dari pelanggan Anda.

Survei

Survei adalah teknik pemasaran yang bertujuan untuk memperoleh feedback dari pelanggan. Daftar pertanyaan memungkinkan pelanggan menjawab berdasarkan pengalaman mereka dengan produk. Jadi dengan feedback di atas Anda akan mengetahui apa kebutuhan, preferensi dan persepsi mereka.

Media Sosial

Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk mendapatkan feedback pelanggan. Tidak peduli apakah itu dari pesan langsung atau dari bagian komentar. Ketika seorang pengusaha mengunggah suatu produk, biasanya mereka meminta pelanggan untuk memberikan tanggapan tentang produk tersebut.

Selain pemasaran digital, media sosial juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, terutama untuk memberikan feedback.

Google My Business

Google my business adalah salah satu layanan Google yang tersedia bagi pemilik bisnis. Google my business memungkinkan Anda tidak hanya memberi tahu calon pelanggan tentang bisnis Anda, namun juga mengumpulkan masukan pelanggan.

Sudah Memahami Apa itu Feedback?

Apakah kamu sudah memahami sejauh ini? Saat memberikan masukan, ingatlah tips seperti komunikasikan feedback dengan jelas dan rahasia, ciptakan suasana nyaman, berikan kesempatan kepada penerima feedback untuk berkomentar, dan ingat untuk menindaklanjuti untuk memeriksa kemajuan.

Bagaimana caranya? Sangat mudah untuk memahami apa itu feedback, bukan? Hal ini menunjukkan pentingnya menerima feedback untuk mengembangkan produk guna memenuhi kebutuhan pelanggan.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Apa itu Virtual Account? Ketahuilah Perbedaannya dengan Manual Transfer

Pada panduan kali ini kita akan membahas metode pembayaran. Dulu, kamu bisa membayar tagihan melalui…

7 mins ago

Pelajari Mengenai Afiliasi dari Pengertian, Cara Kerja, dan Contohnya

Apakah Anda ingin menjadi Affiliate? Atau Anda bingung apa artinya afiliasi? Jangan khawatir artikel ini…

54 mins ago

Begini Cara Membuat Giveaway yang Bisa Membantu Kamu Meningkatkan Penjualan

Kamu orang Indonesia, kan? Pasti kamu sudah familiar dengan perkataan Bung Karno berikut ini "Berikan…

21 hours ago

Begini Cara Cek Backlink Domain Untuk Pantau Perkembangan Website!

Cara Cek Backlink Termudah – Backlink kini menjadi cara tercanggih untuk meningkatkan SEO mesin pencari.…

1 day ago

25+ Template WordPress Gratis dan Terbaik

WordPress adalah platform CMS yang paling populer. Karena popularitasnya tersebut, template yang dibuat khusus untuk…

2 days ago

Begini Cara Install Laravel Di Ubuntu dengan Mudah Menggunakan Composer

Menginstal Laravel di Ubuntu mudah dilakukan menggunakan Composer. Composer adalah alat untuk mengelola dependensi PHP…

3 days ago