HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Penyebab Konten Website Tidak Bisa Dicopy dan Cara Mengatasinya

Memang, karena alasan tertentu, beberapa kelompok orang sering menemukan situs yang tidak dapat menyalin teks. Faktanya, website yang tidak bisa ditiru bisa menjadi gangguan bagi pengunjungnya. Namun di zaman perkembangan ini, ada beberapa cara menyalin teks di website yang tidak bisa ditiru. Beberapa website juga sudah menyediakan informasi mengenai hal tersebut. Tidak semua informasi tentang cara menyalin teks di situs web yang tidak dapat disalin itu mudah dan bagus.

Penyebab Konten Website Tidak Bisa Dicopy

Ada beberapa alasan mengapa Anda tidak dapat menyalin situs web. Konten yang secara sadar dilindungi oleh pemiliknya, atau karena sistemnya tidak mendukung fitur tersebut.

  1. Pemilik website ingin melindungi konten

Salah satu alasan utama mengapa Anda tidak dapat menyalin konten dari sebuah situs web adalah karena konten tersebut sengaja dilindungi oleh pemilik Situs Web. Perlindungan konten ini merupakan prosedur atau upaya untuk memastikan konten tidak disalin oleh orang lain secara tidak sengaja sehingga keunikan konten tetap terjaga.

  1. Klik kanan dimatikan oleh admin website

Dalam beberapa kasus, pemilik situs web dengan sengaja menonaktifkan fungsi klik kanan di situs web mereka, sehingga mencegah pengunjung menyalin atau memeriksa elemen.  Jika Anda menemukan website mengalami kasus  di atas,  solusinya adalah dengan mengaktifkan JavaScript di browser Anda.

Cara Mengatasi Konten Website yang Tidak Bisa Dicopy

  1. Matikan Javascript

Opsi pertama yang tersedia bagi teman-teman di Qwords  adalah menonaktifkan JavaScript di browser Anda. Jadi cara menonaktifkan JavaScript di browser Anda berbeda-beda tergantung browser. Untuk Mozilla Firefox, Anda dapat menggunakan perintah “about: config”, yang dapat diakses dari bilah alamat. Kemudian cari menu “javascript:enable” dan klik dua kali pada baris tersebut untuk menonaktifkannya.

Untuk Google Chrome, kini Anda dapat menonaktifkan Javascript dari menu di pojok kanan atas. Buka Pengaturan > Pengaturan Lanjutan, buka Privasi & Keamanan > Pengaturan Konten, dan klik JavaScript > Izinkan.

  1. Copy dari halaman dialog print

Cara ini sebenarnya bukanlah cara terbaik untuk menyalin konten dari halaman website yang dilindungi. Mengakses halaman dialog print, tersedia di semua browser web, memungkinkan Anda  mengambil konten dari halaman yang dilindungi. Anda dapat mengaktifkan dialog print halaman itu sendiri  dengan menekan CTRL+P pada keyboard komputer atau laptop Anda saat berada pada halaman yang ingin Anda salin. Saat halaman dialog print muncul, Anda dapat melihat pratinjau di  sebelah kanan dan menyalin teks secara langsung.

  1. Menggunakan Inspect Element

Jika kedua metode di atas tidak menyelesaikan masalah Anda, Anda dapat menggunakan metode inspect element sebagai alat tambahan. Penggunaan inspect element sangat sederhana dan mudah.  Yaitu dengan cukup klik kanan  teks yang ingin Anda salin dan pilih tombol Inspect Element. Sebagai cara cepat, Anda juga bisa menggunakan  CTRL + Shift + I. Kekurangan dari cara ini adalah Anda perlu memisahkan kode HTML dari konten teks yang Anda salin.

  1. Menginstal ekstensi browser

Ekstensi browser Absolute Enable Right Click & Copy untuk mengatasi website yang tidak bisa di-copy. Ekstensi ini dapat diinstal pada browser Google Chrome atau Mozilla Firefox, tergantung browser yang Anda gunakan. Selain ekstensi ini, sebenarnya  ada beberapa opsi yang tersedia. Oleh karena itu, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

  1. Akses konten melalui halaman AMP

Untuk mengakses website Anda yang dilindungi, salah satunya bisa melalui halaman AMP.  AMP adalah singkatan dari Accelerated Mobile Pages, sebuah fitur  Google yang membuat situs web lebih mudah dimuat ketika diakses melalui jaringan seluler. Tampilan website AMP bisa Anda gunakan karena struktur website tidak menggunakan Javascript atau kode lain yang terlalu rumit. Tambahkan parameter /amp untuk diakses dari ponsel cerdas atau desktop Anda.

Menemukan konten web yang tidak dapat disalin bisa sangat membosankan. Hal ini terutama berlaku jika Anda memerlukan bahan khusus untuk menyusun penelitian Anda. Dengan ini diharapkan Anda dapat menjelajahi konten dengan lebih bebas. Namun perlu diingat bahwa cara ini harus dilakukan secara bertanggung jawab. Misalnya dengan menampilkan atribusi penulis website di akhir konten. Ini akan membuat Anda lebih aman dari kemungkinan konflik di masa depan.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

4 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

8 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

1 day ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

1 day ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago