HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Berikut: Perbedaan PHP dan HTML Bahasa Pemrograman yang Banyak Ditemui!

Selama ini PHP dan HTML masih menjadi topik pembicaraan terutama bagi orang-orang yang baru ingin membuat website. Hal ini dikarenakan PHP dan HTML secara teoritis merupakan bahasa pemrograman dasar untuk membuat website. Jadi jika Anda ingin belajar coding dan membuat website sendiri, sebaiknya pelajari PHP dan HTML terlebih dahulu. Faktanya, PHP dan HTML sama-sama digunakan untuk membuat situs web. Banyak website yang hanya menggunakan HTML, dan ada juga yang menggunakan PHP dan HTML.

Namun tentunya ada beberapa perbedaan diantara keduanya. Salah satu perbedaan paling umum adalah HTML digunakan untuk situs web yang memiliki sifat statis. PHP saat ini digunakan untuk website yang bersifat dinamis dan kompleks. Ada beberapa perbedaan lain antara PHP dan HTML yang dapat Anda pelajari lebih lanjut. Nah detailnya dijelaskan pada artikel di bawah ini.

Pengertian PHP

PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. PHP dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994.  Meskipun PHP sudah cukup tua, namun PHP terus berkembang hingga saat ini dan tetap populer di kalangan banyak developer dan pemrogram. Itu karena PHP bersifat open source, sehingga siapapun dapat menggunakannya tanpa membeli lisensi. Jadi, tak heran jika Anda masih mendengar istilah PHP di kalangan IT hingga saat ini.

Seperti yang Anda ketahui, fitur utama PHP adalah bahasa scripting yang membantu developer dan pemrogram membuat aplikasi web. Secara teknis, jika Anda membuat website tanpa HTML, Anda tidak dapat menjalankan kode program PHP. File kode program PHP terdiri dari HTML, CSS, kode program JavaScript dan kode PHP itu sendiri Kode program PHP yang dibuat dieksekusi di sisi server dan hasil program yang dibuat ditampilkan di web browser Format HTML dari server.

Kelebihan dari PHP itu sendiri ialah :

  • Kode PHP dapat berjalan di berbagai platform termasuk Windows, Linux, UNIX, dan Solaris.
  • Bahasa scripting PHP mudah dipelajari dan digunakan.
  • PHP menyediakan modul yang memungkinkan Anda terhubung ke database.

Contoh format kode PHP seperti pada penulisan di bawah ini.

<?php
echo "Coba menulis kode menggunakan PHP";
?>

Pengertian HTML

Ketika PHP berjalan di sisi server, berbeda dengan HTML (Hypertext Markup Language). HTML juga digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web, namun terbatas pada aplikasi web statis. Website statis adalah website yang penggunanya tidak dapat berinteraksi secara bebas dengan website tersebut. Selain itu, informasi yang terdapat pada halaman Situs tidak dapat diubah oleh Pengguna. Artinya, pengguna hanya dapat melihat.

HTML sering disebut sebagai web front-end. Dengan kata lain HTML hanya digunakan pada halaman tampilan suatu website, berbeda dengan PHP yang berjalan pada sisi server. HTML adalah skrip pengembangan web berbasis tag. Oleh karena itu, setiap kali Anda menggunakan suatu fungsi dalam HTML, selalu dimulai dengan tag “<” dan diakhir pula dengan tag “>”.

Format penulisan HTML adalah sebagai berikut.

<!DOCTYPE html>
<html>

<body>
   <h1>Coding HTML</h1>
   <p>Hello World</p>
<body>

</html>

Gambaran umum yang membedakan PHP dari HTML adalah Anda memiliki situs web e-commerce, misalnya. Website ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan produk menarik yang ingin dibeli. Setiap produk mempunyai harga tersendiri. Proses penambahan harga memerlukan logika operasional yang ditulis dalam kode PHP. Sedangkan tampilan situs web pada saat itu berupa kode HTML.

Adapun kelebihan HTML ialah :

  • Siapa pun dapat dengan mudah mempelajari HTML.
  • Saat penulisan kode HTML tidak perlu memperhatikan besar kecilnya huruf.
  • Untuk menulis kode HTML, Anda dapat menggunakan editor teks seperti Notepad, Notepad++, atau Sublime Text dan lainnya.
  • HTML adalah front-end web, memungkinkan pemrogram untuk menambahkan dan mengubah warna, audio, video, dan gambar ke halaman web.

Perbedaan PHP dan HTML

Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan PHP dan HTML. Sekarang mari kita pahami perbedaan antara PHP dan HTML. PHP dan HTML dapat dilihat dari berbagai aspek. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan setiap situs secara detail. Disimak ya!

  • Mengenai jenis website. Anda dapat membuat aplikasi berbasis web menggunakan PHP dan HTML. Namun yang membedakan adalah ketika Anda menggunakan PHP untuk membuat website dinamis. Sedang untuk HTML digunakan untuk membuat website yang bersifat statis.
  • Secara Fungsional. PHP digunakan untuk mengaktifkan eksekusi kode program di sisi server. Sehingga pengguna dan situs web kemudian dapat berinteraksi dengan database melalui kode PHP, termasuk mengambil informasi. Sedang HTML digunakan untuk memberikan kode program tampilan yang user-friendly, termasuk menentukan warna, format teks, dan banyak lagi.
  • Mengenai teori yang diteliti. Dibandingkan dengan PHP, HTML lebih mudah dipelajari. Hal ini karena HTML tidak memerlukan logika manipulasi seperti PHP. Namun bukan berarti PHP sulit dipelajari.
  • Dari sisi penyisipan file. Jika Anda ingin membuat website menggunakan PHP dan memasukkan kode pemrograman HTML ke dalam tampilan website Anda, Anda bisa melakukannya. Namun untuk hal sebaliknya tidak akan bisa terjadi.
  • Dari sisi manipulasi data. PHP memungkinkan Anda memanipulasi data, seperti tambah, hapus, maupun perbarui. Tetapi di sisi lain, HTML tidak dapat memanipulasi data.
  • Dari ekstensi file. Untuk PHP, ekstensi filenya adalah .php. Dan untuk Ekstensi file HTML sekarang ialah .html.

Mana Yang Terbaik : PHP atau HTML?

PHP lebih kuat daripada HTML ketika Anda mempertimbangkan kompleksitas situs web Anda. Hal ini karena PHP cocok untuk website yang dinamis dan kompleks seperti website e-commerce. Juga karena, eksekusi kode PHP terjadi di server, dan hasilnya dikembalikan oleh server dalam format HTML yang kemudian ditampilkan oleh browser. Jika Anda ingin membuat website dengan berbagai fitur, Anda bisa menggunakan PHP.

Eitss tunggu dulu, bukan berarti HTML itu buruk. Pernyataan di atas didasarkan pada kompleksitas website. Oleh karena itu, sesuaikan saja dengan kebutuhan website yang ingin Anda buat. Anda dapat menggunakan HTML untuk membuat situs web statis, namun Anda juga dapat menggunakan kombinasi HTML dan PHP untuk situs web dinamis.

Mana yang Harus Dipelajari Dulu, PHP atau HTML?

Sekarang Anda sudah tahu apa itu PHP dan HTML sampai dengan artiannya. Pernahkah Anda berpikir untuk belajar PHP atau HTML terlebih dahulu? Mana yang lebih dulu Anda harus pelajari, PHP kah atau HTML jika ingin membuat aplikasi berbasis web. Lebih bagus lagi jika Anda belajar PHP dan HTML secara bersamaan. Sehingga anda akan mengetahui dan merasakan perbedaan di antara keduanya.

Semoga membantu menentukan pilihanmu!

 

5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

2 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

2 days ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

3 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

3 days ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

5 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

5 days ago